Apr 082016
 

Jakarta – Tenggat waktu pembebasan 10 WNI yang disandera Abu Sayyaf di Filipina sudah habis. Pemerintah akhirnya mengirim beberapa mantan teroris sebagai negosiator pembebasan 10 WNI yang disandera, salah satunya adalah Umar Patek.

Staf BNPT, Hadi Purwanto mengatakan Umar Patek yang memiliki kedekatan dengan Abu Sayyaf dinilai bisa melakukan negoisasi. “Iya ini sebenarnya salah satu opsi. Ada beberapa yang dikirim ke sana karena mereka masih ada jaringan,” ujar Wawan yang dihubungi Republika, Jumat (8/4/2016).

Umar Patek

Umar Patek

Sebelumnya, pemerintah sempat tidak mengambil langkah karena upaya negoisasi dengan pemerintah Filipina untuk mengerahkan TNI ditolak. Pihak pemerintah Filipina berjanji akan mencari segala cara untuk bisa membebaskan 10 WNI yang ditawan Abu Sayyaf.

Menteri Pertahanan, Ryamizard Ryacudu juga membenarkan telah menggerahkan Umar Patek sebagai negosiator. Sebagai kompensasinya Umar Patek akan diberikan remisi.

“Saya sudah cek dan akan kita diskusikan. Kalau patek memang bisa dan demi keselamatan para WNI kenapa tidak,” ujar Menteri Pertahanan di komplek Istana Negara, Kamis (7/4/2016).

Saat masih aktif di Jamaah Islamiyah, Umar Patek memiliki kontak dengan gembong teroris asal Malaysia, Noordin Mohammad Top. Umar Patek divonis bersalah atas keterlibatannya pada Bom Bali I tahun 2002.

Umar Patek Memegang Bendera

Umar Patek Memegang Bendera

Tahun 2012, pengadilan memvonis Umar Patek dengan hukuman 20 tahun penjara. Sebelum upaya penegakan hukum berjalan, Umar Patek sempat menjadi buron internasional. Amerika Serikat menjanjikan uang USD 1 juta bagi siapapun yang menemukannya.

Bulan Mei 2015, pada Hari Kebangkitan Nasional, Umar Patek bertugas sebagai pengibar Bendera Merah Putih di Lembaga Pemasyarakatan Porong, Jawa Timur. Peristiwa ini disebut BNPT, momentum penting deradikalisasi terhadap Umar Patek.

Sumber : Republika.co.id dan CNNIndonesia.com

  72 Responses to “Umar Patek Negosiator Pembebasan Sandera Abu Sayyaf”

  1. semoga ada win2 solution

  2. Semoga berhasil…

  3. Lieur

  4. Menarik sekali…

  5. negara gk boleh kalah lawan teroris
    pemerintah gk akan bayar tebusan
    kami gk takut

    negara pnuh omong kosong byk retorika

    ujung ujung nya bayar tebusan….wkwkwwk

    terbaeeek ke 3 di dunia gan……hark cuihhh

  6. Bijak juga..segala upaya Dilakukan… .Sedikitin terang Negosiasi Politik Vs politik. Operasi Sesar vs Senyap .udhlah Allah swt .. tau kenapa Syariat (hukum islam ) bukan Satu satu sistem agar Kita Menjadi bersatu

    • Cieeee yg bawa2 nama tuhan…emang situ ikut melawan penjajahan…cieee yg nyalahin sistem negara..tapi ikut sekolah pelayaran…jleb.

      • cie cie yang alergi sama nama Tuhan, yang pura2 mendukung pemerintah tapi sejatinya ingin memecah belah

        • @brazier

          betul bgt ada yg pura pura nasionalis kalo berhadapan dgn umat islam

          tiba tiba jadi pancasilais dadakan kalo dengar nama syariat islam

          isu nasionalisme pancasila,uud45 bhineka tunggal ika di jadikan tameng padahal hakikat nya benci dengan islam ya krn mereka bukan islam

  7. Kayak film hollywood
    Hmm..

  8. Trus kenapa yang penculikan terakhir 3 WNI dilepas? kan mestinya lumayan dapat sandra 13..

  9. Lgian kenapa juga pihak perusahaan tidak ngomong kalau ada 3 tuntutan.. jangan numpang tenar ah.. Ini murni uang kok..

