Jun 062014
 

VIVAnews – Hubungan Indonesia dan Australia yang mendidih mulai didinginkan dengan pertemuan kedua kepala negara. Untuk pertama kalinya, sejak ketegangan terjadi antara kedua negara, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bertemu dengan Perdana Menteri Tony Abbott.

Pertemuan tersebut digelar di Batam, Rabu 4 Juni 2014. Awalnya, kedua kepala negara akan bertemu di Bali bulan lalu. Namun, Abbott batal datang. Akhirnya, pertemuan keduanya dijadwal ulang di Batam, sebagai pembuka kunjungan kenegaraan 10 hari Abbott ke Eropa dan Amerika.

Saat membatalkan pertemuan di Bali, Abbott beralasan karena tengah menggodok anggaran negara. Namun, media Australia mengatakan Abbott hanya cari-cari alasan, setelah Australia dipermalukan karena ketahuan mendorong kembali kapal pencari suaka ke Indonesia.

Abbott menyambangi Batam, karena menyesuaikan dengan jadwal Presiden SBY yang akan membuka MTQ di sana. Sempat ada bocoran percakapan antara SBY dan Abbott yang berhasil direkam wartawan mengenai pertemuan ini.

Abbott telat dua jam, karena pesawatnya mengalami masalah teknis. Akhirnya, digunakan pesawat cadangan.

Pertemuan yang berlangsung singkat tersebut, membahas upaya perbaikan hubungan diplomatik kedua negara.

Indonesia-Australia bersitegang, setelah muncul bocoran dokumen yang menyatakan bahwa Negeri Kangguru menyadap percakapan telepon dan email beberapa petinggi negara, termasuk Presiden SBY dan istrinya Ani Yudhoyono.

Presiden SBY mengatakan bahwa pertemuan itu sangat produktif dan konstruktif. Dalam pernyataan bersama usai pertemuan, dikutip Reuters, SBY mengatakan Australia-Indonesia mendiskusikan metode untuk melindungi dan meningkatkan kemitraan kedua negara yang didasarkan rasa saling menghargai.

“Kedua menteri luar negeri terus berdiskusi membahas kode tata kelakuan baik (Code of Conduct/CoC) di masa mendatang, sehingga proses meningkatkan kerja sama bisa diimplementasikan dengan baik,” kata SBY.

“Apa yang kita lakukan untuk menyelesaikan masalah ini akan memberikan keuntungan besar, karena kedua negara ingin melanjutkan persahabatan,” lanjut SBY.

Dalam porsinya, Abbott mengatakan bahwa kedua negara mengatakan penyelundupan manusia “tidak akan menjadi masalah lagi bagi hubungan Indonesia-Australia”.

Selain itu, ia menyatakan bahwa kedua negara akan kembali melanjutkan kerja sama berbagi informasi intelijen.

Abbott, bahkan tidak lupa memuji SBY yang sebentar lagi akan habis masa kepemimpinannya. Menurutnya, pemerintahan SBY ditandai dengan perdamaian dengan banyak negara dan kemakmuran di dalam negeri.

“Indonesia akan kehilangan seorang negarawan dan Australia akan kehilangan seorang sahabat,” kata Abbott.

Perlakukan Indonesia dengan Hormat
The Guardian, Selasa 3 Juni 2014, mengutip Abbott yang mengatakan bahwa pertemuan di Batam, Rabu, akan menjadi upaya untuk memastikan bahwa hubungan Australia-Indonesia mempunyai pijakan yang kuat.

Abbott juga mengatakan akan menjamin pada SBY bahwa Australia ke depannya memperlakukan Indonesia dengan rasa hormat.

Sebelumnya, Staf Khusus Presiden Bidang Hubungan Internasional, Teuku Faizsyah, kepada VIVAnews mengatakan bahwa pertemuan ini adalah bagian membangun kembali rasa percaya Indonesia pada Australia.

Menurutnya, hubungan kedua negara kini sudah mulai membaik, ditandai bertugasnya kembali Dubes RI untuk Australia Nadjib Riphat Kesoema.

Diketahui, bocoran dokumen penyadapan membuat terganggunya hubungan kedua negara. Indonesia menarik Duta Besar untuk Australia dan menghentikan beberapa kerja sama, termasuk kemitraan dalam penanganan pencari suaka.

Indonesia menetapkan enam langkah untuk perbaikan hubungan kedua negara. Puncaknya adalah penetapan COC yang mengatur larangan menyadap.

