Uni Emirat Arab Borong 300 Rudal Sidewinder

Jet tempur F-16 BLok 60 Angkatan Udara UEA © David Raykovitz via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Departemen Luar Negeri AS, telah memberikan persetujuannya untuk kemungkinan Penjualan Militer Asing kepada Uni Emirat Arab (UEA) untuk 300 rudal AIM-9X-2 Sidewinder Blok II dan peralatan terkait senilai $ 270 juta.

Badan Kerjasama Keamanan Pertahanan (DCSA) sudah menyampaikan sertifikasi yang diperlukan serta memberitahukan Kongres tentang kemungkinan penjualan tersebut pada tanggal 8 Maret.

Sebagai kontraktor utama adalah Raytheon Missile Systems Company. Rudal AIM-9X Sidewinder adalah adalah rudal udara-ke-udara jarak pendek yang dikembangkan oleh Angkatan Laut AS di China Lake, California, pada tahun 1950-an, kemudian diadopsi oleh Angkatan Udara AS.

Rudal udara-ke-udara jarak dekat AIM-9X Sidewinder © US Navy via Wikimedia Commons

Sejak masuk ke dalam layanan tahun 1956, Sidewinder mencatat sukses internasional dan varian terbarunya masih merupakan peralatan standar disebagian besar angkatan udara barat.

Varian Blok II yang baru menambahkan saklar yang didesain ulang dan juga perangkat pengaman penyalaan digital yang meningkatkan penanganan didarat dan keselamatan dalam penerbangan. Blok II itu juga dilengkapi dengan fitur elektronik mutakhir yang memungkinkan kemampuan mengunci setelah diluncurkan atau “lock on after launch” menggunakan datalink senjata terbaru untuk mendukung serangan jarak jauh (BVR).

Pembelian rudal AIM-9X Sidewinder tersebut dengan rincian sebagai berikut:

  1. 300 (tiga ratus) rudal AIM-9X-2 Sidewinder Blok II
  2. 40 (empat puluh) unit CATM AIM-9X-2 Sidewinder
  3. 30 (tiga puluh) unit pemandu taktis AIM-9X-2 blok II
  4. 15 (lima belas) unit pemandu CATM
  5. Kontainer, suku cadang dan peralatan pendukung

Penjualan ini akan mendukung kebijakan luar negeri dan tujuan keamanan nasional AS dengan meningkatkan kemampuan pertahanan rudal Swedia serta mempertahankan integritas teritorialnya dan meningkatkan stabilitas di Timur Tengah. Tidak ada offset sehubungan dengan potensi penjualan tersebut.

Tinggalkan komentar