Jul 072014
 
F-16C block 25 (photo: f-16.net)

F-16C block 25 (photo: f-16.net)

F-16 C/D Blok 25 upgrade TNI-AU semakin di depan mata. Situs TNI-AU mengabarkan, para calon penerbang telah dikirim ke Amerika Serikat untuk berlatih menggunakan pesawat hibah tersebut. Dari data yang didapat ARC, F-16 tersebut akan tiba pada akhir Juli 2014 nanti.

Dari sisi avionik, kemampuan F-16 C/D Blok 25 Upgrade itu telah mengalami peningkatan kemampuan signifikan. Dari data yang dikeluarkan Kementerian Pertahanan pada Oktober lalu, terlihat jelas sejumlah modifikasi dan peningkatan itu. Diantaranya adalah pemasangan Modular Mission Computer, Digital Video Recorder, IDM, dan lainnya. Namun demikian untuk radar tampaknya masih menggunakan standar Blok 25 yaitu APG-68 (V). Itu untuk urusan avionik. Di kokpit sejumlah sentuhan modernisasi juga dilakukan. Diantaranya pemasangan Common Color Multifunction Display, NVIS cockpit dan lainnya. Ditambah pula dengan perangkat bela diri berupa RWR ALR-69, External ECM dan lainnya. untuk lengkapnya, lihat bagan dibawah ini.

F-16H 2

(grafik: arc.web.id)

Selain upgrade kemampuan, dilakukan juga peremajaan struktur berupa program Falcon Star. Dengan program ini usia pesawat akan meningkat hingga 10.800 EFH (equivalent Flying Hours). Jika penggunaan pesawat sebanyak 200-300 EFH pertahun, maka F-16 hibah itu masih bisa digunakan antara 12 hingga 24 tahun.

(grafik: arc.web.id)

(grafik: arc.web.id)

Untuk Proyek ini Kemenhan tampaknya tidak main-main. Sejumlah persenjataan juga diborong, meski dalam jumlah yang tidak terlalu besar. Beberapa diantaranya adalah AIM-120 C7 AMRAAM, JDAM Kit, hingga JHMCS (joint helmet mounted cueing system). Namun demikian, khusus pengadaan senjata ini masih menunggu persetujuan Pemerintah Amerika Serikat.

Memang disadari F-16 Blok 25 Upgrade ini masih kalah canggih dibanding F-16 Blok 52 milik Singapura. Namun demikian, upaya ini patut diapresiasi, karena mampu mengembangkan otot TNI-AU secara signifikan. (ARC.WEB.ID)

  215 Responses to “Upgrade F 16 Blok 25 TNI AU”

  1. 1….

  2. Pertamax

  3. Mantap pertamax indonesia

    • Waduuuh melorot ke nomor tiga….hehehehe……, hp error sampai double click….., semoga awet F16 ini sampai masanya IFX selesai baru di afkir dan buat IFX 180 unit bersamaan dgn fregat nasional, kapal selam nasional dan medium tank nasional jadi negara kita kuat di segala matra….mantap

  4. Mantap

  5. Pertamax morning alll……

  6. Mantap…lanjutkan dng yg lebih menggetarkan.

  7. test…

  8. absen

  9. 10 besar

  10. Ending nya bagus tuh; TETAP Kalah canggih dari F 16 Singapore! As Always deh

    • hehhehehe :mrgreen: mosok sih bung koq anda tahu 😀

      • di atas kan di tulis begitu bung Ngurah..
        tapi ane lebih percaya penjelasan bung Ngurah, @Eric, @Nara di artikel kemaren koq
        hahaha

        salam hangat bung..

      • Yakin bung@ngurah pilot2 f16 dan f 15 upil ngga ada yang jebolan USAF weapon school? Yakin pilots upil ngga ikut ngebom di perang perang teluk 1? Yakin pilot upil ngga pernah training sama pilot Israel. Yakin pespur upil ngga beda tipis sama f16s & f15s Israel? Yakin pilots F 16 upil setara skillnya sama pilot f16 kita?? Ngga cuman dogfight loh.

