Agu 072018
 

Admiral Kuznetsov, kapal induk Angkatan Laut Rusia © Tass

JakartaGreater.com – Satu-satunya kapal induk milik Rusia, Admiral Kuznetsov akan di upgrade untuk membawa jet tempur generasi 4++ MiG-29K serta MiG-29KUB berbasis dek, menurut Kepala Biro Desain Nevskoye Sergei Orlov seperti dilansir dari laman TASS pada hari Senin.

“Jet tempur MiG-29K/MiG-29KUB, jet tempur Su-33 dan beberapa jenis helikopter akan berbasis di kapal tersebut. Beberapa penyesuaian akan dilakukan secara tepat untuk mengakomodasi jet tempur MiG-29K dan MiG-29KUB”, kata Sergei Orlov.

Lebih lanjut, Orlov mengatakan bahwa pilot menginginkan sesuatu yang baru, sesuatu yang lebih baik dan lebih dapat diandalkan. Sebenarnya, seluruh pesawat dan senyawa teknis sistem kapal akan dimodernisasi.

Kapal induk Proyek 11435 armada Uni Soviet, Admiral Kuznetsov ini mulai beroperasi pada tahun 1991. Kapal perang ini berbobot sekitar 59.000 ton dan memiliki panjang 306 meter. Kapal induk memiliki kecepatan hingga 30 knot.

Admiral Kuznetsov, kapal induk Angkatan Laut Rusia © US MoD via Wikimedia Commons

Sebagai bagian dari gugus tugas udara yang membawa 24-26 jet tempur termasuk 12 helikopter, Admiral Kuznetsov ini dipersenjatai dengan sistem rudal anti-kapal dan pertahanan udara, senjata artileri dan membawa senjata perang anti-kapal selam.

Kapal induk Admiral Kuznetsov memiliki sekitar 1.300 awak sementara untuk personil grup tempur udara terdiri dari 660 personel. Ini dirancang untuk keunggulan di laut dan di udara dalam area operasi armada untuk memastikan kelangsungan tempur dari armada, memberikan serangan udara terhadap target musuh dan mendukung operasi pendaratan pasukan.

Uji coba jet tempur generasi baru MiG-29K dan MiG-29KUB diatas Admiral Kuznetsov dimulai pada musim panas 2016. Pesawat tersebut adalah bagian dari grup udara kapal induk selama perjalanan ke Suriah pada tahun 2016-2017.

Pada bulan April 2018, sebuah kontrak telah ditandatangani untuk perbaikan serta modernisasi kapal induk tersebut. Biro Desain Nevskoye adalah satu-satunya institut di Rusia yang merancang kapal induk dan kapal amfibi dari berbagai kelas.

Perbaikan dan upgrade kapal induk akan berlangsung dua tahun setengah, kata Kepala Biro Desain Nevskoye Orlov.

Kemudian, kapal induk akan dikirimkan kepada Angkatan Laut Rusia yang meliputi “serangkaian uji coba yang mengesankan” kemungkinan akan berlangsung dalam tujuh bulan setelahnya, sebut Orlov.

Wakil Komandan Angkatan Laut Rusia Viktor Bursuk sebelumnya mengatakan bahwa perbaikan kapal induk tunggal Rusia telah dimulai dibulan Mei tahun ini dan Armada diperkirakan akan mendapatkan kapal perang yang telah di modernisasi pada 2021.

Selama upgradenya, kapal induk Admiral Kuznetsov diperkirakan akan dipersenjatai dengan sistem rudal pertahanan udara terbaru yakni Pantsyr varian naval.

Bagikan:

  14 Responses to “Upgrade Admiral Kuznetsov Untuk Membawa Jet Tempur Generasi 4++”

  1.  

    Asapnya itu lho….kyak Karhutla.

  2.  

    Ane nggak ikutan…lho yach.

  3.  

    Indonesia Darurat KCR dg Rudal Exocet, Gungnir, Harpoon & Tomahawk Utk Memburu Berbagai Jenis Kapal Termasuk Kapal Induk Rusia & China

  4.  

    STOBAR itu kelemahannya gak bisa muat senjata dan bahan bakar banyak2. Imbasnya yg diangkut juga gak banyak. Makanya Kuznetsov cuma bisa buat pertahanan aja. Kalo ngadepin negara yg punya kapal induk banyak pasti keteteran. Gak usah deh lawan USN, lawan Jepang aja belum tentu bisa menang. Hhhhhhhhhh

 Leave a Reply