May 212014
 
Destroyer Tiongkok yang dipimpin Kapal Wuhan melakukan perjalanan ke Laut Jepang untuk melakukan latihan militer bersama Rusia, 3 Juli 2013

Destroyer Tiongkok yang dipimpin Kapal Wuhan melakukan perjalanan ke Laut Jepang untuk melakukan latihan militer bersama Rusia, 3 Juli 2013

Tiongkok mulai merenggangkan otot menghadapi konflik di Laut Tiongkok Selatan. Presiden Xi Jinping menyerukan pembentukan struktur kerjasama keamanan baru di Asia yang melibatkan Rusia dan Iran, tanpa Amerika Serikat.

“Kita harus memperbaharui kerjasama keamanan dan meracik struktur baru di kawasan,” kata Xi di sebuah konfrensi di Shanghai yang dihadiri oleh Presiden Rusia, Vladimir Putin dan kepala pemerintah dari negara-negara di Asia Tengah.

Dalam pidatonya Xi tidak menyebut konflik teranyar antara Beijing dan Vietnam terkait pengeboran minyak lepas pantai di Laut Tiongkok Selatan.

Perebutan SDA di Laut Tiongkok Selatan
“Instalasi pengeboran minyak ilegal oleh Tiongkok mengancam perdamaian, stabilitas, keamanan dan kebebasan di laut timur,” ujar Perdana Menteri Vietnam Nguyen Tan Dung seusai bertemu dengan Persiden Filipina, Benigno Aquino III di Manila.

“Kedua pihak berniat melawan pelanggaran yang dilakukan Tiongkok dan menyerukan dunia internasional untuk mengecam langkah Beijing,” imbuhnya. Vietnam, Filipina, Malaysia dan Brunei adalah negara yang berselisih faham dengan Tiongkok terkait kedaulatan di Laut Tiongkok Selatan.

Sebab itu pula langkah Tiongkok memanfaatkan aliansi keamanan negara Asia (CICA) alias Conference on Interaction and Confidence Building Measures in Asia, dianggap sebagai ancaman. CICA beranggotakan 24 negara, termasuk Korea, Thailand dan Turki, diharapkan akan mewadahi “dialog keamanan dan kerjasama,” serta “meracik mekanisme konsultasi pertahanan,” kata Xi.

Beijing berupaya menjadikan CICA sebagai “Pusat Pengendalian Keamanan” untuk situasi darurat, semisal konflik bersenjata di Laut Tiongkok Selatan. Analis menilai organisasi multilateral itu akan dimanfaatkan Beijing untuk mecari dukungan dalam situasi perang, layaknya NATO untuk Amerika Serikat.

Laut yang diklaim Tiongkok (garis biru)

Laut yang diklaim Tiongkok (garis biru)

Tiongkok Peringatkan Sekutu AS di Asia
Wacana tersebut menandai upaya terakhir Tiongkok untuk mengumpulkan sekutu guna membatasi pengaruh Washington di kawasan.

Uniknya dalam kesempatan yang sama, Presiden Xi mewanti-wanti negara-negara Asia, bahwa memperkuat aliansi militer untuk melawan Tiongkok tidak akan menguntungkan keamanan regional. Ia juga memperingatkan Amerika Serikat agar tidak mencampuri urusan di kawasan dengan membentuk aliansi keamanan baru.

“Membangun aliansi militer untuk membidik pihak ketiga adalah langkah yang salah untuk menjaga keamanan bersama di wilayah,” kata Xi. Sang presiden merujuk pada langkah Vietnam, Filipina dan Jepang yang memperkuat kerjasama keamanan dengan AS. (dw.de)

  111 Responses to “Upaya Tiongkok Kuasai Laut Negara Tetangga”

  1. pertamax kah ๐Ÿ˜€

  2. one

  3. indonesia no invasi,. ma af,.

  4. yezz …. 1 ๐Ÿ˜€

  5. top ten euy,,,
    aliansi indonsia sih gmn???

  6. absen 10besar.

  7. siap siap!mbah bowo dateng lagi.

  8. Akankah kembali tercipta poros jakarta-beijing-moscow? Mengingat besarnya penjarahan yg sdh dilakukan “poros” jakarta-tokyo-washington?

    Lagipula denger2 asu gak cocok sm prabowo dan gak sempat membina jokowi

  9. apa indonesia punya aliansi atau pakta pertahanan ??? indonesia dikelilingi tetangga yg kurang baik,,
    klo Indonesia Brunai Saudi, seperti yang di ceritakan bung yayan, rasanya kurang gereget nya,
    kecuali, jerman, rusia, indonesia,,

    • bukan saudi tapi UEA. . .