        • maaf baru bales bung blackhawkdown…
          kalo skil pilot upil memang ada beberapa jebolan USAF bung tapi bukan sebagai jaminan kalo lulusan USAF mereka jago lo :mrgreen:
          kalo masalah speck elang besi kita sama elang besi nya upil ada beberapa yang bahkan diatas elang besi nya upil :mrgreen: kalo ga percaya yo monggo itu hak anda bung :mrgreen: saya hanya tukang sapu koq bung blackhawkdown

          • Bli ngurah , engken ne di benoa jarang ada kapal mampir ne , dulu ada KRI Banda Aceh aja setau gue bang , info lagi klo ada ya

          • @ngurahrai terimakasih beli! Blessed your heart

          • @ bli NR, klo masalah lulusan CS dimari jg banyak koq. kelebihan si upil mereka punya akademi AU nya disonotan under supervisi perwira2 RAAF…..cuman perwira2 tsb pernah di CEKOKIN KOPI PAIT ama joki2 di mari………he,he,he

          • hahahahaha….. bung Erich bisa aja, masih aja dikerjain orang. tentang f16 kita gimana tuh bung Erich ? Block 32 rasa 40 ama nyang block 52 exiting ?

          • jebolan usaf kan skor 1-9 lawan iaf 😆

          • @Imperfections ada bung kapal perang Weling baru masuk :mrgreen:

            @EH hehheehe makanya ane bilang ga semua lulusan USAF nya upil yang jago bung :mrgreen: salah satu nya yang pernah bung EH jamu dengan kopi pait nya 😀

      • artikelny cm bwt pngecoh…..mknya sya sll bca komen para komandan dlu…biasny plg dinas bwa pisg goreng pnas plus bgi2 kremesn ny

      • Warjagers tinggal pilih kok antara versi TNI AU (F16 C/D-52ID) kalo versi ARC (F 16 Blok 25 upgrade), monggo diyakini sesuai keyakinan anda masing-masing, kalo saya pribadi pegang versinya TNI AU lah hehehe… :mrgreen:

        wes lanjut siaga 1 lagi hehehe…. :mrgreen:

        • saya pilih yg versi tni au juga bung ps,kapan artikel ks terbarunya bung keluar,sudah ditungguin nih

          • Insya Allah abis hajat besar bangsa ini ya Bung hehehe… :mrgreen:

          • Bung putra kaltim,jgn diganggu dulu itu ndan PSnya. Lg fokus tgl 9 hehe

            Selamat bertugas ndan PS,Ndan Ngurah Rai

        • setuju bung PS saya pegang versi TNI AU, dan tambahan klo menurut keterangan kolonel Pnb. Agung Sasongkojati, pada prinsipnya F-16 C/D 52ID TNI AU menjalani The Common Comfiguration Implementation Program (CCIP) seperti dilakukan oleh F-16 CD blok 40/42 AU AS agar meningkat menjadi standar blok 50/52 yg di kutip di majalah angkasa

        • Asyiik…lanjut bung ps…mga siaga 1 nya cepet udahan ya bung

        • Sy juga ngikut bung PS az:)

        • saya pilih dua-duanya… hehehe… berarti ada 2 paket nih, satu paket F-16 C/D Blok 52ID dan satu paket F-16 C/D Blok 25 Upgrade, masing-masing paket 2 ska… mutan lagi. 😀

        • tadi dikumpulin di cilangkap ya bung PS. Kita juga jaga dilingkungan nih … h he he he

        • Setuju bung PS, setiap orang bebas percaya apa yg ingin mereka percayai. Kalau saya percaya yg speknya paling tinggi. Percaya kita punya alutsista-alutsista strategis yg gahar nan bikin ngeri beserta lini produksi nya di dalam negeri.

          Soalnya saya sudah terlanjur berdoa dan berharap agar, ” Insya Allah segala alutsista dan kekuatan yg dimiliki TNI dan bangsa, jauh melebihi apa yg selama ini saya percayai” :mrgreen:

          Lagi pula doktrin TNI pre-emptive strike ( mending gua sikat duluan ) :mrgreen: gak mungkin pakai alutsista ala kadarnya!

    • Keluar juga artikel ini…perhatian alinea terakhir…

    • radar yang digunakan masih APG-68 (V) ?? wah bisa2 aja berita dari Kemenhan ini, kalau cuma radar jadul begitu ga perlu tetangga upil upgrade semua blok 52 nya..

      • Bung DK, kalau saya bilang alutsista dari barat Kemenhan tidak terlalu merahasiakannya, toh Upil dan sonotan tinggal tanya kita beli apa saja atau upgrade apa saja. Si Upil sama Sonotan saja bantu CIA amerika untuk sadap SBY.
        kalau emang belinya APG-68 ya berarti emang APG-68 kecuali TNI-AU beli sendiri AESA dan pasang sendiri.

