Dec 172014
 
Pejuang Hamas di Gaza, Palestina (REUTERS/Mohammed Salem)

Pejuang Hamas di Gaza, Palestina (REUTERS/Mohammed Salem)

Brussels – Pengadilan Uni Eropa memutuskan kelompok Islam Palestina Hamas harus dihapus dari daftar teroris yang dirilis oleh Uni Eropa pada tahun 2001. Uni Eropa menilai keputusan sebelumnya untuk menempatkan Hamas dalam daftar teroris merupakan keputusan yang berdasarkan laporan media, bukan berdasarkan analisis.

“Pengadilan menyatakan penghapusan (Hamas) berdasarkan alasan prosedural yang mendasar dan tidak menyiratkan penilaian substantif terkait klasifikasi Hamas dalam kelompok teroris,” kata pengadilan Uni Eropa dalam sebuah pernyataan, dilansir dari Reuters, Rabu (17/12).

uni Eropa menambahkan jika ada pengajuan banding tentang keputusan ini, maka banding harus diajukan ke Pengadilan Tinggi Uni Eropa.

Meskipun demikian, Uni Eropa menyatakan negara-negara anggotanya dapat terus melanjutkan pembekuan terhadap aset Hamas hingga tiga bulan ke depan, untuk memberikan waktu sebelum pengajuan banding, atau hingga proses hukum selesai.

Israel, yang telah berulang kali berbeda pendapat dengan Uni Eropa terkait pembentukan negara Palestina, menyambut keputusan ini dengan cemas.

“Hamas adalah organisasi teroris yang berbahaya. Kami mengharapkan mereka segera menempatkan Hamas kembali dalam daftar teroris, ” kata Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, dilansir dari Reuters, Rabu (17/12).

Menanggapi hal tersebut, juru bicara Komite Uni Eropa Maja Kocijanic menyatakan keputusan menghapus Hamas dari daftar teroris dunia hanyalah keputusan sementara dan masih dapat diubah.

“Ini adalah keputusan hukum pengadilan berdasarkan alasan prosedural. Kami akan menelaah lebih jauh keputusan ini,” kata Kocijanic.

Hingga saat ini, Hamas memegang kekuasaan di Jalur Gaza. Dalam piagam pendirian Hamas, disebutkan tujuan utama kelompok ini adalah untuk menghancurkan Israel.

Pertempuran antara Hamas dan Israel seakan tak pernah usai. Pertempuran keduanya yang paling anyar terjadi pada musim panas tahun ini dan berlangsung selama 50 hari.

Kebanyakan negara-negara Barat, termasuk Amerika Serikat, setuju dengan Israel bahwa Hamas adalah organisasi teroris, terlebih dengan catatan tindak kekerasan yang dilakukan kelompok ini,seperti berbagai serangan roket dari Gaza dan gelombang bom bunuh diri, terutama periode 1993 hingga 2005.

Sementara, Hamas yang menyambut keputusan ini, berdalih bahwa berbagai serangan itu adalah gerakan perlawanan yang sah.

“Keputusan ini merupakan koreksi dari kesalahan sejarah yang dibuat Uni Eropa,” kata Kepala Deputi Hamas, Moussa Abu Marzouk.

Marzouk menilai Hamas adalah gerakan perlawanan dan memiliki hak alami sesuai dengan hukum dan standar internasional untuk melawan pendudukan Israel. (CNN Indonesia).

Bagikan Artikel :

  34 Responses to “Uni Eropa Hapus Hamas dari Daftar Teroris”

  1. Pertamax

  2. sepi,dh pada tidur ya

  3. berita gembira

    • sepi amir? …..sebelum kita sah sebagai negara, mereka termasuk negara pertama yg mengakui kemerdekaan RI.Syarat2 berdirinya suatu negara salah satunya bukankah pengakuan dari negara lain? Semoga kita bukan bangsa yg tak tahu balas budi.

      • Yg pertama itu mengakui Indonesia itu Mesir ….Palestina sbg bangsa baru ada thn 70’an…sebelumnya Gaza masuk Yurisdiksi Mesir…sdgkan Tepi Barat masuk wilayah yurisdiksi Yordania….mungkin yg dimaksud itu Mufti Yerusalem ….yg mewakili umat Islam di jasirah Palestina..imho cmiiw

  4. jalan satu satunya ya palestina merdeka..no else ..!

