May 232016
 
tank leopard ri tni ad 1

MBT Leopard RI by Rheinmetall Defence

tank leopard ri tni ad

MBT Leopard RI by Rheinmetall Defence

MBT Revolution by Rheinmetall Defence

MBT Revolution by Rheinmetall Defence

Video terbaru yang diluncurkan Rheinmetall Defence tentang MBT Revolution

marder

IFV Marder TNI AD

MBT Leopard RI dan IFV Marder Batch 2 mulai berdatangan ke Indonesia. Tank Leopard RI ini, tampak sedang diangkut Transporter, truk pengakut tank Leopard.

Indonesia membeli 103 tank Leopard 2A4 bekas pakai dari stock Bundeswehr, bersama dengan 4 Büffel ARV ARV (Bergepanzer), 3 Leguan AVLB bridge-laying tanks (Brückenlegepanzer) dan 3 Kodiak AEV (Pionierpanzer). Sekitar 61 dari Leopard 2A4 ditingkatkan ke standar Leopard Revolution 2 RI oleh Rheinmetall. Kini Leopard Revolution 2 RI mulai berdatangan ke Indonesia.

Sumber : Defence.pk – pr1v4t33r

  74 Responses to “Update Kedatangan Tank Leopard RI dan IFV Marder”

  1. pertamax

    • tank kelas berat dari versi 60 ton tapi ada yg lebih BERAT chalenger and abram tp MAHAL & tidak cocok di medan akses case BERAT nya itu loh”
      lbih cocok tank medium made in PINDAD.
      berdi kari lah PT. PINDAD

      • tank makin berkurang efektivitasnya, jadi banyak Negara yang mulai ngurangin pemakaiannya… kalo air superiority uda dapet, uda gampang banget berburu mbt, pake apache modal hellfire aja bsa abisin puluhan MBT musuh

      • Coba tolong tunjukan dalam sejarah perang dunia ke 2 sampai detik ini secara mayoritas apakah tank medium atau tank berat 40 ton kebawah bisa mengalahkan Main battle tank? karena fakta sejarahnya MTB dalam peperangan jauh lebih unggul. MTB dipakai untuk menahan laju kekuatan musuh dan menggempur musuh. Selama MTB bisa melewati dataran atau jalan yang sesuai MTB melaju terus bersama pasukan infanteri. Coba nonton film Fury saat duel tank, diambil berdasarkan fakta perang tank Sherman USA VS Tank Tiger Jerman https://www.youtube.com/watch?v=L8vFGQ0uJQc dan coba lihat nonton The Gulf Wars Greatest Tank Battle of The 20st Centery Full Documentary https://www.youtube.com/watch?v=p9pMrYwGraw&list=PLi81G2HXfnMaXEMBJRl_YM0aWe-J0G0mR

    • Itu leopard RInya masih polosan *tepokjidat*

    • Wah ini SAYA mulai curiga !!!!!!

      Jangan-Jangan SU35 RI yg dipesen sma Indonesia Juga dari hasil Upgrade SU30 Jadi SU35 Revolution Indonesia….

      kwkwkwkwkwkw

  2. Mantap

    • di gambar no 1 dan 2…di bagian belakangnya adalah tabung 2 peluncur misile balistik antar benua…
      buatan salim group china defance….
      xixixi

  3. Pertamax tutup ki ageng, adanya sianida… Mau gk…? Klo’ mau ini udah sekalian saya campur kopi.. He he he

  4. Alhamdulillah, akhirnya sampe juga

  5. Mantapppppp Nambah Kekuatan Matra Darat…NKRI jaya Selalu..

  6. Tau nya dr mn coy? Emg sampeyan udh pernah liat dua2 nya??

    • dari 35 tank Merkava Versi 4 yang menyerang Kiyam 23 jadi rongsok… hanya melawan gerilyawan Hizbullaah…

      heheheh

    • Update lg bung beritanya, kapan terakhir MBT Merkava duel dgn Tank lain? Hingga brani sesumbar terbaik di dunia dan yg PLG ditakuti. Klo menang lawan ketapelnya bocah2 Palestina saya percaya namun kaga bangga 😛

    • Kalau Merkava jadi jawara di Timur Tengah, tepatnya Palestine, ya wajar dan seharusnya. Wong musuhnya intifada. Ini juga hanya pendapat pribadi saya lho. Salam damai..