  10. Wah entah harus salut atau hrs merasa aneh dgn perubahan drastis umar patek yg membawa sang saka merah putih menuju tiangnya.

    Tapi. Untuk saat ini semoga umar patek bisa punya andil ikut bernegosiasi membebaskan sandera.

    Seandainya umar patek pun jg tdk berhasil mungkin ada opsi jg utk mengirim yg laen lagi.. diawali dgn para koruptor dikirim ke abusayap.. bkn utk negosiasi tapi di barter sj. Seratus koruptor di barter 10 sandera..

    Kalo trnyata tdk bisa jg.. mungkin perlu bang ipul jg ikut di kirim utk nego..

  11. wkwkwkwk…betul tu, waktu baca di kompas ngakak sampe terkentut kentut….

  12. Patek itu gelar Kesultanan ya?

  13. Sumber: Andribi Abbas ??
    Siapa & ada yg tau biografi beliau?

    Analisa pribadi beliau bs saja masuk akal tapi blm ada bukti yg absah.

    • ABU SAYYAF GROUP itu sdh baiat kpd Khalifah ABUBAKAR AL-BAGHDADI amirul mu’minin Daulah Khilafah Islamiyyah

      Ustadz ABB & Mujahidin poso pimpinan Ustadz santoso juga sdh bai’at dgn Khalifah abubakar al-Baghdadi

      1 BARISAN MUJAHIDIN DAULAH KHILAFAH ISLAMIYYAH WILAYAH SOUTHERN MINDANAO & POSO

      negara ini kan sdh biasa bohong jangan kan cuma bohong merekayasa kasus terorisme juga sering

      • Terus apa jaminan anda juga tidak berbohong ?

      • Begini mas saya luruskan saja dengan sebuah pertanyaan..
        Mendirikan daulah islamiah dengan meledakkan bom menurut Anda apakah sesuai dgn apa yg diajarkan Rasulullah?
        Pertanyaan bonus lagi ya…
        Kalau memang daulah islamiah sudah terbentuk lalu apa yg kamu lakukan? Menurutmu apa pantas kamu menghakimi orang dengan sesama saudaramu kafir dan kalau tidak mengikuti keinginanmu kalian bunuh dgn bom?
        Silahkan tata dirimu sendiri mas sebelum mau menata orang lain..
        Kalau mas sudah tidak suka dengan negara ini silahkan saya tantang bakar itu surat tanah, ktp, kk, buku nikah, siup, ijasah dll yang ada lambang garuda pancasila… Upload disini biar semua orang tau

  14. Presiden citra.. Parah lu kyk iblis yg bikin permusuhan
    Kaum dajjal pasti u

  15. majuuuuuu…

  16. PEMERINTAH BUKAN URUSIN TEBUSANNYA,TAPI KESELAMATAN SANDERANYA.YANG PENTING BAGI SAUDARA2 SEBANGSA DAN SE TANAH AIR,UNTUK BERDEMO DAN MELEMPARI KEDUTAAN BESAR PHILIPINA DENGAN BATU JANGAN LUPA BAWA BOM MOLOTOVNYA.BILA WARGA NEGARA KITA TAK SELAMAT,INI SEMUA KARENA PHILIPINA YANG MENOLAK BANTUAN KITA,DAN BERGAYA BISA MEMBEBASKAN WARGA KITA.MERDEKA!MERDEKA!!!!

