Nov 012014
 
idang paripurna tandingan yang dilakukan fraksi kubu Koalisi Indonesia Hebat digelar di ruang rapat fraksi PDI-P Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (31/10/2014). (KOMPAS.COM/FABIAN JANUARIUS)

Sidang paripurna tandingan yang dilakukan fraksi kubu Koalisi Indonesia Hebat digelar di ruang rapat fraksi PDI-P Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (31/10/2014). (KOMPAS.COM/FABIAN JANUARIUS)

Jakarta – Para politisi dari Fraksi PDI Perjuangan, F-PKB, F-Partai Nasdem, F-Partai Hanura, dan F-PPP berbondong-bondong datang ke ruang rapat paripurna di Gedung Nusantara II Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat (31/10/2014) sejak pukul 09.00 WIB. Mereka ingin menggelar rapat paripurna tandingan untuk melawan kepemimpinan DPR yang dikuasai fraksi kubu Koalisi Merah Putih (KMP).

Namun, ruangan ternyata terkunci. Tidak ada aktivitas dari pihak Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR di lokasi. Biasanya, pihak Setjen DPR yang mempersiapkan segala hal untuk menggelar rapat.

Di dalam daftar hadir yang dijejer di atas meja di depan ruang rapat hanya terdapat susunan anggota lima fraksi kubu Koalisi Indonesia Hebat (KIH).

Sebelumnya, begitu mengetahui bahwa fraksi kubu KIH akan menggelar rapat paripurna tandingan, pimpinan DPR sah langsung melarang pihak Setjen DPR memberi fasilitas kepada kubu fraksi KIH. Jika fasilitas diberikan, Setjen DPR dianggap melakukan tindakan ilegal.

Sekretaris Jenderal DPR Winantuningtyastiti bingung saat ditanya perihal adanya sidang paripurna tandingan.

dpr-tandingan-2

Para politisi fraksi kubu Koalisi Indonesia Hebat tidak bisa masuk ruang rapat paripurna DPR / KOMPAS.com/IHSANUDDIN

Lantaran tidak bisa masuk ruang rapat, sekitar seratus anggota DPR memadati area di depan ruang rapat. Sebagian anggota duduk-duduk di anak tangga. Ada pula yang berjalan-jalan di sekitar ruang rapat. Beberapa politisi melakukan wawancara dengan media untuk menjelaskan kondisi yang terjadi.

“Kita tunggu saja, sedang dikomunikasikan (kepada Sekjen DPR),” kata politisi PDI-P, Arif Wibowo, ketika mengomentari soal ketiadaan fasilitas untuk menggelar rapat paripurna tandingan.

Namun, hingga pukul 10.00 WIB, kejelasan tak kunjung datang. Pintu ruang rapat masih tertutup, dan tetap tidak ada pihak Setjen DPR yang terlihat.

Tidak ingin rencananya gagal, akhirnya mereka memutuskan untuk menggelar rapat paripurna di ruang rapat Fraksi PDI-P di “gedung kura-kura”.

“Kami sudah berupaya agar pintu terbuka, tetapi pihak kesekjenan belum membuka pintu ruang rapat paripurna. Ini hanya persoalan teknis. Secara substansi, kami masih memperjuangkan ini. Nanti selanjutnya kita akan menggunakan ruang rapat paripurna,” ujar Jazilu Fawaid, politisi PKB.

Ruang rapat Fraksi PDI-P yang juga diperuntukkan sebagai ruang Badan Musyawarah DPR itu jauh lebih kecil dari ruang rapat paripurna biasanya. Ruangan langsung penuh begitu dimasuki oleh sekitar 150 wakil rakyat pendukung pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla.

Suasana rapat paripurna tandingan tersebut lebih santai daripada biasanya karena tidak ada pengamanan ketat dari petugas pengamanan dalam (pamdal) atau protokoler dari pihak Setjen DPR. Tak ada yang menghalangi upaya media massa dan khalayak umum untuk memantau di dalam ruang rapat. Biasanya, media dan masyarakat umum hanya dapat memantau jalannya rapat dari balkon.

dpr-tandingan-3

Suasana rapat paripurna pemilihan pimpinan DPR tandingan yang digelar fraksi kubu Koalisi Indonesia Hebat/ KOMPAS.com/IHSANUDDIN

Mosi tak percaya hingga dagelan
Sidang dimulai dengan membacakan mosi tidak percaya mengenai pimpinan DPR yang saat ini dikuasai oleh fraksi kubu KMP. Setelah itu, kelima fraksi menetapkan pimpinan DPR sementara mereka. Ida Fauziah (PKB) didaulat sebagai ketua, sementara empat wakil ketuanya adalah Effendi Simbolon (PDI-P), Dossy Iskandar Prasetyo (Partai Hanura), Syaifullah Tamliha (PPP), dan Suprihadin (Partai Nasdem).

Setelah itu, sidang dilanjutkan dengan penyerahan nama usulan komisi dan alat kelengkapan DPR. Lima fraksi kubu KIH secara berurutan memberikan usulan pimpinan komisi dan alat kelengkapan Dewan kepada pimpinan sidang.

Sidang paripurna tandingan ini relatif berjalan damai dan lancar, meskipun ada pula anggota yang mengeluarkan interupsi hingga celetukan-celetukan. Rapat para anggota Dewan terhormat itu berubah menjadi layaknya dagelan.

Seorang anggota, misalnya, keberatan jika hanya fraksi kubu KIH yang dipanggil oleh pimpinan untuk menyerahkan nama anggota yang akan ditempatkan di alat kelengkapan DPR.

“Supaya adil, teman-teman di KMP juga harus diminta untuk menyerahkan nama,” ujarnya.

Ida pun menyetujui usulan itu. Dia memanggil satu per satu fraksi kubu KMP untuk maju ke depan dan menyerahkan daftar nama.

“Fraksi Golkar mana?” Ida memanggil.

“Walk out kali,” celetuk anggota DPR melalui alat pengeras suara.

“Enggak ada ya berarti,” ujar Ida.

Setelah itu, Ida memanggil Fraksi Partai Demokrat.

