Upacara Pergantian Satgas TNI Pamrahwan Maluku dan Malut

Ambon, Jakartagreater.com –   Kodam XVI/Pattimura menggelar Upacara Penerimaan dan Pelepasan Satgas Batalyon Infanteri 731/ Kabaresi dan Batalyon Infanteri 711/Raksatama kepada Satgas Batalyon 734/Satria Nusa Ina dan Batalyon Infanteri 136/Tuah Sakti  pada Selasa 28-5-2019 bertempat di lapangan upacara Lantamal IX/Ambon, Desa Halong, kecamatan Baguala, Kota Ambon.

Bertindak sebagai Inspektur upacara adalah Panglima Kodam XVI/Pattimura Mayjen TNI Marga Taufiq. Dalam amanatnya Pangdam mengatakan, “Saya selaku Pangkoops Pam Rahwan Maluku dan Maluku Utara mengucapkan terimah kasih kepada Yonif 711/ Raksatama dan Yonif 731/Kabaresi yang telah selesai melaksanakan tugas pengamanan di wilayah Maluku dan Maluku utara dengan berhasil dan mendapat hasil yang sangat memuaskan”.

Keberhasilan ini tidak terlepas dari metode yang diterapkan Satgas dalam mengatasi residu konflik sosial yaitu pendekatan keamanan (Security Approach) dan pendekatan kesejahteraan (Prosperity Approach) yang seimbang sehingga berkat semua itu Yonif 711/Raksatama berhasil memperoleh penyerahan senjata api sebanyak 280 pucuk dan Yonif 731/Kabaresi memperoleh senjata api sebanyak 73 pucuk.

Pangdam mengharapkan, Satgas Batalyon 734/Satria Nusa Ina dan Batalyon Infanteri 136/Tuah Sakti dapat melaksanakan tugas minimal menyamai atau bahkan melebihi Satgas sebelumnya, karena Satgas Batalyon Infanteri 731/Kabaresi dan Batalyon Infanteri 711/Raksatama telah melaksanakan tugas dengan sangat mengesankan.

Ucapan terima kasih juga disampaikan oleh Gubernur Maluku Murad Ismail. Gubernur Maluku mengatakan, Satgas Batalyon Infanteri 731/ Kabaresi dan Batalyon Infanteri 711/Raksatama sangat membantu Pemda menjaga keamanan wilayah guna menarik investor untuk masuk, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan Masyarakat Maluku dan Maluku Utara.

Gubernur berpesan “Saya mewakili Pemda mengucapkan selamat jalan kepada Satgas sebelumnya, hati-hati menuju home base masing-masing dan pada pengganti Satgas yang baru untuk laksanakan tugas dengan baik”.

Kapolda Maluku juga mengucapkan terima kasih kepada Satgas Batalyon Infanteri 731/ Kabaresi dan Batalyon Infanteri 711/Raksatama. “Saya selaku Kapolda, sangat berterima kasih dan sangat terbantu dengan adanya Satgas Batalyon Infanteri 731/ Kabaresi dan Batalyon Infanteri 711/Raksatama dalam menjaga kamtibmas menjadi kondusif terkhususnya mengcover kekurangan pers Polri mengamankan daerah-daerah rawan konflik di Maluku dan Maluku Utara.

Diakhir acara, pemberian cenderamata dari Pangdam XVI/Pattimura kepada perwakilan Yonif 731/Kabaresi dan Yonif 711/Raksatama, pemberian piagam penghargaan dari Kapolda Maluku kepada perwakilan Yonif 731/Kabaresi dan Yonif 711/Raksatama dan pemberian ucapan selamat dari tamu undangan kepada perwakilan Satgas Yonif 731/Kabaresi dan 711/Raksatama. (Pendam XVI/Pattimura)

Tinggalkan komentar