Apr 082014
 
Ilustrasi. Alutsista Proram MEF. Image: internet

Ilustrasi. Alutsista Proram MEF. Image: internet

Sedikit berkomentar tentang diskusi rekan-rekan sebelumnya mengenai pembelian alutsista pesawat tempur TNI. Hingga saat ini Kementerian Pertahanan dan TNI masih memfokuskan kepada pengadaan SU 35 dan pesawat tempur SU 34 Platypus/Fullback, sebagai pilihan pertama pesawat tempur generasi terbaru RI, terutama untuk menggantikan F-5 Tiger yang sudah uzur.

****************************************************************************************************

DIHAPUS ATAS PERMINTAAN PENULIS

 

*****************************************************************************************************

Sekian saja dulu, besok pemilihan Umum, pertaruhan bagi kita semua. Tak peduli dari partai apapun, suku apapun, tolong bantu negara ini dengan memilih pemimpin yang benar-benar mencintai negerinya melebihi dirinya sendiri. Seperti yang sudah dicontohkan oleh para pendahulu kita. Maaf kalau ada salah disini, karena ini hanya bocoran dari wangsit mbah Marijan tadi malam.

Sudah ya, saya mau jualan lagi, somayyy, somayy…

Salam NKRI…… (By Garuda Hitam)

  220 Responses to “Upaya Pemenuhan Program MEF”

  1. Ijin pantau bung

    • Bung Garuda Hitam jangan2 personel think thanknya Kemenhan ya….analisanya luarrrrrr biasa, dirangkum dengan apik dan tho the point.
      btw apa tidak ada kerjasama dalam pemenuhan MEF dengan negara di ASEAN sendiri atau di negara2 timur tengah atau negara amerika latin?

      • dari amerika latin kita dengan brasil dapat super tukino dan mlrs astros II, di ASEAN tidak ada lawan tangguh buat indonesia dalam perkembangan teknologi militer,karena ASEAN MASIH dalam taraf sebagai KONSUMEN atau pembeli,apalagi timur tengah…( diluar IRAN)

        • Asean Taraf konsumen.? Negara sekelas myanmar aja udah bikin fregat Aung Zeya, singapore udah bikin formiddable, msia bikin Kedah, thailand silahkan cari bnyk OPV nya buatan sendiri, vietnam siap2 bikin Sigma. Indonesia.???

          • Beberapa produk bahkan sudah diekspor ke luar negeri misalnya: CN 235 MPA diekspor ke Korea Selatan, Anoa Pindad diekspor ke Malaysia, SS Series diekspor ke Afrika (Kalau gak salah)…

          • @Bung Jajaka Tingkir…
            Bagian terakhir pertanyaan: Indonesia? Mungkin link di bawah ini bisa membantu bung…bahwa Negara kita juga sedang memproduksi beberapa alutsista strategis yang sangat membanggakan.

            Link:
            1. http://jakartagreater.com/progress-pengembangan-alutsista-buatan-dalam-negeri/

            2. http://jakartagreater.com/peningkatan-kemampuan-dan-pengaruh-indonesia/

            3. http://jakartagreater.com/penghematan-tni-ad-latihan-menembak-dengan-laser/

            4. http://jakartagreater.com/dua-satelit-100-made-indonesia-diluncurkan-tahun-2015/

          • indonesia:n219,n250,cn235,n212,dll singapura:??? myanmar:??? malaysia:??? thailand:????
            makannya jangan telalu underestimate kpd bangsa sendiri bung.lebih baik doakan bangsa ini agar menjadi lebih baik lagi.setidaknya anda telah membantu bangsa anda walaupun hanya lewat doa

          • bung jakatingkir@ ada sedikit benarnya, utk urusan pesawat terbang memang di ASEAN kita no 1, tp alutsista yg lain di asean juga ada yg membuat, contoh
            – Bionix II (BXII) – singapura,
            – TERREX AV81 SINGAPURA
            – Senapan SAR21 – singapura
            – ACV-300 malon dan turki
            – MLRS DT-1 Thailand
            – UMS Kyansittha, Frigate Stealth Myanmar
            – Kapal selam mini with AIP buatan Nguyen Quoc Hoa vietnam dll ( yg tau tambahkan lagi)

            maksud nya adalah.. meskipun lawan lemah jangan anggap enteng lawan..
            TERREX AV81 SINGAPURA vs anoa masih bagus TERREX (maaf bukan memuji negara lain ) tp secara realita

            tp bukan berarti negara kita juga ga bisa buat apa2,, suatu contoh alutsista kita yg saat ini menjadi unggulan,
            CN 235 & CN 295 (msh proses)
            ANOA.
            SS2 V 1 S/D 5
            BOMB ASAP (utk latihan)
            KCR 40 /60
            LPD
            dll yg sudah di export ( silahkan tambahkan sndiri)

          • Bayangkan kenapa negaramu tak maju Bung Jajaka Tingkir, karena Anda termasuk orang pesimis (inferior mental block) yang pastinya tidak melakukan apa-apa dalam membuat Indonesia lebih maju. Karena optimis pasti disertai dengan langkah nyata.

    • BUNG GARUDA HITAM ANDA SUNGGUH TIDAK PANTAS MENYANDANG NAMA GARUDA HITAM TAPI SEHARUSNYA GARUDA EMAS ALIAS G2

    • Saudara-saudara Ku mari kita perkokoh, perkuat rasa Satu Nusa Satu Bangsa dan Satu Bahasa. untuk kejayaan INDONESIA RAYA.

  2. Weh msh sepi…nyimak dl

  3. Akhirnya muncul sebagai artikel tersendiri. Dan saya nomor ….

  4. kahiji..

  5. maaf baru ngecek warjag sekitar 30 menit yll, tolong jaga bersama komentarnya ya, saya mau off dulu, kyknya kena flu

    bung @GH, terima kasih untung komen berbobot artikelnya

  6. sepuluh besarrrrrr

  7. absen… 10 besar…

  8. ijin gabung suhu,ambil kursi belakang aja

  9. Mantabb…ijin nyimak bung, salam

  10. beberapa rangkuman bisa di petik :

    1.amerika takut jika dagangan nya ga laku dan tidak ada dalam list soping TNI, maka biar kebagian duit dari uang jajan TNI, maka dengan segala cara menawarkan semua dagangan nya, dari yang rongsok bekas, sebut aja F16 dan apache seri E.. sampai ngosip F35 di keteng kaya rokok kepada TNI.

    2.amerika takut jika uang jajan TNI isi nya mainan dari papa bear, seperti sukro,lontong,dan lain nya, maka di khawatirkan tidak dapat menebak kemampuan tempur TNI jika terjadi konflik nanti , dan juga membahayakan anak tiri amerika yaitu australia dan singapura serta malaysia. sehingga di perlukan suatu rencana ” pembonsai an” kekuatan TNI secara halus dengan program hibah.,( harus nya hibah gratis) dengan melepas barang dagangan nya sampai diskon 99% ..1% nya buat biaya air brush kali ya.

    3.program hibah telah terjadi, dengan di setujui nya 24 biji F16 BLOK 15/25 di upragred jad blok 52 dengan penambahan avionik dan radar , namun ternyata tetap dibawah punya singapura yang f16 blok 60 dengan kemampuan satu tingkat di bawah punya TNI AU hasil hibah dan upgrade yang jadi pertanyaan kenapa singapura,malaysia, australia tidak ribut? karena jelas saja jika terjadi konflik dengan seneng hati merekamelepas f15 atau super kornet nya buat melawan F16 TNI AU. ( DI LUAR 16 BIJI SUKOI)

    4.Seperti kata bung garuda hitam,amerika sangat ” jantungan” dengan belanja TNI dalam MEF 1… sehingga di khawatirkan TNI akan menjadi macan baru di asia tengara melewati singapura dan australia dalam kemampuan militer, hal ini di dasarkan atas kedekatan koko panda dan paman bear ke pada om beye dalam satu tahun ke belakang,, ( masih ingat kan ombeye main gitar nyanyiin lagu met ultah si putin)

    5.tertunda nya program kfx/ifx, terlambatnya projek KPR damend, terlihat jelas adanya suatu usaha terselebung dan sistematis untuk menghambat kemajuan militer TNI,

    • sambungan di atas: beberapa rangkuman bisa di petik

      dalam tiga matra seperti di sebutkan di atas, baik dari TNI AD, AU, AL sudah mempunyai mainan baru yang battle proven dan bergigi,yang telah datang dan operasional sebut saja:

      1.TNI AD

      kita dapat mlrs astros 2 yang daya jangkaun 150-300km dan diklaim tidak dapat di tangkal,karena ini mirip bom terbang tanpa kendali alias rudal buta.

      apache long bow seri E dan H, mainan baru divisi penerbad untuk membantu divisi mekanik berat seperti tank dan panser dalam pergerakan menerobos wilayah musuh

      heavy tank leopard RI dan marder, mainan baru TNI ad untuk menandingi tank pendekar malasia, dimana di posisikan di kalimantanbarat dan utara yg berbatasan dengan sabah dan serawak.

      eurocopter Fennec dari prancis, mainan tambahan buat penerbad

      2.TNI AU

      kita punya sukro 16 biji baik single seat dan dobel seat dengan persenjtaan lengkap

      F16 BLOK 15 DAN 25 bekas yang di janjikan di upgrade menjadi blok 52

      T50 golden eagle dan super tukino

      C295 Maritime patrol dan hercules bekas

      3.TNI AL

      FREGAT SIGMA class .dari Damen belanda

      3 nakhoda ragam class dari inggris

      KRI banjarmasin ,beberapa KCR produk lokal

      yakhont rudal dengan jangkaun 300km..pengunaan KS dan Fregatt/carrier/di tanam di tanah

      dalam pengembangan:

      1.sotong,sea gost,ghost rider KS midget,makara mk2, aron mk 8, dan KPC-H
      2.radar ILP,satelit nano,laser gun,gerobak karmov ,peluncur roket
      3.LHD di lampung,projek fregat Damen,Klewang 2,kapal angkut tank leopard
      4.tank medium pindad kerjasama turki
      5.roket Rhan 120,RX 550. lapan fighter experiment.univeristas surya
      6.KFX/IFX..dan PT.DI
      7.Changbogo submarine.korea selatan dan PT.PAL
      8.drone UAV .TNI dan BPPT,Universitas ternama
      9.cyber army

      suskes TNI

  11. ijin nyimak om

  12. intinya dr artikel ini mungkin memberi peringatan kita agar bsk pas pencoblosan jgn salah pilih gtu ya…sory klw sotoy….

    • mungkin jgn pilih caleg dan partai atau capres yang sangat memuja amerika hahahaha… soalnya di luar Soekarno , semua presiden Indonesia masih sangat tergantung dukungan politik amerika/eropa. ingatbeberapa mingu sblm pemilu capres 2004 dimana beberapa tokoh nasional di undang oleh kedutaan besar. amerika, …dan kebetulan salah satu nya yang menjadi peserta pemilu capres 2014… maaf oot nebak doank

      • jd inget komentar pengamat polit pas di acara dialog kebangsaan bersama pak panglima pas mggu mren…komeny begini…”jangan sampai ada masuk pemimpin yang tidak matang secara kompetensi,karna ia akan masuk kategori pemimpin yg mudah dipengaruhi dan jgn pernah memberikan kepemimpinan ini yg tidak matang dr sisi pengalaman dan wawasan, sebab indonesia tidak cukup ditanganin jakarta saja atw bandung saja atw wilayah lain tp harus seluruh indonesia”

      • mungkin termasuk capress yg punya dwi kewarganegaraan, hihihihihih yang lari dari negaranya ketika ada masalah

  13. ” Karena belum tahu apakah yang akan terpilih nanti adalah Presiden berwatak ayam kate & bersedia menjadi boneka mereka, atau benar-benar berwatak burung Garuda, yang bisa mencakar wajah manis mereka ?” bung garuda hitam boleh minta persentase hasil survey dari kedua kandidat tersebut mana yang kira2 akan jadi RI1, tapi bukan survey yang ada dimedia2. trus kl garuda jadi RI1 kira2 indonesia akan seperti apa gambaran kedepannya…

    • Si” Penunggang kuda” yg gagah…
      GARUDA di dadaku!

      • Lupakah dengan awal reformasi….sekali ora ngepek….

        • Rasanya kita semua paham atau akan paham bahwa negeri ini selalu dan akan selalu diperebutkan bangsa lain. Jadi menyatukan visi dan langkah adalah keharusan agar bangsa ini tidak terpecah belah dan bisa mencapai cita-citanya mewujudkan masyarakat adil dan makmur dalam negara persatuan yang berdaulat dan berkeadaban tinggi.

        • Iya btl Bung …mdh2 siapa nanti yg terpilih di legislatif…dpt membawa perubahan kebijakan2 di Negri ini.yang benr2 menampung aspirasi Bangsa..bkn untk kepentingan pribadi,golongan aplagi kepentingn asing.dpt membawa INDONESIA lebih maju,berdaulat penuh ats wilayah darat,laut dan udara.serta membawa kesejahteraan bagi rakyat..Amin.

        • komentar yang berbobot bung

  14. Oh baru ngeh..!?terima kasih bung garuda hitam ats pencerahannya..

  15. Semangat 45 bung,, oh ya ada somay di sini ya… 😀

  16. klo pesan yg di bawa rata2/umum
    yg sya kagumi isi tulisanya
    klo paparazi berapa lama ngumpulin artikelnya?
    sedang tulisan ini nyambung ama ni hari.tq

  17. izin nyimak nich, sambil jaga di TPS.