    • musuhnya gak sebanding broo…. musuhnya ngandelin greliya pakai senjata laras panjang doang, sedangkan dia udah pakai tank ya iyalah gak terkalahkan,,

    • YANG NGOMONG MERKAVA TANK TERCANGGIH DI DUNIA ITU PROPAGANDA ANTEK ZIONIS ISRAEL.

    • JEJAK REKAM MERKAVA MELAWAN SIAPA? TOLONG BABARKAN DI SINI JEJAK REKAM TANK MERKAVA ANDALANMU.

    • Merkava menang nya cm lawan gerilyawan palestine. Mana berani duel sm MBT lawan. Noh baca berita…merkava israel pada njebug di sengat sm Kornet Hizbullah.

  7. Adakah yang tau berapa jumlah tank leopard yang sudah stay di indonesia ?

  8. Siapin nasi tumpeng

  9. Nyimak…

  10. Astagaaaaaaa…….videonya keren banget…..coba deh dilihat videonya, pasti nggak nyesel beli nih tank, walaupun bekas……saya yakin leopard 2A4 dan RI sangaat hebat dan kuat jika dibandingkan dgn yg dimiliki malaysia

  11. Saya bangga tu jd WNI.. bangga dengan negara dan pemerintahan saya.. dan saya jiwa raga saya sudah saya abdikan untuk negara ini.. kalau bung asutenan sudah apa buat bangsa ini? Mencela dan terkapar dengan kemelaratan pikiran.. kasihan.. semoga lekas membaik pikiran dan jiwa bung.. 🙂

    • setuju bung Pelek peyok, kita harus bangga jadi WNI,
      kalau ada yang tidak bangga dengan INDONESIA, dan cuma menjelekkan saja,. maklum bung.. namanya juga BENALU NKRI, hidup dan makan di INDONESIA tapi kelakuannya masih lebih baik dari a n j i n g

      benalu semacam itu lebih jantan kalau RESIGN sebagai WNI

      salam

  12. Deploy dimane nieh pengiriman batch yg skr dateng?

  13. Tak idaman…. walau kosongan

  14. Kok utk MBTnya difoto laras meriam utamanya belum terpasang? Jangan2 salah liat

  15. selamat datang leo+IFV marder batch 2..sangat bersyukur sekali.mantaapp

  16. Silent Reader(Nyimak)

  17. Ah biasa aja,kagak geterin kayak T-90,orang Leo nya ngak ada pelurunya,beli jangan tagung2 kayak yang BMP 3 dong sdh ada amunisi nya semua,kalau ada pemberontakan di jamin yang di pake panser anoa,sm BMP 3 HIHIHI hihihi.

    • MELENGKAPI PERSENJATAAN MENJADI PRIORITAS
      ———————————————————————–
      Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu menegaskan, prioritas pengadaan alat utama sistem persenjataan tahun ini diutamakan untuk melengkapi peralatan yang sudah dibeli. Ke depan, pengadaan alutsista harus dilakukan secara lengkap.

      Hal ini disampaikan seusai mendengarkan masukan Komisi I DPR, Kamis (25/2), di Jakarta. Dalam rapat dengar pendapat itu, Komisi I melaporkan hasil pantauan 13 anggota ke Pasuruan, Jawa Timur. Dalam kunjungan kerja itu, Komisi I mendapati tank tempur utama atau main battle tank (MBT) Leopard yang dibeli pada 2012 tak dilengkapi alat komunikasi, alat bidik otomatis, dan perlengkapan pemeliharaan (toolkit). Selain itu, prasarana latihan untuk Leopard tak tersedia sehingga latihan menembak diarahkan ke laut.

