Oct 282016
 
Three U.S. Air Force F-16 Fighting Falcon Block 30 aircraft (photo by Tech. Sgt. Quinton T. Burris, U.S. Air Force)

Three U.S. Air Force F-16 Fighting Falcon Block 30 aircraft (photo by Tech. Sgt. Quinton T. Burris, U.S. Air Force)

Jakarta – Atase pers Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) di Indonesia, John Johnson, mengatakan Indonesia dan Amerika Serikat segera menggelar latihan militer bersama yang akan dilaksanakan di Manado, Sulawesi Utara.

Johnson mengatakan bahwa latihan militer gabungan ini akan dimulai pada 1 November 2016 mendatang. Pesawat jet tempur yang paling banyak dikerahkan dalam latihan itu nantinya adalah pesawat jet tempur F-16. Hal ini disampaikan Johnson kepada wartawan di Pusat Kebudayaan AS di Jakarta, (27/10/2016).

Namun, Johnson mengaku belum tahu jumlah total pesawat F-16 yang akan dikerahkan dalam latihan militer AS dan Indonesia.

“Akan ada latihan perang yang dilakukan pekan depan di Manado, latihan gabungan pertama Angkatan Udara kedua negara, Indonesia dan AS akan sama-sama menerbangkan pesawat F-16,” ujar Johnson.

“Saya tidak punya angkanya, tapi Indonesia punya 26 pesawat F-16, tapi saya tidak tahu berapa banyak yang akan terlibat, yang pasti AS akan membawa F-16 dan F-18 dalam latihan itu,” ujarnya.

Sumber : Sindonews.com

  79 Responses to “Untuk Pertama Kali, Angkatan Udara RI dan AS, Gelar Latihan Gabungan”

  1. super sekali, tidak seperti rusia

    • betul, amerika memang super karena suka bikin rusuh di mana-mana hahaha. salam superr

    • HATCHI HATCHI SAMA AKAL BULUS ASU.

      SEDARI DULU ASU ITU GA PERNAH DA GA AKAN PERNAH TULUS SAMA NKRI.

      COBA KALAU PEMIMPIN KITA BERANI SEPERTI DUTERTE.

    • Ngapain Latihan udara dengan as? As lagi punya agenda mencari titik lemah pertahanan udara indonesia sekaligus kelemahan sukhoi. Jadi alangkah baiknya dibatalkan saja itu latihan atau kalo tak mampu batalkan latihan cukup melibatkan pespur F16 saja.

      • lah… kan udah disebutkan di artikel “Pesawat jet tempur yang paling banyak dikerahkan dalam latihan itu nantinya adalah pesawat jet tempur F-16.”
        TNI AU tidak akan gegabah dgn mengirim sukhoi, cukup sekali di ajang pitch black aja (itupun dgn mengirim Sukhoi batch 1)

    • Mau dekat indoneaia biar bisa pake morotai dan natuna kaleeq

    • nyimak rusia fanboy pada kebakaran jenggot……kita berlatih tentu dgn sahabat. washington sahabat indonesia. sekali2 ada riak riak hub diplomatik biasa saja. hidup adalah realita…….saling ketergantungan ina – us dan ina – rusia = 90 : 10……utk seluruh sendi ekonomi sosial perdagangan budaya tehnologi dan militer.

  2. Indonesia sudah mulai memainkan kartu truffnya di lcs

  3. Ok cukup F16 ya… Sukhoi ngga usah, nanti usaf kalah malu.

  4. Kok bisa-bisanya indonesia latihan bareng nih kunyuk!!

    • lhah..pesawatny aja belinya dari nih kunyuk!!

      • hehehe ia ya! kokbisa kunyuk ini ada dimana-mana bicara konflik timurtengah ada kunyuk bicara konflik LCS ada kunyuk konflik ukraina ada kunyuk, seakan-akan klo bicara tentang dunia selalu ada nih kunyuk, jangan2 kunyuk ini adal udin yang sedang menyamar seperti lagu “udin sedunia” xixixix

  5. Mimpi yah bung?? Bangun udah siang.. Sampai saat ini superior udara masih di pegang F 22 raptor.. Terima kenyataan lebih baik dari pada membidohi diri sendiri..