  18. Ks…yg rada bandel juga n usil…pernah jitak “pala” orang….good…

  19. eh ngemeng-ngemeng ks dr rusianya jenis apaan ya?

    • Kalau merujuk pada inisialnya sih harusnya Oscar dan Sierra class tp dua2nya kalo ga salah nuclear powered, atau yg Indonesia dah dikonversi ke konvensional … ga tau juga deh.

      Namanya juga nubitol dan SR, jd pastinya banyak salahnya … maaf ya kalau sudah salah dn lancang.

    • Kalau melihat inisialnya sepertinya Sierra bung, entah Sierra I atau II. Kalau tidak salah ini Nuclear powerred attack submarine sama seperti oscar class. Sierra ini mampu menyelam sampai 500 m, kecepatannya termasuk yang paling cepat diantara KS Russia lainnya. Sierra II sempat terdeteksi oleh US Navy 200 mil dari pantai timur US di sekitar teluk mexico pada tahun 2012.

      Mungkin US navy sudah punya sensor yang leih canggih sehingga mampu mendeteksi Sierra class Russia, dan mungkin itu juga yang terjadi pada Sxxxxx class kita bisa terdeteksi oleh meraka. Tapi kabar baiknya akula class lebih sulit terdeteksi oleh US Navy.

      “The smaller Akula class submarine—capable of destroying U.S. nuclear submarines and aircraft carriers, but not capable of launching intercontinental nuclear missiles like some of the larger subs”

      “Confirmation of the recent Sierra-2 submarine deployment followed a report from U.S. national security officials who said a more advanced and harder-to-detect Russian Akula-class attack submarine had sailed undetected in the Gulf of Mexico in August.”

      He he he, maaf kalau agak – agak berbau hoax, maklum masih awam.

  20. Assalamualaikum semuanya..!!! Jgn lupa besok nyoblos baca bismillah,semoga partai yg mengusung pemimpin INDONESIA yg taat dg agamanya,cinta dg negaranya,membela rakyat miskin&semua yg baik” untuk negeri ini.menjadi pemimpinnya. Demi NKRI PILIH PEMIMPIN YG SAYA URAIKAN DI ATAS.!!

  21. @bung garuda hitam

    andaikan saya di tribun suatu opera atau teater , saya akan melakukan standing aplus buat bung garuda hitam, sajak nan syair artikelnya begitu menggugah jiwa saya dalam menuangkan pemikirannya di JKGR ini…….seperti biasa posting2an para warjager sebelumnya dan para komen, seperti inilah yang saya harapkan dari JKGR , menuangkan pemikiran dan dijadikan bahan renungan dan diskusi, bukan sekedar copas dari sumber resmi, karena saya membutuhkan pola pikir yang “hoax”.

    keep posting bung garuda……

    oh yah tambahan
    buat warjager yang mau coblos , mohon sangat amat, siapapun pemenangnya tetap jaga persatuan dan kesatuan….dan jangan pernah berdebat politik di forum ini,apa lagi menghina / mengejek.

    cuma standing aplus
    cuma pendapat
    cuma saran

    maaf cucu lancang

    • jadi lupa

      bung garuda somay saya borong semua , jangan lupa dikirim ke para warjager dan para SR warjager juga..

      maaf cucu lancang

    • setuju bung@cucu,,,

      1. terkadang antara sumber resmi dan hoax ga ada beda nya,
      2.terkadang hasil pemikiran sendiri juga wajib di tampilin link copas dari sumber resmi biar ga di teriakin hoaxx
      3.terkadang hoax juga di perlukan untuk menelaah hasil dari sumber resmi, biar ga di bilang bisa nya cuma copas, anak SD juga bisa,hehhee

      4.terkadang kalo sumber resmi yg bikin berita walau belum terbukti kebeneran nya, namun kaum hoaex ga berani teriak teriak builang hoax ke sumbeer resmi , apalagi sampe minta bukti link,,, dari mana sumber resmi itu dapat berita …hehhee

      5.klo berbicara apa beda sumber resmi dan hoax,,,jelas ga ada beda nya,.. bagi kaum hoax sebelum barang tu nongol di Indonesia, mereka ga akan percaya,

      makaciii

    • iya neeh, tulisannya sangat bagus. 11-12 sama bung satrio

    • bagus tulisannya … thanks bung GH , bagi gue SR… hoaxx gak hoaxx…. yang penting pantau terus sambil belajar dari para suhu dan simpai….

      • bung atiar

        di forum ini semua warjager secara tidak langsung membuat warjager untuk berpikir kritis dan analis untuk tambahan mencari2 sumber dan pengetahuan sendiri dengan gaya masing2 warjager, hoax atau tidaknya kembali ke semua warjager sejauh mana anda menganalisanya.
        yang menarik saya ini bukan forum yang cuma copas sumber resmi, jadi kalau ada postingan dari warjager posted, siap2lah otak anda mengencang ( mikir ) keras.

        cuma pendapat
        maaf cucu lancang

  22. saya setuju bung dengang 2 faktor MEF akan dilematis pada anggaran terhadap 2 hal R&D atau pengadaan alutista,bila berat sebelah tentunya akan berimbas akan lambatnya salah satu fator tersebut..

    @all warjager
    ayolah berikan komentar atau pendapat sehingga bisa menambah wawasan di warjager, tidak hanya mengejar nomor ( pertamax dst), kalau memang fansboy nomor setidaknya direply lagi kasih komen/pendapat.

    cuma pendapat
    maaf cucu lancang

  23. Salut buat artikelnya bung garuda hitam

  24. Komando… MEF jilid 2 ” harga mati “, jadi siapapun kelak yang menjadi pemimpin hendaknya memperhatikan penuh asek ini. Kalau yg jilid 1 sudah buat ” kericuhan ” tetangga sekitar.. mengapa tidak kalau Jilid 2 menjadi lebih masiv lagi.. Pertahanan dan Keamanan berkualitas super menjadi nilai lebih yang mengangkat harkat dan martabat bangsa..

  25. cerita bualan sendiri dirangkum begitu apik seolah-olah agar menyentuh kalbu para sesepuh JKGR biarlah yg minum kopi dan makan somaynya yg bisa mencerna…

  26. jadi bingung milih capres dipastikan prabowo n jokowi sangat ketat bersaing, yg ditakutkan dr kedua tokoh ada unsur bekingan amerika n sekutunya…. dan tentunya tidak pro kpd kemajuan tni, siapakah kira2 menurut bung sekalian yg kurang didukung asu n blok b?bosan klo presiden nanti anteknya asu dikibulin abis negara kita…smg saja yg jadi presiden berwatak kuat utk kemajuan dan kekuatan indonesia…. salam

    • Hampir bisa dipastikan bahwa negara maju akan melakukan lobi tingkat tinggi untuk berusaha agar presiden yang terpilih minimal tetap netral dan menjamin bisnis perusahaan dari negara mereka serta menjamin kepentingan geopolitik mereka. Jadi siapapun presiden negara ini akan sangat sulit bertindak memihak salah satu. Kalau dilakukan, akan muncul tekanan dengan berbagai cara, baik ekonomi, politik, sosial, bahkan ancaman disintegrasi wilayah, dan kemungkinan untuk saat ini kita tak akan mampu mengatasinya. Perlu waktu.

      • Perlu waktu untuk benar-benar kuat menolak desakan-desakan. Jadi kompensasi-kompensasi untuk mendapatkan teknologi misalnya, rasanya tak terhindarkan. Maka “tukar guling” ini harus dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk mencapai kemandirian sendi-sendi di semua aspek berbangsa. Janganlah ada saling jegal untuk kepentingan pribadi atau kelompok. Jika yang satu dapat surplus, bagilah dengan yang lain, dan bukan saling sabotase yang akan membuat bangsa ini berputar-putar si tempat.

  27. Mohon jangan berbicara politik diforum ini

  28. Nyimak sambil nonton bola…
    sementara skor 2-0 utk chealse

  29. Satu kata : AMAZING….
    PENCERAHKAN, SUPER SEKALI…
    “mematahkan” berbagai artikel sebelumnya.
    Thanks Bung @Gatuda Putih… (oups…Garuda Hitam ding).

  30. Selamat pagi para sesepuh,haus info tentang pesawat kepresidenan yang udah parkir di halim nih. Mungkin para sesepuh bisa di share di sini hoaxnya all about pesawat kepresidenan baru kita hehehe

  31. research en development .. kali

  32. Poin penting artikel Bung Garuda Hitam adalah fakta bahwa siapapun pemimpin negara ini amat tak mudah membawa gerbong besar NKRI karena negara-negara kuat di dunia ini akan mengerahkan segala kemampuannya untuk memastikan bahwa kepentingan mereka di sini tak terganggu.Tentang pilihan orangnya, hak masing-masing kita.
    Tapi yang jelas bahwa negeri ini takdirnya adalah diperebutkan siapa saja. Dalam diskusi-diskusi di warung kopi dengan teman sekerja, sering muncul celetukan, andaikan semua sumberdaya di negeri ini habis, Indonesia tetaplah ibarat seorang gadis cantik yang diperebutkan oleh siapa saja karena posisi geografisnya yang luar biasa pentingnya. Si gadis tak pernah kehilangan kecantikannya, bak seotang Dayang Sumbi.
    Kecuali di sekitar Gibraltar, terusan Panama dan teruk Suez, rasanya tak ada negara yang bisa mengalahkan Indonesia dari sisi pentingnya posisi geografisnya. Ya, akses tansportasi laut.
    Apalagi di tengah persaingan antar negara yang makin ketat, biaya transportasi makin penting menjadi salah satu faktor penentu daya saing untuk menghasilkan harga dan perekonomian yang kompetitif.
    Maka ini adalah bagian dari tuntutan bahwa siapapun warga negeri ini harus selalu mawas diri. Membangun sikap optimis adalah keharusan tetapi memelihara kewaspadaan adalah keniscayaan. Bangsa ini tak boleh terlena.

    • @bung ghi betul sekali anda, tidak gampang tugas pemimpin negara klo komponen yg lain hanya abstain. Tulisan bung garuda hitam ini saya hampir 85% lebih sepakat, analisisnya cocok sm kepala saya, klo artikel yg lalau2 kebanyakan sales semua… hehheyehehe

      • Iya bung Edi, kita harus menjadi bagian yang mencerahkan dan konsisten mewujudkan cita-cita bangsa. …

      • bung edisusanta,

        yang cocok dengan kepala anda belum tentu benar, yang tidak cocok juga belum tentu junk / sales.
        contoh ringan -sepakbola; andre villas boaz entah dapat wangsit dari mana sehingga haqqul yakin adebayor tidak layak masuk squad tottenham.
        wangsitnya pasti palsu, karena spurs digunduli team2 papan atas dan avb dipecat desember 2013.
        sejak avb dipecat, adebayor menceploskan 11 gol dalam 18 pertandingan !

        seri tayangan brain games di national geographic mungkin bisa membantu untuk tidak terlalu yakin pada apa2 yang diketahui, dan terlalu mudah menyisihkan apa2 yang tidak ‘masuk akal’…

        • Brain Games .. saya juga suka. heheh

        • @bung danu ya klo bicara benar dan salah tidak ada yg lebih benar dari yang Maha benar bung, saya pikir saya tidak ada bicara isi kepala saya benar, betul saya untuk bung Ghi. Wkkkwkk.. sabar bung. Nah analisis sepakbola anda yg salah mungkin. Klo analisis saya krn adebayor kaga pengin main aja atau krn villas boas bosan di hotspur… hehehhe.. bukan yg ga masuk akal trus tiba2 maksa jd masuk akal. Tp yg ga masuk akal itu krn anda kurang info padahal itu masuk akal sekali.

  33. Semoga kita mendapatkan pemimpin yang mendahulukan kepentingan semua rakyat indonesia, pilihannya ingin indonesia seperti tahun 1960 dengan kekuatan militer indonesia yang menjadi salah satu kekuatan terbesar dan terkuat didunia saat itu, atau seperti tahun 1967 mereka mengkavling-kavlingkan bumi nusantara dan memberikannya kepada perusahaan-perusahaan asing, pilihan ada ditangan anda…

  34. WKWKWK…..Harap maklum kalo baru 1 alenia aja tulisan ini ketahuan ngawur…rupanya yg nulis tukang siomay sih…WKWKWK…. Siomay….siomay…..

    • @ponari, setiap kemunculan anda selalu memberikan statement yg bernada merendahkan narasumber atau warga warjag yg lain, silahkan berdiskusi yg sehat, baik itu sebagai thesis atau anti thesis.
      Ini sebagai peringatan pertama, terima kasih

      • Bung @gue, biarin ga usah di-reken tu ponari (& bbrp akun alay lainnya), kalo tiap muncul ditanggapin akibatnya dia ngetop gratisan di warung ini, cuma sejenis alay caper doang, antepin aja ntar juga mati ndiri di pojokan…

        • iya bung barbie, di warjag silahkan memberikan pandangan dan pendapat apapun asalkan tidak ngetroll, ngejunk dll sudah ada rule nya…
          klo ada thesis dari nara sumber silahkan klo memberikan anti thesisnya….

      • ga usah kita hiraukan bung @gue.kita punya analisa tentang kekuatan militer kita.untuk bung ponari,mar kita berdiskusi dengan sehat,gak perlu merendahkan,jika anda punya clue ttg pendapat anda,di munculkan saja,supaya para warjager dapat mengenal anda dengan baik serta tau dengan maksud2 anda selama ini.salam

    • Bung ponari, kmampuan dan otak anda belum tentu lebih baik dr pada si penulis. Skrg mohon kluarkan pngtahuan anda disni, jangan hanya bisa merendahkan tulisan org lain. Biasanya hanya org iri yg comment sprti ini.
      Kelakuan dan kata2 anda mencerminkan anda itu gk punya moral, etika, dan msih di bwah rata2.