        Menurut saya, Yg di rahasian TNI hanya yg dari Russia dan China…

      • radar AN/APG-68 (V) di upgrade software agar meningkat kemampuannya sesuai dengan “mission computer 7000A versi M-5.

      • bung@Dk….tim mekanik untuk “ngoprek”f-16 wuih the best mekanik ibarat mobil standar mau di pasang turbo naik kelas group N atau di pasangin Noze jadi kelas dragrace…walau chasing keliatan standar

    • Mending SU30 kan? 750 jt dlr dapet tu 10 ekor SU-30 dan sudah pasti di atas Blok 52 Sing.

  11. F16 nya udah ya pak.saya rasa dah cukup.sekarang sudah saat nya untk membelikan mainan yg lebih baru dan bergigi buat TNI kita

    • jangan salah, f-16 ini bergigi loh tapi giginya masih gigi susu, tetapi jika Su35 sudah diakuisisi (semoga) gigi susu itupun berubah menjadi taring tajam yang siap mencabik-cabik mangsanya

    • Releasenya ga da lg pembelian pespur mpe ifx terbang bung…jd sabar aja ngelus dada,sambil maenin elang botak yg “seadanya..”

  12. ikutan absen

  13. gotonganya masih nunggu persetujuan ….nunggu presiden baru

  14. Ada

  15. OTOT opo..otot lembek….mending TNI podo rame2 nyemplung LAUT

    • jangan pesimis bung! itu beritanya aja yang merendah……………………kita dapat yg block 52 kok. salut buat TNI yg selalu merendah ga pamer2 kita kuat. Walaupun ga pamer TNI tetap kuat. TNI Silent but Deadly.

      • Yup bener bung Plasma, saya jadi ingat waktu tugas di Filipina dengan TNI AU. Waktu itu kita membantu warga Tacloban ngungsi ke kota Cebu akibat topan haiyan.

        Saya sempat mencoba ikut Hercules C-130 J Amerika. Didalamnya sangat bersih, prosedurnya juga ketat. Tapi yg perlu dibanggakan kita dengan pesawat hercules tua, yg didalam akan dijumpai kabel yg seliweran dimana-mana menjadi prestasi membanggakan di negeri orang.

        • Masih ingetr cerita om Jalo tentang keberanian pilot hercules kita bawa penumpang over load sampe bikin tentara amrik geleng2..
          Gimana kalo bawa F16 atau shukoi..
          Pasti lebih hebat lagi..

          • bung@erwin….pilot tni AU punya otak cerdas nyali sopir bus pantura…heee sudah pernah liat cara bawa bis nya sopir pantura jakarta – cirebon bisa 3,5 jam lo…waktu jalannya mulus..

          • Jangan bangga kalau nyetir pesawat yg overload. Pesawat apapun yg sudah disertifikasi memang bisa terbang overload. Masalahnya kalau pas take off kemudian ada engine yg fail, tinggal say goodbye.. Engine sisanya tidak punya lagi excess power untuk meningkatka speed alam sekian pesawat. Dalam sekian puluh detik kalau tidak segera mendapatkan tempat landing ya sangat fatal ..

          • Alhamdulillah, bung WH hadir lagi. Sebenarnya waktu pengangkutan kemarin tidak overload sesuai dengan daya muat. Cuman mungkin masalah kenyamanan, kalau tentara lain memikirkan itu mereka menyediakan sesuai tempat duduk yg ada, sedangkan kita kemarin semua geletak dibawah jadi bahaya juga untuk keselamatan.

          • apa khabarnya bung WH?…. Lama nggak muncul.
            Saya suka ulasan bung WH, apalagi klo membahas kedirgantaraan salah satu keahlian bung WH.

            Bung WH, klo ada waktu longgar, bs bikin artikel buat teman2 warjag. Terima kasih, maaf lgs nodong he he he….
            Salam hangat dari kamiAp

          • Bravo Bung Jalo cs bagaimanapun Anda telah menunjukkan keberanian yg luar biasa dalam ‘mission impossible’ ini (hehe) menyalurkan bantuan kemanusiaan dgn sarana yang ada, two thumbs!!
            Kondisi pesawat kita memang perlu ditingkatkan, semoga kisah heroik ini sampai ke DPR untuk lebih berkenan mengucurkan dana dalam perawatan alutsistam.