Kendati diberikan langkah tegas, namun Australia di bawah pemerintahan Abbott tidak gentar, bahkan membandel. Selama proses perbaikan hubungan, Australia mendorong kembali perahu pencari suaka ke Australia kembali ke Indonesia.

Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa mengatakan bahwa membaiknya hubungan kedua negara tergantung dari ketulusan Australia. Menurut dia, Australia yang mulai memantik api. “Saya kira, bola berada di pihak Austraia untuk menjelaskan masalah penyadapan dan masalah pencari suaka,” ujar Marty, Senin lalu.

Natalegawa telah beberapa kali bertemu dengan koleganya dari Australia, Julie Bishop untuk membicarakan COC. Menurut Marty kepada The Guardian, Bishop mengatakan padanya bahwa Australia “tidak akan menggunakan sumber daya intelijennya untuk merendahkan sahabat dan tetangga, termasuk Indonesia.”

Selain Presiden SBY dan istrinya, Australia juga menyadap percakapan delapan pejabat RI lainnya. Di antaranya adalah Wakil Presiden Boediono, mantan Wapres Jusuf Kalla, mantan Juru Bicara Kepresidenan Bidang Luar Negeri Dino Patti Djalal yang kini menjadi Duta Besar RI untuk AS, mantan Juru Bicara Kepresidenan Andi Mallarangeng, mantan Menteri Sekretaris Negara Hatta Rajasa yang kini menjabat Menteri Koordinator Perekonomian, mantan Menteri Koordinator Perekonomian Sri Mulyani Indrawati yang kini menjabat Direktur Bank Dunia, mantan Menteri Koordinator Politik Hukum dan HAM Widodo AS, dan mantan Menteri Negara BUMN Sofyan Djalil.

Bocoran diberikan oleh Edward J. Snowden, mantan staf badan intelijen AS, NSA, yang kini mendapat suaka di Rusia kepada beberapa kantor berita, termasuk The Guardian, ABC, dan The Sydney Morning Herald. Dalam dokumen tersebut juga disebutkan bahwa intel Australia membangun pos penyadapan dengan kode ‘Stateroom’ di dalam gedung Kedutaan Besar Australia di beberapa negara, termasuk Indonesia.

Harian Jerman Der Spiegel, bahkan menyebut Jakarta menjadi pusat spionase Australia di Asia. Jakarta, dipilih karena pertumbuhan pesat jaringan telepon seluler di Indonesia. Namun, dalam publikasi itu belum disebut siapa-siapa saja pejabat RI yang menjadi target penyadapan. Baru awal pekan ini nama SBY dan para petinggi RI terang-terangan disebut disadap.

Selain menyadap para petinggi RI, Australia juga menyadap komunikasi sengketa dagang antara Indonesia dan Amerika Serikat, sekutu wahid Negeri Kangguru.

Abbott awalnya menolak meminta maaf, karena menurut dia itu adalah “penyadapan yang wajar”. Abbott hanya “menyesalkan” pemberitaan yang membuat Presiden dan rakyat Indonesia malu. Dalam pidatonya di parlemen, Abbott berkomitmen akan memperbaiki hubungan dengan Indonesia.

Sikap Abbott ini selain dikecam pemerintah Indonesia, juga dihujat oleh para oposisi di dalam negeri Australia sendiri.

Australia tak tahu apa-apa soal Indonesia
Indonesia sebagai negara dengan ekonomi terbesar di Asia Tenggara adalah mitra potensial Australia. Bahkan, menurut situs Kementerian Luar Negeri Australia, Indonesia diramalkan akan menjadi salah satu dari tujuh negara ekonomi terbesar dunia pada 2030.

Indonesia adalah mitra dagang terbesar ke-12 Australia dengan nilai kerja sama pada 2012 mencapai US$14,6 miliar. Di bidang agrikultur, Indonesia adalah pasar terbesar ketiga Australia dengan nilai dagang US$2,3 miliar pada 2012.

Diprediksi, hubungan ekonomi kedua negara akan berkembang pesat di masa depan. Prediksi ini bisa jadi kenyataan, jika saja tidak ada kasus penyadapan dan respon Abbott yang buruk.

