Nov 012014
 
idang paripurna tandingan yang dilakukan fraksi kubu Koalisi Indonesia Hebat digelar di ruang rapat fraksi PDI-P Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (31/10/2014). (KOMPAS.COM/FABIAN JANUARIUS)

Sidang paripurna tandingan yang dilakukan fraksi kubu Koalisi Indonesia Hebat digelar di ruang rapat fraksi PDI-P Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (31/10/2014). (KOMPAS.COM/FABIAN JANUARIUS)

Jakarta – Para politisi dari Fraksi PDI Perjuangan, F-PKB, F-Partai Nasdem, F-Partai Hanura, dan F-PPP berbondong-bondong datang ke ruang rapat paripurna di Gedung Nusantara II Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat (31/10/2014) sejak pukul 09.00 WIB. Mereka ingin menggelar rapat paripurna tandingan untuk melawan kepemimpinan DPR yang dikuasai fraksi kubu Koalisi Merah Putih (KMP).

Namun, ruangan ternyata terkunci. Tidak ada aktivitas dari pihak Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR di lokasi. Biasanya, pihak Setjen DPR yang mempersiapkan segala hal untuk menggelar rapat.

Di dalam daftar hadir yang dijejer di atas meja di depan ruang rapat hanya terdapat susunan anggota lima fraksi kubu Koalisi Indonesia Hebat (KIH).

Sebelumnya, begitu mengetahui bahwa fraksi kubu KIH akan menggelar rapat paripurna tandingan, pimpinan DPR sah langsung melarang pihak Setjen DPR memberi fasilitas kepada kubu fraksi KIH. Jika fasilitas diberikan, Setjen DPR dianggap melakukan tindakan ilegal.

Sekretaris Jenderal DPR Winantuningtyastiti bingung saat ditanya perihal adanya sidang paripurna tandingan.

dpr-tandingan-2

Para politisi fraksi kubu Koalisi Indonesia Hebat tidak bisa masuk ruang rapat paripurna DPR / KOMPAS.com/IHSANUDDIN

Lantaran tidak bisa masuk ruang rapat, sekitar seratus anggota DPR memadati area di depan ruang rapat. Sebagian anggota duduk-duduk di anak tangga. Ada pula yang berjalan-jalan di sekitar ruang rapat. Beberapa politisi melakukan wawancara dengan media untuk menjelaskan kondisi yang terjadi.

“Kita tunggu saja, sedang dikomunikasikan (kepada Sekjen DPR),” kata politisi PDI-P, Arif Wibowo, ketika mengomentari soal ketiadaan fasilitas untuk menggelar rapat paripurna tandingan.

Namun, hingga pukul 10.00 WIB, kejelasan tak kunjung datang. Pintu ruang rapat masih tertutup, dan tetap tidak ada pihak Setjen DPR yang terlihat.

Tidak ingin rencananya gagal, akhirnya mereka memutuskan untuk menggelar rapat paripurna di ruang rapat Fraksi PDI-P di “gedung kura-kura”.

“Kami sudah berupaya agar pintu terbuka, tetapi pihak kesekjenan belum membuka pintu ruang rapat paripurna. Ini hanya persoalan teknis. Secara substansi, kami masih memperjuangkan ini. Nanti selanjutnya kita akan menggunakan ruang rapat paripurna,” ujar Jazilu Fawaid, politisi PKB.

Ruang rapat Fraksi PDI-P yang juga diperuntukkan sebagai ruang Badan Musyawarah DPR itu jauh lebih kecil dari ruang rapat paripurna biasanya. Ruangan langsung penuh begitu dimasuki oleh sekitar 150 wakil rakyat pendukung pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla.

Suasana rapat paripurna tandingan tersebut lebih santai daripada biasanya karena tidak ada pengamanan ketat dari petugas pengamanan dalam (pamdal) atau protokoler dari pihak Setjen DPR. Tak ada yang menghalangi upaya media massa dan khalayak umum untuk memantau di dalam ruang rapat. Biasanya, media dan masyarakat umum hanya dapat memantau jalannya rapat dari balkon.

dpr-tandingan-3

Suasana rapat paripurna pemilihan pimpinan DPR tandingan yang digelar fraksi kubu Koalisi Indonesia Hebat/ KOMPAS.com/IHSANUDDIN

Mosi tak percaya hingga dagelan
Sidang dimulai dengan membacakan mosi tidak percaya mengenai pimpinan DPR yang saat ini dikuasai oleh fraksi kubu KMP. Setelah itu, kelima fraksi menetapkan pimpinan DPR sementara mereka. Ida Fauziah (PKB) didaulat sebagai ketua, sementara empat wakil ketuanya adalah Effendi Simbolon (PDI-P), Dossy Iskandar Prasetyo (Partai Hanura), Syaifullah Tamliha (PPP), dan Suprihadin (Partai Nasdem).