      “Ke depan, tidak boleh begini lagi. Kalau yang Leopard kurang ini itu, kami penuhi dulu. Kalau Leopard saja belum terpenuhi (perlengkapannya), masak kami beli yang lain,” kata Ryamizard.

      Pada 2012, Indonesia membeli 163 tank yang terdiri dari 103 MBT, 50 tank medium, dan 10 tank pendukung. Ke-103 MBT ini terdiri dari 61 MBT Leopard Revolution dan 42 MBT Leopard 2A4. Adapun 50 tank medium adalah Marder 1A3. Pembelian tank ini bernilai 280 juta dollar AS (sekitar Rp 2,6 triliun) dari APBN 2012.

      Direncanakan, 61 Leopard jenis Revolution akan tiba tahun ini. Dari jumlah ini, sebanyak 10 unit dikirim April, sedangkan sisanya pada November 2016. Tank-tank ini adalah bagian terakhir dari pemesanan tahun 2012.

      Menurut Ryamizard, pengadaan perlengkapan untuk tank- tank Leopard ini akan diutamakan dengan produksi dalam negeri. Sebab, dengan demikian, pengadaan bisa dilakukan lebih cepat. Namun, apabila tidak memungkinkan, pembelian perlengkapan dari luar negeri pun akan dilakukan, tetapi tentu hal ini akan memerlukan waktu. Karena itu, dia tidak bisa memastikan pengadaan perlengkapan tank- tank Leopard akan rampung tahun 2016.

      Sebelumnya, Ryamizard pernah menyampaikan bahwa tank-tank Leopard tidak akan digunakan sampai kelengkapan operasional terpenuhi. Dia juga mengakui bahwa ada kekurangan seperti pada alat komunikasi dan alat pemeliharaan. Ketiadaan alat komunikasi ini bisa memengaruhi operasional Leopard.

      Kepala Staf TNI AD Jenderal TNI Mulyono direncanakan bulan depan berangkat ke Jerman untuk melihat alat komunikasi dan memantau uji senjata untuk Leopard. Apabila peralatan yang dipamerkan baik kualitasnya, TNI AD berharap bisa membeli perlengkapan tersebut.

      Masukan yang disampaikan juga terkait pembelian pesawat tempur strategis F-16. “Dulu DPR menyetujui pembelian lima F-16 yang lengkap dan baru, tapi kemudian tiba-tiba berubah menjadi 24 F-16 bekas,” tutur Wakil Ketua Komisi I DPR Tubagus Hasanudin.

      Saat ini, baru lima F-16 yang ada di Indonesia. Sebanyak tiga unit tak bisa dipakai dengan satu di antaranya terbakar saat akan lepas landas (take off) di Bandara Halim Perdana Kusuma, 16 April 2015.

      Wakil Ketua Komisi I DPR Hanafi Rais menambahkan, pembelian alutsista ke depan seharusnya dilakukan secara lengkap dengan spesifikasi yang utuh seperti rencana awal.

      “Jangan membeli tapi kurang senjata, tidak ada radar, dan sebagainya. Lebih baik membeli dengan kualitas yang utuh daripada beli secara bertahap. Sebab, ini terkait dengan efek gentar yang ingin dicapai,” tutur Hanafi.

      Selain perlu perbaikan rencana strategis dan realokasi penempatan alutsista, kata Hasanudin, perlu juga ada audit atas alutsista yang sudah ada. Pengadaan alutsista ke depannya, harus disesuaikan dengan geostrategis Indonesia.

      Sumber : Kompas Edisi 26 Februari 2016

      HAYOOOO YANG BOHONG SIAPA…..??

      ha ha ha

      • @ Prawan Rondo podo enak e

        kata ebit g ade musikus jadul …aku di suruh tanya sama rumput yang bergoyang,….ehh itu rumput malah dia diem saja bang….jadi aku harus bertanya sama siapa lagi…??