“Mereka adalah mitra dagang yang besar, tetapi banyak warga Australia tidak sadar bagaimana perdagangan, pekerjaan, dan ekonomi akan terancam jika hubungan dengan Indonesia goyang,” kata Tim Harcourt, ahli ekonomi dari University of New South Wales, seperti diberitakan The Sydney Morning Herald, November tahun lalu.

Berlarutnya ketegangan ini, menurut Dr Jacqueline Baker, dosen dan ahli politik Indonesia di Fakultas Asia dan Pasifik di Australian National University adalah karena pemerintah Australia tidak tahu banyak soal perpolitikan di Indonesia.

Dalam tulisannya di The Age, Selasa 3 Juni 2014, Baker mengatakan sejak reformasi 1998, demokrasi Indonesia berkembang pesat. Saking pesatnya, tidak bisa dikejar oleh pengetahuan Australia yang sangat minim soal negara itu.

“Dengan demokratisasi di Indonesia, landasan politik menjadi jauh lebih rumit dan Australia tidak punya kemampuan politik. Apalagi, panduan untuk mengantisipasinya,” kata Baker.

Menurut Baker, Australia tidak mampu menghadapi kompleksitas demokrasi yang beragam di Indonesia. Ada dua masalah utama dalam hal ini, lanjutnya. Pertama adalah masih sedikitnya ahli soal Indonesia di Australia. Kedua, pekerjaan untuk para ahli Indonesia hanya ada di pemerintahan. Akibatnya, kemitraan dengan Indonesia tidak maksimal.

“Pemerintahan 10 tahun Yudhoyono akan berakhir. Hubungan bilateral akan berubah. Beberapa orang mengatakan akan semakin berat. Pertanyaannya adalah, apakah kita punya kemampuan untuk mengelolanya,” jelas Baker. (asp)  (© VIVA.co.id)

  123 Responses to “Upaya Australia Berbaikan dengan Indonesia”

  1. Ada udang di balik batu nih…….abott kagak berani datang ke JKT……!!!!

    • Pertamaxxxx lagiiiiiii……….

    • KEMARIN
      ========
      yang marah besar mengenai penyadapan siapa…? padahal yang nyuruh USA..
      yang mutusin kerja sama siapa..?
      yang susah bila imigran gelap dihalau itu siapa..?
      yang ngundang naval exercise komodo 2014 siapa..?
      yang batal ikut naval exercise itu siapa..?
      yang ngundang di bali siapa..?
      yang tidak bisa datang siapa..?
      yang ngundang di batam siapa..?

      dll deh…
      lucunya indonesiaku..

      maaff sales panci

    • sabar ya neng oke…namanya juga politik, kadang mau ga mau terpaksa menjilat ludah sendiri..SBY masih memiliki pengaruh selepas masa jabatan nanti, jangan sampai aussie masih memiliki hubungan yang buruk dengan Indonesia selepas ditinggal pak Beye…
      tinggal capres yang akan datang seperti apa, punya wibawa terhadap aussie seperti pak Beye atau kebalikannya..kita sama2 berharap yang terbaik

  2. test

  3. pertamax

  4. pertamax

  5. papat…hehe

  6. limo……

    • ramah tamah sesuai budaya luhur bangsa kita, tetapi tetap waspada karena abangnya yaitu si ASU tukang agressor jadi pasti lebih memihak kepada Anglosaxon meski hidup di belakang rumah kita Indonesia

  7. masì sepi

  8. joss

  9. pasti ada maunya..

  10. Salah satu harapan australia adalah bs membentuk pakta pertahanan dgn RI ???
    Bukanya kita non blok ya ???

    • @says benar bung kita negara non blok , mungkin ini sekedar kerjasama pertahanan antara TNI dan RAAF mungkin ya bung , soalnya kan pas penyadapan kemarin semua hubungan bilateral dengan sonotan di bekukan termasuk pertahanan imho

  11. Salah satu harapan australia dalam memperbaiki hubungan adalah bs membentuk pakta pertahanan dgn RI ???
    Bukanya kita non blok ya ???

    • jangan lagi mau msuk perangkap utk kedua kalinya, ingat pengalaman aneksasi timtim, Henry Kissinger di jman Orba hingga smpe lepasnya timtim, embargo, dst. Intinya jangan lg mau didikte asing, pintu kemandirian di depan mata.

