Jul 012016
 

Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa (UE), Federica Mogherini, menyusun satu dokumen tentang rencana pembentukan blok militer sendiri yang lebih kuat karena Uni Eropa tak bisa lagi mengandalkan NATO. Dokumen itu telah disampaikan kepada para pemimpin Eropa di dalam pertemuan Dewan Eropa pada tanggal 28 Juni 2016 lalu.

Dalam dokumen bernama European Union Global Strategy itu, dijelaskan bahwa Uni Eropa harus mengambil tanggung jawab yang lebih besar untuk menjamin keamanannya. Uni Eropa juga harus siap dan mampu untuk mencegah, menanggapi dan melindungi diri terhadap ancaman eksternal.

”Sementara NATO hadir untuk membela anggotanya—yang kebanyakan Eropa—dari serangan eksternal, Eropa harus lebih siap, terlatih dan terorganisir untuk berkontribusi tegas guna upaya kolektif, serta bertindak secara otonom jika dan ketika diperlukan,” ujar dokumen itu, seperti dikutip Russia Today (29/6/2016).

Ancaman eksternal yang memicu pembentukan blok militer Uni Eropa yang otonom salah satunya adalah potensi agresi yang dilakukan oleh Rusia. Ancaman eksternal lainnya adalah terorisme dan imbas dari gejolak sosial dan politik di Timur Tengah serta Afrika.

Uni Eropa berusaha meningkatkan kemampuan pertahanannya secara otonom guna mendorong perdamaian dan menjaga keamanan di dalam maupun di luar Eropa. Menurut dokumen itu, satu pertahanan Eropa yang lebih kredibel adalah penting untuk menjamin kemitraan transatlantik yang sehat dengan Amerika Serikat.

Sumber: Sindo News

Berbagi

  21 Responses to “Uni Eropa Ingin Bentuk Blok Militer Sendiri”

  1.  

    eropa bubarrrr……….

  2.  

    bodo amat mauvblok lama atau blok baru, ga ngaruh.

  3.  

    As bangkrut. Sudah gak kuat nanggung keamanan eropa

  4.  

    pengaruh mamarika mulai memudar
    say good bye to mamrika

  5.  

    Salah apa sih Rusia sampe segitunya dikucilkan???

    Gak pada inget jaman PD 2….

    memang ya, habis manis sepah dibuang.

  6.  

    Yg realitis Aja lah jgn kebanyakan ngimpi bung,ntar sakit klo ga sesuai dengan mimpinya xixxixix….

  7.  

    comment:

  8.  

    Tampaknya ada sikut sikutan antar anggota nato shg yg berada di daratn eropa memilih membentuk blok militer lg.

  9.  

    Akibat kebanyakan di cekokin oleh ASU, sehingga mendengar Rusia batuk aja, laksana suara bom nuklir meledak di kepala mereka. Makanya kalo jadi bangsa itu mbok ya yang punya jati diri, jangan hobi jadi kacung bagi bangsa laen….. Kayak yang disebelah itu tuu…..

  10.  

    sama2 eropa lah kok ribut aja.. emang salah rusia itu appa?? ga bisa damai apa??

  11.  

    Apakah anda “sakit”????

  12.  

    Ini adl kelanjutan brexit..atau mungkin salah satu faktor yg melatarbelakangi brexit…
    Alhirnya Jermanlah tetap pemimpin eropa…

    Jadi inget pengalaman…Saat ikut salah satu proyek perusahaan indonesia yg dibangun jerman memang orang jerman percaya diri sekali menganggap dirinya paling hebat…gak percaya bgt sama orang indonesia….padahal mereka masih baru lulus kuliah…jadi memang fasisnya masih…sampe sekarang stttt …stttt..

  13.  

    udah mulai gerah kayaknya selama ini jd kacungnya si mami… tp tetap aja akan jd kacung si mami… paling cuma kebijakan kecil2 yg d ambil sndr…

  14.  

    Dgn didirikannya blok militer ue dan dibubarkannya nato, mk si brutus jadi sendirian dong. Hik hik hik!

    Tp kl masih melibatkan si asu didalamnya, maka itu sama aja bohong, krn masih tetap saja mengandalkan asu, bedanya cuma minus brutus. Ga kreatif ah.

    Tapi seru sih, mrk sekarang sudah mulai saling pukul sendiri.

  15.  

    sok lo…
    apa yg lho banggain….

  16.  

    ini di karenakan banyak persenjataan nato di suply dari marika, jadi semakin rugi industri militer eropa,tapi bila buat blok sendiri maka otomatis dapat memaksakan produk lokal yang sekaligus menguntungkan secara ekonomi terutam dalam hal jet tempur dan rudal anti misil

  17.  

    Aliansi european union(AEU)

  18.  

    Yakin blok balkan bakal join ke blok militer eropa? kan mereka pro rusia, khususnya yunani dan serbia. belum lagi yang netral seperti belarussia, bulgaria dan hungaria

  19.  

    Thanks infonya

  20.  

    Nato memang lebih menguntungkan inggris dan Amerika dari invasi rusia.
    Sesuai perjanjian Klo ada anggota yg diserang Rusia ,negara anggota nato yang lain wajib bantu. Ini berarti swedia , polandia , denmark , turki mau tidakmau negaranya harus menjadi medan lapangan perang nuklir .
    Blok Eropa kayaknya lebih Netral dari kepentingan inggris dan amerika sehingga menjamin keamanan anggota dari ancaman nuklir rusia.

 Leave a Reply