Feb 082018
 

Sukhoi T-50, purwarupa jet tempur siluman Su-57 melaksanakan uji terbang. (photo : Mil.ru via commons.wikimedia.org)

JakartaGreater.com – Kementerian Pertahanan Rusia berencana untuk menandatangani kontrak praproduksi jet tempur generasi kelima Su-57, tutur Wakil Menteri Pertahanan Rusia, Yuri Borisov pada hari Kamis, seperi dilansir dari laman TASS.

“Kami membeli Su-57 tersebut untuk digunakan dalam uji coba tempur. Pengujian tahap pertama telah berakhir. Tahun ini, akan di tandatangani kontrak batch pertama dari 12 jet tempur Su-57 untuk Angkatan Udara Rusia”, katanya kepada wartawan.

Menurut Borisov, dua pesawat tempur pertama dari batch ini dapat mulai beroperasi pada tahun 2019. Dia mengatakan bahwa 10 dari 12 jet yang diproduksi sebelumnya sedang menjalani uji terbang.

Ketika ditanya tentang performa mesin baru untuk Su-57, dia menjawab bahwa sejauh ini sulit untuk disebutkan, karena hanya ada satu pesawat yang menggunakan mesin tersebut.

“Semua tampaknya baik-baik saja, tapi Anda tahu, ini adalah rangkaian uji coba. Banyak penerbangan yang akan dilakukan untuk melihat hasilnya. Peraturannya, percobaan tersebut memakan waktu dua atau tiga tahun, “katanya.

Su-57 (PAK FA) melakukan penerbangan perdananya pada tahun 2010. Pada tanggal 5 Desember 2017, pesawat tersebut melakukan terbang perdana dengan mesin baru.

Saat ini, pesawat telah dilengkapi dengan mesin stage-on 117C. Mesin baru tersebut masih belum diberi nama sejauh dan secara konvensional disebut mesin tahap dua.

Dilaporkan pada bulan Agustus 2017 bahwa jet tempur generasi kelima PAK FA Rusia telah menerima indeks serial sebagai Su-57. Pekerjaan atas perancangan eksperimental pada jet tempur paling canggih tersebut harus selesai tahun 2019 dan pengirimannya ke angkatan bersenjata harus dimulai saat itu.

Bagikan Artikel :

  67 Responses to “Untuk Uji Tempur, Rusia Pesan 12 Unit Su-57”

  1. Ckckckkck.,.ini jet tempur canggih, tp knp tdk di berikan sistem VTOL ya??…masa kalah sm as,..rusia kan negara segala bisa,,

    • Jangan dikomporin Bung Seven, gak baik.

    • Dilihat dr Foto diatas mesinnya masih terlihat vulgar apa gak mengurangi kemampuan silumannya tuh? RCSnya pasti lbh besar dr F22 py AS.

      • Udah pake RAM kata si Huha, Bung Andre. Tenang aja. Hhhhhhhhhh

        • Ada yg unik dr pernyataan kementrian pertahanan russia, ‘Ketika ditanya tentang performa mesin baru untuk Su-57, dia menjawab bahwa sejauh ini sulit untuk disebutkan, karena hanya ada satu pesawat yang menggunakan mesin tersebut’.

          Mungkin ini yg gue maksud kalleeee, agak sulit disebutkan tapi mesin mmng full stealth, menyarap segala yg mengenainya yg ingin mencoba mendetek gelombang mesin pd su57 & langsung mengetahui berapa posisi jarak yg mncoba mendetek gelombang su57

          Hahaahaaaa

          • Mungkin mesin yg sebiji itu perlu di uji diruangan, dihidupkan selama 12 jam, kemudian letakkan handphone disamping mesin atau barang yg memiliki gelombang pantulan sinyal, kalau sinyalnya terganggu atau atau gak ada sinyal? Itulah full stealth

            Hahhaahaaaa

    • Apa sih keunggulan VTOL??? lagian F-22 juga tidak bervitur VTOL… sedangkan sistem VTOL pada F-35B sangat mirip dengan Yak-141
      https://id.rbth.com/technology/2017/05/23/apakah-pesawat-f-35b-milik-as-duplikat-dari-yak-141-buatan-soviet_qyx768336

