Oct 042018
 

Jet tempur F-16 Angkatan Udara Taiwan © Istana Kepresidenan Taiwan via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Angkatan Udara Taiwan (ROCAF) dijadwalkan menerima empat jet tempur F-16 yang akan ditingkatkan menjadi standar Blok 72 dalam enam bulan ke depan, menurut seorang pejabat militer pada hari Rabu, seperti dilansir dari laman Focus Taiwan.

Batch pertama yang terdiri dari empat unit F-16 upgrade saat ini sedang menyelesaikan uji terbang tempur oleh Aerospace Industrial Development Corp (AIDC), tutur Liu Jen- yuan, Kepala Staf Angkatan Udara Taiwan.

Liu yang menanggapi pertanyaan dari para anggota parlemen tentang kemajuan dalam modernisasi jet tempur F-16 A/B menjadi F-16V oleh Kementerian Pertahanan Taiwan.

Keempat jet tempur adalah bagian dari program pemerintah senilai TW $ 110 miliar atau sekitar US $ 3,64 miliar untuk meluncurkan upgrade domestik yang mengubah 144 unit armada jet tempur F-16A/B Taiwan menjadi standar F-16V Viper itu adalah upgrade terbesar dan paling penting yang pernah dilakukan oleh ROCAF (Angkatan Udara Taiwan).

Untuk melaksanakan upgrade secara lokal, sang produsen jet tempur Lockheed Martin mengirimkan insinyur ke Taiwan tahun lalu guna membantu melatih personel lokal di AIDC tentang cara melakukan upgrade tersebut.

Menurut AIDC, program retrofit itu memasang peralatan canggih ke dalam jet tempur, termasuk integrasi sistem radar AESA yang saat ini digunakan pada pesawat F-22 dan F-35 AS.

Jet tempur F-16V Viper bisa dipersenjatai dengan berbagai jenis rudal udara-ke-udara (AAM), termasuk rudal jarak pendek AIM-9 Sidewinder, Magic II dan ASRAAM, serta rudal jarak menengah AIM-7, Sky Flash dan AIM-120. Rudal udara-ke-udara jarak jauh dipandu infra-merah seperti AIM-9X, Python IV, AIM-132 ASRAAM dan IRIS-T juga akan dapat digunakan.

Selain itu, pesawat ini juga mendukung integrasi rudal anti-kapal AGM-119/AGM-84/ AGM-65G, dan rudal udara-ke-darat taktis AGM-65 Maverick, serta bom berpanduan laser Paveway dan bom GBU-15.

  2 Responses to “Upgrade F-16V Taiwan Akan Dikirim 6 Bulan Lagi”

  1.  

    test

 Leave a Reply