    • Mungkin untuk amunisinya nanti di bikin oleh pindad hasil,,tot sama reinmetal Ko

  18. Please no more sentralisasi aset militer di jawa.. bahwa realitanya selama ini, iyaa.. pergeseran aset2 darat k perbatasan adalah bentuk deterns kita terhadap jiran. Bukan bermaksud memusuhi, bahkan sdh bertahun2 yg lalu aset2 dari satuan lapis baja jiran (KAD) Di pangkalkan di kuching serawak. Yg kita lakukan hanya sbg perimbangan kawasan. Bahkan wilayah perbatasan RI sperti d sajingan, jagoi babang msh sangat bisa d lewati tank, sangat layak bagi pemerintah utk merealisasikannya

    • setuju bung D’boys….

    • @ D’boys

      ahh anda salah nih….aset militer tidak semuanya di jawa…,menurut aku sih di jawa hanya 40 % ..dari total aset yg ada…,sisanya di sebar ….pangkalan udara di makasar,riau,riau,sorong, kupang ..dll
      kalau di kalimantan kan sudah ada misile jevlin,..siap menghancurkan tank jiran yg nakal..
      ha ha ha

      • Maka dr itu pemerintah tdk mngumbar smua blanjaanya sprti peswat jet atw kasel, krna pnya ttangga yg suka iri. Mnding jd misteri aj tentang alutsista mh.. biar pemerintah yg atur.

  19. Moga berkah, jgn lupa rawat baek2 yaa..

  20. Tanknya pidad gak jadi jadi…??? Bikin mules…

    • Tenan akhir tahun pindad keluarin prototipe 4/akhir #jolo sutro wong sabar toh,,jangan manyun akurasinya spektakuler juga fleksibel maklum 105mm yg di usung cukup hantem lambung heavy tank dgn derajat & jarak + moncong dibuat silang tengahnya tandem…..manyussss

  21. Kog ada lagi pengiriman marder…

  22. ada yang tau Kabar tentang apc buatan pindad ?

  23. Kok yg di foto nombor 3 ngak sama yg dgn di kita punya…turret ya mngkin sama tp bodinya kok keliatan jadul banget yg dipunya kita..kurang sangar..apa cuma aku yg merasa tertipu..

  24. Apa leo ri ngak sama ya sama reo revolution..?? Jelek banget tu bodinya leo ri…lampunya depanya aja masi kayak mata kepiting..aduhh jadul banget..aku kira yg sampe benar2 leo revolution..hampa dehhh…

  25. @anto

    MALON detected …

  26. Hidup pak sby..hidup pak purnomo..trm kasih hasil karyamu telah berdatangan…kalau menhan yg sekarang hadehhhh karyanya hanya wacana dan rencana…kelihatan bingung dia..

  27. Nah yg ini ane demen, daripada kmaren APC yg dari Belgia yang umurnya dah 60th, ini mas Leo ini masih merupakan 3 tank terbaik saat ini….. entah klo dihajar kornet atau javelin… tapi setahu saya klo armornya dah naik (yg leo revo), saya kira ga akan langsung meledak palingan macet (asal kena depan yaa).
    Semoga Indonesia makin jaya dan armornya mas Leo dapet yang (DU) Depleted Uranium mirip punya mas Abram. Terbukti, kulitnya mas Bram keras bgt waktu perang irak ga satu pun yg meledak (dihajar RPG)…. OK
    Welcome mas Leo, semoga betah di RI dan selamat bertugas

    • RPG bukan tandingan MBT bung, tp klo RPG 29 double shape charges masih mungkin
      klo yg hantam ATGM msh bisa bikin minimal tank macet, armor DU ada efek samping dari radiasi yg terpapar

  28. waaaw…..ok…..berdatangan..ya…..jgn d liat seken.y tp gahar dan blueprint.y…yg .podo nyrocos ga karuan….ke laut ..aze….segala kekurangan tetep aku cinta Ri…….