“Lagi di Cikeas semua, Bu,” timpal seorang anggota DPR.

Ida kemudian memanggil Fraksi Partai Gerindra, F-PAN, dan F-PKS secara berturut-turut. Ketidakhadiran mereka lagi-lagi menjadi bahan olok-olok para anggota Dewan dari fraksi kubu KIH.

“Fraksi Gerindra lagi di Hambalang kali, Bu,” celetuk seorang anggota DPR.

Berbagai celetukan tersebut menjadi bahan tertawaan para wakil rakyat yang hadir. Bahkan, seorang anggota DPR terpingkal-pingkal sambil memukulkan tangan ke meja.

Namun, tentu saja tak ada protes dari kubu “sebelah” yang biasanya membuat suasana sidang paripurna menjadi panas. Seisi ruangan tahu, politisi kubu KMP tidak ada di sana…. (KOMPAS.com)

Penulis : Ihsanuddin
Editor : Sandro Gatra

  162 Responses to “Unik: Rapat Paripurna DPR Tandingan”

  1. Walaaahhh waaalaaaahh..
    Baca dulu ahhh

    • Setelah mbaca ini artikel, baru sy paham knp tessi srimulat memakai narkoba.

      Krn stress, sepi order jarang main dagelan

      Lahan cari makan tessi sdh direbut anggota DPR

      Makin stress lg si tessi stlh tau kalah lucu dr dpr

      Sampuun..

    • Keliatan partai yang siap menang dan gak siap kalah, pasti mengatasnamakan RAKYAT, podo ora duwe ISIN,nek ngerti aturan ki mbokyow sing genah, pancen WAKIL RAKYAT ning RAKYAT SING POKROL

    • Apa yg mereka cari???
      Apa yg mereka mau???
      Terlalu pintar hingga mereka lupa,lelucon yg mereka perbuat.
      kepentingan pribadi,kepentingan golongan,kepentingan isi dompet.
      Apa yg salah dgn mereka? bagaimana cara memperbaikinya????

    • Ngeri kali DPR ini jagan sampai DPR di bubarkan tar ujung2 super semar lg kaya jaman sukarno dulu aduhhh gawat mudah2an tak terjadi Amin

    • maaf bung petruk numpang pertamax,,,,Sangat disayaangkan tindakan yg diambil KIH, hal ini memperkeruh suasana politik dinegeri yg kita cintai ini, seharusnya kubu KIH melakukan lobi2 politik dg kubu KMP,,,,kebijakan pemerintah yg diterbitkan adalah kebijakan yg ditujukan untuk membangun negeri tercinta ini, namun demikian tentu saja dr kubu KMP akan mengkritisinya sebagai pihak oposisi,,,disinilah kecerdasan KIH diuji untuk melakukan lobi2 politik,,,yang saya tangkap dari tidakan kubu KIH ini adalah rasa frustasi dari pihak mereka akibat ketidakberhasilan mereka merebut posisi2 tertinggi di parlemen, dan mungkin ini dianggap oleh mereka sebagai kekalahan,,,,disinilah diuji kebesaran sikap mereka (KIH) dan sikap kubu KMP setelah mereka menguasai parlemen apakah akan menjegal setiap kebijakan presiden atau hanya akan mengkritisinya,,,,pertanyaaannya, jadi siapa yg rakus kekuasaan?

  2. 🙂 ada2 ajaa… :mrgreen:

    • Yang buat DPR tandingan, karena mereka sudah berpengalaman dalam membuat isteri2 tandingan pula ……ha ha ha,….memang pengalaman adalah guru yg baik….wk wk wk

  3. Ada2 aj

    • Salam kenal sebelumnya bung jet ajaib , untuk apa KIH membuat sidang spt ini ? Apakah mereka tidak menerima kekalahan dalam pemilihan ketua dpr ? Prabowo saja mengakui kekalahannya dari jokowi . Lah,sekarang malah dpr yang buat masalah , lama-lama jika terus berlangsumg mau tidak mau bangsa ini akan hancur sendirinya . Saya sendiri selaku generasi penerus bangsa sungguh miris membaca berita spt ini . Tidak mendidik , masa sih kalo kalah kita harus buat tandingan ? Maaf sebelumnya yo… 🙂

  4. Untung g ad presiden tandingan

    • Betul juga ya bung. Kemarin presiden yg kalah sdh memberi contoh dg melakukan proses yg sesuai konstitusi. Ketika kalah ya legowo. Dan saling berjabat tangan. Pas pelantikan juga hadir. Dan komitmen utk mendukung meski melalui oposisi.
      lha ini DPR nya kok ya nggak memberi contoh. Kan sudah menguasai 100% Eksekutif. Tdk perlu pusing harus 100% juga di legislatif. Selama pemerintah pro rakyat. Kami seluruh WNI dibelakang pak presiden

    • Kenapa gak bikin kebo tandingan, sekalian dgn induk kebo tandingannya !

  5. kelompok serakah KEKUASAAN…

  6. Semua kelakuannya kaya anak kecil, tp memang aneh rasanya pemenang pemilu legislatif tidak dpt porsi ketua. Semua memang sudah direncanakan untuk rusuh seperti ini. Tinggal tunggu waktu akanbterulang kembali 98. Siap2 akh untuk cari cewe buat di perkaos. Hahahaha

  7. Norak kaya anak TK, ga malu ma rakyat. Kalau dah. Dipilih kerja yg bener . Jgn main2. Nasib 200 jt rakyat ada ditangan anda. Gimana nasib sy jd kang somay bentar lg bensin naik.