Setelah itu, sidang dilanjutkan dengan penyerahan nama usulan komisi dan alat kelengkapan DPR. Lima fraksi kubu KIH secara berurutan memberikan usulan pimpinan komisi dan alat kelengkapan Dewan kepada pimpinan sidang.

Sidang paripurna tandingan ini relatif berjalan damai dan lancar, meskipun ada pula anggota yang mengeluarkan interupsi hingga celetukan-celetukan. Rapat para anggota Dewan terhormat itu berubah menjadi layaknya dagelan.

Seorang anggota, misalnya, keberatan jika hanya fraksi kubu KIH yang dipanggil oleh pimpinan untuk menyerahkan nama anggota yang akan ditempatkan di alat kelengkapan DPR.

“Supaya adil, teman-teman di KMP juga harus diminta untuk menyerahkan nama,” ujarnya.

Ida pun menyetujui usulan itu. Dia memanggil satu per satu fraksi kubu KMP untuk maju ke depan dan menyerahkan daftar nama.

“Fraksi Golkar mana?” Ida memanggil.

“Walk out kali,” celetuk anggota DPR melalui alat pengeras suara.

“Enggak ada ya berarti,” ujar Ida.

Setelah itu, Ida memanggil Fraksi Partai Demokrat.

“Lagi di Cikeas semua, Bu,” timpal seorang anggota DPR.

Ida kemudian memanggil Fraksi Partai Gerindra, F-PAN, dan F-PKS secara berturut-turut. Ketidakhadiran mereka lagi-lagi menjadi bahan olok-olok para anggota Dewan dari fraksi kubu KIH.

“Fraksi Gerindra lagi di Hambalang kali, Bu,” celetuk seorang anggota DPR.

Berbagai celetukan tersebut menjadi bahan tertawaan para wakil rakyat yang hadir. Bahkan, seorang anggota DPR terpingkal-pingkal sambil memukulkan tangan ke meja.

Namun, tentu saja tak ada protes dari kubu “sebelah” yang biasanya membuat suasana sidang paripurna menjadi panas. Seisi ruangan tahu, politisi kubu KMP tidak ada di sana…. (KOMPAS.com)

Penulis : Ihsanuddin
Editor : Sandro Gatra

  162 Responses to “Unik: Rapat Paripurna DPR Tandingan”

  1.  

    Jijik ngliatnya
    Hemm boleh juga brarti bikin president tandingan
    Nanti paling bawah juga bikin rakyat tandingan

  2.  

    Langkah tepat buat KIH.md3 harus revisi

  3.  

    Beginilah kalau para penyamun dan ular2 pada ngumpul, pake bikin DPR tandingan segala, jadi jelaslah sebenarnya mereka kerja BUKAN untuk kepentingan/mewakili rakyat, tetapi untuk kepentingan perut dan bawah perut mereka. !!!
    Sungguh tidak tahu malu, tidak bermoral,. …….dasar penyamun & ular !!!

  4.  

    analisa anda sendiri atau Apa anda sudah mendapat konfirmasi dari kubu yg anda maksud y bung ?, mohon pencerahanya ?

    •  

      numpang bung baricade, biz ane ga bs reply bung kodokijo sich…
      trus gimana donk bung kdkj…??
      apa posisi kunci hrs d kuasai kubu KIH… demi RI, bukankah sebaik’a d rangkul entu KMP…

  5.  

    pdip mungkin kecewa sm jokowi jg,krn jatah mentri dr pdip cm 3 justru dr pkb ada 4..pdhl mereka sbg pemenang merasa harus dominan dikabinet,pdip merasa tercoreng lah…mungkin utk tdk kehilangan muka terpaksa mereka buat kisruh di parlemen,pdhl klo mereka dpt jatah 5 mentri saja mungkin mereka anteng2 aja..
    Tp ada yg unik loh,jokowi berani utk tdk memasukkan lbh byk kader pdip di kementrian,jokowi dan pramono anung jg berani mengkritik KIH yg membuat dpr tandingan,katanya “jgnlah (KIH)memberi contoh yg tdk baik kpd masyarakat”…
    pdhl denger2,dpr tandingan itu atas restu dr bunda,anak emas mulai membangkang?