    • doktrin pertahanan yang sampai saat ini dipegang oleh Indonesia adalah strategi โ€œsedia payung sebelum hujanโ€. Hal ini dianggap sesuai dengan kepribadian Indonesia yang cinta damai dan cinta kemerdekaan. Jika ingin damai dan merdeka sebaiknya berjaga-jaga agar jangan sampai terjadi perang. Selain itu Indonesia merupakan negara non-blok serta anti-ekspansi. Misi pertahanannya adalah untuk menjaga dan mempertahankan keutuhan wilayah Indonesia.

      • sampe kenalan. malam bung andri,salam hangat

        • salam kenal juga bung Djawa,,
          iya mungkin salah satu bentuk kewaspadaan dalam menjaga keutuhan negara kita seperti yang bung Djawa katakan ” sedia payung sebelum hujan”,, dgn paradigma dunia saat ini,, indonesia butuh teman yang bisa diajak kerjasama dan membantu disaat terjadi invasi dari negara luar,,

          apalagi klo di keroyok seperti afganistan, libya irak dll., kayak nya sekuat apapun org, klo dikeroyok susah bertahan juga,

          • sebetulnya kalo tetangga kita nggak reseh Asean bisa menjadi semacam Nato di asia tenggara, tpi semua anggotanya pada mementingkan kepentingan sendiri, tpi pengaruh asu d beberapa negara tetangga nampak akan sulit terwujud

          • inginnya sih koalisi sama rusia,jerman. cuma keinginan tukang sol..he..he..he..

          • Indonesia harus punya semangat Sriwijaya dan Majapahit dalam pengadaan Alutsista, tapi juga mempunyai semangat Singasari yang diagungkan oleh Raja Kertanegara dengan memupuk sahabat sebanyak mungkin (contoh menikahi putri raja Champa, mengirim beras ke Siam dan Melacca tempo dulu) sehingga bukan hanya menjadi negara kuat tapi juga disegani kawan ditakuti lawan….

            (Singasari dulu hampir menjadi superpower menandingi Sriwijaya jika saja tidak ada pemberontakan Jayakatwang)…

          • betul bung MJ semangat seperti yang anda utarakan yang negara ini butuhkan.
            saya juga sedikit merasa heran, dimana peran negara-negara non blok hampir tidak ada partisipasinya dalam konflik di beberapa wilayah di dunia seperti saat Libya di gangbang ama Nato, Palestina sampai saat ini dan masih banyak contoh lagi. kayaknya dengan mempertimbangkan perkembangan jaman, negara ini harus mempunyai kerja sama militer dengan negara lain..

          • pakta pertahanan militer maksud saya

    • Isunya ada aliansi rahasia bung… CIRIP (China India Russia Indonesia Pakistan)… moga2 salah… maaf oot… ๐Ÿ˜€

  10. Ijin nyimak….sblum simbah berulah

  11. ntar kalau simbah comment di sini.nggak usah ditanggapi.biar dia bicara sendiri kyk orang gila.

  12. Beberapa keuntungan yang di peroleh dr konfluk LCS sejauh ini adalah mendapatkan 3 kapal perang (bung tomi class) dan di tandatanganinya batas perbatasan laut antara indonesia dengan filipina setelah 20 tahun melakukan perundinga. Salah satu bentuk politik luar negeri indonesia yang elegan namun tetap tegas. NKRI HARGA MATI!!!

  13. terlepas dari sikap propaganda mbah bowo, tiongkok mulai percaya diri dengan kemampuan militer yang dimilikinya. dengan sikap yg tak mau membawa masalah tersebut ke mahkamah internasional adlah hal yg perlu diperhatikan.sikap netral dlm isu diatas paling sesuai dilakukan Indonesia. dengan catatan tidak ada klaim atas wilayah NKRI..imho

    selanjutnya nunggu pencerahan sesepuh d warjag…

    • jadi inget ucapan RAPPER anak negeri,,”” Gw sih asyik asyik aja asal selama lu ga nyenggol gw.. wakoooww”” itu yang saat ini indonesia terapkan yah bung,,

  14. Bwuahahaha . Bung diego itu gambar petanya juga dari dw.de yah
    Wah berarti para bule menyangka 2 hal nih. Yang pertama kita ada main sama cina ato cina ngga bakalan mungkin ngambil wilayah NKRI walau itu hanya zee

  15. numpang corat coret..
    Dinamika di kawasan yg sedemikian cepatnya memaksa negara2 asia pasifik terus berbenah, sy gak yakin amerika bisa berbuat banyak. Jadi tinggal china dan kita yg dominan.
    Yg lain cuma faktor pendukung aja.