  8. DPR tandingan buat negara malu saja.

  9. Menggelikan…:-D.

  10. Dagelan politik..mau saja dipecah belah asing. Sedih melihat Indonesia seperti ini..

  11. wesss mbohhh

  12. bagaimana bisa mikirin rayat…wis..ngak maju-maju…

    • gak bakalan mikirin rakyat, br dilantik aja kelakuanya udah kyk gt, gmn nanti kebelakangnya???
      nasip rakyat dipertaruhkan sak enak jidatnya sendiri2………………

  13. Upaya makar alias subversif … wajib ditangkap karena melanggar UU & hukum yg berat, kelakuan mrk sdh memecah belah persatuan & kesatuan NKRI

  14. anggota dewan kopl*k

  15. hanya bisa mengelus dada lihat tingkah laku anggota dewan yg tdk legowo
    ya allah berikanlah petunjukmu n selamatkanlah bangsa nkri ini dr kehancuran

  16. satu2nya jln,mahasiswa beserta masyarakat demo besar2an…seret keluar anggota dewan yg buat rusuh,terutama dr KIH…gebukin aja gpp..

    • Kalau mau demo ditujukan ke semua anggota DPR secara damai, agar mereka berunding dan tidak membuat ruwet.

    • Kali ini ane SETUJU dengan anda bung @frans !!!

    • Hehehe… masih kurang puas hasil judicial review di MK?? Silakan buat komunitas sendiri yg bisa membenarkan tindak tanduk KIH.

      • Assalamualaikum wr.wb.
        iya padahal sudah ada MK
        yang setahu saya salah satu tugas dan hak MK merupakan badan indenpenden yang menangani sengketa antara pemerintahan dengan rakyat.
        kan sudah kalah di MK
        apa mau di buat MK tandingan dan membikin uu se enak udelnya sendiri
        ini negara pasti ada aturan hukumnya, tidak bisa se enak udelnya sendiri :mrgreen:

        • Waallaikum salam bung wong deso, betul kata anda tidak bisa seenak udelnya sendiri harus pake aturan.

          Mahkamah Konstitusi (disingkat MK) adalah lembaga tinggi negara dalam sistem ketatanegaraan Indonesia yang merupakan pemegang kekuasaan kehakiman bersama-sama dengan Mahkamah Agung.

          Lebih jelasnya bisa di lihat :
          http://id.m.wikipedia.org/wiki/Mahkamah_Konstitusi_Republik_Indonesia

        • Assalamualaikum wr.wb.
          setahu saya bedanya MA dan MK itu
          kalau MA pengadilan yang mengurusin pidana perdata
          kalau MK itu lebih ke arah peraturan pemberlakuan peraturan sengketa pemerintah dengan rakyat

          misal MA: mengadili tersangka korupsi atau mengadili tindak kriminal

          kalau MK misal: sengketa pilkada, yang sengketa kan kedua kubu antara si A dan si B
          tapi yang punya wewenang kan lembaga pemerintah seperti KPU,
          yang di gugat bukan si A atau si B nya tapi pelaksanaan KPUnya.

          contoh lain MK: misal ada UU baru yang di tetapkan pemerintah, la mungkin ada orang atau sekelompok orang yang merasa dirugikan oleh UU tersebut maka bisa di gugat di MK.

          kalau salah ya maaf 😀
          maaf oot 😀

    • Sepik… kalau kalian melakukan semua hal yg benar untuk rakyat, g perlu juga kyk anak tk bgini,,, hehehe… lucu… takut KMP menjegal keputusan presiden jokowi…
      Selalu berprasangka buruk… terlihat sebenarnya tabiat kalian… yang SERAKAH haus HARTA dan DUNIA…

      • Ngapain coba DPR KIH takut dijegal di DPR. Kalau kerjanya bener kan rakyat yg dukung. 200juta lebih banyak dari cuman DPR. Belum terbukti kan kebijakan pak Joko dijegal.

    • Assalamaualaikum wrwb.
      bukan salah lagi tapi sudah makar atau membelot pada negara

      • Assalamualaikum wr.wb.
        wuahahaha anda benar-benar lucu 😆
        move on bagaimana maksud anda?
        coba di jelaskan
        saya gagal paham dengan kata-kata move on dengan situasi seperti itu :mrgreen:

        kalau salah ya maaf 😀

      • Bung masa sih,sya gagal paham dengan gagal move on?? Maksudnya apa ya? Saya memang memilih Pak Prabowo namun begitu pak JKW terpilih maka saya support pak JKW sebagai president.

        Mudah dan jelas seperti halnya kedatangan Pak Prabowo di pelantikan president.

        Anda harus mengerti, jika kepentingan kebangsaan lebih besar maka pasti tidak berstatement seperti itu. Knp? Kami rakyat Indonesia minimal 47% paham itu,dan InsyaAllah seiring waktu berjalan dan move KIH yg tidak populer,wind of changes indeed will be true.

        Dewasalah,bukan masalah KMP atau KIH tapi dewasalah untuk menghadapi perbedaan tapi menyatu,jikapun belum dewasalah karena umur. MALU

      • Bantingan yg elegan, Bung Sukrov@ terhadap si masa sih@

      • Assalamualaikum wr.wb.
        saya bukan partisipan siapapun, saya hanyalah masyarakat umum, dan tidak di gaji oleh mereka sepersen pun.

        menurut saya lembaga-lembaga tandingan seperti hal di atas ibarat bom waktu atau penyakit kangker,
        perlahan tapi pasti mempunyai daya hancur yang hebat.

        yang perlu di pertanyakan kedepannya versi siapa yang resmi dan bagaimana lembaga tersebut bisa berjalan efektif dan efisien sebagai lembaga negara?
        jika semua mengeklaim tentang kebenaran

        rakyat sudah menjalankan tugasnya dengan memilih perwakilannya.
        namun kenyataannya mereka tidak mempunyai kedewasaan pola pikir.
        dan kita sudah ketahui bersama bahwa KMP mempunyai legistimasi hukum secara sah yang sudah kita saksikan bersama juga namun tandingannya ini merupakan sebuah bentuk pembelotan kepada negara.

        pertanyaan selanjutnya
        apa mau terjadi seperti di wilayah teluk yang mengeklaim negara di dalam negara dan mempertumpahkan darah sesama anak bangsa.

        anda boleh mensurvei mereka, dan tanyakan kepada mereka, apa tujuan anda mau menjadi anggota dewan?
        kebanyakan dari mereka pasti menjawab untuk mencari penghasilan bukan sebuah pengabdian.
        sama seperti saat anda mau masuk ke dalam partai, pasti kebanyakan bukan sebuah pengabdian kepada masyarakat luas melainkan untuk mencari sebuah kekuasaan.

        dalam hal untuk menindak lanjuti hal itu maka pengaktifan kembali intelejen sebagai penindak lanjut primer untuk menjamin keutuhan bangsa sudah seharusnya di aktifkan kembali.
        jika hal tersebut di manfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dan bekerja sama dengan pihak luar bisa jadi NKRI hanya dalam hitungan waktu saja.