  6.  

    gak boleh bgitu bung,,ntar klo ada yg terprovokasi dgn pernyataan anda bisa repot dh….baiknya kita yg rakyat biasa bisa membuat adem suasana yg sdh panas..cara mudahnya yaaa,,jgn sampai terprovokasi oleh aksi mereka..cooling down ajalahhh…

  7.  

    Supaya sadar dan malunya kembali, Seyogyanya mereka wajib I’TIKAF 4 BULAN DIWILAYAH TERPENCIL DAN TERISOLIR AGAR TAHU BERSYUKUR BAHWA MEREKA DIANUGERAHKAN UMUR, KESEHATAN DAN KEKAYAAN DIBANDINGKAN RAKYAT YG KURANG MAMPU DAN MISKIN PAPA TETAPI HATI RAKYAT MISKIN LEBIH KAYA .. SADARLAH JANGAN BEREBIT KEKUASAAN … MALU SAMA TUHAN, SAMA RAKYAT JADI TONTONTAN YANG SEMESTINYA TELADAN, PANUTAN TAPI INI JADI CONTOH KEJELEKAN …

  8.  

    Supaya sadar dan malunya kembali, Seyogyanya mereka wajib I’TIKAF 4 BULAN DIWILAYAH TERPENCIL DAN TERISOLIR AGAR TAHU BERSYUKUR BAHWA MEREKA DIANUGERAHKAN UMUR, KESEHATAN DAN KEKAYAAN DIBANDINGKAN RAKYAT YG KURANG MAMPU DAN MISKIN PAPA TETAPI HATI RAKYAT MISKIN LEBIH KAYA .. SADARLAH JANGAN BEREBIT KEKUASAAN … MALU SAMA TUHAN, SAMA RAKYAT JADI TONTONTAN YANG SEMESTINYA TELADAN, PANUTAN TAPI INI JADI CONTOH KEJELEKAN …

    #Apa kata dunia #

  9.  

    Bubarin aja itu DPR. Sungguh tidak bermoral dan menghambur-hamburkan uang rakyat.

  10.  

    SEMOGA APAPUN KEPENTINGAN YANG DIPERJUANGKAN …???? Tolong Para Pemimpin, Petinggi , Anggota DPR …. dulukanlah persatuan dan kesatuan …………..dulukanlah kepentingan NKRI …..

  11.  

    Kartolooo Tandingannnn

  12.  

    Ini adalah buntut kekalahan beruntun Lobi KIH di dpr kemarin.

  13.  

    Gak ada hub sama pilpres. Ini ulah kih aja yg kaya anak puad. Dagelan politik ala dpr. Memalukan.

  14.  

    enaknya ya jadi anggota dewan,dapat gaji puluhan juta,tunjangan ini itu,fasilitas kendaraan mewah,kerja cuma tidur,,tuyul yang mngatas namakan rakyat yang hbisn uang negara..itu bukan atas nama rakyat itu demi golongan partai..

  15.  

    Membubarkannya pake dekrit ya bung kaya jaman gusdur :mrgreen:

  16.  

    Assalamualaikum wr.wb.
    bisa kasih link untuk download uu md3
    saya mau baca isinya.
    dan tolong di kasih link uu yang lama juga
    saya juga mau membandingkan

  17.  

    Inilah Lagu Kebangsaan DPR tandingan

    Taman yang paling indah hanya taman kami
    Taman yang paling indah hanya taman kami
    Tempat bermain berteman banyak
    itulah taman kam itaman kanak-kanak

  18.  

    kasian banget ya,…

  19.  

    Indonesia ( irak part II )

    Tolong sadar jangan buat kami & anak cucu kami kelak menderita karna hanya demi kekuasaan & harta anda ! Dasar badut2 tidak tau malu !