          • Terima kasih bung WH, Alhamdulillah dapat rezeki dalam misi tersebut. Kasus ini sudah saya ceritakan juga ke badan yg berkepentingan termasuk perbedaan sarana yg kita punya dengan yg lain. Saya sudah ceritakan semuanya dan beliau mengatakan bahwa memang masalah ini harus jadi prioritas dan rencana pergantian pesawat lama Insyallah akan dilaksanakan pada MEF II dan dilakukan secara bertahap. Saya cuman kasihan, dedikasi prajurit yg tinggi tidak disertai dengan sarana yg layak.

        • Bung Jalo katanya kita di tawarkan hibah lagi 10 ekor f-16 jadi ambil tidak?

          lumayan juga tu kalo di tongkrongin di pontianak , bangka belitung atau menado yg masih kosong. Ga perlu di upgrade . yg penting masih bisa terbang.

          • Nah kalau itu saya tidak tahu, semoga gak ya karena TNI punya 5 program prioritas salah satunya Zero accident, meminimalisasi kecelakaan dengan optimalisasi peralatan alutsista.

        • Rasa2nya saya pernah baca wartawan kita yang ikut hercules ke Tacloban dan sempat narsis di cockpit hercules amrik..tapi lupa bacanya di mana. Detik apa ya?

      • “Silent but deadly” ini tagline yg cocok buat hiu kencana kita bung plasma,barang goibnya susah bgt dideteksi tp ntar cilukba tau – tau muncul udah siap sikat musuh sampai habis bis bis tuh musuh hehe 😀

  16. Kemarin

  17. Kemarin tman dari TNI AU ngomong ma sy, “jangan anggap remeh loh F-16 kita…”
    😀

  18. upgrade dari F 16 block 25 menjadi block 52 ID..satu tingkat di bawah singapor…sekutu lebih diprioritaskan.

  19. AIM-120 C7 AMRAAM, JDAM Kit, dan JHMCS itu perbedaan nya apa aja bung untuk fungsi dan jarak nya?

  20. kan Kemarin udah pernah di babar sama Bung NAR

    Pas Lagi Latgab dengan Sing, F16 Blok 52 mereka selalu ke Lock sama F16 kita yang jauh dibawah mereka

    Makanya mereka merenge minta naikin ke Blok 60

    Bukan Begitu Bung Nar

  21. 21…..bioskop jkgr tlah dibuka

  22. Hayooo ada yg tau ga kenapa ni pespur ditempatinya melulu di area barat,padahal dah tau singapura mau pake f35..elangnya aja dah 52..malon dah pake sukhoi 30…tu bru jenisnya,belum jumlahnya….

  23. Alah keri terus apes………….

  24. Wah mosok avionike dibiarin jadul.. ditambah mesen amram dua biji ja mesti nunggu restu dlu.kesannya kog lugu bngt ya tni kita. Mosok kalah sm si kecil hawk yg bs bawa phyton rasanya kog gk msuk akal…Wah ane melu curiga kayaknya ni cm strategi kamuflase alutsista tni doank. Biar tetangga pd ngira pespur tni cm pespur pupuk bawang, padahl macan mingkem yg bs swktu2 mnerkam mangsa.

    • Saya kirain macannya mingkem karena malu malu kucing eh macan ding ,soale arep mringis taringe ucul pak….yang ada tinggal gigi susu ma graham..gigi seri belum ganti ma gigi seri

  25. kemampuan radar apa tidak berpengaruh saat perang jarak jauh???

  26. wkwkwkwkwk waduh bantingan mak jep tulung2

  27. Sayang speknya masih kalah ma Singapor negri yg sangat kecil, apakah dananya kurang bung @ Nara atau ada pertimbangan lain atau ga dikasih spek yg bagus ma asu.

  28. Mending beli SU 30 ? denga uang $ 750 jt bisa dapat 10 ekor SU-30 dan yg jelas di atas blok 52 sing

  29. para komandan blm da yg nongol…pd sibuk dinas ni agkny…
    jgn lp pisg goreng agt plus kremesn bwt bka pwsa yaaaaa

  30. Alhamdulullah

  31. Para sesepuh belum memberikan komentar tentang hal
    mohon pencerahanya

  32. selama ini info nya up grade ke blok 52..tp yg valid mmg di upgrade blok 25..mungkin tergantung permintaan dr dephan kali ya,otomatis klo di upgrade ke blok 52 jauh lbh mahal..menguras anggaran mendingan bli yg baru,yg jigo udeh lmyn mantep..