  5. bakar menyan biar rame

  6. :beer:

  7. Freedom palestine…

    Semoga semua mata terbuka melihat kekejaman zionis yahudi itu

    • :toast :2thumbup :selamat :newyear

    • Negara Israel itu ..adalah negara pijakan Eropa Amrik di jazirah Arab.utk kepentingan ekonomi politis dan militer….Inggris dan Perancis bereksperimen dgn negara Arab tapi dgn kultur Eropa..maka dibuatlah Libanon dan Israel, tapi Libanon walau jumlah Kristen lumayan banyak tapi krn berbahasa Arab dan relatif condong memihak ke Bangsa Arab pada umumnya…Eksperimen ini dilakukan juga oleh Perancis di Tunisia dan Aljazair , makanya walau dominan muslim negeri Arab ini cenderung sekuler. dan alergi simbol2 Islam….Israel proyeklah yg paling berhasil walau ongkosnya paling mahal dan paling membuat Eropa kehilangan simpati di mata bangsa Arab..Tapi kalo merunut sejarah: Israel itu hanya copy paste versi baru dari negara salibis yg pernah ada di Libanon dimasa perang salib..yg kemudian dihancurkan oleh kerajaan Mamluk Mesir..yang perkasa (Mongol saja mereka stop ekspansinya)…makanya ada kepercayaan selama Mesir bisa dipegang oleh Pihak Barat maka Eksistensi Israel terjamin..Makanya pihak Arab juga selalu percaya Israel itu akan bisa dihancurkan..berpegang dgn hancurnya kerajaan Salibis diabad pertengahan walau dibantu secara masif oleh Raja2 Eropa saat itu…imho

  8. semoga palestina menjadi negara yg d’akui dunia ,,

  9. Ini buktinya islam di indonesia sdh dinina bobokan.. takut komen krn kerdil hatinya .. takut dibilang aneh kl bela islam.. ayo dukung buat palestina merdeka!

  10. @cakrabirawa : kebanyakan orang indo mental budak.. ameriki.. ga heran kalo pada diem.. kasian..

  11. “….dan oleh karena itu, maka PENJAJAHAN diatas dunia HARUS DIHAPUSKAN, karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan……” Jelas amanat dari preambule UUD 1945.

  12. :shakehand2 “Becik ketitik ala ketara”
    “yang baik akan kelihatan dan yang buruk akan tampak”

  13. mana si yonhap kog gk komen bela zionis rasis.

  14. ternyata NATO and the gang’s tunduk sama kutu :iloveindonesia kupret israel…… masih jagoan indonesia!!! :matabelo :hammer

  15. Akhirnya uni eropa terbuka hati dan pikirannya, selanjutnya stop segala macam dukungan pada terorist yg sebenarnya yaitu israel dan ASu,……..tumpas israel & ASu !!!

  16. :request

  17. Jika sudah waktunya Palestina Insya Allah akan merdeka.
    Indonesia 300 tahun dalam kungkungan penjajah.

    Selamat berjuang Palestina kami mendukung dengan doa.

  18. Ada apa denganmu eropa ?kenapa dirimu tiba tiba simpati kpd palestina?apa yg membuat eropa tersadar?

  19. always like u,rs coment,,,,bung preman :2thumbup :2thumbup

  20. sebenarnya ini hanyalah taktik melempar umpan dikolam ikan.ekonomi yang melemah telah membuat eropa terjatuh dalam kepurukannya. ditambah sikap rusia yang terus aja berulah.dengan melepaskan HAMAS dari daftar hitam.uni eropa berharap agar bangsa2 yang bersimpati pada PALESTINA diharapkan dapat meningkatkan hubungan ekonomi dengan eropa.padahal ini sebenarnya cara bijak yang telah lebih dahulu dilakukan rusia dan cina terhadap negara2 bermayoritas muslim.

  21. Dunia harus segera membuat kesepakatan dan mengajukan ke Mahkamah Internasional bahwa Israel dan USA adalah biangnya Teroris

 Leave a Reply