  12. Aneh oztrli ni jelas” indonesia non blok, kok ngajak bikin pertahanan bareng??

  13. Gak usah di tanggapi,liat aja pemulangan imigran masih terus berlanjut.
    Apa bangsa ini tak punya harga diri. . .

  14. Baru nyadar apa blm waras tuh si aushit..??? Blm tau apa ya INDONESIA akan menjadi negara maju…ane rasa mereka takut apabila pengganti pak BEYE malah lebih keras lagi..sedangkan pak beye mo udahan mimpin nih negara,masalah blm kelar lagi ma pak beye blm lagi penggantinya blm tentu mo baikan …yaah pokoknye bnyk pertimbangannye & sesuatunya buat aushit.dg pendekatan ini…tapi rada telat klo baru mo baikan emang dasar negara angkuh susah di bilanginye…minta maaf az ogah ngakuinnye..
    Sebentar lagi juga tuh negara bakal minta tolong di mari..liat az nanti ..!!! NKRI HARGA MATI..!!!

  15. indonesiaku memang aneh.

  16. Munhkinkah si abbot mnghadapi tekanan Dari puplik ausit …
    Untuk mwmperbaiki hubungn Indonesia ausit

  17. Kangen ama Bung Nara dan Bung PS, Latgabnya kapan ya rampungnya…..

  18. Lho kok yang ini yang di angkat bukannya si aushit mau buat pakta pertahanan sama kita. Ya boleh lah

  19. Hahaha.. Tetangga-tetangga.. udh kayak gni bru datang minta maaf.. ngajak ini itu segala.. ad2 aj.. Indonesia punya harga diri.. ingat itu.. utamakan santun dan hargai privasi bangsa lain.. MERDEKA

    • benar bung… terlihat RI mulai disegani kawan & lawan, politik & peluru satu keping mata uang yg tdk terpisahkan, ini pertanda tetangga tdk lg memandang sebelah mata TNI, mari kita perhatikan trus apa tindak tanduk fpda stelah tgl 4 kmaren, sepertinya smua mndadak murah senyum, met pagi bung..

  20. Pak beye kok mau aja ketemu ausit , harga diri bangsa lebih utama pak

  21. percaya aja sma presiden kita..ini strategi yg kita semua tdk bkal tahu ending nya nd saya yakin pasti pertemuan ini bkal bkin negara kita lebih maju dri ostralala…

  22. Kayaknya sich takut pengaruh NATO hilang di kawasan asia pasifik. Sememtara ini kan rebutan pengaruh anatara tiongkok dan nato. Yang kedua mereka takut kalau lcs pecah beneran. Mereka pasti terkena getahnya. Pengen mereka spy kita jd benteng untuk ngadepin cina.

  23. Sempat ada bocoran
    percakapan antara SBY dan Abbott
    yang berhasil direkam wartawan
    mengenai pertemuan ini.
    ———–
    Kenapa disebut bocoran? Seolah sekelas wartawan saja bisa menyadap

  24. yang jelas si Abbot bersedia ke Batan jumpa SBY karna makin resah dgn hubungan militer Indonesia – China….. Dia datang terlambat,Indonesia terlanjur sudah mengakuisi Rudal2 canggih buatan China yg bisa membuat geger utara Australia jika terjadi komplik bersenjata di antara kedua negara….. untung SBY orang nya sabar walau pun kekar,…. sekira nya Prabowo yg presiden saat ini maka si Abbot bakal berlutut minta maaf, itu pun kalau masih ada kesempatan

  25. mau nambah pesawat hibahnya kali si abot bobote

  26. Maling mana ada mau ngaku,niat buruk selalu ada jika kita lemah,kita perlu pemimpin yg berkarakter kuat dan pandai mengatur strategi,bkn pemimpin yg mau diatur.

  27. Maaf nih baru ada masukan.
    Kenapa si aushit mau membuat pakta pertahana sama kita CMIIW
    the annual report is out
    http://www.defense.gov/pubs/2014_DoD_China_Report.pdf
    yang isinya df-41dengan spek nggilani kalo bahasa jawanya.
    Kalo indonesia mengaktifkan kembali poros rusia beijing jakarta maka si aushit bakalan jadi negara usus buntu beneran. Yang mereka pikir kita pasti akan condong kesitu soalnya kalo gabung sama gerombolan si berat pasti rakyat marah.
    Saya hanya akan bilang, mereka bener bener ngga tau sifat kita. Kita pendiri nonblok kok malah ikut ikutan nge blok. Ada satu jalan lagi yaitu si hitam di banyakin. Harus bataliyon bukan hanya datasement. Yang jadi masalah kalopun 100 orang belajar, belum tentu 1 orang berhasil. Makanya ada wacana “WAMIL”. Ngga penting fisik jelek asal bisa punya “prewangan” maka akan di terima. Kita lihat saja kedepannya, di laksanakan apa ngga. Kalo ngga berarti bakalan ngeblok nih.