    Maap pandangan pribadi super ekstrim dr sy.. Hehe

  16. nyimak

  17. Kalo cina benar benar bikin ini aliansi gmna dengan indonesia ?
    Coz indonesia kan pemimpin kawasan khususnya asean , kalo ini benar terjadi apa indonesia ikut ini aliansi atau gimana ? Mohon dong pencerahaanya

  18. Yg penting Indonesia tidak di ganggu wilayah terotorialnya ya uadah tenang aja, yg penting nih tetangga kita terdekat dulu deh yang di kasih pelajaran yg udah coba coba pasang mercusuar di tanjung datuk, mentang mentang kita selalu mengalah eh pada mancing mancing kemarahan rakyat republik Indonesia tuh.

  19. @ bung nusantara bgmn anda bisa yakin antara prabowo n jokowi tidak di becking oleh mmrika? sy akan plih presiden yg mau menasionalisasi freeport, newmont, n dsbnya…tp berani gk mereka ya…? poros jakarta,beijing,moscow + iran boleh juga tuh tapi bangsa kita harus main yg cantik n cerdik krn gaya non blok kita, dunia sdh berubah sdh saatnya kita mnentukan arah kita dgn tidak byk atau ngikutin amerika n sekutunya, indonesia pasti bisa jadi negara yg kuat….amin.

    • freeport itu sudah ditandatangani sewaktu pemerintahan Sukarno…sulit untuk menasionalisasi karena akan ada embargo ekonomi, ekonomi indonesia akan drop

      • zaman orba…zaman presiden suharto bung.

        • zaman presiden soekarno lah banyak perusahaan asing yg di nasionalisasi, sampai akhirnya bung karno di gulingkan secara sistematis pun karena prinsip beliau yg sangat anti menjual SDA kepada asing. Bung Satrio mungkin lebih faham masalah kewiraan SDA ini…. dl pernah sedikit di ulas, bagaimana geram y para pemimpin perusahaan asing disaat bung karno mau memajukan perusahaan permina ( skr pertamina ) untuk bisa jd perusahaan minyak berkelas dunia, disiapkan lah UU yg dibikin oleh Ir. Juanda ( klo salah mohon dikoreksi ). Tp politik lah yg bikin semua sia-sia sma harapan dr Bung Karno. skr muncul kembali UU Minerba yg lebih manusiawi buat kepentingan Bangsa & Rakyat Indonesia, terutama untuk kemajuan NKRI – sudah pernah diulas secara detail jg olah bung jalo.
          salam NKRI, maaf klo ada yg salah mohon dikoreksi bung-bung pinisepuh di warjag.

        • Freeport adalah hasil perjanjian Soekarno-Kennedy bung…

          • bisa dijabarkan bung perjanjiannya seperti apa??? ( maaf baru belajar soal y) yg sy tahu sign kontrak freeport adalah di zaman soeharto… itupun setelah ada y perpres pma…akhrnya freaport masuk Indonesia.

          • Salah satu ada di JKGR juga bung, lupa yang terbitan kapan..

          • bukannya kontrak freeport itu adalah kontrak perusahaan asing yang pertama kali ditandatangani.dan itu terjadi tahun 1967.

  20. Assalamulaikum & selamat malam semuanye..!!!Kurang klop nih klo para sesepuh blm nongol buat ngasih pencerahanye..ane butuh ilmunye ni buat nambah pengetahuan…hadir….hadir…hadir….!!!! Biar sekalian semua warjager dapet manfaatnye…

  21. ngapain china terlalu di khawatirkan..bukti bahwa keraguan china akan kemampuan militernya,akhirnya china menggandeng rusia dan iran..terutama rusia yg teknologi militernya mampu mengimbangi amerika..apalagi china sdh deal impor gas alam dr rusia dgn nilai kontrak yg fantastis USD 400 milyar selama 30thn,tentu membuat china merasa aman dari tekanan amerika dan sekutunya..
    Namun amerika tetaplah amerika yg punya berbagai mcm cara untuk meruntuhkan dominasi sebuah negara,pecah nya uni soviet dan bergabungnya negara2 bekas pecahan soviet ke nato adalah bukti betapa pintarnya amerika memainkan peran di pentas dunia..bkn tidak mungkin china menjadi sasaran berikutnya,walau kita jg tdk berharap itu terjadi.
    Posisi indonesia menjadi serba salah,berkiblat ke china khawatir china menggunting dlm lipatan,klo mengikuti kemauan amerika/barat ntar kita di dikte terus..satu2nya jln mungkin kita memperkuat diri tanpa harus bergantung dgn negara manapun..hayo kita buat kelepon hahaha

    • Kelepon pakai gula merah ya bung. Sekali gigit langsung maknyus. Slrh lidah, sampe lubang2 gusi merasakan dahsyatnya kelepon gula merah. Duaaaaar….!!!!!