    • beli baru katanya cuma dapat 6 bung, sekarang dpt 24. utk 12 thn ke depan, sebagai pengisi kekosongan, selama KFX/IFX blm di buat.
      selama 12 thn tidak ada jaminan tidak akan terjadi perang,, seperti yang di bilang SBY,
      berganti kepemimpinan, berganti pula gaya nya. di khawatirkan pemimpin ke depan nya gampang emosi, dan mudah di kompori,, perang bisa saja terjadi,,

      mudah2an sih aman damai slalu, dan ekonomi kita lebih baik lagi, sehingga bisa beli yang lebih baik lagi pespur nya, sbg pengganti F 5 kita nanti nya..

    • bung@frans,,,saya yakin bahwa pembelian pesawat ini sudah melalui berbagai pertimbangan dan pemikiran yang matang baik dari sudut polotik internasional ataupun doktrin militer kita,,,analoginya,,, ada kelepon isi gula merah,kelepon isi gula putih,kelepon isi gula merah+kelap muda,kelepon isi keju,kelepon isi coklat dan kelepon isi keju,gula.susu dan coklat,,,warna dan bentuk sama tapi rasa beda. dan yang terpenting semua rasa tersebut harus di coba sehingga bisa membedakan antar satu dan yang lain,,,dan mereka yg mencoba inilah yg tahu rasanya yg sebenarnya ( colek bung Erich ) bukan seperti kita yg cuma tahu lewat mbah google hehehe salam

  33. Stuju dgn pendapat anda bung@MEF.. salam kenal bung

  34. Selera para petinggi kita setengah2,beli alutsista kok nanggung… cara pandang petinggi kita harus sgera d rubah.jangan lah kit mengaca pada negara singa dan malaya,negara kita adlah negara berdaulat.bukan negara persemakmuran ataupun negara kecil,mengacalah pada cina,india,as,dan rusia. . .karna sesungguhnya negara kita adalah negara yg besar dan kaya…kita semua harus mampu merubah cra pandang dan pola berfkirkita untk lebih maju,bukan malah berfkir mundur. . .

  35. mantap blok 52 nya

  36. Trim’s Bung Diego, request artikelnya sudah diangkat.
    bagi warjager yang muslim, selamat menjalankan ibadah puasa ramadhan.

  37. Di mana letak tot dari pembelian heli AH64D GUARDIAN.DI MANA LETAK TOT F 16 BLOK 25 DNGAN APGRAD BLOK 52— YG RADAR NYA MASIH MEMAKAI STANDART BLOK 25++ DAN KENAPA AS TIDAK MAU LANGSUNG MEMBERIKAN RUDAL AMRAM MEREKA PADA F16 TNI.sebenarnya benar petinggi kita membeleli pespur yg murah dan dpat bnyak untk memenuhi kekosngan wilayah nkri,namun pespur it di nilai kurang bertaring dan kurang berefek,dan shrusnya ptinggi kta memikirkan kekosongan dan kelemahan tni tsbt,dan harus mampu menutupinya,mengingat as dan sktunya sdikit pelit untk memberikan alutsistanya pda NKRI untuk menjamin keamanan sektu2 as yg berdkatan dngan RI dan sering bergesekan dan su 27/30 terasa masih sangat krang dlam hal jmlah untk d gunakan dlam situasi yg tidak di ingnkan

  38. orang awam menghitung beli F16 dpt 24 biji … USD750,000,000 : 24 = USD31,250,000 per biji, lifetime 10.000 jam terbang, jatuhnya di USD3,125/jam (nilai aset per jam)
    bila beli SU30 … USD750,000,000 : USD45,000,000 = 16,67 dibulatkan 16 biji, lifetime 40.000 jam terbang, jatuhnya di USD1.125/jam.
    *** cuma hitung nilai aset per jam, blom termasuk biaya perawatan, bhn bakar dll.

  39. f16 kok disamakan sukro ya beda fungsi bung….

  40. f16 kok disamakan sukro ya beda fungsi bung….tar jebol anggaran tni au dong klo dikit2 pke sukro…he…he…

    • Jebol kenapa? Masalah bahan bakar??? Indonesia adalah negara besar dan luas. Kita jangan disamakan dengan upil dan sonora. Jadi tidak masalah kalau semua skuadron berisi sukhoi.