    • khan kita udah bungkus om..
      df ini yg bikin para leaker membeberkan info kl kita siap dgn LHD dan CSG sekalipun..
      bocoran nya pas kapal pulang keberatan dia…
      10 kali kecepatan suara… edan juga..

  28. Kalau mau di kasih hibah tolak aja. Bilang ke mr Abot kalau di Indonesia sudah gak jaman hibah hibahan. Kalau pulau cocos bolehlah di hibahkan nanti buat pangkalan armada pasifik militer Indonesia.

  29. ##################

  30. Indonesia sering disakiti oleh ausie sampe timtim lepas dari nkri, I ndonesisia sering dikhianati dan dilecehkan oleh ausie, tetapi kenapa tetap menerima ausie sbg sehabat. Sahabat yg memuakan.

  31. mbah ingin indonesia dan australia bergandengan tangan, maju ke LCS bersama. Australia adalah saudara indonesia dan selalu mendukung indonesia begitupula sebaiknya.

    Damai saja pak, beras mahal.

    • gimana kalo kebalik mbah, bergandengan tangan menuju ke selatan

      • Jalan keluar untuk semua kesusahan dan pengangguran dan juga ketimpangan ekonomi ya perang, dan musuh yang dicari dan kebetulan cocok adalah China, semua negeri di asean kecuali kamboja adalah membenci china

    • yuk gandengan mbah…menuju pelaminan

    • Mbah belom kawin ya ?

    • aku ga sekolah nang SD pengecut..
      aku ga nggolek ilmu nang SMP kasim..
      aku tidak sekolah di sekolah yg kurikulumnya mengkerdilkan JIWA..

      masalah buat lo..
      kl kamu pengen mati, mati aja sendiri…
      mati juga ga ada yg kehilangan…

      hey bowo..
      kl kao mmg benar tua.. kao pasti ibarat kelapa makin tua makin banyak santan nya.. banyak petuah bijak yg bisa di gali dari kamu.. tapi kamu ???!!!! ngaca disik kono.. soyo tuwo jan soyo tambah koplak..

      bowo..
      kamu mengaku sebagai guru, sesepuh, tapi sifatmu jauh dari kapasitas itu..
      guru dari filsafatnya adalah orang yg kita gugu (dengar) dan tiru (ikuti sebagai contoh)..
      meniru sikap dan pongah mu, menyerah tanpa berusaha.. hanya pecundang yg begitu..

      gini.. bowo…
      kamu tahu filsafat dari tugu pahlawan atau tugu2 di seluruh indonesia..
      kau tahu mengapa bentuknya seperti itu..
      itu adalah perlambangan dari organ fital pria yg sedang SIAP..
      melambangkan kebanggaan seorang pria..
      monumen itu mengingatkan bagi generasi muda untuk gagah perkasa menyongsong setiap tantangan..
      itu adalah pengingat bagi penerus, bahwa pendahulu kita dgn gagah berani menentang tirani, penjajahan..
      meski mereka gugur, namun mereka berani..
      mereka mencintai tanah air , more over mereka mencintai kita generasi penerusnya..
      cinta mereka diwujudkan dgn cara pengorbanan, perang melawan penjajah..
      para pendahulu menginginkan yg terbaik bagi bangsa dan negara ini..
      kamu mengajarkan menyerah, tunduk, takluk.. im not made for that S##t…

      orang seperti kamu membuat aku muak…
      your not deserve becoming Indonesian citizen..

      selama kamu ngawur.. aku akan menggempur kamu wo..
      this is my declaration of war.

  32. Beras mahal, apa mahal semua mahal, masih enak jaman pak Harto pak, gemah ripah loh jinawe. Sekarang masyarakatnya sulit diatur, dikit-dikit rusuh, pengangguran dimana-mana, enak jadi PNS pak, anak-anak mah jadi PNS semua, daripada susah-susah.

    • cie cie yang curhat..

      • bener dek HQ, mbah kadang membayangkan masa muda mbah dulu yang berwibawa. sekarang mbah sudah tua dan nestapa. Mbah marah, mending perang saja kalau keadaan tetap seperti ini.