  29. 1,APC dari belgia buatan dan baru di upgrade sistem suspensi dan transmisi.
    umur 60 tahun??? ini buatan 1988. ini semi hibah dari belgia dengan paket upgrade. dalam kontrak di sebutkan juga indonesia turut mendapatkan mobile SPH 155mm. harganya murah, unitnya ready to deploy. bila kelak terjadi perang, paling tidak infantry sudah memiliki tranportasi sejenis ini dan anoa. jadi sementara anoa memenuhi quantitasnya, kendaraan ini sudah siap di pakai bila terjadi konflik. lantas jeleknya di mana???
    soal kemampuan menahan peluru ya sama saja dengan anoa. soal armour ya tinggal di pasang ceramic armour toh.
    2. udah pake armour koq di bilang belom? gmn sh ceritanya???

  30. deplated uranium…

    bakal mencak pak RR sambil bilang” UANGNYA DARI MANA!?” 🙂 mngkin kira-kira begitu kejadiannya.

  31. betul bung @tefanus..jelek.y d mana….pd asal mbacot…..

  32. Gak Salah itu Bekas…

  33. LEOPARD REVOLUTION
    adalah siste paket upgrade di mana tank secara keseluruhan mendapatka perubahan bentuk bersudut agar meminimalisir impact dari peluru kinetic.

    kenapa milik indonesia berbeda dengan yang di monas?
    karena yang di tampilkan di monas adalah full upgrade and modification terhadap leopard 2A4. sedangkan kita adalah Leopard 2 revolution RI, embel-embel RI di adalah di mana tank ini menganut konsep revolution yang di INGINKAN/SESUAI DENGAN PERMINTAAN/TERGANTUNG HEPENG negara Indonesia.
    makanya punya RI pun berbeda dengan Leopard 2 revolution SG.
    jadi kalau ada yang bilang punya kita bukan revolution, berarti dia gak ngerti konsep revolution pada leopard sendiri tergantung KEBUTUHAN USER/KEMAMPUAN USER dalam mendanai project upgradenya.

    perbedaannya gak terlalu besar koq,
    1.proteksi pada lambung kiri dan kanan belakang kurang optimal( sebenarnya ini masalah sepele. tinggal pasang)
    2.kubah gak seluruhnya tertutup dengan armour. kubah pada bagian belakang.
    3.smoke screen launcher bukan di depan pada sudut kiri dan kana kubah. tetapi di samping kiri dan kanan kubah. ini sebabnya kiri dan kanan kubah tidak di pasangi armour
    4. priskop pengamatan 360 derajat pada bagian sudut-sudut kubah di tiadakan.
    5. rwcs tidak ada. (pindad sudah bisa bikin yang sama kayak di monas, jd tinggal pasang.)
    6.penempatan LRF bukan di laras. tetapi pada lambung depan.

    akhir kata, tank ini secara keseluruhan mendapat predikat PANTAS untuk bertempur 😀

  34. LEOPARD REVOLUTION
    adalah sistem paket upgrade di mana tank secara keseluruhan mendapatka perubahan bentuk bersudut agar meminimalisir impact dari peluru kinetic.

    kenapa milik indonesia berbeda dengan yang di monas?
    karena yang di tampilkan di monas adalah full upgrade and modification terhadap leopard 2A4. sedangkan kita adalah Leopard 2 revolution RI, embel-embel RI di adalah di mana tank ini menganut konsep revolution yang di INGINKAN/SESUAI DENGAN PERMINTAAN/TERGANTUNG HEPENG negara Indonesia.
    makanya punya RI pun berbeda dengan Leopard 2 revolution SG.
    jadi kalau ada yang bilang punya kita bukan revolution, berarti dia gak ngerti konsep revolution pada leopard sendiri tergantung KEBUTUHAN USER/KEMAMPUAN USER dalam mendanai project upgradenya.