      • Aneh komenmu bg.Aku kemarin milih kmp di dewan.Tpi milih jkw/jk di pilpres.Aku tau mn yg trbaik utkku & bagian trbesar rakyat Indonesia.

    • wkkwkwk dibayar berapa tong jadi wowo lovers ? , kwkwkwkkw NGAKAK LOL

      • Kalau anda bertanya seperti itu, nanti malah ada pertanyaan, di bayar brp sih bung jd jokowi lover? Ndak ada habis2 nya nti bung.
        Kalau pendukung prabowo diajarkan utk legowo, kami juga ingin mengatakan hal yg sama utk pendukung pak jokowi atau pendukung kih. Pimpinan dpr skrg yg katanya kih tidak kompeten malah itu sudah disahkan oleh MA bung. Coba anda baca di media on line, ada salah seorang anggota dpr dr partai pdip yg bilang, lebih baik perang sama kmp. Menurut saya pernyataan seperti ini bahaya bung, apalagi diucapkan oleh seorang anggota parlemen. Inikan seperti preman
        namanya bung. Apakah pak prabowo sewaktu kalah di mk adamengucapkan yg seperti itu bung? TTidak kan?
        Malah pak prabowo menenangkan simpatisan nya utk tdk anarkis.
        saya memohon maaf yg sebesar nya kalau komentar sy menyinggung bung2 sekalian..

    • Mendemo adalah pilihan terakhir bung saat pendapat kita diabaikan begitu saja , kita masih bisa menyampaikan keberatan kita dengan menyalurkan aspirasi kita . Kalau bener-bener dikacangin baru mendemo :mrgreen: .. demo to demolish ❗

      • Setelah membaca koment2 di atas..secara pandangan saya..memang masih banyak pendukung prabowo yg tidak ikhlas dgn kekalahannya walaupun prabowo secara simbolis sudah nerima dan siap mendukung,,tpi d dpr kmp (pendukung prabowo) tidak nerima dan berusaha menjegal atau menghambat pemerintahan…karena setiap ada pembahasan d dpr selalu di akhiri dgn voting yg sudah pasti akan di menangkannya..karena semua anggotanya harus(wajib) mendukungnya tanpa memikir kan subtansi yg sedang di voting kan..kalau memang mereka wakil rakyat jangan asal dukung aja tpi punya prinsip..kalau memang kebijakannya bagus dukung kalau ga bagus jangan di dukung…cmiiw
        #miris melihat dpr negeri ini#
        salam nkri

        • Nah, itu anda sudah jawab sendiri kan.
          Kalau memang kebijakan yg dibuat oleh pemerintah bagus, ya pasti akan di dukung oleh kmp bung, tp kLau gak bagus ya pasti tdk akan di dukung.
          Kan kmp memang berfungsi sebagai penyeimbang bung.
          Kalau pun memang kebijakan yg dibuat oleh pemerintahan pak jokowi bagus, tp ternyata masih direcokin oleh kmp, rakyat seperti saya, baik dari pendukung pak jokowi ataupun pendukung pak prabowo pasti tdk tinggal diam bung.

        • Sudah bung kita lihat saja nanti.kalau ada program pak jokowi yang pro rakyat tapi di jegal sama wakil rakyat, maka saatnya rakyat yang sebenarnya bertindak. Jujur saya sudah muak dan tida percaya lagi dengan para wakil rakyat kita yang mengatasnamakan rakyat padahal partai dan gengsi lah yang mereka junjung tinggi di dpr… Biarlah mereka yang pada ribut asalkan rakyat tetap bersatu. Ingat kekuatan suatu negara bukan di parlemen tapi di kita selaku rakyatnya,siapa yang bisa menghentikan rakyat ?. . .

    • Hidup itu pilihan bg.Klo sdh milih jgn nyesal.Klo kalah jgn marah.Itulah demokrasi bg.

  17. walah kok nyasar kmari

  18. almarhun Gus Dur pernah berseloroh, DPR kayak anak TK..

  19. Untung aja pas saya solat di mesjid gak ada imam tandingan.
    Hehehe

  20. konyol.. bener kta alm gusdur, dari TK ke PlayGroup. smg ga ada Presiden tandingan, Republik tandingan, dll

  21. Mohon pencerahan, klo dah jadi anggota DPR mereka mewakili sapa ya? Rakyat Indonesia, sekolompok rakyat Indonesia(daerahnya), atau partainya ya?

  22. Hanya Kumpulan Manusia yang Sok Paling Benar…Sok Paling Hebat…
    dan Ternyata Hanya KUMPULAN SAMPAH yang SERAKAH….!!!

  23. Wkwkwk, ente mau ngelawak di stand up comedy aja, biar ane yang gantiin jadi anggota dewan,
    PADA GAK BECUS JADI ANGGOTA DEWAN.
    ENTE SUDAH PILIH RAKYAT, KERJA YANG BENER DONG
    Wuuaannjiir…!

  24. kata “bang haji “” T E R L A L U “”

    • Rasanya spt Manchester United waktu dilatih Moyes,

      Kayaknya sibuuk buanget main bola..nyeraang terus, padahal mainnya asal asalan,
      Semua pemain pingin pegang bola..semua pemain pingin bikin sensasi sampai melupakan posisi masing masing.
      Malah jd ketawaan penonton di seluruh dunia

  25. menurut aku bagus ada dpr tandingan ..biar kelompok gurka tahu diri , jgn melindungi bapak yg sebentar lg msk bui..
    meweklah kmp , jbtn ketua dpr cm tuk 1 bln

    • Jangan matikan nalar anda bung waduh, semua ada aturanya. apa yg mereka lakukan adalah tindakan melawan konstitusi.
      Lihatlah tingkah mereka yg katanya mengadakan sidang ?, Malah Melecehkan Sesama, Maaf tapi saya sangat kecewa dengan para politikus2 ini.