      Tahun 1995, perusahaan pembuat senjata AS Lockheed Martin menawarkan untuk bekerja sama dengan Biro Desain Yakovlev (pengembang Yak-141). Perjanjian hanya berlangsung satu tahun, tapi tetap perlu diingat karena ia adalah contoh pertama kerja sama teknis militer antara dua musuh abadi.
      Kerja sama teknis militer antara Lockheed Martin dan Yakovlev pada 1990-an tak diragukan lagi berperan dalam terciptanya F-35B. Pesawat Amerika itu mengambil banyak contoh dari sang pesawat buatan Soviet. Namun begitu, menyebut F-35B duplikat dari Yak-141 adalah hal yang berlebihan — F-35B merupakan model pesawat yang unik.

      • Pesawat vtol bisa digunakan waktu pesawat lepas landas & mendarat didaerah yg tidak bisa dilalui pesawat non vtol, seperti didaerah bantar gebang, cuma itu ajja kelebihannya

        Hahhahaaaa

        • Padahal untuk melakukan VTOL jelas makan minyak dan tentu saja membuat kemampuan angkut senjata juga menjadi menurun… teknologinya lebih mahal, perawatanya lebih sulit dan secara otomatis harganya lebih mahal…

          • Klo masalah untung rugi pake vtol ya jelas ada keuntungan nya dong bung yuli,,klo ga ada untung ngapain as bikin dgn biaya yg segitu besar nya,,,nah pertanyaan sy kan simple, knp rusia tdk memakai vtol di SU57 nya, krn su57 kan varian teranyar di sukhoi,,ini pertanyaan yg sederhana, jgn melenceng jawab nya,,,

          • Sederhana… F-22 memangnya ada versi VTOL??? KFX/IFX memangnya juga memproduksi versi VTOL???
            Target pembuatan VTOL F-35B makin kelihatan untuk mengambil pasar yang ditinggalkan oleh Harriers… lihat saja penjualan F-35B untuk Italia/Japan/Korea selatan semua dijual kepada yang memiliki kapal induk kecil yang menggantungkan kemampuan pesawat yang memiliki kemampuan V/SVOL sekaligus sebelumnya mengoperasikan Harriers…
            Russia sedang memproyeksikan Kapal Induk yang lebih besar sehingga tidak diperlukan versi VTOL, sedangkan untuk Kuznetsov mereka sudah memiliki type Su-33 maupun Mig 29K…

            “Rusia belum berencana untuk mengembangkan pesawat VTOL dalam waktu dekat, kata Litovkin. Su-33 dan Mig-29K juga dapat lepas landas di platform sempit, memungkinkan mereka untuk terbang dari pangkalan udara kecil atau dek kapal induk yang pendek.”
            Ini ada id artikel yang saya upload linknya, jangan2 ga dibaca oleh bung seven ya???

          • WHm.. Singapura berminat untuk mengakuisisi puluhan F-35 B agar memudahkan menyerang saat pangkalan mereka hancur. Yah, walopun ada rumor Singapura mau menunda pembelian itu, kemungkinan besar Singapura akan tetap membeli varian F-35 B berapapun jumlahnya. Lawan sekitar tak punya hanud dan radar canggih jadi memudahkan mereka untuk membungkam artileri dan MLRS musuh. Singapura juga terlibat dalam F-35 walopun gak banyak.