  20.  

    sebagai rakyat kecil,,,MALU BANGNGETTT

  21.  

    kok jd nya Begini sih..wah aku dukung, aku pilih, biar Jokowi jadi RI1 kok ahirnya ngak simpatik gini…kok ngak ada kedewasaan politik.. Seakan akan Kami(Rakyat jelata) ngak punya arti apa2 yg terpenting tujuan/ kepentingan golongan/kelompok, pribadi yg diutamakan..mana keberpihakan pada “WONG CILIK” seperti janji kampanye nya dulu….KIH tolong jg kebiri kepercayaan kami…PDI-P kalian menang pil leg karena faktor JOKOWI bukan karena Dipertuan agung “Bhok de” + Putri Puan Mahonyosob.. Kalau ngak puas kan ada mekanisme yg konstitusional (melalaui MK) sehingga lebih elegan, bukannya bikin tandingan tandingan

    Bicara tandingan …kok ngak belajar sama PSSI yg ada serba tandingan, pengurusan tandingan, Liga tandingan, Keputusan hukum tandingan… akibatnya
    R U S A K , A J U R Mumut K A B E H

    Skr ada DPR tandingan.. besok besok ada RUU tandingan,,, Lusa Ada Presiden + kabinet Tandingan,,, Kelama lamaan Ada UUD + NKRI tandingan, hasil ahir Rakyat Saling Bertanding

  22.  

    DPR tandingan:makar:pelor yang bicara.

  23.  

    Speechless 🙁

  24.  

    “Yg bermain itu hanya wayang”,
    Mf,, kira2 siapa yach “DALANG” semua ini?

  25.  

    Meraka ini berkoalisi(satu kata: sepakat).ja d ikurasa mereka ini bkn wayang Bung Black Hole tapi disengajakan

  26.  

    ati2 om…ntar ditangkepin…baru seminggu keja, tiga macan aja udah langsung digaruk..wkwkwk

  27.  

    Arti demokrasi bagi PDIP adalah cuma kemenangan belaka, kalo PDIP ga menang dlm apa juga hal ya dibilang ga demokrasi

    •  

      Mengena sekali komen anda hehe

      •  

        Terima kasih bung STMJ, kira kira ada cara ga buat rakyat kecil spt saya ini menuntut wakil rakyat atas sikap politik mereka. Karna sikap mereka tidak sehaluan dengan ideologi partai yg mereka ikuti. Jujur saya memilih para wakil rakyat adalah karna melihat ideologi partai yg mereka anut. Bukan karena tokoh tokoh partai tsb. Salam kenal bung STMJ.

  28.  

    Heran, KIH ini kok mau menang sendiri, di eksekutif rakyat sdh memilih jokowi jd RI1 ywd, mbok ya disukuri, krn rakyat sdh memilih dan mendukung dgn suara terbanyak utk calon yg diusung KIH mnjd RI1 ykn pak jokowi. nah klw utk di legislatif ya, nanti dulu, gak bisa otomatis krn menang di eksekutif lalu di legislatif jg hrs menang? lha klw di legilatif kan itu kumpulan dari partai peserta pemilu? jd klw mw menang jg di legislatif ya, para partai peserta pemilu yg berdasarkan berapa jumlah suaranya berdasarkan aturan yg sdh ditetapkan KPU maka anggota partai mrk yg byk menempati parlemen. dan partai mana yg dpt melobi partai lain utk berkoalisi sehingga mengalahkan koalisi yg memenangi presiden, gak hrs koalisi yg menang di eksekutif tp kalah di legislatif lalu menganggap koalisi lawannya yg dilegislatif otomatis kalah ya, itu pemikiran org2 yg serakah.. tamak.. egois.. Sebenarnya peran KMP yg memenangi kursi terbanyak di senayan malah sebenarnya bagus utk demokrasi. krn eksekutif dlm hal ini presiden yg di usung KIH gak bisa sesukanya mengambil keputusan sepihak. krn ttp keputusan presiden dikaji dan ditimbang kembali di parlemen yg notabene pihak yg dulunya berseberangan politik. lagian presiden jokowi yg diusung KIH yg dimotori pdip gak perlu kebakaran jenggot.. kan klw mmg keputusan presiden yg diusung KIH utk kebaikan Indonesia keseluruhan, koalisi KMP yg menguasai parlemen, gak akan berani memveto semua kebijakan Presiden. krn jaman skrg ini yg mana infomasi dan media2 begitu banyak pastinya setiap keputusan yg berpihak kpd rakyat dan Indonesia keseluruhannnya, pasti akan diawasi rakyat2 yg sdh melek tekonologi, media dan arus infomasi. rakyat pintar itu buaannnyak… tp mrk silent.. tp ttp kritisi. kecuali nih.. ada agenda2 tersembunyi dari partai yg memotori presiden terpilih yg berkuasa utk kepentingan mrk berdua dan bbrp partai koalisinya yg ada diparlemen saling bekerja sama utk kepentingan mrk saja. hirarkinya kan.. : eksekutif di awasi oleh legislatif. dan legislatif akan diawasi oleh masyrakat yg pintar dan melek teknologi sehingga eksekutif dan legislatif gak boleh saling main mata utk keuntungan mrk saja. Intinya ini partai kebo rakus ini, harus kudu ekstra ketat diawasi oleh rakyat. klw tidak.. ini kebo, yg sejarahnya mmg sdh sama2 diketaui adlh kebo yg rakus, licik dan tamaknya nauzubilah.. wong isinya orangnya kebanyakan mirip sapti tank dan pelarian gerombolan 3 huruf bray.. ( Edisi geremm gemeretak 😈 )