    • ini sih sudah bukan salam 3 jari (persatuan indonesia) lagi yang didengungkang oleh jokowi. Sebagai ANAK anggota dewan, saya MALU punya BAPAK yang kelakuannya kayak SRIMULAT kw 3. hmmm, YA ALLAH berikanlah petunjuk tentang kebenaran hakiki bukan pembenaran yang keblinger, amin.

    • ya begitulah kalau sebangsa ” ular ” bung !

    • Hmmm… lawan politik di suruh move on…pas giliran ayam jagonya keleleran di hantam kenyataan malah di kipasin suruh ngotot…Koalisi Merah Putih sdh legowo menerima hasil eksekutif,Koalisi Ingin Hura Hura terima dong hasil legislatif…kecuali mau dianggap inkonstitusional dan membahayakan stabilitas negara…subversif dpt diganjar dgn peluru loh… :mrgreen:

  26. JKGR BIRO TANDINGAN

  27. Wis karepmu,dagelan yo gaji duwur,,uanjrriittt

  28. Kasihan Presiden Jokowi akan menemui kendala apabila keadaannya seperti ini, eksekutif pasti akan memerlukan mitra dari legislatif dari setiap kebijakan yang akan diambil esok hari…. sadarkah KIH jika keputusannya membuat DPR tandingan menjadi blunder kepada Jokowi yg notabene Presiden yg diusung mereka?? Sadarkah KIH jika dengan membuat DPR tandingan mereka telah melakukan tindakan inkonstitusional karena melawan / melanggar UUD MD3 yang telah disah kan oleh negara?? Sadarkah KIH bahwa anda tidak mempunyai legalitas dimata hukum karena MA sebagai lembaga yudikatif tidak mengakui keberadaan anda??

    Anggota dewan yg terhormat adalah representasi dari suara rakyat, sudah seharusnya bertindak sesuai dengan norma hukum dan kepatutan bukan malah menabrak rambu hukum yang ada…. bila anggota dewan yg terhormat bertindak semaunya tanpa memperdulikan nasib bangsa kedepan silakan anda membuat komunitas sendiri di negeri antaberantah bukan di Republik Indonesia.

  29. Kamprett bisnis lagi lesu lihat berita ginian….hebat dagelannya

  30. KIH GAK MUTU! Waktu itu diminta melengkapi alat kelengkapan dewan dll. Pdhl sudah diminta tetapi di abaikan malah alasanya nunggu pelantikan presiden dan berspekulasi knp hrs cpt2 ? Dan menuduh kmp dgn alsn bagi2 kursi. Jangan DPR dijadikan sapi ompong ! Karena mengulur2 wkt dan skrg mlh blm bkrj.
    Malah skrg krn mossi tdk prcy lalu membuat dpr tandingan. Itu MAKAR namanya.
    Mentang2 presidennya trplh .Katanya takeline nya kerja,kerja,kerja?

  31. Haha, , jadi inget acara republik mimpi dulu,, tokohnya ada megakarwati,gus pur, jk(jarwo kwat),dll. Lambang negaranya burung hantu.. . Hehe
    Maaf ngawur. .

  32. Besok ada rakyat tandingan xixi..

  33. Masih layakkah mereka disebut wakil rakyat yg terhormat? Masih layakkah mereka mengemban amanat rakyat yg memilihnya? Saya yakin kalau jawabannya adalah TIDAK !!

  34. sekarang udah keliatan dari kubu mana yng lebih haus kekuasaan…!!!!

  35. ular ular berkumpul

  36. Srimulat..ketoprak humor… NGELABA…isine wong2 dagelan…podo mbek wong2 ..K I H…

  37. daripada bikin gedung baru DPR yg ada kita pecat saja mereka kurangi jumlahnya sisakan sebanyak provinsi yg ada..terus yg lain titipkan di departement terkait…

  38. mantap 🙂

    Untukmu yang duduk sambil diskusi

    Untukmu yang biasa bersafari

    Di sana, di gedung DPR

    Wakil rakyat kumpulan orang hebat

    Bukan kumpulan teman teman dekat

    Apalagi sanak famili

    Di hati dan lidahmu kami berharap

    Suara kami tolong dengar lalu sampaikan

    Jangan ragu jangan takut karang menghadang

    Bicaralah yang lantang jangan hanya diam

    Di kantong safarimu kami titipkan

    Masa depan kami dan negeri ini

    Dari Sabang sampai Merauke

    Saudara dipilih bukan dilotre

    Meski kami tak kenal siapa saudara

    Kami tak sudi memilih para juara

    Juara diam, juara he’eh, juara ha ha ha……

    Untukmu yang duduk sambil diskusi

    Untukmu yang biasa bersafari

    Di sana, di gedung DPR

    Di hati dan lidahmu kami berharap

    Suara kami tolong dengar lalu sampaikan

    Jangan ragu jangan takut karang menghadang

    Bicaralah yang lantang jangan hanya diam

    Wakil rakyat seharusnya merakyat

    Jangan tidur waktu sidang soal rakyat

    Wakil rakyat bukan paduan suara

    Hanya tahu nyanyian lagu “setuju……”

    NB: saya tidak setuju dengan yang dilakukan KIH tapi lebih memalukan lagi yang dilakukan KMP, hanya 5 fraksi + PPP (gadungan,….SDA belum dipenjara ya? kok masih bisa pimpin partai?) sudah menyatakan kuorum

  39. Entah saya harus marah, malu atau tertawa dengan ulah badut-badut ini. Astaghfirullah, sungguh jika Indonesia tiba-tiba jatuh seperti Thailand saya tidak akan merasa heran. Parlemen dari dulu hingga sekarang isinya sebagian besar tikus sampah semua, lalu bagaimana nanti nasib dan masa depan rakyat, bangsa dan negara ini,…