          • http://www.angkasareview.com/2018/02/04/lebih-efisien-singapura-pilih-meng-upgrade-f-16-ketimbang-beli-f-35/

            Hla pesawatnya memang disimpan dimana??? bukanya kalau serangan ke pangkalan udara justru sasaran utamanya adalah pesawat yang di parkir??? Kalau di Suriah saja yang untuk penyimpanan pesawat dalam hangar beton masih bisa di jebol…

  2. Yah, nunggu 2019 keburu perang Suriah kelar. Yah moga aja belum kelar jadi Su-57 bisa unjuk gigi didepan F-22. Kalo berani sih ntar coba terbang masuk wilayah udara USA di mainland, atau wilayah udara Eropa. Bisa lolos gak tuh pespur dari kuncian rudal hanud barat. Hhhhhhhhhh

    • Perang Suriah kan sudah kelar… ISIS sudah kalah, tinggal beberapa saja seperti Al Nusra, sudah tidak semasif di tahun 2015-2016… Bahkan lebih efektif serangan darat daripada serangan Udara, serangan udara hanya untuk mendukung serangan darat jika diperlukan…
      La wong F-22 saja milih minggir daripada nemuin Su-35 ngapain juga mesti pakai Su-57… lagian perang Suriah kan melawan militan dan teroris yang tidak punya pespur… atau USA yang pinginya ada perang udara??? tapi kenapa kabur kalau benar2 pingin???
      Melanggar wilayah udara negara lain itu menyalahi hukum internasional… jadi untuk apa dilakukan??? kalau USA memang dari dulu hobinya suka melanggar aturan, tapi sekarang sudah ga berani juga tuh…

      • Melanggar udara yg mana??? Kalo melanggar udara harusnya Suriah dan Rusia sudah menembak jatuh pespur USAF yg menyerang balik pasukan darat Suriah. Kenyataannya gak ada kan?? Jadi apa yg dilanggar?? Rusia hanya membantu sisa2 dinasti Assad yg sebetulnya sudah susah dipertahankan lagi. Jika Assad terbunuh maka Rusia tak punya pilihan untuk bertahan di Suriah.

        • Melanggar wilayah udara di China di Cuba dan di USSR… Pesawatnya ditembak jatuh…

          • Tak ada pesawat milik US yg ditembak jatuh di China. Tertembaknya U-2 diatas Ini Soviet adalah kegagalan intelijen, tapi setelah itu memicu dibangunnya SR-71 yg kemampuannya sangat sulit dicegat oleh semua hanud dan alutsista milik Uni Soviet.

            Kuba memang menembak sebuah U-2 saat krisis Kuba, tapi pada akhirnya US berhasil memaksa Uni Soviet melucuti senjata nuklir mereka di Kuba dan memblokade perlengkapan untuk pembuatan situs nuklir disana. Oh ya Iseng Bung Yuli, berapa kali sih pespur Rusia berani melewati hanud US dan sekutunya?? Paling cuma keliling aja kan?? Hhhhhhhhhh

          • https://www.urbanghostsmedia.com/2014/04/crashed-classified-top-secret-us-aircraft-wrecks/

            Hla kan Russia berbeda dengan USA yang suke kepoan dan suka mencampuri urusan negeri orang lain… sampai melakukan penyadapan kepada sekutu dekatnya juga… ditambah sekarang sudah ada kesepakatan untuk membiarkan kedua negara untuk di inspeksi oleh pihak lain secara berkala, meskipun mungkin sekarang tidak relevan karena getolnya USA membuat sangsi… ngapain mesti ngumpet2??? ngumpet2 kan di jaman dulu ketika masih era perang dingin sebelum bermunculan rudal yang memiliki kemampuan serang jauh dan tinggi…

          • Serius Rusia gak pernah kepo Ama USA?? Gak melakukan spionase ke USA?? Benarkah Rusia gak pernah mencampuri urusan negara lainnya???

          • Kasian kalo otak udah dicuci sama dollar dan doktrin mamarika. sampe negara suriah yang masih punya presiden yang resmi dianggap gak punya kedaulatan, sehingga pesawat majikannya nyelonong dianggap tidak melanggar kedaulatan…ckckckck….dibayar berapa lu tong???

          • Ente ngomong Ama sapa Cuk.

          • bung Agato… itu link untuk menjawab tanggapan ente kalau pesawat milik US tidak pernah ditembak di China… malah dipajang tuh bangkainya…

            Anda ini memang bener2… ngepot kemana lagi ini… kenapa sekarang malah kepo2an??? apa hubunganya dengan spionase???