    • Inilah yg harus indonesia waspadai mengingat Natuna dan perairanya mempunyai gas alam terbesar di dunia dan china baru saja kontrak dengan russia 400 milyar dlr. Saya yakin china pasti incar perairan Natuna dalam sengketa LCS saat ini.

      Mungkin di sini ada yg tau hasil kunjungan moeldoko dgn china tentang garis 9 dash line China??
      apakah 9 dash line memotong batas wilayah indonesia??

  22. Hanya kemandiriianlah jln yg diraih bangsa kita,Jaya Indonesiaku….

  23. Semua tergantung watak orang Asia mau dikotak-kotak sama orang barat apa mau Asia mempunyai power tersendiri, semasih ada saudara panda yg menjadikan bergaining power diseluruh kawasan Asia,atau masih memilih Zig-Zag,Tebak*Buah Manggis….?

  24. Semua negara di asean akan menyandarkan diri ke pundak kakak tertua yaitu NKRI.
    Dan IBU PERTIWI akan membisikan kata-kata pada kakak tertua, inilah saat yang tepat “mengajari” adek-adekmu tentang etika dan moral, dan bagaimana cara bersopan santun.
    Sambil nenteng bambu runcing versi MUTAKHIR

  25. Indonesia pinginnya poros OPOSISI..wk..wk..

  26. absen

  27. sama kayak kasus sipadan &ligitan

  28. jayalah nkri

  29. Sebenarnya, panganan di kita itu banyak dipengaruhi penganan dari negeri Tiongkok deh, termasuk Kelepon lho.
    Jadi dari dulu itu rakyat Tiongkok sudah memberikan ToT ke mari, mulai dari bakso, onde-onde, dll. ๐Ÿ™‚

  30. Aseeek……
    Ini artikel kesukaan Mbah Bowow…….
    Pasti ntar lg muncil…..

  31. negara gudang nuklir macam rusia dan asu jika dikeroyok memang akan kalah tapi sipengeroyok juga bakal mengalami kerusakan serius bahkan bumi juga bisa rusak serius, jadi ane rasa untuk kedua negara tsb untuk saat ini ga bakalan ada negara yg berani nyerang mereka meskipun secara keroyokan.
    seandainya indonesia punya gudang nuklir mantap tuh

  32. kadang gemes juga dengan pemimpin di negeri ini, sudh tau malon punya sikap dan itikad tidak baik tp kok mereka mesra mesra aja ya kalau liat di tv, sekali2 pengen gitu liat pemimpin negeri ini marah sampe ubun2, bicara berkobar2 seperti bung karno

  33. Itu kok garisnya beda ya ama yg sebelumnya…..liat dr yg diatas sepertinya zee natuna udh kgk masuk lgi……ada apa gerangan kah?

  34. tidak semua lah,paling cm 5% nya..semacam pempek itu cm asal nya org cina palembang yg buat tp bkn dr negri cina,di china tdk ada itu pempek atau makanan sejenis pempek,adapun paling chai kwee tp cm adonan dasarnya sj yg hampir sama yaitu tepung sagu/kanji/tapioca..kata pempek itu berasal dr kata apek(org cina yg sdh tua) yg menjual kua berbahan sagu dan ikan gabus,dikasi kuah dgn aroma tajam khas cina seperti campuran cuka,cabe,asam,gula merah yg umum disebut “cuko”..bahkan ada yg di mix dgn sdkt chiu/arak cina,dulu si “apek” cm berbekal 2 bilah bambu yg dipukul2kan sbg tanda dia jualan.
    byk makanan yg dibuat org china di indonesia sebenarnya bukanlah penganan tradisional dr china,mungkin krn bahan baku di indonesia berlimpah jd kreatifitas itu muncul dgn sendirinya..klo penganan khas china,seperti klo cia’ toa kai,atau acara2 keagamaan/tradisi ada disitu,seperti acara chit gwee atau sa gwee(sembahyang kubur utk menghormati leluhur) dll..ada byk penganan sperti ba’chang,bak kwee,kue bulan,bebek hainan,ayam bumbu kacang ma+chiu dll