    • program pak Harto emang enak Mbah, tapi pondasi programnya yg ga enak pake ngutang2.

      • yang penting rakyat sejahtera pak, semua makan nasi dan roti, enak makan enak tidur.

        • utang itu salah satu jalan buat masuknya sebuah intervensi Pak Bowo. dan utang itu ibarat kita d kasih makan2an yg manis,, setelah tuwir baru kena diabetes dll. lebih parahnya lagi diabetes beresiko dturunkan ke anak cucu. Indonesia memang manis ya Pak.

          • ah mbah ngak mikir yang kayak begituan, yang penting kebutuhan mbah tercukupi, mau negara bangkrut kek, hutang banyak kek, mbah ngak ngurus. Mbah mau tanya, mbah sampai susah gini siapa yang mau ngurus mbah !

            Mbah jadi berfikir lebih baik di jajajah inggris seperti malaysia enak jadi negara kaya. Di jajah belanda indonesia jadi melarat dan susah 350 tahun. Yang enak para cukong dan yang ngak ikut perang.

    • semua murah…?
      harga diri jg murah dong mbah….
      seribu perak dah cukup buat makan anak istri sehari yg harus seharian dicari dengan berpanas dan berpeluh ria…
      sudah ga jaman menengok ke belakang hanya untuk nostalgia semata. realita ad didepan mata….

      • buat apa negeri kaya bila rakyat tetap miskin. mending negara utang banyak yang penting rakyat makmur sejahtera.

        • kalo saya mending miskin daripada jual harga diri cuma ingin kaya dan sejahtera

          • Percuma merdeka tapi tetap miskin, ngak ada artinya, mending jadi negeri persemakmuran inggris, rakyatnya jadi kaya-kaya, makan roti semua, enak makan keju, minum sirup, makan biskuit.
            Ngak kayak sekarang, pentol cimol mahal, siomay mahal, bakso mahal, bakpia mahal. Mending perang saja kalau kayak gini caranya !!!

        • mbah pengen kaya,mbah pengen perang.mbah ini banyak maunya,gak pernah bersyukur.kalo pengen macem2 mati aja nanti di surga bisa minta apa aja.yaa itupun kl mbah masuk surga.

          • mak jleebbb… bung HQ…

            kasihan si embah bung,jng kasar2, kan makin tua makin kaya anak kecil, banyak permintaananeh berarti hampir atau sudah dekat…
            salam

          • di Surga..??? hahahah…
            Saya kasian kalau malah udeh mati eh masuknya ke tempat nyang atu nya lagi bukan surga…

        • ngga mikir anak cucu mbah…??egois ah si mbah ya..sudah di didik kayak gtu ya mbah…?

        • orang nggak mau bersyukur…asli muak banget ngeliat org kek ginian

          • gimana mau bersyukur, semuanya pada mahal-mahal. Sulit hidup kalau seperti ini caranya.

          • yo ojo internet’n wae….HPne po laptop’e d’jual go tuku beras kono….!!!

        • nek wez ora kerasan tinggal di Indonesia minggato kono…sampean wez tuir utek’e esih mengkono ra garep ene sing mendem nek sampean modar

          • Jangan klise gitu, memang negeri ini rakyatnya masih banyak yang susah kok ? ini realita dek, bukan khayalan yang mbah buat-buat.

            Sedangkan Malaysia ? enak banget dek, rakyatnya semua makan roti dan biskuit yang terbuat dari gandum yang bergizi, negeri yang melimpah kemakmurannya.

          • ra mikiri…makan keong jg bergizi

          • semoga dek cah nusa kambangan diberi kemakmuran, agar tidak makan keong, mbah kasian karane keong itu bergizi tidak beracun iya.

          • Aamiin…..gak perlu mkn gandum,mknan asli indonesia jg banyak yg bergizi

          • Enak makan gandum bergizi, penuh vitamin, minum susu, makan daging sapi yang enak, uang banyak, negeri sejuk, aman dan nyaman.

          • Tapi utang kan mbahhh….!!!!

            ihhh…najizz..

            Wez Mbahhh…turu kono…!!!nanti kena struk loh..