      • Pangkalan udara Suriah diserang Tomahawk, Rusia diam dan sekarang pasukan darat Suriah diserang balik, Rusia juga diam. Lalu sekarang siapa yg diam dan kabur???

        Ane serius nunggu Rusia berani menembak jatuh pesawat USAF dan Sekutu di langit Suriah. Atau minimal UAV mereka deh, kan ada Es teh empat ratusan yg kalian banggakan kan??? Yg katanya bisa nyergap pesawat siluman macam F-35 dan F-22 kan?? Hhhhhhhhhh.

        Yang ada 2 kali pesawat Rusia ditembak jatuh. HHHHHHHHHH

        • Mang mw pd ke 3? Amrik juga secara langsung berani ga nembak rusia? Paling nyuruh org ketiga tuch idiib sekrg hancur

          • Kata siapa, ya ntar ditunggu aja.

          • Sebetulnya gini. Rusia tak pernah berani menembak langsung pesawat US maupun pemberontak Sekutu mereka. Yang biasanya nyerang adalah pasukan Suriah, namun kemarin beda karena sebuah Su-25 milik AU Rusia juga ditembak pake manpads. Rusia membalas menyerang posisi pemberontak dan dibalas lagi oleh pespur USAF ke posisi pasukan darat Suriah. Beberapa waktu sebelumnya malah pangkalan militer Suriah diserang Tomahawk. Nah, sekarang ditunggu apakah Rusia berani menembakkan Kalibr kearah pangkalan pemberontak yg didukung oleh USA??

          • Pesawat Russia ditembak jatuh bukan oleh USA kan??? Turki sudah minta maaf dan sekarang berbalik berseberangan dengan USA, Su-25 ditembak di wilayah yg dikuasai Al nusra juga bukan oleh USA…
            Tomahawk yg diserang Suriah bukan pangkalan militer Russia… Itupun juga tidak bisa melumpuhkan pangkalan udara, kerukan pesawat juga yg tuir… 36 nyasar ga jelas kemana…
            Baca lagi dong, saya menuliskan kalau USA pun tidak pernah menyerang yang ada militer Russianya, pespurnya saja dulu ketemu sama pespur Russia nyingkir sampai Mccain geram tuh…
            Sama kok Israel juga sukanya menembakan rudal ke Suriah, tetapi kondisi Suriah jelas masih dala kondisi kacau karena perang… Masalag di Suriah ya nanti Suriah sendiri yang membereskan, Russia kan hanya fokus membantu memerangi teroris di Suriah… Memangnya USA yg malah mendukung pemberontak

          • Berita yg ditelan agato adalah hoax & ngawar ngiwr jdnya, amerika itu klu mau nyerang paling pakai drone & pd tahun jaman uni soviyet? Ada sekitar 7 unit lbh kurang pesawat pengintai amerika berantakan & bahkan pilotnya ada yg tewas & ada yg tertangkap & ditukar dgn tahanan amerika warga uni soviyet

            Hahhaahaaaa

            Hahhaahaaaa

        • Sebenarnya, yang di serang oleh AS itu pangkalan militer milik Suriah, bukan milik Rusia, maka oleh sebab itu sejauh AS tidak menyentuh pangkalan militer Rusia atau menyerang pasukan Rusia yg di tempatkan di Suriah, maka militer Rusia yaaaa tenang-tenang saja lah….

        • Usa berlindung di bawah naungan nato, satu serang ke angota nato, berarti menyerang semua kelompok anggota nato, seandai nya usa berani head to head dengan rusia tampa ada embel” nato tentu usa tidak akan sewenang wenang di wilayah baltik dan ga akan se enak nya memecah belah timur tengah dengan, propaganda dan adu domba antar pemeluk islam disana dan secara picik mengambil keuntungan ekonomi akibat perang dan membagikan jatah makan siang nya ke sekutu” nato..
          Secara tidak langsung, usa kuat karna didukung koalisi angota nato, di mana kebijakan” agresif yang di buat usa akan di ikuti oleh anggota nato lain nya..