  6. Mgkn mereka pengen tahu kemampuan TNI AU mengoperasikan f16, lebih jago dari mereka atau dibawah mereka kemampuannya..
    sekalian, memperlihatkan ke cina bahwa gabungan Indonesia mamarika adalah kekuatan yg sangat dahsyat “jangan macam2 lo naga buntung”
    Gt mgkn kira2 ya
    tp ane sebenarnya kurang sepaham, takutnya latihan gabungan dgn mamarika ini dianggap negara lain Indonesia sdh ditarik dan terlibat dalam kancah konflik lcs yg lg panas2nya..

  7. LAPAN meluncurkan pesawat tanpa awak ke lapisan atmosfer ke dua yaitu Stratosfer. Ayo siapa yang punya info lengkapnya share.

  8. amrik lg nyari sekutu dan kita berpedoman bahwa berteman itu lbih baik.. mencari satu tman lbih sulit ktimbang mencari sejuta musuh.. bajimana dgn negara sebelah..?

  9. josbus@ betul…amerika lagi mencari paku payung yg membuat bocor ban pesawat super canggih sealam semesta negara sakti indonesia hiks…hiks…hiks…

  10. haha politik domino buat jaga2. tentu itu pesan secara halus ke china klo berani mengusik wilayah natuna (indonesia) .indonesia tidak segan2 berkiblat ke barat..meski pejabat pemerintah berkoar2 kita non blok..

  11. Ini pasti pesawat yang datang dari pangkalan militer amerika di Fillipina selatan.

    Presiden duterte kasih waktu 2 tahun agar semua pasukan amerika pergi dari fillipina..tadi ane lihat beritanya di TV bung.

  12. Gapapa yg penting abis latian pespur mrk g dibawa pulang lagi dan ditinggal disini..

  13. Mau latihan F-16 bareng kita????

    B O L E H

    Tapi rudal sama bomnya “pinjam” dulu yah

    😀

  14. 26 f 16

  15. Hehehe ngak mungkin TNi au turunin sukoi.pasti f 16 pesawat negara asal.indonesia negara bersahabat baik dengan negara manapun.

  16. Selamat Memperingati Hari Sumpah Pemuda…!!

  17. apa maksud dari negara asu ini….
    indonesia harus pandai dan cerdas…sblum menerima ajakan ini….

    apa makna yg akn di sampaikan pda nregara2 yg tersinggung nantinya…

    oon di kadalin asu…asukan mau cari temen lgi…tuh stlh philipin putus hubungan militer…

  18. mau tanya…klo latihan tempur dengan negara lain, siapa yang bayar avtur dan uji senjatanya…nuhun

  19. Super aja (nyindir loh ya) !! Satu persatu kekuatan matra TNI dipelajari oleh USA. Usa mencoba mengintip kelemahan tni satu-persatu. Dan sedikit demi sedikit masuk ke sub-sub special force tni. Waspada !!

  20. tidak perlu esmosi dan kebakaran jenggot (bagi yang punya jenggot) kita berlatih dengan negara manapun sebagai perang tanding persahabatan dan sudah terjadwal, itung2 buat tambah pengalaman
    kmrn dgn Malaysia, Singapura, Australi, India, akhir tahun kmrn dgn AL Rusia. yang jelas kalau mereka ngajak kita berlatih berarti mereka mengakui ketangguhan kita….asal tidak seperti Malaysia tahun 98/99 latihan dengan mereka tetapi telah dipersiapkan jebakan 2 mematikan dan sengaja memberikan data yang menyesatkan, untung intelijen lapangan TNI duluan mengetahui kecurangan mereka

    • Weleh.. menarik juga cuitan bang-bing-bung kabeerje nih.. Klo punya data, ulas lebih dalam dong di forum ini nih..

      • coba bung dicari di artikel JKGR ini , juga formil lain , missal patriot,jejak,garuda mil…
        kl g salah semuany pernah membahasnya

        biasalah , pasukannya sultan,systembaru yono ,, sukanya tengil sama TNI
        untung g dibalas sama TNI disasarkan ke pasar ayam , biar mampus turun di kandang

  21. Ngintiipp terusss ..
    Awas di kadalin lagi. Ntar infomasi nya di bagi” dah sama anak buah nya ..
    Waspada itu perlu pak ..

  22. @kabeerje,setuju bung ambil fositip x saja tp tetap waspada.

