Jan 062018
 

FNS Tornio dengan nomor lambung 81 merupakan salah satu kapal cepat rudal Hamina-Class Angkatan Laut Finlandia. © Wikipedia

JakartaGreater.com – Perusahaan pertahanan dan keamanan Saab telah dikontrak oleh Patria sebagai salah satu pemasok utama untuk program Upgrade Mid-Life Skadron 2000 Angkatan Laut Finlandia. Patria memiliki peran utama untuk total program, termasuk perbaikan dan peningkatan empat kapal cepat rudal kelas Hamina.

Nilai kontrak Saab mencapai sekitar SEK 960 juta ($117,7 juta) dengan pengiriman di mulai tahun 2018. Saab akan memasok Sistem Manajemen Tempur (CMS) 9LV, Sistem Kendali Tembakan (FCS) 9LV termasuk pengarah kendali tembakan Ceros 200 dan pelacak tembakan Remote Weapon Station (RWS).

Patria juga telah memilih sistem komunikasi terpadu TactiCall dari Saab. Kontrak untuk TactiCall akan ditandatangani secara terpisah kemudian.

Saab juga akan menjadi bagian dari program MLU Squadron 2000, memasok torpedo ringan (lightweigth torpedo) baru ke Angkatan Laut Finlandia. Torpedo ringan terbaru dari Saab, yang sebelumnya telah dipesan oleh Angkatan Laut Swedia, adalah solusi anti kapal selam (ASW) yang fleksibel dan canggih untuk kondisi pantai.

Sebagai sistem yang fleksibel, torpedo ringan bisa diluncurkan dari kapal permukaan, pesawat terbang dan kapal selam dalam peran anti kapal selam dan anti permukaan. Ia bekerja sama baiknya baik di perairan dangkal dan laut dalam serta disegala kondisi.

“Saab telah menjadi pemasok sistem angkatan laut mutakhir ke Angkatan Laut Finlandia selama beberapa dekade. Kami telah sekali lagi menunjukkan bahwa solusi dan keahlian kami memenuhi persyaratan Angkatan Laut Finlandia dan kami berharap dapat terus memperkuat kerja sama kami dengan industri Angkatan Laut dan Pertahanan Finlandia”, kata Anders Gardberg, Kepala unit Saab di Finlandia.

Artikel ini pertama kali muncul dalam rilis pers di situs Saabgroup.com (04/01/2018)

Bagikan:

  10 Responses to “Upgrade 4 Kapal Hamina-Class Finlandia Senilai $118 Juta”

  1.  

    wah….

  2.  

    perasaan saab termasuk yang terbaik dalam hal kerjasama teknologi militer dengan pihak lain?

  3.  

    Seandainya KCR 60 TNI AL bisa dimuatti terpedo jg spt punya finlandia, maka lengkaplah persenjataannya utk peperangan permukaan, bawah air dan serangan udara yg terbatas.

  4.  

    komen duluan ah entar di duluin sama bung fnc..aming..bamboo..dll..” IVER” gimana kabarnya… hihihihihi

  5.  

    Itu kapal hampir mirip fungsinya dgn kapal patroli russia sobol yg funginya melindungi area perairan & zona ekonomi eksklusif, menggelar operasi militer, operasi pencarian & penyelamatan dgn senjata yg dimilikinya sistem artileri misil vikhr-k 4 misil, senpipan AK 30mm & senpipan mesin 14,5mm

    Hahhaahaaaa

  6.  

    Bagaimana dgn Klewang dagangan PT.Lundin+SAAB swedia kok gak santer lg beritanya?

 Leave a Reply