Upacara Penurunan Ular-Ular Perang KRI Pati Unus-384

31
9

KRI Pati Unus yang satu kelas dengan KRI Kapitan Pattimura (Parchim I)-class corvette (Indian Navy)

Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) I Belawan, Laksamana Pertama (Laksma) TNI Roberth Wolter Tappangan, mewakili Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar), Laksamana Muda (Laksda) TNI Aan Kurnia, memimpin upacara penurunan ular-ular perang dan pelepasan KRI Pati Unus-384 dari dinas aktif TNI Angkatan Laut di Dermaga Lantamal I Belawan, Rabu (19/4).

Dalam amanat Pangarmabar, yang dibacakan Danlantamal I Belawan, menyampaikan bahwa upacara penurunan ular-ular perang KRI merupakan upacara khas tradisi TNI Angkatan Laut yang menandakan berakhirnya operasional KRI dalam melaksanakan pengabdian dan menjaga perairan Yurisdiksi Nasional.

“KRI Pati Unus-384 merupakan kapal kombatan jenis Parchim yang dibangun di galangan Penne Werft, Jerman Timur, tahun 1983 dan masuk di jajaran TNI AL pada tahun 1993. Kapal di bawah pembinaan satuan Kapal Eskorta Koarmabar ini berusia 34 tahun dan selama 24 tahun dengan kemampuan sebagai anti kapal selam,” jelas Pangarmabar.

(koarmabar.tnial.mil.id)

Laksda Aan Kurnia mengatakan bahwa pelaksanaan upacara ini sebagai tindak lanjut dari kebijakan Minimum Essential Force TNI Angkatan Laut yaitu pengadaan kapal-kapal perang baru dan penghapusan unsur KRI yang telah mengalami penurunan fungsi kapal perang secara bertahap.

Diakhir amanatnya, Laksda Aan Kurnia menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada komandan serta prajurit KRI Pati Unus-384 atas pengabdian yang telah ditunjukan.

Sumber: koarmabar.tnial.mil.id

31 COMMENTS

    • Ya sudah ….Kita ikhlas kan …
      Semoga Allah memberi pahala yang terbaik untuk semua crew nya ….
      Kapal yang barokah ..Masya Allah…
      Menjalankan tugas nya dengan baik…dengan keterbatasan nya di akhir waktu nya…
      Sudah waktu nya Pensiun …ikhlas kan ..
      Semoga pengganti nya segera dibuatkan …
      Frigate destroyers korvet atau apa saja …yang penting baru Dan canggih …plus well Armed…

  1. Hanya Pati Unus yang harus pensiun, sebab mengalami penurunan fungsi akibat sobek terkena kapal tenggelam.

    Jadi kapal ini tak kuat berlayar jauh-jauh.

    Kemungkinan jadi KAL atau malah dibuat target latihan.

  2. Kl di lapak sebelah, Patiunus terkena terpedo kasel Naga yang berkolaborasi dgn kasel samiri di spot natuna..soalnya sbg kaprang khusus ASW masak nggak bisa deteksi bangkai kapal?? tapi ya entahlah..

LEAVE A REPLY