          Rusia hadir sebagai penyeimbang, di mana kubu kekuatan eropa timur sempat mati suri selama runtuh nya unisoviet, dan bangkitnya rasaksa asia yaitu china, tentu usa tidak tinggal diam dalam mempertahankan status negara adikuasa di bumi…

          Intinya di mana ada kubu yang kuat pasti butuh lawan sparing yang kuat pula.. Dan rusia lah sebagai target proxy war nya…

          *Peace.. Baru punya kuota, ngelantur dikit sembari ngopi wkwkekwkw

          • Ngelantur gak usah minum kopi, tapi cuci muka dan mandi.

            USA gak pernah takut untuk maju sendiri lawan siapapun jika itu sudah menyentuh atau menyerang langsung wilayah USA. Rusia aja perhitungan dg USA, masak fansboynya sombong gitu. Kemampuan produksi senjata, penguasaan teknologi canggih, hingga jumlah pasukan yg dimiliki jauh menempatkan USA lebih unggul dari Rusia, apalagi bila seluruh warganya dimobilisasi. Bahkan jika adu nuklir sekalipun, Rusia akan lebih hancur. Kenapa?? Karena tak lebih dari 15% wilayahnya yg bisa didiami. Sisanya adalah kawasan tandus yg jarang dihuni seperti didaerah Siberia dan sekitarnya. Beda dg USA yg masih punya lahan untuk didiami bila terjadi serangan nuklir massal.

          • Hihihiii, agato sudah ngawar ngiwir

            Hahhahaaaa

          • Hihhihiiii, memang amerika gak pernah takut menyerang sendirian, tapi agak lambat hingga 3 tahun kemudian bisa menyerang kamikaze, itupun setelah nazi menyerah kpd uni soviyet

            Hahhaahaaaa

          • Bung Agato ini… Nuklir itu bukan hanya efek ledakan yang mematikan… yang justru mengerikan itu radiasi yang ditimbulkan… mau berdiam dimana??? memangnya kalau terjadi perang nuklir hanya US dan Russia yang berantakan??? justru bumi ini kiamat karena penuh dengan radiasi nuklir…

        • baik us maupun rus memiliki kepentingan masing2 bro, mereka war dibelakang layar.. hanya beberapa kasus kecil aja yang sampai ke telinga dunia.

          menurut gw Su-57 masih belum 100% soalnya pespur gen 5 untuk upgrate gen 6, makanya rus masih pake Su-35s.

          • Yang bahaya dari nuke itu efek radiasi dan dapat mempengaruhi iklim bumi jika memang terjadi perang besar”an..
            Tak hanya di ke 2 belah pihak tapi makhluk yang juga tinggal di bumi,,

  3. Mungkin buatan kita akan lebih bagus dari ini

  4. Bingung pilih yg mana F-35 atau SU-57 hbsx dua duanya Bahenol

  5. Sama su 27 aja pespur amerika kabur ngacir terkencir-kencir apalagi sama ini, tamat dah nasibmu amerika…..

    Huehuehue….. 😎

  6. Sukhoi Su-57 – 5th Generation Stealth Jet Fighter

  7. Gak bakalan diborong tni au

  8. Di atas fans boy pada berantem pakai data yg sama2 ngawur plus bumbu opini pribadi
    Gampang amat makan umpan

    • Bukan begitu broo,
      Pemerintahan suriah tau dimana saja basis amerika yg mendukung pemberontak suriah, klu pun ada serangan balik dari amerika dgn pesawatnya? Bukan tidak mungkin itu pesawat berantakan kena rudal panggul, utk mmpertahankan & melindungi posisi pasukan pro pemerintahan suriah,
      jd apa betoel itu ada serangan balik dari pesawat amerika?

      klu betoel apa salahnya dibetoelkan, kalau salah, ngapain pula jd pegangan, sedangkan betoel saja pun blm tentu diterima apa lg salah, kan bagusnya yg dipegang pegang itu seven, itu pun kalau agato sempat menjamahnya, walau itu sedikit pelesetan

      Hahhaahaaaa

    • Ada yg kasih umpan, umpan apaan bro….