    • Saya bukan orang yg memilih jokowi-JK saat pilpres yg lalu tapi saya mendukung keduanya menjadi pres & wapres karena faktanya memang mereka yg terpilih. Dan saya bangga dengan prabowo yg bersikap jantan mengakui pemerintahan yg terpilih. Saya ga bisa bayangkan kalo kemaren prabowo yg menang pilpres, jangan2 akan ada pres & wapres tandingan…
      Yg saya heran, melihat kelakuan politisinya sradak sruduk kagak jelas juntrungannya, lha emak nya banteng ngumpet dimana ya??? Saya pribadi curiga jangan2 kelakuan politisi yg tidak pada tempatnya itu diam2 direstui oleh emak banteng, papa brewok, dll… Kasian sama rakyat yg sudah memberikan suaranya untuk partai2 KIH, melihat politisi2 partainya cuma bisa jd biang kerok keributan. Pdhal jokowi JK sudah serius mau kerja…

      Makanya kalo menang jangan pongah, kalo kalah bersikaplah ksatria…

      • Uniknya dimetro tv, mereka yang bener lo..ha3,

      • Sepakat bung STMJ… Salaman kita

        Kayaknya sudah keluar semua caci maki & cercaan yg dilontarkan oleh rakyat melihat kelakuan politisi2 ga beradab itu. Jadi saya ga perlu nambahin lagi…

        Saya berharap aturan tatib DPR yg sudah di judicial review itu mengandung pasal yg bisa menghentikan gaji, tunjangan, fasilitas2 lain yg diterima anggota DPR jika mereka melanggar aturan… Ga rela uang pajak yg saya bayarkan dipake untuk menghidupi kere2 perusuh itu

  40. DPR tandingan bikin negara tidak stabil, demi kepentingan golongan mengorbankan rakyat.

  41. Enak saja pake ada DPR tandingan segala, jadi menurut anda bisa juga ada Presiden Tandingan gituuu ?????????????????????????????????????????????????????????
    Yang beginikah untuk kepentingan rakyat ?????????????????????????? BULLSHIT !!!
    Rakyat menginginkan anda2 mewakili nya di DPR, bukan jadi BADUT2 DPR !!!
    Sebaiknya anda2 mundur saja, sebab anda benar2 tidak berguna bagi bangsa ini !!!

  42. wahai bapak dan ibu yang terhormat, sudah kah anda lupa saat anda belum jadi, akan mewakili kami dan membawa kami menjadi lebih baik…, hanya dengan perbedaan dengan saudara dalam satu gedung saja saudara sudah lupa…akan amanah yang di janjikan….

  43. Konyol bingiiiits kelakuan anggota2 dewan ini…
    Buatin aja skalian negara tandingan uud tandingan….
    Harus ditatar lagi nih P4,wanus ,klo kaya gini terus mereka harus bertanggung jwb atas kehancuran negeri ini,mereka yang nyontohin berbeda itu adalah musuh….mana semboyan bhinneka tunggal ika nya,anggota dewan..??????
    Konyol deh…..

  44. beu beuuuu…. knapa jadi begini sih wakil rakyat, bisa dikatakan makar doong

    • saya rakyat kecil org pinggiran yg tidak paham perpolitikan, hanya saja kejadian ini sangat disayangkan bahkan memalukan. kalin tak usah memikirkan rakyat, toh seperti biasanya pun kalian hanya mengatasnamakan rakyat untuk tujuan kelompok. kalian sudah kami pilih atas dasar janji kalian, kalau tidak mampuh silahkan keluar dan jagan jadi pemimpin kami!
      aah atau inikah bagian pengalihan isu atas Papua, Kalimamtan, Sumatra, dan beberapa pulau. dimana Ausi sudah melayangkan proposal pemisahan dari NKRI.
      pak Presiden jangan sampai terpengaruh dari prilaku anak ank TK di senayan, kalopun saya memilih presiden yg terpilih namun sepenuhnya saya sangat mendukung kinerja pa Presiden kedepan untuk NKRI dan kesejatraan seluruh penghuni Republik.
      saya mengutuk aksi aski intelejen asing yg sudah merusak kedamaian. sekali lagi DEMIALLAH.. saya mengutuk siapapun yg mementingkan pihak asing!!

  45. Jijik ngliatnya
    Hemm boleh juga brarti bikin president tandingan
    Nanti paling bawah juga bikin rakyat tandingan

  46. Langkah tepat buat KIH.md3 harus revisi

  47. Beginilah kalau para penyamun dan ular2 pada ngumpul, pake bikin DPR tandingan segala, jadi jelaslah sebenarnya mereka kerja BUKAN untuk kepentingan/mewakili rakyat, tetapi untuk kepentingan perut dan bawah perut mereka. !!!
    Sungguh tidak tahu malu, tidak bermoral,. …….dasar penyamun & ular !!!

  48. analisa anda sendiri atau Apa anda sudah mendapat konfirmasi dari kubu yg anda maksud y bung ?, mohon pencerahanya ?

    • numpang bung baricade, biz ane ga bs reply bung kodokijo sich…
      trus gimana donk bung kdkj…??
      apa posisi kunci hrs d kuasai kubu KIH… demi RI, bukankah sebaik’a d rangkul entu KMP…

  49. pdip mungkin kecewa sm jokowi jg,krn jatah mentri dr pdip cm 3 justru dr pkb ada 4..pdhl mereka sbg pemenang merasa harus dominan dikabinet,pdip merasa tercoreng lah…mungkin utk tdk kehilangan muka terpaksa mereka buat kisruh di parlemen,pdhl klo mereka dpt jatah 5 mentri saja mungkin mereka anteng2 aja..
    Tp ada yg unik loh,jokowi berani utk tdk memasukkan lbh byk kader pdip di kementrian,jokowi dan pramono anung jg berani mengkritik KIH yg membuat dpr tandingan,katanya “jgnlah (KIH)memberi contoh yg tdk baik kpd masyarakat”…
    pdhl denger2,dpr tandingan itu atas restu dr bunda,anak emas mulai membangkang?

