JakartaGreater.com - Forum Militer
Mar 142018
 

Jet tempur generasi kelima, Chengdu J-20 buatan China. © V587wiki via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – China akan terus memperbaiki dan juga mengupgrade jet tempur siluman mutakhir, Chengdu J-20, guna memberi lebih banyak kemampuan daripada hanya menembus jaringan pertahanan udara musuh, menurut perancang utama yang dilansir dari laman People’s Daily Online.

Yang Wei, seorang wakil direktur sains dan teknologi di Aviation Industry Corp of China dan seorang akademisi Chinese Academy of Sciences, mengatakan kepada China Daily dalam sebuah wawancara eksklusif bahwa perancang akan mengembangkan varian “radar-evading” dari Chengdu J-20 dan akan membuka penelitian untuk penggantinya – jet tempur generasi keenam.

“Kami tidak puas dengan apa yang telah kami capai sekarang, Kami akan mengembangkan J-20 ini menjadi keluarga besar dan terus memperkuat  pemrosesan informasi dan kapasitas kecerdasnya. Pada saat yang sama, kami akan memikirkan pesawat tempur generasi berikutnya yag sesuai persyaratan masa depan bangsa”, kata Yang.

Perancang tersebut memberikan pendapat di sela-sela sesi pertama Kongres Nasional Nasional ke-13 di Beijing. Dia adalah wakil dewan legislatif nasional.

“Di masa lalu, kita harus mengikuti jalan orang lain ketika merancang pesawat militer karena kemampuan penelitian dan pengembangan kita primitif dalam hal tersebut, tapi sekarang kita telah mampu merancang dan membuat apa yang kita inginkan”, katanya.

Perancang senior tersebut mengatakan bahwa J-20 adalah jet tempur terbaik di China, sehingga akan digunakan pada momen paling penting selama perang.

“Tentu saja, ini akan ditugaskan untuk menembus jaringan pertahanan udara, tapi itu tidak akan menjadi satu-satunya misinya. Ini pasti memiliki banyak fungsi. Bagaimana kita akan menggunakannya bergantung pada skala produksi dan penggelarannya”, jelas Yang.

J-20, pesawat tempur generasi kelima pertama buatan China, melakukan penerbangan perdana pada Januari 2011 dan diumumkan pada bulan November 2016. Ini adalah jet tempur siluman ketiga di dunia yang memasuki layanan, setelah F-22 Raptor dan F-35 Lightning II Amerika Serikat.

Ini telah dikirim untuk ambil bagian dalam serangkaian latihan tempur bersama dengan jet tempur canggih lainnya milik Angkatan Udara China dan berlatih manuver tempur jarak jauh di luar jangkauan visual selama latihan, menurut Angkatan Udara PLA.

Selain Chengdu J-20, AVIC menguji Shenyang J-31, jet tempur generasi kelima lainnya, dan ingin menggunakannya untuk memanfaatkan pasar internasional bagi jet tempur canggih. Angkatan Udara telah menjelaskan bahwa mereka tidak akan mengekspor jet tempur siluman J-20.

Bagikan :

  83 Responses to “Upgrade Kemampuan Chengdu J-20 China”

  1.  

    mulai bermain di pespur generasi ke-6 ya?

    •  

      Pengamat disini pintar2 hihi tpi mereka ga tw siapa desainer j 20,j31,jf 17 … YANG WEI insinyur jenius china beruntung disaat yg tepat dari ribuan insinyur dunia lahir beliau umur 15 th sudh pegang gelar doktor dan lulusan amrik ,twnya kw,kw,kw hemhhhh blm tw anda siapa yang wei hihihi

      •  

        gw bukan pengamat loh ya…..silakan skroll dari atas ke bawah apa ada komen gw meragukan J-20 ?

        btw tuh Yang Wei siapa tuh…..boleh minta nomor HP nya ??

      •  

        Kirain siapa, hhhhhhhhhh… Levelnya masih jauh dibawah Mr. B.J. Habibie baik soal kepakaran maupun keilmuan bahkan hingga Paten. Ente ngobrol sama orang2/ahli dirgantara dunia tentang Yang Wei belum tentu ada yg kenal. Coba ente ngobrol tentang Mr. Habibie di LM, Bombardier, Boeing, hingga Airbus semuanya bakal kenal sama beliau.

        •  

          U yg gak tw

          •  

            Oh, Really??? Coba sebutkan apa hasil penelitian atau pengembangan yg udah dilakukan oleh Yang Wei??? Selain dapet gelar S3 diusia 15, gak ada yg lain. Bahkan di level itu Kim Ung Yong juga lulus PhD diumur 15 tahun dan diumur 8 tahun sudah bekerja untuk proyek penelitian di NASA. https://www.gradschoolhub.com/10-youngest-people-ever-to-achieve-a-doctorate-degree/

            Tapi Mr. Habibie beda, dia bisa memberikan teori The Habibie Factor, Habibie Theorem dan Habibie Methods yg membuat kita bisa menghitung bagaimana keretakan pada sebuah pesawat terjadi karena fatigue pada rangka dan bodi hingga pada susunan terkecil/atom-atomnya. Umur 26 Mr. Habibie menyelesaikan gelar S3nya Dr.Ing dan diumur 36 sudah menjadi Vice President of Messerschmitt-Bolkow-Blohm, cikal bakal dari Airbus. Jelas kalah mentereng lah sama Mr. Habibie dan Mr. Kim Ung Yong.