  35. bung @frans .abis baca tulisan anda ane jadi ngiler bung, bisa dikirimin dong ayam kacangnya. . hehe
    salam hangat bung

  36. salah satu capres pnya program penguatan alutsista dengan anggaran tni min 1.5 % dari GDP sampai 5 tahun ke depan

  37. semua merasa kuatir dengan tindakan China di LCS ??? he he he mengapa tak kuatir dengan aktif nya kembali pangkalan America di Philipina ??? di sini kita dapat liat negara mana kah yg memulai duluan krisis ini,dulu tak pernah terdengar angkatan laut China berlatih sampai di selatan Jawa,dulu tak pernah ada rencana China membuka pangkalan militer di Timor Leste,tapi setelah America menempat kan sejumlah marinir di Australia dan membuka pangkalan di banyak tempat di sekitar asia dan pasipik seolah membentuk pengepungan berbentuk bulan sabit terhadap China dan juga tentu saja Indonesia maka China pun memberi respon…. ya tentu saja yg pertama unjuk gigi pada negara kerdil di kawasan terdekat,tapi jgn kuatir China tak akan berani berperang secara terbuka di LCS, mengapa ???? karna kawasan ini adalah laluan utama perdagangan China dgn dunia luar seandai nya terjadi perang di sini apa lagi kalau dlm waktu yg lama maka pasokan barang untuk kebutuhan China bakal tutup total dan yg susah adalah rakyat China,hal tersebut bisa membuat rakyat China tak percaya pada pemerintah dan militer nya yg bakal membuat China terpecah,masalah ini bisa sangat menguntung kan Taiwan yg bisa mendapat kemerdekaan dari China……. hayo China kalau berani laksana kan perang terbuka di LCS kami di Indonesia cuma jadi penonton dan siap mengambil dana untuk menampung pengungsi…. dan dagang kami di sini tetap lancar karna kami memiliki banyak jalan keluar….. maaf ya teman2 sila kan di koreksi dan di kritik di atas segala kekurangan analisis saya

    • china masih memiliki jalur sutra kali bung,,,
      barangkali jalur itu menjadi alternatip china
      IMHO

      salam kenal bung

      • adrymose@…. salam kenal juga bung… benar seperti kata anda China memang masih punya jalur alternatif tapi jalur itu akan membuat lambat laju pertumbuhan dan keperluan China kalau LCS bermasalah nah hal ini akan membuat menggeliat negara2 kecil di sekitar China dan daerah2 seperti Tibet,serta India pun tersenyum

  38. Ciamik sekali ulasannya bung frans…semakin menambah wawasan kita ttg keragaman budaya bangsa Indonesia, salah satu contoh makanan hsl modif saudara2 tionghoa kita adalah lumpia hehehe (mkanan kesukaan ane dr kecil)

  39. Mbah tanya siapa negeri di dunia ini yang berani menantang China perang ? Tidak ada kan ?

  40. ada mbah owo ! VIETNAM tuh. si rambo aja angkat kaki dri sono.

  41. The leader and founding father of Asiaโ€™s youngest nation, Xanana Gusmao, announced in November that he was resigning as prime minister and leaving politics. The announcement comes amidst growing state failure and rampant mismanagement. Since Timor-Lesteโ€™s independence from Indonesia in 2002, Gusmao has dominated the small nationโ€™s politics. His intention to resign has led many to accuse him of cowardice โ€” after all, he carries the bulk of the responsibility for the current chaos. His resignation is likely to create a power vacuum and exacerbate the crisis.

    State failure in Timor-Leste can have severe consequences for regional security, creating a refugee crisis and providing a safe haven for criminal organizations and other illicit activities. Despite massive international support and oil money the country remains fragile.

    More than a decade after independence from neighboring Indonesia and two United Nation interventions, the former Portuguese colony remains an impoverished and fragile state. For a decade Timor was the highest recipient of foreign aid in the world, in per-capita terms, with Australia, Portugal and Japan footing most of the bill โ€” even as the country, since 2007, has been receiving significant revenues from oil and gas at the tune of $2 billion a year. Very little has reached the common people while the countryโ€™s infrastructure remains one of the worst in the region with power cuts frequent even in the capital of Dili.

    http://www.thejakartaglobe.com/opinion/can-timor-leste-failing/

 Leave a Reply