  23. Asli ne si AS ini pingin tahu kemampuan armada tempur AU, sampai seberapa se hebatnya….La kalau sudah tahu titik lemah nya TNI AU, maka mudah bagi si AS bikin rencana strategis srobot dan serang wilayah NKRI. Itu AS punya pangkalan besar di ausi dan kepulauan di pasifik. Jika anda ingat, negara-negara yang sudah pernah di ajak latihan perang sama si AS, pasti belakangan di kirimi militan dengan banyak doktrin, tergantung kebutuh nya apa…coab tengok…Afganistan, Pakistan, Irak, Syria, Libya, Ukrania dll. Indonesia harus waspada sama akal busuk AS ini….soalnya negara kita itu kaya alamnya dan melimpah sumber airnya…

    • Muda mudahan agenda busuk asu musna atas doa rakyat indonesia.

      Kita semua menyimak bagai mana asu memberi tekana terhadap pemerintah kita dahulu pada saat perpanjangan PT nya di papua. Cukup tongkrongkan kapal induk yang turun dari heli wanita. Apa yg bisa pemerintah kita lakukan?.

      Jadi tidak usah berpikiran kita hebat, perhatikan betul betul alutista kita mampuh kah kita bersaing? Untuk saat ini alutisa apa yang membuat asu gentar sama kita ayo? Mereka sudah pelajari rakyat indonesia yg paling utama di takutkan mereka adalah jiwa kesatuan bela negara alias mati sudah asal top. memang dalam satu pertempuran jika darat sudah mampu di kuasi itu mendekati kemenangan dlm perang. Tetapi skr era moderen.

  24. uda ketebak bakal ada lobby F-16 viper 🙁 biasa nih krn november bakal ada indo defence dan disaat itu lah bakal di lakukan penandatangan su-35 =6 & gripen ng = 10. 😀

  25. Indonesia sudah punya 26 pesawat f16??… kok bs jadi 26 ya,? Kan baru dikirim 14, trus trbakar 1, jd sisa 13 unit….kenapa jadi 26 unit??? Aneh…jgn2 jgn2…

  26. Tes

  27. Hati hati…dgn ada nya berita Pinoy mendepak sekutunya sendiri US… ketika itu pula US latihan Bareng sma TNI…

    Perlu dicermati maksud dan tujuan

    ini maksudnye opo…?????????????????????

  28. Teknologi usa jauh diatas kita Bung. Kemampuan militernya masih yang terbaik hingga saat ini. Jadi, kalau cuman mau tau kemampuan tempur Indonesia, gak perlu pakai cara lat-pur.
    Tentu ada maksud politisnya. Mungkin terkait situasi terakhir di LCS. Atau hanya misi dagang buat pamerin kemampuan pespur.
    Masih ingat keinginan P Jokowi untuk mengisi Natuna dengan alutsista dari USA……….?
    Mudah-mudahan menjadi permainan politik yang cantik………

  29. Presiden kite saat ini hrs diakui pandai strategi……….kalo saya pribadi ya sangat setuju menyeimbangkan kekuatan alutsista kita dari timur dan barat…..jadi kalo ada embargo dr salah satu blok tsb kita nggak kawatir lumpuh pertahanannya…..

  30. amerika ingin lihat kemampuan pilot kita karena sudah mengintersept pespur australia dn bnyak kejadian tentang terjadi hancurnya satelit mata matanya …biasa ngintip di mana ke canggihan alusista kita

  31. ambisi ASU adalah menguasai dunia khususnya minyak,, menanti perang Global sponsor blok barat ASU,NATO,ISRAEL.
    WORD WAR 3 pasti terjadi !!! Welcome

  32. jgn pake f16 dong coba f22 yar di lawan su 27 tni

  33. @KW

    Gimana itu ceritanya sukhoi-27 dipiloti sama ki gendeng dan ki kusumo….mosok pangku-pangkuan, xixixixixi

  34. Wah…akal2an juga ini..masak gak tahu jumlah yg mau dikirim….aneh…mau dadakan ya???….semoga gak cari lahan parkir mereka disini..mau ndeketin ke Freeport ya??…

  35. Benar2 mantap …

  36. usa ada misi tersembunyi

  37. Tes..tes

  38. Latihan,,,

  39. Latihan,,,

  40. Endi komentku..

  41. Test

  42. kayaknya bakalan ada yg gak ikut pulang milik paman sam, ada sesusau dibalik latihsn ini, semoga ada nasi rawon yg dibungkus koran, untuk meredam kawasan

  43. Sukhoi gak perlu dikeluarin dl

  44. Tumben nih sepi coment, slam kenal agan2 warjag semua…btw mbak carin tumben gk comen nih…pdahal USA kan paporit dia bnget…xixixi peace

 Leave a Reply