          •  

            Yang wei dianggap pahlawan karena berhasil fly -by-wire secara elektronik ditengah embargo barat

          •  

            Yang Wei mengembangkan Fly by wire untuk pesawat tahun 98, sedangkan Mr. Habibie sudah menerapkannya pada N-250 tahun 95. Jadi apa yg istimewa??

          •  

            Ditengah embargo barat kok pesawat sipil dengan jet tempur sama ya?

          •  

            Apa sih yg membedakan fly by wire untuk pespur dan pesawat sipil?? Bukannya fungsinya sama saja ya.

        •  

          Diembargo usa dan barat ga ada bahannya disono buat sendiri jika disini khan bisa beli ke amrik,jerman,prancis tuch bahannya kayax nurtanio mesinnya dari spain,dll ini c yangwei bisa beli ke mana2 mandiri buat semua sendiri gto lho

          •  

            Betul mig rusia mang gue baca di jejak tapak tentang yang wei hahahaha

          •  

            Yg membuly j 20 harusnya berpikir cerdas mana ada pesawat asing bisa lewati wilayah udara korsel yg dijaga ketat amerika dan korsel tanpa mereka deteksi? Patriot,thaad,pespur siluman f35,f22 dll sdang berlatih j 20 terbang mengintai tak ketahuan masih dianggap kw hihihihi ,masa china berkoar koar dah lewati korsel namanya juga rahasia dan pengintaian diam2 jika diumumkan dulu dah ditembak jatuh dong ,rusia aj jika bukan pesawat siluman ga berani lewati wil udara korsel

          •  

            Wilayah udara Korsel apa ADIZnya Korsel. Ane gak yakin tuh pespur bisa nyelonong sampai wilayah udara Korsel.

  2.  

    Kemarin kayaknya ada yg alergi dg kata “keluarga besar” ya. Ada yg tau perkiraan RCS J-20 berapa?? Mungkin sebesar 0,5 M2 kali ya.

  3.  

    Kalo Gitu Pilih Aja Gripen E Yg Konon Katax Bisa Ngalahin Pespur Siluman China

  4.  

    Bagi yg py kantong pas2an silahkan beli, alternatif Gen-5 dgn harga kompetitif sesuai budget yg pas2an!he3

  5.  

    Mesin cina mana ada kuatnya diesel aja belum 3 bulan dibeli pln sbg pltd dah rontok apalagi jet tempur

  6.  

    Generasi selanjutnya? Gen 6 mksdny?
    J20 aja masih membingungkan gmna kemampuannya,apakah masih trkendala teknis mesinnya.. Lalu mau langsung masuk Gen 6 biar diatas F35 gtu ya rencananya.. Klo boleh J20 block kedua dikirim deh satu untuk Indonesia.. Tapi sebagai pesawat siluman pengebom.. Biar sperti B2 Spirit. Hehe… J20 aja ukurannya segenter gitu kurang porposional.. :v lebih cocok dijadikan pengebom strategis dgn mesin jet.

  7.  

    test

  8.  

    Blm tw anda siapa yang wei?? Hahaha blh sesuka hati anda bilang apapun wait n see

  9.  

    kalau turun artikel beginian orang ramai mencela apapun produk “berbau” Cina…yg jd ironi kita sendiri masih jauh dari apa apa untuk menjadi bisa…
    ada kata keren : bad artist copy, good artist steal…

    seperti Honda diawal kemunculannya orang barat meremehkan karna jauh dari produk barat macam HD…
    tp yg namanya teknologi pasti akan terus berkembang

    #bukansales

    •  

      Hp huawei mate 10 sangat berkualitas harganya 11 juta dan sebentar lagi iphone kesalip jdi no 2 dunia,padahal awalnya kurang bgs,tpi sekrg 5 besar dunia 3 dari china,mobil juga tinggal selangkah lagi wong volvo dah diakuisisi jdi bicara kualitas ga bkal diragukan lagi volvo… .

    •  

      Dicela sama kita dah merayap no 3 didunia pengekspor senjata biar bru 5% pasar dunia tpi khan lumayan bru muncul 30 th terakhir lho ,mereka tak mengcopy total tpi mencampur teknologi barat,rusia dan sendiri daya jangkau,radar,daya ledak dll disempurnakan. ,apalagi teknologi rudalnya sangat majju, pasar asia selatan dah beraluh ke china secara bertahap ,ke asteng,timteng,africa,amerika latin dll trus berkembang pesat

 Leave a Reply