      Maaf lancang

    • HUSSS! HUSSS! HUSSS! ADA BERUK TEMADUN LEPAS! PERGI PERGI SANA KE BILIK BAUMU KETEK MAMAK ELY!

  35. Mantap….semoga indonesia jadi macan asia.

  36. Rangkuman Bung Garuda Hitam mengesankan. Ini melengkapi paparan yang sudah terdahulu disampaikan virtuoso warjag di sini. Tapi bukan berarti menafikan dan serta merta menisbikan secara mutlak semua penjelasan. Seperti hal “list nasi pecel” tidak bisa ditafsirka secara harafiah begitu saja. Apa yang terpapar dan terpampang disertai penjelasan detil di sana-sini tentu bukan saja “Hoax” atau “HOAX” atau penjelasan ala kadarnya. Yang tersedia dan dimungkinkan dikomunikasikan pada tingkat diplomasi tertentu menimbang aspek geopolitik dan percaturan perkembangan dunia. Dunia selalu dimungkikan terjerumus kembali pada terminologi “Neo Kolonialisme” pada hasrat penguasaan dan superioritas. Masalah TOT memerlukan pembahasan simultan, tentu saja! Kita kemudian mengukur kepentingan dan proyeksi perkembangan negara kita sendiri tidak hanya melulu pada aspek pertahanan tapi pada skala yang lebih luas. Ketika perkembangan industri secara kontinu untuk dekade-dekade yang direncanakan, maka tidak menjadi mudah hal itu dibagikan. Bukan tidak mungkin, misal, penawaran rafale serta TOT disampaikan pada Indonesia. Untuk 20 tahun ke depan Perancis sendiri memerlukan mitra basis pengembangan sebagai penyandang dana dan pasar produknya. Itu berlaku pula,misal, pada pespur pakfa Rusia atau misal kasel nuklir mereka.Dan terbukti Indonesia telah berhasil starata negara yang mampu melakukan alih teknologi dengan berhasil. Jadi apakah teknologi dari blok barat atau blok timur jangan batasan tersebut yang menjadi penghambat proyeksi indonesia untuk memajukan teknologinya. Seperti DARPA di mamarika, teknologi sophisticated militer toh akhirnya diserap teknologi kemasyarakatan juga.

  37. Yang bilang “HoAX” yang benar, karena saya hanya tukang somay yang baru dapat sedikit wangsit pas ketiduran dibawah pohon jambu. Lagian saya juga masih pengen hidup pak, agar bisa bebas jualan somay di manapun yang saya mau. Jangan dipaksa saya untuk ngomong lagi, nanti saya bisa didatangin penjaga kompleks.

    Jadi kata wangsit mbah Marijan tadi malam, jangan percaya, hihihi…

    @admin, saya gak tanggung jawab lhoo yaaaa…..

    Lets SR Mode…. Ffffff……

    • PERHATIAN…PERHATIAN….!!! Ini pengakuan penulis artikel – si tukang siomay – tentang kengawuran tulisannya….jadi gw cm memperjelas. Thank’s…

      • Ponarii ponariiiii….. loe kayak anak kecil…. ada orang nulis artikel loe ribut sendiri…… penulisnya humble n slowly loe kayak ngerasa menang ….. wkwkw…. orang2 juga dah bisa lihat kualitas loe…….. aku lihat pun komentar loe paling panjang yaa cuma ini…… sebelumnya klo ga cuma “hoax huex” klo ga “sumpeg gue ga mudeng analusanya” wkwkwk

      • masih nangkring dimari aja luuuuu
        sono kembali ke habitat lu, di dunia pengobatan alternatif

      • @bung ponari

        bukankah ini web sudah anda beserta kawan2 anda dikenal web hoax, ya sudah lha ini kan emang web “hoax”.

        masalah tukang somay, lha disini kan emang tempatnya tukang semua:somay,pulsa,konter dsb.jadi ga usah dipertegas juga warjager udah tahu.

        maaf cucu lancang

    • ha..ha..ha ..ndak berarti yang bermaksud “hoAx” yang paling benar. Paparan anda, bung Garuda Hitam tentu memberi kelengkapan dari struktur bangun pembicaraan yang selama ini sudah tersedia. Sudut pandang dalam proyeksi nampak bisa diperoleh dari beberapa pemahaman. Bukan berarti meniadakan. Artikel di atas sudah lebih dari menunjukkan apa yang nyempil di balik prasangka para warjager.. Salam Tabik Bung Garuda. CMIIW

  38. Bertambah lagi pengetahuan saya, terima kasih Bung Garuda Hitam.

  39. Mantabs artikelnya, banyak yang tersirat di dalamnya. Lanjutkan.

  40. Ssssttt… menengo wae tak kandani ning ojo ngomong sopo sopo wae yooo…
    Pesawat kepresidenan udah di parkir di halim besok diserahterimakan…
    Sukhoi 35 sudah dibungkus antonov bentar lagi parkir di makassar…
    Siang ini abis mandi suhu nyoblos dulu ya…

  41. Yg menarik dr dari artikel ini adalah kenapa baru akhir2 pemerintahan esbeye negara kita melakukan banyak melakukan perubahan yg sangat berarti untuk modal menjadi negara maju. Perubahan berbagai sektor mulai dari hankam, infrastruktur, maupun politik luar negeri dengan kerjasama banyak negara. Jika kita flash back dengan kinerja presiden2 s3belumna. Yang mana jika tidak banyak menguntungkan mama rika maka dia akan disikat seperti soekarno, habibie, dan gus dur. Karena jiwa nasionalis mereka yg besar. Dan kita kembali esbeye, jika esbeye melakukan ini sedari awal masa pemerintahannya yang menerapkan kebijakan yg lebih menguntungkan negara sendiri, sangat mungkin juga akan didepak dari awal, dan berhubung masa pemerintahan akan berakhir dan gak akan menjabat lagi, ini menjadi upaya untuk memberi warisan kepada bangsa tercintanya. Dan semakin menegaskan kepadanya selama ini klo dia terlalu bermain aman sekaligus mencari kesempatan untuk bener memberi arti kepada bangsanya. Kemudian langkah selanjutnya adalah memberi PR kepada pemerintah selanjutnya untuk melanjutkan cita2 mulia pemerintahnya. Strategi petasan yg meledak diakhir. Tp syukur alhamdulilllah kita adalah orang2 sabar sehingga memaklumi dan akan berkata, “lebih baik terlambat daripada tidak melakukan sama sekali”. Salam kenal…
    Maaf pikiran orang amatiran.. klo ada salah kata mohon untuk bisa diklarifikasi

  42. @admin…

    Saya mohon kalau bisa artikel diatas dihapus saja. Sepertinya saya sudah terlalu lancang. Gak seharusnya saya menulis itu. Atau kalau gak bisa, gimana caranya biar gak bisa di copy sama yang lain & cukup hanya di blog ini saja, karena itu juga cuma sedikit buah pikir yg saya buat untuk diskusi di forum ini. Saya baru tahu ternyata artikel2 JKGR juga sering di copy sama blog militer lainnya. Saya nanti gak mau ada masalah. Semua gak benar kok. Jadi dihapus saja.

    Terima kasih….

    Salam NKRI..

    • Bung Garuda Hitam,
      Jangan begitu bung. Semua orang berhak menulis disini, isinya mau benar atau hoax nggak soal. Hanya perlu diingat, siapapun yg nulis, harus siap mempertahankan opininya,

    • Salam Hormat kepada semua sesepuh dan pembaca Warjager.

      Bung Garuda Hitam : Tidak usah takut….. anggap aja tulisan anda sebuah kontra intelejen sebuah informasi, “yang benar itu palsu dan yang palsu itu benar”

      “Man Behind The Gun”, yang paling di takutkan oleh asing dari NKRI adalah kemampuan SDM dan Jiwa “MILITAN” bangsa Indonesia.

      Salam damai dan tetap BERSATU

    • bung garuda, nggak apa2 …. di di jkgr ini tempat untuk diskusi, tukar pendapat dan anggota warjag ada yg setuju maupun ada yg tidak setuju (ada yg pro atau kontra), yg penting anggota warjag dlm menyampaikan pendapat ttg artikel tsb tidak ngetroll atau ngejunk….

      yang penting bung garuda bisa menyampaikan buah pikiran/pendapat/analisis dan siap dengan pro kontra yang ada….

      di jkgr artikel yg dinaikkan bisa dibedakan sumbernya, apakah itu rilis resmi dari pemerintah/tni atau diambil dari media lainnya atau artikel yg diambil dari narasumber yg ada di warjag sebagai bahan diskusi….

      kalaupun bung garuda menginginkan artikel bung garuda yg sudah dinaikkan untuk dikunci dan tdk bisa di copas dan cuma untuk komsumsi warjag bisa langsung di sampaikan ke bung diego dgn alamat email resmi jkgr Contact : Digital502@gmail.com.

      Terima kasih

      • Tetap bisa di copas pakai printscreen.
        Kayaknya ada suatu alasan yang sangat kuat sehingga bung Garuda Hitam ingin hapus artikelnya. Kalau toh artikelnya dihapus, komen-komennya biar saja tetap ada.

    • Wah bung Garuda.. Udah terlanjur percaya. Sama ini artikel.

    • Assalamualaikum wr. wb.
      kalau menurutku tidak apa-apa untuk bahan diskusi, jangan minder dengan karya anda dan mengecilkan hasil karya anda, keberanian untuk berkarya harus anda pertahankan bung. Dari sebuah pemikiran jugalah bangsa ini lahir, maaf oot 🙂
      setuju tidak setuju namanya juga bahan diskusi, berpikir untuk membangun bukan berpikir untuk mengkerdilkan :v

    • jangan2 bung GH abis d omelin atasannya krn resep rahasia somaynya kesebar

    • waah biasanya klw sudah nyebar diinternet bakalan sulit dihapus bung, bgni saja.. yg bung opinikan kan ada rasa2 yg ngak boleh terdengar jadi buat artikel down mind.., misal sperti info2 rencana menhan beli kilo trus dibatalin.. jadi mimisan smua yg baca..:D

    • bung @Garuda Hitam, mohon maaf saya baru masuk warung lagi, kena flu rada parah.

      Lho kenapa dihapus? kan cuma informasi mbah Marijan :mrgreen:

      menurut saya biarkan saja warjagers yang menilai sendiri. lagipula sudah banyak komen akan ikut hilang, paling menghilangkan isi tanpa menghapus judul artikel atau mencoretnya.

      tapi jika anda keukeuh bisa hubungi saya lagi di sini atau via email kalo2 saya ga bisa nangkring di warung malem ini, nanti akan saya coret isi tulisannya.

      salam

      • Feeling saya seh Bung Garuda Hitam lg kena “jewer” ma “jenderal” neh. Gimana gak, artikel Bung Garuda Hitam terlalu banyak mengungkap bahan2 rahasia racikan somaynya.

        Bersyukur sekali saya sudah sempat membacanya. Pdhl rencana mau saya baca berulang2 sampe bener2 nyantol di otak tuh artikel Bung Garuda Putih. Krn nyibuk Peleg, eeeeh baru baca sekali udah terhapus duluan.

        Tp saya katakan, inilah salah satu dari bbrp artikel di JKGR TERBAIK dan PALING bikin BERDEGUP jantung. Sekali lg keep applaus buat Bung Garuda. Ditunggu artikel berikutnya yg BENAR2 GAHAR (wlopun stlh trbaca sekali dihapus lg. Ga apa2. Cukup memberikan referensi baru. Bnr2 mencerahkan).

        @ponari: jgn2 neh org yg justru salah satu “jenderal” yg saya sebutkan itu dan yg “menjewer” Bung Garuda Hitam…???

        Maaf ocehan warga awam.

    • @bung garuda hitam, ya memang ada beberapa yg ga pas menurut saya, tp ada sisi analisis yg bagus yg sampeyan sampaiakn contoh era keterbukaan informasi export import senjata. Saya pikir ini ada kemajuan dlm penulisan artikel semoga kedepan lebih bagus dan bijak menyampaiian, klo pun yg 1 atau 2 mo agak2 hoak boleh aja. Tp yg lain klo bs nulis artikel yg berbau analisa itu keren malahan, atau malah buat artikel yg isisnya ide baru sebuah strategi pertahanan, misalkan demikian, makasih keep posting friend.

  43. Bung@GH….. Terima kasih atas artikel yang sangat berbobot dan menambah wawasan

  44. Dulu pernah saya tulis, semua Alutsista, kalau dikerucutkan, cuma jadi 2 (DUA) :

    1. Pesawat tempur (pada saat ini, Su-35)
    2. Kapal selam (pada saat ini, Kilo + Klub S 3M54E (jenis superonic) dan 3M54E1 (subsonic).

    Yang lain adalah pendukung dari di atas.