  41. Wes wes TNI Mlempem kayak apem judule..senjatane kucing imut imut….

  42. Udahlah nggak usah Su-30 nggak apa-apa, namanya dompet kita juga tipis. Kalau digelontor ke Sukhoi berarti kita mengorbankan dana dan rencana pembelian alutsista lain dong? Kalau pakai dana lain, bagaimana dengan dana pembangunan infrastruktur, pendidikan, kesehatan, dan lain?

    Buat yang cerewet minta Sukhoi, gimana kalau harga BBM dinaikkan aja jadi Rp. 15000 per liter atau hapus aja sekalian bensin Premium sama gas 3kg? Daripada buat bayari biaya naik mobil/motor sama kompor rumah kalian, buat aja anggarannya untuk beli Sukhoi. Jangan ego kayak anak kecil mau mainan bagus terus seperti Sukhoi tanpa mau berkorban, pikir sebelum omong.

    Walaupun bekas, semoga bisa beli lagi nambah 1-2 skuadron lagi… Mungkin F-16 bisa buat jadi penjaga ruang udara NKRI dan Su-30 kita buat serang SEAD. Pembelian berikutnya harus persentaannya ditambahi.

    Saya dengar TNI-AU mau beli tanker, kapan realisai pembelian tanker untuk TNI-AU? Terima kasih infonya.

  43. Dari Press Rilis yang dikeluarkan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tanggal 17 November 2011 lalu, diberitahukan bahwa upgrade yang akan dilakukan kepada F-16C/D Block 25 hibah tersebut adalah sebagai berikut :

    Engine F100-PW-200 or F100-PW-220E
    LAU-129A/A Launchers
    ALR-69 Radar Warning Receivers
    ARC-164/186 Radios
    ALQ-213 Electronic Warfare Management Systems
    ALE-47 Countermeasures Dispenser Systems
    LN-260 (SPS version, non-PPS)
    AN/AAQ-33 SNIPER or AN/AAQ-28 LITENING Targeting Systems
    Termasuk adalah alat, dukungan dan alat uji, suku cadang dan perbaikan, publikasi dan dokumentasi teknis, pelatihan personil dan peralatan pelatihan.
    Sumber : http://www.dsca.mil/major-arms-sales/indonesia-regeneration-and-upgrade-f-16cd-block-25-aircraft

    Dari rilis data diatas tidak disebutkan apa jenis radar yang upgrade. Menurut saya ada 3 kemungkinan hal tersebut tidak di publikasi yaitu :
    1. Kemungkinan bahwa radar tidak ikut dalam paket upgrade.
    2. Kemungkinan di upgrade tetapi tidak di publikasi karena masalah radar ini menjadi rahasia negara antara Indonesia dan AS (sebagaimana pasal dalam MOU yang mengatur hal tersebut).
    3. Kemungkinan bahwa radar tersebut sama seperti kondisi saat terakhir masih dioperasikan oleh Air National Guard USAF. Dengan asumsi bahwa sebelumnya radar sudah di upgrade, karena biasanya kualitas radar yang digunakan oleh USAF lebih baik dari yang standard F-16 Block 25 yakni AN/APG-68 V(1).

    Dari 3 kemungkinan diatas, jujur saya pribadi masih ada pertanyaan yang mengganjal yaitu :
    “sebagaimana kita ketahui setiap pengadaan alutsista indonesia ada MOU yang mengatur rahasia suatu negara dalam hal pengadaan baru maupun hibah atau upgrade alutsista tertentu mengenai spesifikasi/kemampuan alat yang digunakan tidak untuk dipublikasikan. Nah,,,, dalam MOU antara Indonesia dan As apakah hal tersebut berlaku…? Dan apakah radar pespur hibah F-16 Block 25 eks USAF ini sebelumnya sudah di upgrade atau tidak…?