  29.  

    SAYA MAU TANYA: (sorry kapital karena sifatnya urgent)
    Kalau ada kejadian seperti ini SIDANG TANDINGAN, AKSI ANARKIS sampai merusak meja.
    Kita sebagai masyarakat biasa bisa apa?
    Maksud saya jalur HUKUM apa yg bisa di tempuh untuk menggugat itu anggota2 DPR yg bermasalah baik ke PARTAI pengusungnya ataupun ke PERSONAL anggotanya.
    Monngo yang faham HUKUM dan PERUNDANG-UNDANGAN mohon di berikan pencerahannya.

    Terima kasih
    SALAM

  30.  

    setuju bung , bentar lg sapu bersih presiden kalau sampe bisa pemilihan presiden diubah dipilih oleh dpr atau jokowi dilengserin , semoga Tuhan masih sayang sama negeri ini , dan ilang tuh para tikus2 kmp

  31.  

    dsar yg trgbung d kih ini orang2 yg trlalu pnter hingga mrka lpa klo sdh mnyalahi UUD 45…trutama yg nma.a efendy simbolon dan arya kacung ni slalu sja bngga ngrsa pling hebat…klo mmg klah d parlemen ya sdh trma sja jngn malu2in kliatn skali pngn mnuhi kantong…

  32.  

    Ndak mungkin bung ada presiden tandingan. Rakyat masih pada sehat dan mampu berpikir jernih kok bung. Pak joko kerja terus. Hidup kabinet kerja.

  33.  

    bikin capek, mending melotototin mentri2 kabinet kerja, baru seminggu udah pada langsung ngacir gak perlu nunggu 100 hari. rekor kabinet setelah 69 th merdeka!

  34.  

    Entah kenapa kepikiran sama ini berita terus.

    Hmmm…

  35.  

    lama tidak muncul di sini…menurut saya apa yg ditunjukan KIH merupakan hal yg berlebihan.saya sependapat dgn Bung Vox.ini sama saja menghambat kinerja/program2 Pak Jokowi,…this is politic,,this is democracy..hal yg wajar satu kubu menguasai Legislatif yg satu menguasai Eksekutif…hati2 buat saudara2 di KIH,,ini bs in konstitusional loh..yg namanya politik itu lobi dan diplomasi…adu kecerdikan..adu kecerdasan dalam melobi kubu yg bersebrangan…

    ini hanya pendapat orang pengangguran n bukan jg bermaksd membela salah satu kubu 🙂
    yg pasti kisruh di Legislatif pusat,,gambaran berpolitik instan…!!!!!

  36.  

    Kasian…kasian…kasian…kata upin ipin, ulah sebahagian KIH sama aja dgn menghambat program kerja pak joko widodo…dan mereka jg kok mau di kadalin ama KMP…akhirnya mereka jd bulan bulanan masyarakat… jd maklumlah klw mereka punya IQ tinkat melati.

  37.  

    Lha terus gmana nich ,,,,,,ancur negriku

 Leave a Reply