  45. Turut menyimak. Salam kenal.

  46. buta para suhu.. mohon pencerahan tentang clue2 menyangkut ‘KEKUATAN TERSEMBUNYI’ satuan hiu kencana.. seperti yang tertulis di artikel diatas… baik type, jumlah, maupun spesifikasi lainnya… mohon Pencerahan.. salam kenal para suhu

  47. Ijin cipas

  48. salut dengan postingannya. Meskipun saya hanya sipil biasa tapi saya sangat mengidolakan militer RI. Setiap berita tentang kemajuan TNI sangat membanggakan hati saya. Bravo NKRI. Semoga jaya

  49. ini kumpalan hoax ya???mbok yao lihat reality,kayak onani otak saja…..seeing beliving….wong uang kita cuma segitunya kok ngimpi gede2???????

    • iya kumpulan hoax … pan situ rajanya hehehehe …

    • Yupppp…. bung @rajahoax…
      Di sini kumpulan ‘hoax’ yang bermutu tinggi… Kalau hoax abal2 pasti ditinggalin ni JKGR dan JKGR pasti sudah lama mati…
      Tapi di sini kumpulan ‘hoax’ yang sangat mencerahkan dan membanggakan semuanya…termasuk anda juga kan…??

    • @bung rajahoax

      bener bung ini “hoax”…
      jadi tidak usah dipikiran buat anda.

      maaf cucu lancang

    • @raja hoax…yup bener hoax bung, lagian kl tau udh hoax ngapain pake nanya segala bung RH?..mbok cerdas dikit, jangan onani trs…

    • Ngimpi aja gak berani gmn bisa maju lu

    • Benernya anda tahu gak sih kemampuan sebenernya keuangan Negara kita??apa iya RI sebegitu rendahnya kemampuan keuangnnya sampai2 anda pesimis cenderung apatis??kalo yg jadi pegangan anda adalah berita resmi…saya rasa terlalu naif…Kemenhan minta tambahan dana…ditolak sm Kemenkeu…berita resminya spt itu dan realitanya jg seperti itu…tp jangan lantas telan mentah2..cari tau dl apa itu postur APBN?bisa gak bermanuver saat APBN sdh disahkan?kalo gak bisa, berarti dimana?ya APBN-P..lagian msh ada DPR yg harusnya bs memperjuangkan kebutuhan anggaran tsb..asal bnr2 urgent dan disertai arugumen dan itung2an yg logis…maaf jika kata2 saya menyinggung bung rajahoax..ini hanya pendapat saya…krn saya juga muak lama2 lihat anda dan golongan anda yg hanya bs teriak2 hoax krn dasar keuangan…benar keuangan negara kita gak sehebat negara besar lain..tp yakinlah kita masih mampu…gak tunai ya utang..gampangannya gt…saya lbh salut dgn beberapa rekan yg bilang hoax tp msh disertai argumen yg berbobot…untuk rekan warjager yg lain mohon maaf hanya unek2 yg lama terpendam..

  50. Bung Garuda Hitam yg budiman,
    sudilah menginfokan kpd saya via PM jenis KS Rusia tsb, dari jenis O***, S****. Apakah O itu Oscar dan S adalah Siera?. Terima kasih.

  51. udah dikasih kredit pinjaman, minta TOT 60%, nggak boleh ngasih alutsista yg sama ke negara rival, ditambah ngancem pindah ke lain hati,musuh bebuyutan pula. apa nggak keterlaluan yah permintaan indonesia? sebenarnya yg lebih butuh siapa sih?

    • Kalau itu betul, dan kita tetap diperhitungkan, keren yah .. 🙂

    • Coba kita buat skenario sederhana. Kalau Rusia meninggalkan Indonesia, dia akan kehilangan begitu banyak peluang mendapat keuntungan dari bisnis di Indonesia dan hampir pasti kehilangan peluang menahan hegemoni blok lain di Asia Tenggara, meskipun ada Vietnam. Separuh wilayah dan penduduk Asia Tenggara ada di Indonesia. Sebaliknya kalau kehilangan Rusia, Indonesia bisa menggantinya dengan sumber-sumber lain, meskipun harus bekerja keras mencari tot. Artinya, bagaimanapun Rusia ada penggantinya (substitusi) meski tak mudah, tetapi Indonesia Unique karena bukan hanya SDA, tapi posisi geografis tak ada kembarannya. Sesuatu yang unique sangat mahal. imho.

  52. Baru nongol bung surya, hbs coblosan ya…
    Bung kalo memang sudah ada roadmap MEF yang jelas, apa masih bisa diintervensi dan diubah oleh presiden akan datang seandainya itu terjadi?

  53. semakin tdk jelas sumbernya, semakin tdk dpt dipercaya, web ini seperti opini seseorang yg digunakan untuk menggiring pemikiran si pembaca.
    terlalu percaya diri RI membeli alutsista yg “wah” pdhl “yah”
    bnyak yg berpikiran jika RI bersekutu maka akan menjadi maju, itu salah besar.

      • Saya senang ama yg dibawah aja kita penganut non-blok. —> Like

        semakin tdk jelas sumbernya, semakin tdk dpt dipercaya, web ini seperti opini seseorang yg digunakan untuk menggiring pemikiran si pembaca. —-> Kok bisa?? boleh dijelaskan?? 🙂

        • ya seperti memihak salah satu pemerintah bung jalo.
          menurut saya, penulis artikel diatas sebagai pengamat harusnya mengeluarkan opini yang netral.
          semua periode pemerintahan memiliki kekurangan & kelebihan.

          • Ohh ghitu, saya kira web-nya bermasalah… Saya gak pernah merasa web-nya bermasalah, karena ini forum diskusi jadi banyak sumber. Saran saya dalam membaca setiap artikel harus cermat, termasuk tulisan saya aja pasti banyak kesalahan. Salam kenal bung, 🙂

          • Yang mana bung marine@ contoh kongkritnya dr tulisan diatas ‘statement penulis’ yang memihak atau tidak netral seperti opini bung diatas?

            Mohon petunjuk…maaf awam

          • bung jalo : okeee bung 🙂

          • bung java indonesia: sebenarnya saya g berhak bicara tentang ini bung, tp saya singgung sedikit misalnya masalah ToT Indonesia dengan beberapa negara, ToT ini kan udh ada sejak jaman Bung Karno dulu (roket contohnya), tidak hanya era Pak SBY, lgipula sya yakin ToT itu g 100%, negara pemberi ilmu tdk akan memberi 100% ilmunya kenegara penerima. sya udh tanya kepada TNI AL misalnya ttg ToT LPD class yg kita punya. Korea tdk 100% memberi ilmunya, paling hanya 90%, sisanya kita cari dan berusaha sendiri… itu 🙂

          • Bung Marine coba baca berita ini deh…
            http://jakartagreater.com/pesawat-kepresidenan-tiba-kamis-tapi-sby-tak-bisa-langsung-pakai-2/#comment-58802

            Lumayan bisa sedikit menjawab, makanya kita KKIP bikin kebijakan baru lagi…

          • bung @Jalo, maaf rencana terhambat flu 🙁 habis ini juga saya mau kerudungan sarung lagi

    • @bung marine enginer.

      semakin tdk jelas sumbernya, semakin tdk dpt dipercaya, web ini seperti opini seseorang yg digunakan untuk menggiring pemikiran si pembaca

      IMHO: forum diskusi bung – Opini
      —————————————————————————————

      terlalu percaya diri RI membeli alutsista yg “wah” pdhl “yah”

      IMHO: “like” <- kutip
      —————————————————————————————

      bnyak yg berpikiran jika RI bersekutu maka akan menjadi maju, itu salah besar.

      IMHO:setuju,
      note:untuk kalimat banyak yang berpikiran jika… <- saya kurang setuju karena saya lebih suka nkri GNB

  54. Bung Garuda Hitam,
    Jadi artikel sebelumnya seperti A1 List, Ksatria Baru Pengawal Angkasa 1-2, adalah “list menu pecel lele” ya? Wah ditunggu komentar penulisnya nih.

    Btw selamat atas tulisan anda, yg imho masuk kategori opini, bukan hoax.

    • Bahasa ‘kaki limanya’ Cooling Down bung……
      Dari tulisan ‘A1list’ sampai dimari tulisan bung GH ini.

      Tp sy yakin dr tulisan2 di jkgr ini tidak ada anggota aktif partai tertentu bahkan caleg ataupun tim sukses….dr cara penulisan semuanya adalah para professional dibidangnya masing2 sy lihat ada yg wartawan, insinyurwan, eksekutif mudawan, lulusan luar negeriwan, tentarawan dan ada yang masuk kategori teknokratwan.
      Cuman wajar semua orang punya opini masing2 siapa calon penerus RI1 untuk melanjutkan estafet kebijakan2 yang dianggap sudah cukup ‘brilliant’ dan pro-cita2 kemerdekaan RI saat ini…..tinggal improof yg dinilai jelek.

      Jadi jangan ambil resiko….krn wemua negara berebut hegemoni di NKRI ini krn sebab yg sudah banyak dibahas panjang lebar disini, jd situasi agak berbahaya dan ngeri-ngeri pahit kalo sampe salah pilih pemimpin demi keberlangsungan kebijakan yang sudah benar dan demi keselamatan bangsa ini.

      Situasi saat inilah yg paling krusial mungkin dianggap sehingga perlu adanya tulisan atau opini yg dianggap perlu demi mendukung terpilihnya RI1 yang mumpuni dan loyal dg cita2 kemerdekaan demi RI yang maju, mandiri, kuat dan sejahtera baik militer dan ekonomi.

  55. Hoax g hoax itu yo tergantung sing ngunyah..
    Kalo langsung detelen y g merasakan pahis,pedas, manis dll.
    Maka yo kudu diliat antara rilis resmi dan hoax’a.
    Dstulah kwalitas kepahaman yg mengunyahnya. Heee

  56. Bung borneo bisa anda jelaskan dimananya tulisan itu yg mengklaim bahwa itu dari dephan?? Emang ada yg menyampaikan bahwa itu tulisan dephan??

  57. @Bung diego
    Sepertinya permintaan bung GH agar artikel ini di hapus serius,jadi tolong pertimbangkan,mungkin ada alasan tertentu yg tidak bisa di ungkapkan di sini,toh sebagian besar yg biasa komen di sini udh baca semua.kadang ada kejadian dimana kita membocorkan suatu kerahasiaan,terus krna tekanan pihak trrtentu atau menyesal,maka kita sangat ingin menarik kembali apa yg telah di ungkapkan.
    Buat bung GH ,sebenernya ini artikel bagus,tp klo memang bung GH mau agar di hapus ya kita sama2 mnta ke admin aja supaya di delete aja ni atikelnya.
    Salam bung yg punya warung. “”@ DIEGO “”

    • bung @ dars dan @ garuda hitam, terima kasih sarannya, klo merasa bung GH kurang nyaman dgn artikel diatas atau minta di hapus atau di edit, bung GH bisa kirim ke email lgsg yg punya warung yaitu ke bung diego atau admin bung nowy atau ke saya juga bisa (email ada di contact).

  58. Test

  59. dunia khayalan…lengkap dengan pelangi …..

  60. nyimak…

  61. Ass. Wr. Wb.

    Sore Warjagers semua, sudah menggunakan hak pilihnya kah hari ini ? mudah-mudahan semua memilih dan tidak golput. 😀 Salam NKRI!

    Salam hangat buat Bung Garuda Hitam atas analisanya yang tentunya menambah semangat Nasionalisme kita semua. Tapi disini saya hanya ingin sedikit meluruskan analisa anda, bolehkan? Karena saya mempunyai pendapat berbeda bedasarkan apa yang saya tau dan yakini mengenai semua analisis anda tersebut.

    “Sebelumnya banyak artikel yang ditampilkan di blog ini tentang pembelian berbagai macam pesawat tempur, dengan menampilkan foto yang “diakui” sebagai proposal pembelian alutsista? Padahal tidak pernah dalam sejarahnya ketika TNI membeli alutsista, apalagi alutsista yang masuk kategori “teknologi tinggi dan mematikan” ditampilkan seperti “list menu pecel lele” dipinggir jalan. Biasanya untuk menjaga kerahasiaan spesifikasi alutsista, menggunakan kode-kode tertentu yang hanya dipahami oleh tim teknis RI & negara pihak penjual. Bahkan di Kemenhan maupun Mabes TNI sendiri tidak semua orang bisa mengetahuinya.”

    Saya ingin memberikan sedikit pencerahan bahwa Kementerian Pertahanan dan TNI enggak pernah bermain-main dalam pembelian alutsista. Pemerintah sadar pertanggungjawaban yang begitu besar karena uang yang digunakan untuk membeli alutsista berasal dari rakyat. Oleh sebab itu, setiap proses pengadaan alutsista TNI ini diawasi oleh banyak pihak.

    Ada banyak institusi yang dilibatkan dalam pengadaan alutsista TNI. Pihak-pihak tersebut terbagi menjadi organisasi induk, tim evaluasi spesifikasi teknis, panitia pengadaan, tim evaluasi pengadaan dan tim perumus kontrak.

    Organisasi induk beranggotakan Menteri Pertahanan, Sekjen Kemhan, Panglima TNI dan tiga Kepala Staf Angkatan. Secara umum, organisasi ini memiliki tugas menentukan kebijakan program pengadaan dan rencana kebutuhan alutsista, monitoring dan proses pengadaan alutsista TNI tersebut.

    Enggak hanya itu untuk pengawasan dilakukan oleh pihak-pihak Irjen Kemhan, Irjen TNI, Dirjen Strategi Pertahanan dan Dirjen Perencanaan Pertahanan. Adapun pejabat pembuat komitmen dilakukan Kepala Badan Sarana Pertahanan, Mabes TNI dan tiga Kepala Staf Angkatan. Jadi dengan melibatkan banyak pihak, maka sangat kecil kemungkinan terjadinya penyalahgunaan anggaran dalam pengadaan alutsista TNI.