  17. semoga berhasil

  18. Mari SAUDARA2 ANGKAT BENDERA KITA,SIAPKAN PENGERAS SUARA,SIAPKAN BATU,DAN BOM MOLOTOV,MARI ESOK KITA SEMUA BERDEMO DI DPN KANTOR KEDUTAAN FILIPINA.

  19. Jangan buyan Bawak batu bom Melotov .kedutaan filipina .. Takep pici Sare ..

  20. Nkri hrs beli su 34

  21. sandra bebas dulu baru uang tebusan di kejar tni separti yang terjadi di somalia….jihad di jaman rosul tidak ada menyandra orang untuk di tebus dengan uang….ini yang ngaku jihadis2 nabinya siapa….saya yakin bukan Nabi Muhammad S.A.W mungkin aliran Under Ground…

  22. Ini yg sy mksd jln dialog gunakan para mantan Kombatan teroris yg prnh berhubungan dengan abu syaraf ini.. Sy stuju TNI membumi hanguskan abu syaraf ini tp ttp nyawa sandera yg utama jd jngn bs mem-bully klo TDK spndapat.. Misalkan Anda diposisi klrga yg trsandera ntah kakak,adk pa org tua kalian pasti ingin melihat mrk slmat tnpa luka sdkit pun?? Ni atas dasar kemanusiaan.. Tanpa mengurangi dan meragukan khebatan TNI jln damai adlh yg terbaik untuk melindungi nyawa sandera..

  23. Rolando del Torchio

  24. Kompasiana perlu dikritisi dan diklarifikasi…ni manusia berbau isis…basi lu…sana ikut suriah ma irak..sayangnya kalian hidup di negara demokrasi makan juga dari sini…lah kog masih ngikut…

  25. nice job. ^.^

  26. Akhirnya umar patek sdh sadar dan kembali kembali ke pangkuan RI. Dan skrg telah menjadi duta RI utk membebaskan para sandera abu sayab. Semoga sukses dan tdk ada jatuh korban bagi semua pihak baik sandera, mediator bahkan pihak abu sayyab serta sadar diri utk tdk main main dengan semua hal tentang indonesia baik wni, wilayah maupun krfaulatan RI. Krn pemerintah dan militer RI adalah salah satu kekuatan besar di didunia ini.

  27. Begitu semangatnya umar patek membawa sang saka merah putih..

    Beda sama sugih@ citra@

  28. don mana kopassus kalian yang terkuat dunia itu? Omong kosongkah? kah kah kah!!!!!!!!!!

  29. Abu sayab abu gosok, abu paha, semua itu hanya kedok ujung”nya duit, berjuang atas nama islam, yang di rampok orang islam …. Ngakak gue jafinya wkwkkwkkwkwkkwkwkkk

  30. nak makin pelik ni perkara..oertukarn mesti ade yg quarantee kira2 umar patek bolh dipercaya tak..mereka jg nak perlukn itu wang..incarn meteka indo dn malaysia..fhilipina tak mmbolhkn tentera luar negara bolh masok ..tpi pasukn amerika mmbolhkn masok mcam mana mereka ade perundangan yg tak konsisten..mereka sahaja tk bolh mnghncurkn kumpuln abu sayaf ni..

  31. dia membawa bendera dengan muka benci sepertinya, atau memang mukanya begitu kelipet seperti kertas origami

  32. permainan yg cantik nieh,,,, strategi yg luar biasa,,,,, teroris bernegosiasi dgn mantan teroris,,,, inikah hasil kerja pak Sutiyoso,,,, tp jgn sampai teledor,,,,, good luck,,,,!

  33. itu berita pesanan israel zionis, utk blow up kasus filipin oleh abu sayaff palsu buatan amrik yg pingin balik ke subic buat ngontrol indonesia. liat tuh tentara pilipine menyergap abu sayyaf diberitakan juga dgn 3000 pasukan khusus. Itu nyergap apa melindungi?? yang bener aj lu wan aboed onta arab berjanggut berwajah pribumi.

  34. Up!

 Leave a Reply