Agu 132016
 

Hari ini, Sabtu 13 Agustus 2016, tokoh revolusi Kuba, Fidel Castro berulang tahun ke-90. Tak heran, kesibukan hampir nampak ditap sudut kota, terutama di Havana. Hampir ruas jalan dan bangunan yang ada di Kuba dimeriahkan dengan tulisan berupa ucapa selamat kepada Fidel Castro, “Gracias Fidel (terma kasih Fidel).”

Ada yang menarik dalam ulang tahun Fidel Castro kali ini. Sebagai bentuk kecintaannya, warga kuba membuat cerutu sepanjang 90 meter sesuai dengan usia ulang tahunnya. Ide untuk membuat cerutu terpanjang di dunia ini tercetus dari seorang pemilik pabrik cerutu bernama Jose Castelar Cairo di Havana, Kuba. “Saya ingin mendedikasikan ini (cerutu sepanjang 90 meter) untuk Comandante Fidel Castro tercinta,” ujarnya, seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (13/8/2016).

Sejak menjadi pemimpin revolusi di Kuba tahun 1959, Fidel memang identik dengan cerutu. Hampir diberbagai acara, dia selalu nampak dengan cerutu di tangannya. Namun, sejak tahun 1985, Fidel memutuskan untuk berhenti merokok.

Sosok seorang Fidel Castro memang tidak pernah lepas dari kontroversi, dengan kepemimpinannya yang bergaya komunis seperti Uni Soviet. Maka tidak heran jika perkembangan Kuba disegala sektor saat ini agak sedikit tertinggal.

Keadaan di Kuba berubah sejak adik kandung Fidel, yaitu Raul Castro mulai memegang kekuasaan pada tahun 2008. Perlahan Kuba mulai membuka diri dengan negara luar, dan menjalin beberapa kerja sama.

jakartagreater.com

  6 Responses to “Ulang Tahun ke-90 Fidel Casto Dapat Hadiah Cerutu Terpanjang Dari Warga Kuba”

  1.  

    HBD Mbah…hi.hi….

  2.  

    menunggu maut menjemput selamat jalan bpk revolusi cuba terima kasih

  3.  

    KoNconya Soekarno ini…. Panjang umurnya

  4.  

    Ini baru beneran asiiknyaa rameee rameeee..

  5.  

    the great one, salah satu revolusioner yang bikin amerika cenat cenut gak kepalang.

    negara bagian florida, amerika sama kuba bersebelahan, cuman dipisah sama laut doang. gmn gak bingung kalo tetangga di depan matanya suka kedatangan tamu dari soviet.

  6.  

    borong 1000 biji. ha..ha..ha..