    Selain pihak internal Kemhan dan TNI, pihak-pihak lain seperti Kementerian Keuangan, Badan Usaha Milik Negara Industri Strategis (BUMNIS), Badan Usaha Milik Negara Industri Pertahanan (BUMNIP) dan Badan Usaha Milik Swasta (BUMS) juga dilibatkan untuk senantiasa berkoordinasi dalam proses pengadaan alutsista.

    Begitu pentingnya proses pengadaan alutsista sehingga membuat Kementerian Pertahanan memperhatikan betul penyusunan kontrak. Dalam pembelian impor, proses transaksi melalui surat kredit berdokumen atau letter of credit (L/C). Sistem transaksi ini menjadi penting karena pihak penjual dan pembeli mengadakan negosiasi jual beli barang hingga mencapai kesepakatan. Kedua belah pihak pun harus menyerahkan jaminan pelaksanaan dan jaminan uang muka. Di dalam kontrak pun dapat dilampirkan beberapa dokumen penting seperti surat pelimpahan wewenang, pernyataan tentang batas akhir ekspor, embargo dan penggunaan materi kontrak.

    Dengan proses yang demikian penting, maka Kementerian Pertahanan dan TNI harus membuat kontrak kerja sama dengan pihak produsen senjata. Kementerian Pertahanan berpedoman pada Standar Dokumen Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (SDPBJP) dalam menyusun kontrak tersebut. Kementerian akan membuat klausul khusus jika ada pengaturan kontrak yang tidak terdapat dalam standar tersebut. Beberapa klausul khusus mencakup kodifikasi materi sistem nomor sediaan nasional (NSN), klaikan materi, angkutan dan asuransi, pembebasan bea dan masuk pajak saat alutsista itu tiba di Indonesia, sampai alih teknologi alias ToT nya.

    Begitu banyaknya klausul khusus sehingga mendapat perhatian serius dari Pemerintah. Hal lain yang menjadi klausul khusus adalah sertifikat kemampuan dan kondisi khusus sesuai kebutuhan kontrak, dan jaminan pemeliharaan.

    Proses penandatanganan kontrak pun dibatasi waktu. Untuk pengadaan barang, perbaikan, pemeliharaan suku cadang dan penambahan bekal, paling lambat tandatangan kontrak di bulan ke enam. Sementara untuk pengembangan kekuatan alutsista TNI paling lambat dilakukan di akhir bulan ke-9 tahun anggaran berjalan.

    Dengan melibatkan user atau pengguna dalam hal ini dengan setiap Mabes Angkatan diminta untuk menentukan spesifikasi jenis Alutsista yang akan diadakan sesuai dengan urgensi, kebutuhan dan skala prioritas untuk diadakan dengan melihat potensi ancaman yang “Boleh jadi” akan mengancam kedaulatan Indonesia beberapa tahun kedepan. (A1 List Bung Nar bisa jadi bocoran contohnya).
    Jadi pembelian senjata dalam program MEF TNI ini tidak ujug – ujug langsung beli suka-suka dan sesuai pesanan pihak tertentu seperti pada jaman “Orba” dulu. Akan tetapi sudah terorganisir sesuai dengan tingkat ancaman yang akan menggangu kita.

    Selanjutnya rencana pembelian alutsista-alutsista tiap matra ini masuk kepada kebutuhan operasi di Mabes TNI dan selanjutnya diproses di Kemhan lewat Tim dibawah kendali Tim Evaluasi Pengadaan (TEP) yang dipimpin oleh Sekjen. Kemudian selanjutnya diproses untuk kontrak perjanjian pinjaman oleh Kemku hingga kemudian pencabutan tanda bintang di Komisi I DPR. proses pencabutan tanda bintang itu dibahas oleh High Level Committee (HLC) dan Tim Panja Alutsista DPR, dan itu diproses dalam rangka pencabutan tanda bintang di DPR, karena memakai uang APBN dan uang rakyat.

    Keikutsertaan DPR menjadi penting karena proses pembelian senjata berkaitan dengan keberlangsungan pertahanan negara. Di parlemen, setiap proses transaksi membutuhkan tanda bintang. Tanda bintang di DPR menunjukkan berapa besar urgensi pembelian alutsista TNI.
    Tetapi harap diingat, untuk alutsista strategis alias “Classifield, Top Secret dan Off the Record” tidak semuanya dijelaskan secara gamblang dan detil baik spesifikasi, jenis, dan jumlahnya kepada DPR karena menyangkut kerahasiaan Negara. Makanya beberapa waktu lalu Komisi I DPR sempat berang karena merasa pembelian “enam” unit sukhoi SU. 30 MK2 lebih mahal dari pada harga pasarannya, padahal dibalik semua itu ada “Bakwan” yang tersembunyi dibalik udang.

    “Mungkin juga dokument yang didapatkan “Warjag” adalah ceceran dari dokument saat pembahasan di KKIP. (setau saya itu malah dari “Paparazinya warjag” yang mendapatkannya langsung dari seseorang petinggi dan sumber yang Valid)” hehehe..

    Pengadaan Alutsista dalam MEF ini juga tetap berpedoman pada prinsip – prinsip yaitu semaksimal mengutamakan produk dalam negeri. Namun apabila itu belum memungkinkan dan terpaksa diadakan dari luar negeri maka akan diupayakan dilaksanakan pengadaan secara G to G, produksi bersama, disertai alih teknologi (transfer of technology), dilakukan off set, dijamin keleluasan penggunaannya dan dijamin suku cadangnya.

    Terkait pengadaan alutsista dengan modus credit state alias pinjaman luar negeri, Kementerian Pertahanan bekerja sama dengan Kementerian Keuangan. Metode yang dilakukan adalah penunjukan langsung. Metode ini menjadi penting karena terkait strategi pertahanan, kerahasiaan dan penanganan darurat. Kementerian Pertahanan akan melaksanakan sidang Tim Evaluasi Pengadaan (TEP). Jika melalui pinjaman luar negeri, maka dananya berasal dari Lembaga Penjamin Kredit Ekspor (LPKE). Hasil penetapan penyedia akan disampaikan ke Kementerian Keuangan untuk kemudian diproses.
    Meski penunjukan langsung, namun ada proses ketat seperti penilaian kualifikasi dan penyampaian penawaran. Kedua proses ini dilakukan agar pihak yang ditunjuk langsung untuk menyediakan dana pinjaman, benar-benar kompeten dan memiliki syarat yang dibutuhkan.

    Proses pengadaan alutsista TNI tidak segampang yang dibayangkan. Ada banyak tim yang mengawal proses pengadaan, mulai dari awal hingga akhir. Seperti tim pengawas negosiasi angkutan dan asuransi, tim satuan tugas, tim kelaikan, tim inspeksi pra pengiriman barang, tim uji fungsi atau uji terima, inspeksi komodor, tim pemeriksa (inname dan anname) dan tim penerima.

    Tetapi untuk alutsista-alutsista strategis tentunya ada birokrasi “khusus” yang maaf enggak bisa saya jabarkan dimari.

    “Banyak negara-negara sekeliling NKRI yang “kecele” dengan langkah TNI, misalnya Malaysia yang tergopoh-gopoh membeli KS Scorpone, tanpa penelitian lebih lanjut, ketika secara tak sengaja memergoki KS tipe “Bajak laut” milik RI yang lagi “nangkring” di perairan atas kepala pulau Kalimantan. Hasilnya sekarang Scorpone Malaysia tak ubahnya seperti “gerobak tua” karena bermasalah dengan komponen & pengoperasian. Atau Australia dengan membeli KS Collin Classnya, ketika memergoki KS RI dari “Armada Nyi Roro Kidul” yang lagi jalan-jalan santai & nyerempet dikit di dekat perairan Perth. Australia langsung ngeborong Collin Clas, karena berasumsi RI memiliki banyak KS tipe penjelajah tersebut, padahal……???, hasilnya sekarang KS Collin Class yang dibeli mahal-mahal hanya menjadi pajangan saja, karena tak tahu akan digunakan untuk apa.”

    Disini saya tidak setuju, KS Scorpene Malaysia itu dipesan karena mereka mendengar kita saat itu ingin membeli “beberapa” unit KS Kilo, dimana saat itu kita sedang hangat-hangatnya bersengketa soal Ambalat dengan mereka. Selain 2 biji KS Scorpene Malaysia juga mempunyai sekitar 3 s/d 6 Biji KS Midget type SWATS (Shallow Water Attack Submarine) dengan tonnage 200 ton buatan Cos.Mo.S Italia (ini yang disembunyiin keberadaannya), dimana beberapa kali bangkai torpedo “Spearfish” yang panjangnya 7 meter seringkali ditemukan pihak TNI AL di beberapa wilayah perairan Indonesia. (Patut diduga mereka menerobos wilayah dalam laut Indonesia saat latihan). Untuk KS Collins Class itu adalah pembelian Australian Navy sejak tahun 1980an. Jadi saya tidak mau banyak berkomentar.

    “Belakangan Rusia mulai sedikit melunak, dengan menawarkan kepada RI, bahwa jika berkenan, RI boleh memakai alutsista yang sama dengan yang dipakai oleh Rusia saat ini disemua matra, untuk menepis kekhawatiran Indonesia. Artinya RI mendapatkan akses langsung ke sistem pertahanan tingkat tinggi seperti S400, S500, maupun teknologi ICBM. Tapi Indonesia tetap “keukeuh” dengan pendiriannya. Hasilnya, beberapa pembelian “molor” hingga saat ini. Kemarin waktu dikirim kembali tim peninjau dari Kemenhan & TNI ke pabrik galangan kapal selam Rusia, hasilnya tetap debat kusir, karena kedua belah pihak “keras kepala” (walau diberitakan kepada umum, bahwa batalnya disebabkan karena KS yang ditawarkan tidak sesuai spesifikasi, dll). Rusia juga malah meminta jaminan politik kepada RI terkait hubungan kedua belah pihak. Rusia merasa was-was kepada kebijakan luar negeri RI setiap pergantian kepemimpinan. Rusia mengambil satu contoh, yakni rencana pembangunan stasiun Antariksa di Biak-Papua, yang hingga kini “mandek”, karena pergantian kepemimpinan.”

    Disini saya ingin sedikit mencerahkan, Perlu teman-teman warjag ketahui sampai saat ini tim evaluasi dari TNI AL masih berada di Rusia sana untuk meninjau kelaikan dari KS yang akan “Dihibahkan” Rusia kepada kita. Kenapa? Karena membeli KS bekas (second) tidak semudah seperti kita membeli mobil bekas. Ada beberapa spek teknis yang musti diteliti secara detail lewat pengujian khusus tidak hanya melihat secara mata telanjang aja. spek teknis itu diantaranya adalah :

    Pemeriksaan Kelurusan/kedataran badan tekan: deformasi partial, total.

    KS yang tidak pernah mengalami kejatuhan kekedalaman diluar batas dalam selam yang diijinkan, dapat ditandai dari hullskinnya yang relative rata, dari frame tertama sampai kefrane terakhir. KS dengan hullskin yang bergelombang, menggelembung negative (mblesek) diantara frame penunjangnya, menggambarkan situasi yang kurang favourable bagi kemampuannya untuk menyelam sedalam batas dalam selam yang semula dicanangkan untuknya. KS yang mengalami situasi seperti ini, dapat diduga berat, bahwa kapal tersebut pernah jatuh kekedalaman yang diluar batas kemampuan selamnya, dan mengalami perobahan sifat material, menjadi plastis, dan tidak mampu kembali lagi kebentuk semulanya. Jadi ini musti diteliti betul oleh Tim kita.

    Pemeriksaan Getaran/vibrasi pada masing2 peralatan, radiated dan hidrodinamic noise total.

    Keberhasilan operasi KS dihostile waters amat ditentukan oleh kemampuannya menyembunyikan kehadirannya sendiri. Hal ini amat dipengaruhi oleh noise atau suara yang ditimbulkannya, baik hidrodinamic noise, maupun radiated self noise. Hidrodinamic noise tergantung dari bentuk badan kapal, sehingga tidak bisa dirobah lagi. Radiated self nopise dapat dikurangi, dengan menyempurnakan kembali keseluruhan system peredam getaran, baik yang menyangga peralatan pembangkit tenaga, maupun yang berfungsi sebagai flexible joint pada sambungan pipa. Secara awam, radiated self noise ini dapat diamati, dengan memperhatikan air disekitar lambung kapal saat diesel sedang berjalan untuk pengisian batere dipangkalan. Adanya riak gelombang air yang amat kecil, yang bergetar disekitar lambung didaerah kamar mesin, merupakan gambaran paling kasar, bahwa getaran diesel terpancar, tepatnya, terradiasikan keluar kapal. Untuk mengamatinya secara lebih teliti, biasanya menggunakan vibrasi meter dari Bruel & Kjaer, atau Hewlett Packard, yang memiliki program lengkap guna melaksanakan analisa vibrasi, yang lalu juga dapat dipergunakan untuk “predicttive maintenance”, suatu cara penentuan kerusakan pesawat dengan memonitor perubahan perilaku vibrasi pada tempat tempat tertentu. Ini juga menjadi fokus perhatian Tim kita.