    Para warjager mohon bantu penjabarannya…. Trim’s sebelumnya

  44. Jkgr semua, sepertinya apa yg kita perdebatkan sudah dcerhkan oleh bung Nara pada artikel2 beliau. Terserah pada kita sih mau percaya atau tidak. Hanya saja kalau menurut sy, tidak semuanya dibocorkan disni. Sy Kira pemimpin kita menerima hibah tersebut untuk menjaga stabilitas kawasan. Kita tidak mau dianggap sebagai pemicu perlombaan senjata di kawasan. Demikian mungkin……

    • Satu ju bug AMX.
      mungkin yang masi debat di mari belum baca artikel & komen” sebelum ini bung

      salam dari kuli bangunan

    • Kontra berita ini bung,biar coolingdown dulu.
      Klo gas pol trs ntar pada hoax hoek lg bung.
      Yuk mari rapatkan barisan,siap menerima hasil tgl 9 bsk. Biar para sesepuh cepet mampir wedangan lg di warung ini hehehe

  45. selamat bertugas buat para tukang sapu, tukang2 lain, dan para satpam yg lgi ngeronda di angkasa dan samudra (dalam). moga selisih diatas 4% n maling yg masuk biar di hajar massa.

  46. Pespur kucing imut imut iso diterkam kucing garong, hehehe …

  47. Chuck Hagel nih bang kerok nya f16+Apache..

  48. Hidup NKRI..kita sayang burung imut imut,garudane cerondol

  49. Saat hari tenang , kog masih ada yg kampanya hitam di homepage JKGR??

  50. Barusan Jam 14.46 dua pespur terbang rendah melintasi sekitar Gelora Bung karno apa ya…suaranya menggelegar..seisi kantor sampai menoleh…?

    *posisi di lt 16..sampe merinding euyy

  51. Mohon pencerahannya para sesepuh apa benar bahwa setelah F-16 yg dri USAF datang tahun ini maka 10 unit F-16 Block 15 OCU.milik TNI AU yang sudah operasional di Skuadron 3 sendiri akan di upgrade oleh BAE Inggris? terima kasih
    Salam hormat saya untuk setiap personil penjaga kedualatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

  52. Melu nyengir.

  53. Wuih…pespur ikutan siaga 1 jga ndan ps…sgtu besarnya ancamanya atau emang standarisasi tni ngadepin pemilu emang kya gni ?

  54. Wah liat komen beberapa warjagers ini pendatang barukah ato SR? Sudahlah jangan terpaku artikel.. kalo kata bung Nara , jangan ditelan mentah”, dikunyah, d rasakan, baru disimpulkan.. kalo langsung di telan mentah2 ya yang ada pesimis doang.. Hanya celotehan tukang buka buku

  55. Apa mungkin ada ancaman juga dr pihak asing yg tdk menginginkan salah satu colon menang ? smpe F16 ditaro di halim

  56. Ngomong opo to koe iku le..le..

  57. Adeem.. saya……gak jadi hoex hoex..klo sliweran begini. terima kasih bung atas infornya..

    *yang di Halim…sabar yah…lagi pada mainin layangan.., colek bung eric ah…

  58. Terima saja sebagai alat penghibur dan alat utk ronda, bukan utk alat berperang. Kalo utk alat perang, tunggu kedatangan berikutnya. Percaya saja dng para pimpinan TNI kita yg sdh mulai sadar akan perannya sebagai penjaga kedaulatan dan keutuhan NKRI. Merekapun mulai sadar bahwa utk bisa menjaga NKRI itu butuh senjata yg sakti mandra guna (tidak asal senjata), yg bisa membuat musuh segan pada saat damai, dan membuat musuh takluk pada saat perang.

    • Bukan masalah cuman buat pajangan atau cuma buat ronda. Tapi apa yang sudah kita tukarkan untuk dapat hibah tersebut???

      Ingat!!! Tidak ada makan siang gratis, terlebih kalau berhubungan dengan amrik.

  59. Anda salah sekali

  60. suah marasai kah dangsamak jadi tahu hehehe salam

  61. Yang lebih lucu lagi saat anda langsung menilai tanpa membaca artikel sebelumnya
    Jangan samakan beli senjata seperti beli mobil baru bung

  62. Menurut pndapat sya,pndapat orang awam doktrin pertahanan tni di masa skarang msih kalah jauh sama masa kepemimpinan soekarno.boleh di bilang cra pemikiranya mundur.bukan hanya pada doktrin melainkan dlam kebijakan untk mempersenjatai tni pun boleh di bilang mundur.doktrin tni skarang masi menganut kebijakan doktrin lama,sama seperti doktrin kepemimpinan soeharto,yg menumpukan pertahanan pada tni ad,dan planing untk mewujudkan tni al berkelas dunia masih hanya dalam wacana.bgtu juga dngan tni au.karna pembelian alutsista tni dalam mef 1 ini sbgaian hanya mementingkan kualitas tanpa memperhatikan kwantitasnya.