    • Lha datamu mn pak

    • @Yuda Rama, Percuma anda komentar seperti itu sedangkan anda sendiri tidak menunjukan mana yang salah dan mana yang benar menurut anda… masih mendingan dengan yang memberikan opini, minimal sudah berusaha untuk memberikan masukan pengetahuan…
      Perdebatan bukan sisi adu argumen panasnya saja, tetapi baca isinya dan di komparasi dengan data yang bisa di cari di internet saat ini, ataupun media yang lain disitus resmi dan bukan abal2… semakin banyak yang memberikan opini semakin bisa memberikan pengetahuan bagi pembaca yang lain…
      Itu inti tujuan perdebatan… ya nggak bung Agato??

  9. Yg bilang ASU g pernah langgar teritorial negara lain itu konyol. Ingat insiden Bawean 2003 hah?!

  10. saya sepakat dengan bung YULI, di suriah, ASU tidak di undang, dia aja sok jadi polisi dan mencampuri urusan ama negara orang lain

  11. Lembaga National Security Network (NSN) yang berbasis di AS merilis laporan yang mengonfirmasi bahwa pesawat tempur siluman F-35 bukan tandingan pesawat Rusia seri Su-27, atau bahkan seri yang lebih lama, MiG-29.

    Pesawat siluman Amerika F-35 Lightning II mungkin hanya akan menjadi sasaran empuk pesawat Sukhoi Rusia, demikian disampaikan laporan yang diliris Agustus lalu oleh National Security Network (NSN) yang berbasis di AS.

    Dalam laporan ‘Thunder without Lightning: The High Costs and Limited Benefits of the F-35 Program’ (Guntur Tanpa Petir: Biaya Mahal dan dan Keuntungan Terbatas Program F-35), analis kebijakan Bill French dan peneliti Daniel Edgren menyebutkan F-35 sepertinya akan dengan mudah ‘dikalahkan’ dan ‘ditaklukan’ oleh ‘teman sebayanya’ seperti jet tempur Rusia seri Su-27 Flanker.

    Laporan tersebut mendukung pernyataan sejumlah pakar aviasi independen yang menyebutkan bahwa F-35 adalah pesawat yang benar-benar tak berguna, yang akan menjadi sasaran empuk pesawat musuh dalam pertempuran udara.

    “Karakteristik kinerja F-35 sungguh buruk dibanding pesawat tempur generasi keempat dari negara lain seperti pesawat Rusia MiG-29 Fulcrum dan Su-27 Flanker misalnya,” terang laporan tersebut.

    “Kedua pesawat itu merupakan musuh potensial F-35 dalam pertempuran udara. Dibanding Su-27 dan MiG-29, F-35 sangat inferior dalam beberapa hal, termasuk percepatan transonik. F-35 juga sangat lambat, hanya bisa mencapai kecepatan maksimum Mach 1,6 cukup jauh dibanding Su-27 (Mach 2,2) dan MiG-29 (Mach 2,3).

    Simulasi pertempuran udara telah menunjukan hal tersebut. “Pada 2009, Angkatan Udara AS dan analis Lockheed Martin mengindikasikan bahwa kemampuan F-35 dalam mengalahkan musuh seperti MiG-29 yang sudah tua dan Su-27 ialah tiga banding satu.”

    Hasil simulasi bahkan jauh lebih buruk. “Dalam satu simulasi yang dilakukan oleh RAND Corporation, F-35 memiliki rasio kekalahan 2,4 banding 1 berhadapan dengan pesawat AU Tiongkok SU-35s. Ini berarti, setiap Su-35 dapat mengalahkan lebih dari dua pesawat F-35.”

    “Meski simulasi ini memperhitungkan sejumlah faktor lain, termasuk asumsi lokasi pertempuran, mereka tetap menggarisbawahi bahwa kemampuan udara-ke-udara F-35 perlu disikapi dengan skeptis.”

 Leave a Reply