    Pemeriksaan ruang batere, bekas kebocoran asam batere, hull menipis

    Bukannya tidak mungkin, bahwa pada saat dioperasikan dilingkungan Angkatan Laut Rusia, pernah terjadi kebocoran pendingin batere yang lalu akan mengakibatkan asam batere meluap dan tumpah kedasar geladak ruang batere. Keterlambatan mengatasi tumpahan asam keras kegeladak, akan dapat menyebabkan geladak mengalami korosi, dan akan menipis. Penipisan ini jelas akan menurunkan ketahanan KS untuk menyelam dalam. Geladak ruang batere, terutama pada tempat terrendah, pada sumuran penghisapan got ruang batere, perlu mendapat perhatian penuh. Bintik bintik bopeng seperti bekas penyakit cacar air ditempat tersebut, kemungkinan besar akan berasal dari kejadian tumpahan asam yang terlambat dinetralisir. ketebalan pressurehull diderah ini wajib diukur dengan menggunakan alat X ray devise.
    Dan masih banyak spek teknis lain yang kalo untuk satu biji KS buat diteliti aja bisa memerlukan waktu “berminggu-minggu” jadi tidak segampang dibayangkan banyak orang.

    “Seminggu sebelum PM Vanuatu Moana Carcasses Kalosil “mengoceh” tentang pelanggaran HAM di Papua, di Sidang Tahunan Dewan HAM PBB di Jenewa Swiss pada 4 Maret 2014 lalu, Armada bawah laut RI berangkat dari teluk Palu melewati Arafuru-PNG hingga perairan Vanuatu, untuk mengetahui kenapa negeri liliput tersebut begitu berani mengusik ketenangan NKRI? Pasti ada yang “membekenginya”. Setelah berputar-putar sekitar perairan Oceania, & negara-negara seperti Fiji, Samoa & Tuvalu selama lebih dari satu minggu dikedalaman laut tertentu, pada hari ke sembilan diketahui ada pergerakan 2 kapal selam asing dari arah New Zealand berpatroli mendekati, kemudian dari arah Australia terdeteksi kapal selam lainnya. Dll….. “
    “Tidak pernah sebelumnya operasi Armada RI disinyalir diketahui sejauh itu, dengan resiko dihancur totalkan & RI maupun dunia tidak akan bisa mengakui atau menyalahkan siapapun kalau itu benar-benar terjadi. Karena hal tersebut, RI meminta Rusia untuk meninjau kembali teknologi AIP KS, & komponen teknologi lainnya di KS yang digunakan dengan kembali memasukkanya ke bengkel dixxxxxxxxx sana. Operasi ini sendiri memakan waktu hingga 39 hari sampai Armada KS kembali masuk markas. (Silahkan ditebak KS Made in Rusia tipe apa yang bisa nyelam lebih dari satu bulan dibawah laut).”

    Disini saya ingin menyanggah, jujur saja Indonesia itu DARURAT KAPAL SELAM!, KS yang kita miliki baik itu Midget, Type 209/1300 dan Kilo jumlahnya masih belum sebanding dengan luasnya laut NKRI yang harus diawasi dan dijaga. Penambahan dua KS diatas “Kilo” pengadaan tahun 2011 itu juga dalam skedul pengiriman yang Insya Allah kalo tidak ada aral melintang akan dikirim dan masuk dinas aktif tahun ini juga. Makanya saat ini Matra Laut ingin sekali melengkapi KS kita menjadi jumlah yang ideal baik itu lewat “hibah” maupun “Membuat sendiri”.

    KS kita saat ini masih sibuk mengawasi “penyusupan” KS –KS usil tetangga macam Malaysia, Singapura, Australia dan Armada VII USA yang seringkali mencoba dan memetakan rute baru didalam laut wilayah ALKI kita. Jadi ngapain musti jalan-jalan ke Vanuatu sana?

    Lagipula untuk membongkar AIP dan menggantinya dengan jenis AIP apa lagi? 39 hari juga adalah waktu yang amat singkat untuk membedah sebiji KS dimana biasanya untuk sekali “ngedocking” aja satu biji KS bisa memerlukan waktu berbulan-bulan.

    Mohon maaf sebesar-besarnya kepada Bung Garuda Hitam, saya tidak bermaksud “apa-apa” akan tetapi saya tidak sependapat 100% dengan analisa anda. Disini saya hanya mengeluarkan opini berdasarkan apa yang saya tau, apa yang saya yakini, dan apa yang saya kerjakan.

    Sekali lagi jangan patah semangat Bung, terus lah bernalisa dan memaparkannya di Warjag, sesungguhnya Warjag adalah contoh forum “berdemokrasi: dinegara kita. :mrgreen:

    Salam hangat Bung Garuda Hitam 😀

    NKRI harga mati!

    • ini yg saya suka dari warjag, opini bermutu dari sumber yg berbeda, yg biarpun berbeda masih bisa saling menghargai, salut buat para nara sumber. bung garuda hitam, kalu bisa difollow up jangan langsung menghilang, sayang kalo diskusinya jadi satu arah. btw bung Nara kemana yah?

      • @bung pocong s

        two thumbs buat anda , opini kontra tapi memberikan suatu argumen dan opini,

        setuju sekali dengan bung sas, forum inilah yang membedakan dengan forum lain.

        cuma sependapat
        maaf cucu lancang

    • Untuk Bung @Pocong Syeerem, saya ingin sebenarnya menjawab sanggahan Anda dengan cara yang “baik” & “benar”. Tapi saya harus menahan “nafsu” saya untuk itu. Saya juga bukan dalam posisi untuk memaksa Anda mempercayai apa yang saya tulis & utarakan disini. Tapi tak apalah saya komentari sedikit garis besar dari sanggahan Anda, semoga bisa dipahami dengan baik:

      1. proses Pengadaan alutsista di Kemenhan & Mabes TNI
      Saya tidak pernah menulis diatas bahwa pengadaan alutsista RI “main-main”, justru saya ingin sedikit mengoreksi sebelumnya artikel2 yg seakan menganggap bahwa proses pengadaan alutsista begitu mudah & semua list alutsista yang ingin dibeli bisa dibuka “gambreng” begitu saja seperti list “menu restoran”. Saya diatas menjelaskan dengan bahasa yang paling sederhana & tidak menyentuh hal yang sifatnya teknis. Karena proses pengadaan alutsista juga tidak harus semua orang yng boleh tahu = Anda kurang memahami tulisan saya.

      2. Pembelian Scorpone & Collin Class?
      Pembelian Scorpone malaysia terjadi karena RI ingin membeli KS Kilo Class?? Ahh, yang benarrr?? Yah tentu saja menurut media massa & menurut si anu & si anu lainnya seperti itu. Padahal pembicaraan masalah kilo Class sudah jauh-jauh hari lebih dari itu, sebelum media massa sendiri mengetahuinya. Saya harap Anda tidak terlalu “lugu” menilai masalah ini. Masalah Collin Class? Ya, memang pada dekade 80-an KS ini mulai diproses, terkait pemicunya & hubungannya dengan Indonesia, jauh-jauh tahun-bulan sebelum rencana itu, saya hanya ingin mengatakan “ada udang dibalik bakwan”.

      3. Proses pembelian alutsista dari Rusia & tim peninjau..
      Diatas saya sudah jelaskan bahwa berkali2 tim dari Kemenhan & TNI, maupun sebaliknya dari Rusia sudah bolak-balik saling mengunjungi untuk membahas masalah tersebut. Dan tidak harus setiap tim teknis/ peninjau RI yg dikirim ke Rusia atau sebaliknya, harus lapor dulu ke media massa atau ke Anda kan? Masalah pembelian KS kilo hibah (seperti yang dilaporkan ke media massa), ahhh, menurut mbah Marijan itu hanya sekadar “obat penenang” untuk tetangga yang usil. Masa iya Rusia kasih KS karatan ke Indonesia??? Keponakan saya tadi pas baca komentar Anda langsung ngoceh, “ihhh lugu banget sieh???

      3. Teknologi AIP & komponen teknologi kapal selam lainnya
      Kalau Anda ingin mengajak saya berbicara teknologi KS secara teori & teknis, ayoo kita berlomba-lomba mengorek2 di “mbah Google” mau bicara teknologi KS apa saja bisa Anda temui, & saya rasa Anda akan puas. TAPI, kalau Anda ingin memancing saya untuk berbicara tentang teknologi KS yang berhubungan dengan “penghuni bawah laut” RI, tadi mbah marijan meminta saya “puasa mutih” untuk itu. Kalau enggak saya bisa kena kutuk Dewa Batara Indra…

      4. RI darurat kapal selam
      TENTU saja RI yang maha luas ini sedang dalam kondisi darurat kapal selam hingga saat ini. Tapi tentunya harus diukur dari kondisi yang sebenarnya. Berapa jumlah yang menurut Anda masuk dalam kategori darurat? Tinggalkan dulu asumsi RI hanya memiliki 2 “abang-adik Cakra & Nanggala”, SEANDAINYA RI saat ini memiliki 5 KS, masih masuk kategori darurat, 10 KS, masih darurat, 15 KS, masih darurat. BAHKAN rencana puncak Kemenhan pada program MEF III nanti, untuk memiliki 24 KS, itu saja masih dikategorikan “minimum esensial Force”. Anda paham apa maksud dari kata “minim/minimum?”. Ilustrasinya, kalau seandainya Anda kepala keluarga, yang idealnya harus ngasih makan 3x sehari, karena banyaknya yang harus dikasih makan, sedangkan lauk-pauk terbatas, terpaksa Anda ngumpanin keluarga Anda hanya 2x sehari, bahkan mungkin hanya 1x sehari. Jadi yoo, RI miskin KS dalam kriteria “waras”.

      5. Kenapa harus jalan-jalan ke Vanuatu???
      Ini argumen Anda yang membuat saya sedikit mengurut dada. Karena jika mengetahui bagaimana kondisi sebenarnya tanah Papua saat ini & hubungannya dengan sikap usil para kumpulan negara liliput di Oceania. Pertama yang ingin saya ingatkan lagi, nun jauh di timur sana, ada tanah NKRI yang luasnya berkali2 lipat dibandingkan pulau Jawa, luaskan sedikit cakrawala Anda, buka pikiran, & jangan hanya menunggu berita masalah tanah Papua dari media2 massa nasional yang untuk menginjakkan kakinya saja ditanah Papua tidak cukup punya “nyali”, apalagi melakukan liputan dengan baik & benar. Sering kali saya katakan ada “darurat intelijen” ditanah Papua. Upaya2 spionase, propaganda & agitasi sedang sangat masif dilakukan, yang bertali-temali dengan jaringan2 lainnya ditingkat internasional. Tapi ironisnya sebagian warga negara ini menganggap remeh karena menurut saja dengan info2 yg diberitakan media. Apa peran negara2 liliput tersebut, & siapa yng menjadi dalangnya?? Ahhh…. Terlalu banyak yang harus dibahas. Tapi saran saya, coba Anda pergi ke daerah2 yang masuk kategori “merah” di Papua sana, seperti Puncak Jaya, Deiyai, Paniay, Sentani, Yahukimo, atau ke perbatasan RI-PNG sana, diam saja disana selama 1 minggu, & perhatikan dengan seksama. Kalau ini sudah Anda lakukan, silahkan panggil saya lagi untuk melanjutkan diskusi ini.

      6. 39 hari? – servis KS??
      Ahhhh, ini lagi, Anda benar-benar tidak mencerna/ memahami apa yang saya tulis diatas. Maksudnya kemana, yang dipahami apa? Yah, tentu saja, mana ada untuk “membedah” kapal selam membutuhkan waktu hanya 39 hari?? Masuk bengkel, kalau sakit borok aja tuh KS, paling cepat 1,5 tahun. Kalau parah sakitnya bisa 3 tahun, bahkan 7 tahun… Ehmmm….. Akan lebih baik rasanya setiap ada argumentasi apapun dari orang lain, dipahami dulu dengan baik, agar sanggahan pun bisa baik, & diskusi bisa berjalan sehat.

      Mohon maaf kalau ada salah, yang tak disukai anggap saja itu ocehan dari tukang somay yang miskin pendidikan.

      @admin….., punteeenn….. Bung Now….
      Kalau gak ngerepotin, mohon sudi kiranya untuk menghapus tulisan saya yang dicopy & dimasukkan didalam komentarnya Bung pocong Syeerem diatas. Tulisan saya saja, kalau tulisan Bung pocong mah, jangan diganggu, gak berani saya.

      Lebih lega rasanya kalau semua dihilangkan, dan ayo kita buka bersama-sama diskusi baru lainnya.
      Terima kasih…

      Sekali lagi mohon maaf kalau ada salah…

      Salam NKRI……

      • 1. proses Pengadaan alutsista di Kemenhan & Mabes TNI
        Saya tidak pernah menulis diatas bahwa pengadaan alutsista RI “main-main”, justru saya ingin sedikit mengoreksi sebelumnya artikel2 yg seakan menganggap bahwa proses pengadaan alutsista begitu mudah & semua list alutsista yang ingin dibeli bisa dibuka “gambreng” begitu saja seperti list “menu restoran”. Saya diatas menjelaskan dengan bahasa yang paling sederhana & tidak menyentuh hal yang sifatnya teknis. Karena proses pengadaan alutsista juga tidak harus semua orang yng boleh tahu = Anda kurang memahami tulisan saya.

        Saya bantu jawab nomer ini, masalah proses pengadaan alutsista juga tidak harus semua orang yang boleh tahu… Ok, kenapa dalam setiap sidang atau rapat pengadaan alutsista harus mengundang wartawan. Kalau anda tahu fungsi wartawan, pasti anda ngerti apa yg saya maksud?? Teman2 wartawan juga tahu mana yg harus dipublish dan mana yg harus di keep informasi.