  50. gak boleh bgitu bung,,ntar klo ada yg terprovokasi dgn pernyataan anda bisa repot dh….baiknya kita yg rakyat biasa bisa membuat adem suasana yg sdh panas..cara mudahnya yaaa,,jgn sampai terprovokasi oleh aksi mereka..cooling down ajalahhh…

  51. Supaya sadar dan malunya kembali, Seyogyanya mereka wajib I’TIKAF 4 BULAN DIWILAYAH TERPENCIL DAN TERISOLIR AGAR TAHU BERSYUKUR BAHWA MEREKA DIANUGERAHKAN UMUR, KESEHATAN DAN KEKAYAAN DIBANDINGKAN RAKYAT YG KURANG MAMPU DAN MISKIN PAPA TETAPI HATI RAKYAT MISKIN LEBIH KAYA .. SADARLAH JANGAN BEREBIT KEKUASAAN … MALU SAMA TUHAN, SAMA RAKYAT JADI TONTONTAN YANG SEMESTINYA TELADAN, PANUTAN TAPI INI JADI CONTOH KEJELEKAN …

  52. Supaya sadar dan malunya kembali, Seyogyanya mereka wajib I’TIKAF 4 BULAN DIWILAYAH TERPENCIL DAN TERISOLIR AGAR TAHU BERSYUKUR BAHWA MEREKA DIANUGERAHKAN UMUR, KESEHATAN DAN KEKAYAAN DIBANDINGKAN RAKYAT YG KURANG MAMPU DAN MISKIN PAPA TETAPI HATI RAKYAT MISKIN LEBIH KAYA .. SADARLAH JANGAN BEREBIT KEKUASAAN … MALU SAMA TUHAN, SAMA RAKYAT JADI TONTONTAN YANG SEMESTINYA TELADAN, PANUTAN TAPI INI JADI CONTOH KEJELEKAN …

    #Apa kata dunia #

  53. Bubarin aja itu DPR. Sungguh tidak bermoral dan menghambur-hamburkan uang rakyat.

  54. SEMOGA APAPUN KEPENTINGAN YANG DIPERJUANGKAN …???? Tolong Para Pemimpin, Petinggi , Anggota DPR …. dulukanlah persatuan dan kesatuan …………..dulukanlah kepentingan NKRI …..

  55. Kartolooo Tandingannnn

  56. Ini adalah buntut kekalahan beruntun Lobi KIH di dpr kemarin.

  57. Gak ada hub sama pilpres. Ini ulah kih aja yg kaya anak puad. Dagelan politik ala dpr. Memalukan.

  58. enaknya ya jadi anggota dewan,dapat gaji puluhan juta,tunjangan ini itu,fasilitas kendaraan mewah,kerja cuma tidur,,tuyul yang mngatas namakan rakyat yang hbisn uang negara..itu bukan atas nama rakyat itu demi golongan partai..

  59. Membubarkannya pake dekrit ya bung kaya jaman gusdur :mrgreen:

  60. Assalamualaikum wr.wb.
    bisa kasih link untuk download uu md3
    saya mau baca isinya.
    dan tolong di kasih link uu yang lama juga
    saya juga mau membandingkan

  61. Inilah Lagu Kebangsaan DPR tandingan

    Taman yang paling indah hanya taman kami
    Taman yang paling indah hanya taman kami
    Tempat bermain berteman banyak
    itulah taman kam itaman kanak-kanak

  62. kasian banget ya,…

  63. Indonesia ( irak part II )

    Tolong sadar jangan buat kami & anak cucu kami kelak menderita karna hanya demi kekuasaan & harta anda ! Dasar badut2 tidak tau malu !

  64. sebagai rakyat kecil,,,MALU BANGNGETTT

  65. kok jd nya Begini sih..wah aku dukung, aku pilih, biar Jokowi jadi RI1 kok ahirnya ngak simpatik gini…kok ngak ada kedewasaan politik.. Seakan akan Kami(Rakyat jelata) ngak punya arti apa2 yg terpenting tujuan/ kepentingan golongan/kelompok, pribadi yg diutamakan..mana keberpihakan pada “WONG CILIK” seperti janji kampanye nya dulu….KIH tolong jg kebiri kepercayaan kami…PDI-P kalian menang pil leg karena faktor JOKOWI bukan karena Dipertuan agung “Bhok de” + Putri Puan Mahonyosob.. Kalau ngak puas kan ada mekanisme yg konstitusional (melalaui MK) sehingga lebih elegan, bukannya bikin tandingan tandingan

    Bicara tandingan …kok ngak belajar sama PSSI yg ada serba tandingan, pengurusan tandingan, Liga tandingan, Keputusan hukum tandingan… akibatnya
    R U S A K , A J U R Mumut K A B E H

    Skr ada DPR tandingan.. besok besok ada RUU tandingan,,, Lusa Ada Presiden + kabinet Tandingan,,, Kelama lamaan Ada UUD + NKRI tandingan, hasil ahir Rakyat Saling Bertanding

  66. DPR tandingan:makar:pelor yang bicara.

  67. Speechless 🙁

  68. “Yg bermain itu hanya wayang”,
    Mf,, kira2 siapa yach “DALANG” semua ini?

  69. Meraka ini berkoalisi(satu kata: sepakat).ja d ikurasa mereka ini bkn wayang Bung Black Hole tapi disengajakan

  70. ati2 om…ntar ditangkepin…baru seminggu keja, tiga macan aja udah langsung digaruk..wkwkwk

  71. Arti demokrasi bagi PDIP adalah cuma kemenangan belaka, kalo PDIP ga menang dlm apa juga hal ya dibilang ga demokrasi

    • Mengena sekali komen anda hehe

      • Terima kasih bung STMJ, kira kira ada cara ga buat rakyat kecil spt saya ini menuntut wakil rakyat atas sikap politik mereka. Karna sikap mereka tidak sehaluan dengan ideologi partai yg mereka ikuti. Jujur saya memilih para wakil rakyat adalah karna melihat ideologi partai yg mereka anut. Bukan karena tokoh tokoh partai tsb. Salam kenal bung STMJ.

