May 112017
 

Tank Leopard 2 Next Generation di staand Aselsan IDEF 2017, Istanbul Turki (Tim Fish @sweeneygov)

Dalam pameran peralatan militer dan pertahanan IDEF 2017 di Istanbul Turki, Stand Aselsan memamerkan tank Leopard 2 Next Generation. Diduga, Aselsan yang memenangkan tender upgrade 200 main battle tank Leopard 2A4 Turki menjadi Leopard 2 NG. Sebelumnya pemerintah Turki telah menyiapkan anggaran USD 500 juta, untuk upgrade MBT 2A4 (Jerman) dan M60A3 (Amerika Serikat).

Pada bulan Januari 2017, lima perusahaan Turki bertarung untuk tawaran upgrade MBT tersebut yakni : Aselsan, Roketsan, produsen kendaraan tempur BMC, Otokar dan FNSS.

MBT Altay, Otokar di IDEF 2017, Istanbul (Tim Fish @sweeneygov)

Yang menarik dalam display statik di Stand Otokar, tidak ada MBT Leopard 2 NG, melainkan hanya MBT Altay yang merupakan buatan dari Otokar. Diduga proyek upgrade MBT 2A4 Turki, dimenangkan oleh Aselasan.

Pada 18/1/2016 tim dari produsen peralatan pertahanan Aselsan juga sempat berkunjung ke Indonesia untuk menawarkan investasi di Indonesia. Mereka bertemu dengan Menteri Perindustrian Saleh Husin di Jakarta, Senin,18/1/2016.

“Kami melihat Indonesia sebagai pusat Asia. Jadi kerja sama ini sangat penting bagi perusahaan dan negara kami,” kata Kagan Manekse, Manajer Pengembangan Bisnis dan Pasar Asia dan Pasifik Aselsan.

Kagan mengatakan pada dasarnya kerja sama antara kedua negara sudah berjalan, dan yang akan dilakukan adalah peningkatan di bidang persenjataan.

Bisa jadi Aselsan ingin menawarkan kerjasama dengan PT Pindad untuk upgrade bagi MBT Leopard 2A4 Indonesia. Namun hingga kini belum tahu kelanjutan dari hasil kunjungan Aselsan ke Indonesia.

  11 Responses to “Upgrade MBT Leopard 2A4 Turki”

  1. Test…

  2. Up

  3. bukannya bisa jadi lagi

    harus jadi

  4. mirip 2A4 RI

  5. Semua jenis alutsista rata2 bs diupgrade yg diuntungkan tetap negara pembuat karena mereka terus mengembangkan teknologi, yg merugi hy konsumen bila tak ada dana beli baru, mereka harus upgrade bila tak ada dana jg ya jd barang rongsok karena teknologi terus berkembang! Jd bagaimana posisi RI tergantung pengambil keputusan yg berwenang, gak ada lg judul “Tousand Friend Zero enemy” klu minim pertahanan disegala bidang tetap saja dilecehkan dan dirampok bahkan oleh tetangga terdekat sekalipun!

  6. Suatu waktu PT Pindad bakal kerja sama dengan Turki bikin tank MBT…Bisa jadi altay ditawarin turki

  7. Nah betulkan..leo kita …juga kecipratan…

  8. Cocok Jika Rantai Tank Leopard dipasang pada Tank Medium kerja sama Turki Indonesia

 Leave a Reply