        Anda baca lagi namanya Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP). Ingat didalam dunia jurnalis itu ada namanya off the record dan on the record. Coba anda lihat menu ini, http://jakartagreater.com/wp-content/uploads/2014/01/mef1.jpg apakah ini masuk dengan ucapan anda semua list alutsista yang ingin dibeli bisa dibuka “gambreng” begitu saja seperti list “menu restoran”.

        • Buat bung GH….

          • Coba anda baca lagi tulisan yang tertulis di foto, dibagian atas…
            Silahkan dicari dikamus bahasa Indonesia tentang artinya…
            http://jakartagreater.com/wp-content/uploads/2014/04/warjag-dok.jpeg

          • Salam hormat buat bung GH…
            Dan ini berita dari koran tempo…

            judul: USUL PENGANTI F 5 BERTAMBAH

            JAKARTA – Kementerian Pertahanan dan TNI Angkatan Udara masih mengkaji calon pengganti pesawat tempur F-5 Tiger yang akan dikandangkan. Kepala Badan Perencanaan Pertahanan Kementerian Pertahanan, Laksamana Muda Rachmad Lubis, mengatakan empat pesawat generasi 4,5 atau mendekati kemampuan pesawat siluman atau antiradar yang dilirik adalah Sukhoi Su-35 buatan Rusia, SAAB JAS Gripen produksi Swedia, Dassault Rafale dari Prancis, serta Boeing F/A-18E/F Super Hornet bikinan Amerika.

            “Masih kami pertimbangkan dari sisi anggaran. Kami mempelajari yang paling menguntungkan pemerintah,” kata Rachmad kepada Tempo di kantornya, Rabu pekan lalu. Rachmad belum bisa memastikan jumlah anggaran untuk membeli pesawat baru.

            Sumber Tempo di Kementerian Pertahanan mengatakan sebenarnya ada usulan baru pengganti F-5 Tiger. Yaitu Eurofighter Thyphoon yang diproduksi bersama oleh Inggris, Spanyol, Jerman, dan Italia. Usul pembelian Thyphoon diajukan oleh PT Dirgantara Indonesia.

            Menurut sumber ini, PT DI beralasan para produsen Thyphoon lebih mau berbagi ilmu atau transfer teknologi. Bahkan, sangat mungkin PT DI diberi lisensi memproduksi beberapa suku cadang. “Kalau pesawat buatan Amerika dan Rusia tak ada transfer teknologi,” kata si sumber. Berdasarkan Undang-Undang Industri Strategis, pembelian alat utama sistem persenjataan dari luar negeri harus disertai dengan alih teknologi.

            Direktur Teknologi Penerbangan PT DI Andi Alisjahbana tak mau berkomentar tentang usulan perusahaannya. Dia hanya mengatakan pengadaan persenjataan sebaiknya tak hanya melihat kecanggihannya. “Tapi diperhatikan pula kesediaan negara pembuat untuk membagi teknologi dengan industri dalam negeri,” katanya.

            Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara Marsekal Pertama Hadi Tjahjanto menanggapi positif usulan Typhoon sebagai pengganti F-5 Tiger. Musababnya, Typhoon punya kemampuan relatif sama dengan calon pengganti lainnya. Hadi juga menilai pembelian Typhoon bakal menambah varian pesawat tempur Angkatan Udara. “Tapi keputusan pembeliannya berada di Kementerian Pertahanan.” Sejumlah pilot tempur yang ditemui Tempo justru menilai pemerintah seharusnya membeli Sukhoi Su-35. Pesawat ini dianggap superior di udara dan menimbulkan efek gentar bagi negara tetangga. INDRA WIJAYA

      • Salam hangat Bung Garuda Hitam, mohon maaf apabila analisa saya sebelumnya berbeda pandangan dengan apa yang ada di benak anda. Dan tulisan saya itu juga tidak bermaksud untuk memaksa Anda mempercayai apa yang saya tulis & utarakan. Saya hanya mencoba berpendapat sesuai dengan apa yang saya tau, yakini dan kerjakan.

        Untuk point 1. Saya setuju kalau pengadaan alutsista itu tidak mudah dan tidak semua orang dapat mengetahuinya, hanya saya ingin menjelaskan kepada warjagers tentang bagaimana sih sebetulnya proses pembelian alutsista itu.

        Untuk point 2. Saya tidak akan mengintervensi pola pikir anda, karena menurut pola pikir saya ya seperti itu.

        Untuk point 3. Mereka tidak perlu lapor kok, justru saya yang dapat laporan :mrgreen:

        Untuk point 4. Saya pernah koment diartikel sebelumnya (saya lupa artikelnya), bahwa idealnya negara kita itu minimal harus mempunyai 24 KS, dan saat ini kita sedang berusaha keras menuju ketahap itu.

        Untuk Point 5. Saya juga pernah koment diartikel jauh sebelum ini (saya lupa artikelnya) mengenai kondisi tanah papua, disitu saya sempat menjelaskan teman saya yang seorang anggota Kopassus yang menyamar hampir setahun lebih disana. saya tau Bung kondisi Papua sebenarnya. Tapi maaf hasil laporan intelejen itu bukan buat konsumsi publik. Dan pembuat kebijakan strategis kita sudah membuat langkah-langkah counternya kok. Tapi saya merasa enggak relevan aja, KS kita jalan-jalan kesana. (atau mungkin saya yang enggak tau?)

        Untuk point 6. Yap, saya mungkin salah memahami, (maklum matanya agak kabur, wes tuo), setuju kalo untuk membedah KS memang memerlukan waktu yang lama.

        Sekali lagi mohon maaf sebesar-besarnya untuk Bung Garuda Hitam yang mungkin merasa tidak nyaman atas koment saya ini dan koment saya sebelumnya. Dan ayo kita terus berdiskusi

        Salam Hangat Bung Garuda Hitam.

        NKRI harga mati!

        • Enak ya jalan2, untuk menjaga kedaulatan aja masih kurang sampai harus membangun KS di dalam negeri ini malah jalan2… hehehehehe

          Bung PS, saya juga pernah jalan2 di distrik mulia , waktu itu ikut rombongan Polri selama seminggu disana. Saya pernah merasakan nyawa saya terancam dari pesawat ditembak sampai ketemu dengan salah satu tokoh adat yang tahu masalah konflik disana dan juga saya pernah mau dipanah karena ngikut beberapa warga memotong pipa freeport. Waktu itu saya dikontrak untuk satu program negara luar, dan akhirnya saya ngerti maksud dan kedatangan saya disana. Dan sudah saya ceritakan semuanya kepada pihak yg harus didengar masalah ini.

          • Apa salahnya jalan-jalan ? Toh rumah tidak dalam kondisi Siaga 1.. lagian jalan-jalannya tidak lama ini..

    • @admin…..

      maaf mengganggu….

      Didalam komentarnya bung @Pocong Syerem diatas saya lihat masih ada ceceran copy-an tulisan saya. Mohon sudi kiranya untuk juga dihapus. Saya sangat berharap agar semua tulisan saya tersebut dihilangkan, dan anggap saja tidak pernah ada. & saya akan benar2 merasa terbantu untuk itu….

      Sekali lagi cukup tulisan saya saja yang dihapus

      mohon maaf atas ketidaknyamanan ini, & saya sangat berharap pengertiannya.

      terima kasih…

      Salam NKRI….

  62. @bang Ed, Lambert, komen sudah muncul.

    mengingatkan kembali pada warjagers bahwa komen dengan link banyak kena pending dan harus dimuat manual, mohon sabar

  63. CIREBON-Sebuah posting di fans page TNI dalam jejaring social media Facebook menjadi topik diskusi hangat kalangan facebooker. Tulisan yang diupload oleh akun Facebook Tentara Nasional Indonesia (Paling Update) berjudul ‘Di Balik Pengerahan Pasukan AS di Darwin, Australia’.

    Seperti apa isi materi posting dengan ihwal antisipasi AS terhadap kebangkitan generasi baru Kiri Indonesia. Silakan sidang pembaca aktual yang terhormat mengkaji sendiri isi posting di bawah ini;

    Di Balik Pengerahan Pasukan AS di Darwin, Australia

    Ada sinyalemen beberapa tokoh politik di Indonesia mulai menjadikan dokumen-dokumen kontrak Bung Karno tahun 1960 terhadap sektor migas sebagai materi UU Migas yang baru pada perseteruan politik menjelang Kampanye Pemilu 2014.

    Beberapa tokoh politik penting bahkan akan menjadikan isu UU Migas berkedaulatan dengan role model Venezuela sebagai kampanye politiknya. Tindakan ini belum mencuat ke publik karena beberapa tokoh ini sedang melakukan negosiasi politik dengan berbagai pihak untuk mendukung aksi gagasan politik Bung Karno terhadap UU Migas.

    Mereka menyebut ini dengan kode politik : “Soekarno Operation”. Beberapa penggede politik yang berasal dari Partai Konservatif juga mulai banyak menyetujui ide agresif UU Migas yang baru. Munculnya isu ‘Soekarno Operation’ membuat Amerika Serikat berkeputusan memperkuat pangkalan militernya di Darwin, Australia, Alasannya adalah ‘sengketa dengan RRC’ Tapi yang tidak banyak orang tau, bahwa kehadiran pasukan Marinir AS ini adalah bagian dari antisipasi perkembangan politik di Indonesia.

    Menurut hitung-hitungan mereka, di tahun 2014, tokoh politik lama 60 persen sudah menghilang, Tokoh politik lama ini terdiri dari orang-orang yang memiliki hubungan erat dengan Amerika Serikat. Mereka memiliki koneksi langsung dengan Washington dan sangat Amerika Sentris. Sementara di lain pihak mulai muncul generasi muda politik baru yang mulai mengakar, menyusul hancurnya sistem politik muda bentukan partai besar yang korup. Generasi muda korup ini dicemooh dan tidak mendapatkan tempat di kalangan aktivis, walaupun mungkin di kalangan rakyat masih banyak pendukungnya.

    Menurut data pula, pada Pemilu 2014 tidak lagi diramaikan artis-artis televisi yang dungu secara politik dan tidak mengerti ilmu sejarah, geopolitik, Hukum dan Tata Negara. Pada Pemilu 2014 mulai muncul generasi baru yang paham ilmu politik, sejarah, geopolitik dan ilmu yang mendukung bernegara secara agresif dan konstitusional.

    Kelompok ini rata-rata bergaris kiri, militan dan berpaham dasar sosialis. Kelompok ini akan serius profesional di bidang politik.

    Penguasaan modal yang sejak tahun 2000-an dikuasai penerus Orde Baru lewat akuisisi perusahaan murah jaman BPPN dulu, dan kini jadi pengusaha mapan, mulai dibidik lewat ancaman nasionalisasi dan gebukan pajak oleh kelompok kiri.

    Kelompok kiri yang awalnya tidak memiliki pendanaanpolitik, mulai mendapatkan pendanaan lewat gerakan rakyat diam-diam. Dan beberapa penggede partai yang awalnya sangat kanan, juga diam-diam mulai beralih ke kiri.

    Beberapa partai besar bahkan mulai memasukkan (nilai-nilai faham sosialisme). Anggaran dasar/rumah tangga mereka menjadi berwarna kiri dengan sentrum yang mengacu Pasal 33 UUD 1945.

    Gerakan infiltrasi kiri dan sosialisme inilah yang amat mengancam kepentingan asing. Gerakan ini akan meledak dan menjadi trend di tahun 2016.

    Sementara kelompok konglomerasi dan neoliberal semakin terpojok posisinya karena tak mampu merembes di kalangan rakyat. Kelompok lama yang dulu begitu menguasai peta politik Indonesia selama lebih dari 50 tahun, mulai terkikis dan mengarahkan seluruh daya kekuatan politiknya untuk ikut-ikutan ke kiri.

    Kelompok Muda Kiri ini punya hubungan langsung ke Venezuela, Cina dan Rusia , (Mereka) juga punya basis massa yang kuat. Kegiatan mereka amat teratur, terorganisir dan bakal mengagetkan banyak pihak.

    Acuan politik mereka adalah Soekarnoisme. Apabila sepuluh tahun sebelumnya mereka sangat gandrung dengan Stalin, dengan Lenin, dengan Mao, (Dulu) mereka mengacu pada pemikiran Gramsci atau Trotsky. Kini mereka sangat hapal dan lihai menjadikan alat Soekarnoisme dan Tan Malaka sebagai bentuk paling material perjuangan politik mereka.

    Kelompok ini sangat militan dan menjadikan hukum-hukum revolusi Soekarno sebagai doktrin baku, total dan harga mati. Perjuangan mereka adalah menasionalisasi sumber- sumber daya alam ke dalam struktur negara, basis argumentasi mereka adalah Pasal 33 UUD 1945.

    Mereka tidak takut dengan perang melawan AS, Mmereka adalah generasi muda baru yang tercerahkan. Jaringan politik mereka merangkai ke seluruh lini partai politik dan ormas mulai dari sekuler sampai agama, Tapi sampai sekarang mereka tidak terbaca kekuatannya. Pemerintahan Amerika Serikat sangat takut dengan kekuatan ini,

    Mereka sudah mengantisipasi jangan sampai Indonesia jadi ‘Bolivia kedua’ suatu negara satelit AS yang kemudian terpengaruh paham Chavezian. Adanya pangkalan militer di Darwin bagi kelompok muda ini juga menyalahi aturan KIAPMA. KIAPMA adalah nama Konferensi yang pernah digelar Bung Karno, sebagai bentuk Konferensi Internasional Anti Pangkalan Militer Asing.