  72. Heran, KIH ini kok mau menang sendiri, di eksekutif rakyat sdh memilih jokowi jd RI1 ywd, mbok ya disukuri, krn rakyat sdh memilih dan mendukung dgn suara terbanyak utk calon yg diusung KIH mnjd RI1 ykn pak jokowi. nah klw utk di legislatif ya, nanti dulu, gak bisa otomatis krn menang di eksekutif lalu di legislatif jg hrs menang? lha klw di legilatif kan itu kumpulan dari partai peserta pemilu? jd klw mw menang jg di legislatif ya, para partai peserta pemilu yg berdasarkan berapa jumlah suaranya berdasarkan aturan yg sdh ditetapkan KPU maka anggota partai mrk yg byk menempati parlemen. dan partai mana yg dpt melobi partai lain utk berkoalisi sehingga mengalahkan koalisi yg memenangi presiden, gak hrs koalisi yg menang di eksekutif tp kalah di legislatif lalu menganggap koalisi lawannya yg dilegislatif otomatis kalah ya, itu pemikiran org2 yg serakah.. tamak.. egois.. Sebenarnya peran KMP yg memenangi kursi terbanyak di senayan malah sebenarnya bagus utk demokrasi. krn eksekutif dlm hal ini presiden yg di usung KIH gak bisa sesukanya mengambil keputusan sepihak. krn ttp keputusan presiden dikaji dan ditimbang kembali di parlemen yg notabene pihak yg dulunya berseberangan politik. lagian presiden jokowi yg diusung KIH yg dimotori pdip gak perlu kebakaran jenggot.. kan klw mmg keputusan presiden yg diusung KIH utk kebaikan Indonesia keseluruhan, koalisi KMP yg menguasai parlemen, gak akan berani memveto semua kebijakan Presiden. krn jaman skrg ini yg mana infomasi dan media2 begitu banyak pastinya setiap keputusan yg berpihak kpd rakyat dan Indonesia keseluruhannnya, pasti akan diawasi rakyat2 yg sdh melek tekonologi, media dan arus infomasi. rakyat pintar itu buaannnyak… tp mrk silent.. tp ttp kritisi. kecuali nih.. ada agenda2 tersembunyi dari partai yg memotori presiden terpilih yg berkuasa utk kepentingan mrk berdua dan bbrp partai koalisinya yg ada diparlemen saling bekerja sama utk kepentingan mrk saja. hirarkinya kan.. : eksekutif di awasi oleh legislatif. dan legislatif akan diawasi oleh masyrakat yg pintar dan melek teknologi sehingga eksekutif dan legislatif gak boleh saling main mata utk keuntungan mrk saja. Intinya ini partai kebo rakus ini, harus kudu ekstra ketat diawasi oleh rakyat. klw tidak.. ini kebo, yg sejarahnya mmg sdh sama2 diketaui adlh kebo yg rakus, licik dan tamaknya nauzubilah.. wong isinya orangnya kebanyakan mirip sapti tank dan pelarian gerombolan 3 huruf bray.. ( Edisi geremm gemeretak 😈 )

  73. SAYA MAU TANYA: (sorry kapital karena sifatnya urgent)
    Kalau ada kejadian seperti ini SIDANG TANDINGAN, AKSI ANARKIS sampai merusak meja.
    Kita sebagai masyarakat biasa bisa apa?
    Maksud saya jalur HUKUM apa yg bisa di tempuh untuk menggugat itu anggota2 DPR yg bermasalah baik ke PARTAI pengusungnya ataupun ke PERSONAL anggotanya.
    Monngo yang faham HUKUM dan PERUNDANG-UNDANGAN mohon di berikan pencerahannya.

    Terima kasih
    SALAM

  74. setuju bung , bentar lg sapu bersih presiden kalau sampe bisa pemilihan presiden diubah dipilih oleh dpr atau jokowi dilengserin , semoga Tuhan masih sayang sama negeri ini , dan ilang tuh para tikus2 kmp

  75. dsar yg trgbung d kih ini orang2 yg trlalu pnter hingga mrka lpa klo sdh mnyalahi UUD 45…trutama yg nma.a efendy simbolon dan arya kacung ni slalu sja bngga ngrsa pling hebat…klo mmg klah d parlemen ya sdh trma sja jngn malu2in kliatn skali pngn mnuhi kantong…

  76. Ndak mungkin bung ada presiden tandingan. Rakyat masih pada sehat dan mampu berpikir jernih kok bung. Pak joko kerja terus. Hidup kabinet kerja.

  77. bikin capek, mending melotototin mentri2 kabinet kerja, baru seminggu udah pada langsung ngacir gak perlu nunggu 100 hari. rekor kabinet setelah 69 th merdeka!

  78. Entah kenapa kepikiran sama ini berita terus.

    Hmmm…

  79. lama tidak muncul di sini…menurut saya apa yg ditunjukan KIH merupakan hal yg berlebihan.saya sependapat dgn Bung Vox.ini sama saja menghambat kinerja/program2 Pak Jokowi,…this is politic,,this is democracy..hal yg wajar satu kubu menguasai Legislatif yg satu menguasai Eksekutif…hati2 buat saudara2 di KIH,,ini bs in konstitusional loh..yg namanya politik itu lobi dan diplomasi…adu kecerdikan..adu kecerdasan dalam melobi kubu yg bersebrangan…

    ini hanya pendapat orang pengangguran n bukan jg bermaksd membela salah satu kubu 🙂
    yg pasti kisruh di Legislatif pusat,,gambaran berpolitik instan…!!!!!

  80. Kasian…kasian…kasian…kata upin ipin, ulah sebahagian KIH sama aja dgn menghambat program kerja pak joko widodo…dan mereka jg kok mau di kadalin ama KMP…akhirnya mereka jd bulan bulanan masyarakat… jd maklumlah klw mereka punya IQ tinkat melati.

  81. Lha terus gmana nich ,,,,,,ancur negriku

 Leave a Reply