    • mau gampang..
      minum aja baygon ato pembersih toilet…

  33. saluttt ini secara politik cuma sebuah isyarat dari pak sby bahwa dia tidak mewariskan pertikaian dengan bangsa lain setelah purnabaktinya…. cukup cerdas, briliant …selanjutnya karepmu ( capres2 baru )

  34. Mbah bowo
    sosok pengadu domba yg gigih.
    tegar yang tak kenal lelah.
    Salut mbh walau udh tua (katanya)
    Salam hangat mbh bowo

    • mbah ingin semua rakyat sadar bahwa kondisi sekarang kita ini susah, apakah salah jika mbah memimpikan negeri ini semakmur Malaysia, selandia baru, dan australia ? apakah salah mbah bersikap seperti ini. Negeri ini kaya, tapi yang kaya negerinya, rakyatnya ? banyak yang susah pak, banyak yang masih jadi tukang becak, buruh susah, kasian pak, negeri ini seolah-olah tidak diberkahi. Siapakah yang salah ? mbah mohon maaf jika tulisan mbah ini pesimis. Salam hangat mbah untuk dek listriaone.

  35. Mbah mau perang supaya kaya. Gimana kalau kita berperang dengan Australala ? Kan luas negaranya besar, sumber alamnya banyak dan penduduknya sedikit cuma 20 jutaan kan mbah. Kalau mbah mau ayo kita bergandengan tangan ke selatan. Mumpung sekarang lagi musimnya klaim teritory berdasarkan sejarah masa lampau. Selain madagascar yang 70% penduduknya keturunan indonesia sejak jaman Sriwijaya dan Majapahit. Sebelum inggris datang ke Australala bangsa kita melalui suku Bugis sudah lebih dahulu menetap di pesisir austalala hingga ada yg menikah dgn suku aborigin. Setuju ga mbah ?

    • Perang harus punya alasan ? apa alasan kita ke selatan ?
      Mau dikeroyok FPDA + NATO dan di pecah pecah gara gara invasi ke Australia?

      Kalau mbah menyarankan ke utara karena Natuna di klaim, masak mbah dianggap salah ?

  36. saya ucapkan selamat kepada mbah bowo karena telah membuat thread ini jadi oot.selamat yaa mbah smg dapet persenan banyak yaa.

  37. udahlah mbah bowo jangan direply,tambah ngawur kan diskusi kita.mbah saya saranin mbah itu tulis no reg mbah dibelakang nicknya,biar kita tau ini mbah bowo yg nomor brp.oke mbah.

    • mbah akan mundur teratur dan muncul kembali jika membahas masalah laut china selatan lagi.

      • mbahnya kan bisanya masalah itu doang.mulai males nih bahas lcs melulu.no 23 apa yang lain mbah?

      • lebih bagus mbah kasi ide2 yang membangun. Pendapat kita bisa benar atau salah itu wajar2 aja. Itu sebabnya kita di sini saling berdiskusi. Yang penting jangan kasi pendapat yang ngawur ngidul atau pesimis akut. Tambah stress orang membacanya mbah 🙂

        • Tolong buat teman2 semua, bowo itu gak usah dilayan, saya sebagai sr ja muak membaca komen2 nya! Biarkan dia ngomong semau nya, anggap aja itu kentut!

  38. dr atas sampai bawah koment mbah klo dihitung lebih dari 30-an. ya klo memang diskusinya mencedaskan dan bikin pencerahan buat kita semua tidak masalah. tp dr yg pertama kali mbah keluar sampai sekarang motifnya memang sama seperti yg pernah di ungkap oleh bung satrio lebih ke – menggiring opini buat para pembaca warjag. dl sempat hilang sesaat setelah kena mak jlebb dr bung satrion jg skr muncul lagi dan lebih kelihatan motif sesungguhnya seperti apa??? bung diego yg punya warjag ini yg lebih faham bagaimana & di apakan si mbah bowo ini….. dibiarkan sj tp kita semua tdk menggap apapun koment dr simbah bowo…(engko lak suwe2 matek dewe…??)
    apa di karung buat selamanya oleh bung Diego????

  39. perkembangan yg baik..tidak ada yg salah jk australia kembali membina hubungan baik dgn indonesia..saya setuju bgt,byk putra putri bangsa ini yg menempuh pendidikan dan bekerja di australia,bahkan byk bgt yg sdh menetap disana,selain itu diaustralia bhs indonesia termasuk bhs kedua stlh bhs inggris..itulah sbg perwujudan persahabatan kedua negara,lanjutkan!

 Leave a Reply