    Bersiaplah Indonesia memasuki zaman politik baru yang keras, sebuah fase paling genting dari Demokrasi Liberal. (wb)

  64. Dalam dunia militer, ada perumpamaan: musuh yang nampak didepan mata bukanlah musuhmu. Dunia intelijen selalu memegang prinsip angin, tak bisa diraba & tak bisa dilihat, tetapi bisa dirasakan. Didalam kerahasiaan militer Indonesia ada pembagian persentase kategori mana informasi yang boleh diketahui umum, dan mata yang tidak.

    50%: Informasi yang memang biasa didengar oleh & diketahui oleh khalayak umum tentang kondisi militer kita, bertujuan, untuk sedikit memberikan gambaran mengenai kondisi militer & pertahanan kita kpd masyarakat. Bertujuan untuk membangkitkan rasa kebanggaan warga negara terhadap militernya.

    20%: informasi hanya diberikan berupa tanda-tanda ada sedikit Clue thdp masyarakat tentang bagaimana kondisi militer yang berhubungan dengan informasi terbaru, kejadian, peristiwa dll. Bertujuan untuk menggiring opini thdp suatu masalah yng menyangkut militer kita.

    30%: informasi yang sama sekali tak boleh disentuh oleh siapapun. TNI akan mengganggap gagal dirinya jika sekecil apapun informasi ini diketahui oleh pihak luar, bahkan oleh warga negaranya sekalipun. Tak peduli siapapun, halal darah siapapun jika berani mengusik ini..

    Perlu diketahui,saya tidak peduli apakah dibilang HoAx, penipu, pemimpi atau apapun disini. Karena tadinya saya hanya berniat sedikit berdiskusi dengan rekan2 semua disini. Tapi setelah saya pikir lagi, ada sesuatu yang telah saya langgar & tak boleh saya sentuh, sekecil apapun itu. Saya hanya ingin mengatakan kepada semua yang masih berjiwa inlander disini “INDONESIA,BANGSA & NEGARA KAMU INI BEGITU BESAR, SAMPAI-SAMPAI, KALAU KALIAN MENGETAHUI KEBENARANNYA, PIKIRAN KALIAN TIDAK AKAN BISA MENYENTUH BATASANNYA”

    maaf kalau ada salah kata…

    Sekali lagi untuk @admin, apakah Bung Diego, Bung now, Bung gue, atau admin lainnya. Saya mohon tolong dihapus saja tulisan diatas, & saya meminta maaf kepada semua atas kekeliruan yang sudah saya buat. Saya mencintai negeri ini melebihi nyawa saya sendiri, & saya tak mau mengganggunya hanya karena mengikuti ego saya pribadi..

    Sekali lagi saya mohon dihapus saja, & saya akan sangat merasa terbantu & berterima kasih…

    Salam NKRI……

    • OK, bung akan saya coret dulu, dan jika nanti dirasa masih kurang silahkan hubungi lagi dan akan saya hapus sesuai permintaan anda

      #update

      sebagian besar sudah saya hapus

      • Bung gue & nowy FYi, comment tulisan bung garuda hitam msh ada di artikel Indonesia: kempampuan dalam negeri dan pengaruh luar negeri.. comment no 22… mungkin itu bs dihapus jg karna comment tsb yg dijadikan artikel

      • Terima kasih banyak atas pengertiannya Bung Now, maaf sudah merepotkan. Mohon juga tulisan komen saya yang di artikel sebelah, tempat asalnya tulisan diatas juga dihapus.

        Kedepannya saya akan berusaha berkontribusi yng “wajar2” saja, sesuai dengan apa yng sudah berkembang dikhalayak umum & tidak menyentuh hal-hal yg sifatnya sensitif.

        Saya hanya mau bilang untuk semua juga, yakinlah, negara kita mempunyai kekuatan melebihi apa yg kita bayangkan selama ini. Negara2 lain begitu menyegani bangsa ini, melakukan segala cara agar bisa memikat, mempengaruhi bangsa ini. Menjadi suatu hal yg ironis kalau ada sebagian generasi penerus bangsanya hanya bisa menjelek2 kan negaranya sendiri tanpa memberikan kontribusi apapun. Semoga JKGR dengan caranya sendiri bisa menjadi media untuk menumbuhkan kembali jiwa2 pejuang bagi generasi2 saat ini & mendatang…

        Juga untuk para senior & para suhu di JKGR ini, saya sama sekali tidak pernah menempatkan posisi rivalitas disini dengan siapapun, jadi maaf kalau ada yg dibuat tak nyaman. Saya malah mengharapkan wejangan dari semuanya…

        Sekali lagi terima kasih @admin…

        Salam NKRI…..

        • oke bung @GH, jangan kapok kontribusi 🙂

        • Bung GH menulis saya sama sekali tidak pernah menempatkan posisi rivalitas disini dengan siapapun, jadi maaf kalau ada yg dibuat tak nyaman.

          Wah kok gitu ya, bikin orang ngeri masuk kemari.

        • “yakinlah..” Saya yakin om, kalau masih ada anak bangsa yang minder menjadi bangsa indonesia adalah karena perang doktrin om.. Mereka tidak pernah ingin anak bangsa ini percaya diri, karena itu akan membangkitkan raksasa yang sedang tidur.
          Makanya selalu saya ajarkan pada anak, ponakan-ponakan saya, tentang bangsa ini.. dari sejarah masa lalu hingga sekarang. Agar mereka bangga menjadi anak bangsa Indonesia.

    • Terima kasih bung Garuda Hitam. Tapi warjag ini makin asyik, bikin pusing kadang. Tapi jadi bisa lihat banyak versi .. heheh

    • Maaf bung GH, sy baru buka lagi jkgr,,,, abis liat tps sich……, oya artikel anda sudah di edit dan sudah dicoret dan dihapus sama admin bung nowy sesuai permintaan anda.
      Sekali lagi kami menyampaikan byk terima kasih dari analisa/opini/pendapat sesuai kemampuan dan keahlian anda sebagai bahan diskusi.
      Terima kasih, jgn kapok, komentar baik opini/analisa/pendapat anda kami tunggu demi kemajuan bangsa ini.
      Salam NKRI

      • bung GH

        keep posting bung….

        kalau menurut saya dalam penyampaian opini tetap harus ada hoax nya , kebenaran informasi yang khususnya sifatnya open public bisa disampaikan dengan clue tapi tetap disamarkan dalam bentuk hoax. untuk antisipasi “orang yang tidak bertanggung jawab”

        cuma pendapat
        maaf cucu lancang

      • Bung gue & nowy FYi, comment tulisan bung garuda hitam msh ada di artikel Indonesia: kempampuan dalam negeri dan pengaruh luar negeri.. comment no 22… mungkin itu bs dihapus jg karna comment tsb yg dijadikan artikel

    • Tetap semangat aja bung @Garuda Hitam (alias Bung GH)
      Di sinilah indahnya atau seninya berdiskusi… Tidak akan ada diskusi kalau tidak ada perbedaan pendapat.
      Salam untuk bung GH dan semua bung Admin…terus memposting
      Km warga JKGR senantiasa setia menunggu artikel dan analisis dari mu…

  65. Bung pocong serem…
    mau bg pengalmn hoax,..
    sy pernh melihat semacam kapal selm/hantu laut apa gitu..?!di perairan cilacap selatan nusakambngan yg mengarah ke samudra hindia.kejadian itu bertepatan dengn terdamparnya sekoci ausy di selatan pantai jawa.sy smpt melihat punggung hantu laut itu brwarna hitam tp kecil,tdk tau badannya bsr/kecl,krna sy melihat dr kejauhan dan sebntr muncl trs nyilem lg.kira2 itu penampakan apa ya?mhn pencerahn para sesepuh warjag barang kali ada yg bs ngsh pencerahan.ma’af orang awam

  66. Semoga kita diberikan pemimpin yg tegas,amanah dan pro rakyat..
    semoga tidak ada lagi bumn atau aset negara yg dijual kepihak asing…

    ane sebenernya khawatir dengan hasil perhitungan suara pemilu 2014.. walaupun hasil sementara (quick count)… yaah yg bisa ane lakukan hanya bisa berdoa untuk kebaikan bangsa ini… Indonesia

  67. saya rasa kita tak perlu terlalu berdebat tentang jumlah ks kita,kami sebagai masyrakat awam bisa banga dan bersukur jumlah ks kita lebih dri 2,sukur2 klau bisa ditingkatkan jdi 2 digit bung,klo smpai ks kita cuma 2 itu teerlaluuuuu

  68. Dr yg dismpaikan oleh sesepuh pocong syerem, ttg adanya ks negara lain yg mengetahui kberadaan ks kita dn jg adanya alutsista malaysia yg mnembakkan torpedo ukuran 7 m. Shg say brpikir kalau rencana pngadaan ks dng total 12 ks trmasuk ks cakra dan ks nenggala msh kurng utk mnjaga luasnya wilayah lautan yg menvapai 5 jt lebih kilometer, ya paling tdk di setiap pulau ada 10-20 ks tergantung dng apa pulau tsb berntas langsung baik laut dn daratnya kmdn stiap alki yg bgn atas dijaga oleh 16 – 26 ks kmdn dibgn tengah dijaga oleh 30 – 46 ks, bgn bawah dijaga oleh 36 – 45, kmdn bgn barat dijaga oleh 24 ks, bgn timur dijaga 30 ks. Kurang atau lebih atau menetpkn parameter dlm menentukan jimlah tdk menggunakan perhitungan khusus, melinkan meliht dan mempetombangkan kerawanan dn jg lebih baik pengadaan alutsista yg berlapis.

  69. bung Garuda Hitam, udah ke gatelan buat infonya, tapi perlu ada pembatasan buat pendeskripsian tiap informasi strategis. jangan sampai terlena pembahasanya. trimakasih

  70. Bung @Diego dan Bung @NYD,
    Maaf Bung tetapi saya TIDAK setuju atas pencoretan Artikel biarpun atas permintaan penulisnya (kecuali alasan etiket internet, dan bukan dicoret tetapi di-banned).

    Bung @GH kenapa juga mandah ditekan, setahu saya sampai detik ini di JKGR masih bebas nulis apa saja. Akhirnya kan nggak lucu in the next article oleh Bung PS tulisan anda di copas sdh tercoret.

    Bung @Diego dan Bung @NYD, mohon pencerahannya, jangan sampai orang takut nulis disini.
    Makasih dan salam semuanya.

  71. Yah gak seru neh artikel nya di coret. Satu hal yang terbaik dari JKGR adalah freedom of speech, dimana kita lebih peduli pada apa yang di tuliskan daripada siapa yang menulis nya. Pembaca saya pikir cukup cerdas untuk menakar apakah tulisan itu baik atau buruk.

    Melalui tulisan bung GM, saya terus terang banyak belajar, dan mengamati berita2 yang sering terlewatkan dan tidak saya ketahui, terutama ini.
    http://www.pmc.aut.ac.nz/articles/vanuatu-pm-blasts-indonesian-human-rights-violations-west-papua

    Seandainya bung GM tidak ngomong soal Vanuatu, saya sendiri juga tidak akan tahu ada negara di ujung sana, Tapi kemudian liat apa yang PM Vanuatu sampaikan soal pelanggaran di Papua ? Saya tidak melihat tulisan bung GM membahayakan siapa siapa, justru sebaliknya. Banyak manfaat yang bisa diambil bagi pembaca, setidak nya saya disini.

    Buat bung GM, saya pikir apa yang sudah di tulis akan menjadi milik publik. Meskipun udah di coret, tetapi copy artikel nya udah menyebar ke tempat lain. Saya sendiri udah punya salinannya di komputer.

    Maaf jika ada kata2 yang salah.

  72. Wah kok jadi kaya sinetron ya, pake acara hapus artikel segala. Hohohohoho…
    anyway sy tetep menikmati obrolan ini….
    Bukannya menghakimi tp kalo bs jangan euphoria sampai out of control. IMHO

  73. Waduh ane SR belum baca nih, belum sempet buka sudah dihapus.

  74. Tulisan bung GH masih ada di warung sebelah.. Salam NKRI

  75. Mungkin ada hal2 khusus/opini yg bisa mengarah ke rahasia negara yg dampaknya bisa membahayakan……

    Saya pikir bung GH sudah mempertimbangkan kembali hal2 ini, karna meski JKGR salah satu forum terbaik-terutama dr cara berdiskusi-tetap suatu forum umum dimata banyak mata asing juga mengawasi……

  76. Jadi ingat, beberapa tahun yang lalu saya pernah baca berita tentang lontong barat lewat sebelah barat papua, ketahuan karena dicegat lontong timur yang kebetulan sedang berada disana. Yang masih jadi pikiran saya sampai sekarang lontong timur tersebut memang kebetulan pas main di Indonesia, memang ngendon di Indonesia atau punya Indonesia?

  77. “Menjadi suatu hal yg ironis kalau ada sebagian generasi penerus bangsanya hanya bisa menjelek2 kan negaranya sendiri tanpa memberikan kontribusi apapun”…. sangat setuju dengan pendapat Bung Garuda Hitam,.. mengritisi tidak selamanya membutakan mata terhadap nilai-nilai positif negara ini, jangan mudah teradu domba, lakukan nilai-nilai kebaikan dan berkontribusi untuk negara, dari hal-hal kecil, jika kita hanya bisa menjelek- jelekan negara kita tanpa kontribusi itulah kita yang hina.
    optimislah wahai Pemuda !!! Indonesia

  78. Nah lo ada yg marah…

 Leave a Reply