    • Apakah aman jika TNI memakai doktrin soekarno disaat LCS memanas?

      • Justru kita akan aman kalau kita memakai doktrin Soekarno. Karena perang LCS akan terjadi di laut dan udara. Sedangkan wilayah laut dan udara kita luas. Bisa saja pihak pihak yang bersengketa memasuki kawasan RI dari laut dan udara.

  63. rupanya warga WARJAG lebih antusias bila mendengar kabar TNI membeli alutsista dari Jerman dan Rusia, hal ini mungkin wajar mengingat pengalaman TNI diembargo oleh ASU

  64. Arek Laguna indah melu

  65. Pelakunya sama masih juga tergiur barang rongsok…mending punya 10 su daripada 24 f16, paling tidak bisa merontokkan beberapa f22, kalau f 16 sudah jelas gugur smua…buang2 uang, bilang mau niru sukarno pula

  66. wah. kayaknya anda perluu banyak” baca artikel di belakang neh bung..

  67. semoga F-16 ini bisa gantian ngelock F-18 hornet, jangan sampe deh, tragedi Bawean terulang kembali, kok bisa ya, ada pespur asing masuk sampe sejauh itu, yang mana misal diibaratkan rumah udah bukan halaman lagi, tapi udah ruang keluarga, ckckck,,,

    • inget om, hawk kita aja udah bisa ngelock Hornet waktu di kupang.
      andaikata dapat ijin tembak dari pusat, mungkin wes ambyar tuh hornet.

      colel ndan @nara & ndan Erich

  68. f-16 upgrade adalah salah satu dari minat tni, minat yg lain belum termasuk, khan?

  69. klo mau nunggu su 35 taon 2017 br produksi tuk versi ekspornya ya musti sabar lah. 26 biji f 16 52ID cukup untuk jadi mata di udara kita. kalo di bandingkan dengan f 16 milik singapura jelas berbeda dari radar dan engine saja.yang perlu di catat kemampuan pilot kita jauh di atas rata2.

    6,000 Hrs
    2008-05-02
    Lt.Col. Mike “Brillo” Brill
    | 466 FS | 421 FS

    5,000 Hrs
    2012-03-13
    Lt.Col. Kurt R. “Lo-Tek” Tek
    | 162 FW | 162 FW

    4,000 Hrs
    2013-06-04
    Lt.Col. Tim “Peewee” Madden
    | 121 FS

    3,000 Hrs
    2014-02-06
    Cmd. Michaël “Mickey” Artiges
    350 sqn | 1 sqn | 308 FS
    2,000 Hrs

    2014-05-22
    Maj. Anjar “Beagle” Legowo(indonesia)
    3 SkU | 3 SkU

    1,000 Hrs
    2014-04-25
    Maj. Tse Chao “Ricky Bobby” Ying
    17 TFG

  70. Tadi sekitar pukul 4 sore saya melihat 2 ekor f16 sedang kejar kejaran di atas langit jakarta ( halim – cawang – pancoran ) saya yakin sekali klo itu f16 dengan mesin tunggal nya dan arsenal yg lengkap cukup jelas terlihat karna pesawat terbang cukup rendah ,,, wah ada apa gerangan , memang di jakarta ada ya pangkalan f16 , mohon pencerahan para sepuh

  71. Bung iwoy, mohon capslocknya di off kan hehehe.. entar dikira salah kaprah hehehe
    peace … salam … wkwkwkw

  72. @Bung AFN. Maaf terlalu antusias ikut menanggapi juga mencoba menganalisa. Jadi lupa. Juga mata saya sudah plus nih. Enakan nggak pake kacamata tapi kudu pake huruf GUEDHE GABAN.

  73. bung @hoaxes…ane setuju kalau untuk hawk…masalahnya hawk masih laik operasional untuk kita pergunakan kan ? mosok kita rongsok ?…kalau untuk tukino..lah,. beda fungsi bos…mission profile-nya beda.

  74. Pertanyaannya, apa yang sudah kita tukarkan untuk dapat hibah dari amrik???

    Ingat!!! Tidak ada makan siang gratis.

  75. Pertanyaannya, apa yang sudah kita tukarkan untuk dapat hibah dari amrik???

    Ingat!!! Tidak ada makan siang gratis.

  76. yang diberikan ke amerika.salam perdamaian bung dilcs dan natuna

 Leave a Reply