    perbedaannya gak terlalu besar koq,
    1.proteksi pada lambung kiri dan kanan belakang kurang optimal( sebenarnya ini masalah sepele. tinggal pasang)
    2.kubah gak seluruhnya tertutup dengan armour. kubah pada bagian belakang.
    3.smoke screen launcher bukan di depan pada sudut kiri dan kana kubah. tetapi di samping kiri dan kanan kubah. ini sebabnya kiri dan kanan kubah tidak di pasangi armour
    4. priskop pengamatan 360 derajat pada bagian sudut-sudut kubah di tiadakan.
    5. rwcs tidak ada. (pindad sudah bisa bikin yang sama kayak di monas, jd tinggal pasang.)
    6.penempatan LRF bukan di laras. tetapi pada lambung depan.

    akhir kata, tank ini secara keseluruhan mendapat predikat PANTAS untuk bertempur 😀

    • Knp periskopnya di tiadakan bung? Dan penempatan LRF malah di hull depan? Ga mengurangi daya jangkau penglihatan si operator dgn posisi LRF yg serendah itu bung?

  35. barusan ngecek google map….ada pesawat yg lumayan gede di lanud iswahyudi. pesawat apaan ya???

  36. tank leo singapore d upgrade bagian proteksinya bung dengan lapisan armor yg lbh baru

  37. bangga sebagai warga negara karena NKRI mau menambah otot2nya untuk menjaga kedaulatan negeri ini
    klo anda tidak bangga saya sangat memakluminya karena anda asu, bukan manusia

  38. Alhamdulilah
    Yng pnting TNI sudah punya mainan MBT biar upgrade ato baru.

  39. Terima Kasih bung B.steph atas penjelasannya, disini banyak yang pinter makannya gampang menghakimi sama merendahkan. Padahal punya bangsa sendiri. Saya lebih senang punya bajaj yang speknya saya inginkan ketimbang crv punya orang yang dibangga banggakan. Salam

  40. tenang sing dan malay takut sama senjata ampuh Indonesia selain alat2 perang TNI ..msh ada 300 jtan rakyak Indonesia yg siap angkat senjata menunggu mereka kalau berani cari masalah….hehehe
    hidup NKRI..

  41. @mas dee tapi An 124-100 Ruslan ga seramping ini bung, ini terlalu ramping buat pesawat angkut… ini lebih mirip Tu16.
    emang Tu 16 msh aktif ya??
    https://mobile.facebook.com/photo.php?_e_pi_=7%2CPAGE_ID10%2C4238844276

  42. nah mending ifv marder dari pada m113 “kotak sepatu”

    saya cuma bisa bersyukur atas bertambahnya alutsista cuma saya harapkan kedepan TNI bukan hanya bisa membeli tp juga bisa merawatnya, “anggarannya” di gunakan sebaik mungkin yh

  43. ini thank menggunakan kamera thermal di balik tembok musuh bisa terlihat?..apakah demikian

  44. Good Job nih, gak pake banyak polemik, gak pake lama, gak pake banyak bantingan, langsung berdatangan, tok cer ……………. pesanan siapa ya ………….. ???

  45. mbah dollah gowo bedil . semua ada prosesnya bro … dan terimakasih untuk tni untuk semua ini atas strategi dan perencanaan persenjataan alat tembaknya udah ada tinggal nanti buat amunisi kerjasama ama rusia yang soal ramuan obat mercon tok cer . jaya selalu nkri salam indonesia raya

  46. lumayan walau bekas, silakan d bagi2 y.. d pasuruan 60 unit, d jakarta dan kota2 lainya d p.jawa d bagi rata. yg tank scorpion dn yg lbh jadul silakan d geser keluar p.jawa, siap komandan..

  47. beli leopardnya sekaligus beli 50 biji tank t72 rusia biar greget

 Leave a Reply