Sep 092018
 

Jet tempur multiperan Su-30SM Angkatan Udara Rusia © Kemhan Rusia via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Modernisasi pesawat tempur multiperan Su-30SM Flanker-C akan dilengkapi dengan mesin turbojet seperti pada Su-35S, menurut keterangan produsen mesin UFA (ODK-UMPO) dalam makalahnya yang diserahkan ke kontes Aviastroitel of The Year, seperti dilansir dari laman Air Recognition.

“Untuk menyatukan mesin yang dipasok ke pesawat Su-35S Angkatan Udara Rusia produksi Irkut Corporation, Sukhoi Company dan ODK-UMPO terlibat dalam Penelitian dan Pengembangan (Litbang) untuk memodernisasi armada jet tempur Su-30SM dengan mesin AL-41F-1S”, katanya.

AL-41F-1S yang disebut juga sebagai “artikel 117S” merupakan mesin turbofan dual poros modular dengan thrust vector control (TVC) dan kontrol digital terpadu. Mesin tersebut menawarkan daya dorong afterburner penuh sebesar 14.000 kgf.

Mesin turbojet AL-41F-1S dalam pameran dirgantara MAKS 2017 © Air Recognition

Jet tempur multirole dan super manuver Su-30SM ini dilengkapi dengan phased antenna array radar dan sirip horizontal dibagian depan. Untuk saat ini, Su-30SM masih menggunakan mesin AL-31FP yang merupakan pengembangan dari mesih AL-31F dasar yang dibedakan oleh adanya pendorong yang dapat dikendalikan dan peningkatan sumber daya.

Su-35S adalah jet tempur multirole generasi 4++. Dilengkapi dengan mesin AL-41F-1S yang mampu mengembangkan kecepatan supersonik tanpa augmentasi.

Berbagi

  8 Responses to “Upgrade Su-30SM Akan Bawa Mesin AL-41F-1S”

  1.  

    Busyet dah… ternyata akibat perdebatan kemaren admin JKGR mencari informasi mengenai mesin AL-41F-1S 😆 hahaha… mantap min, tengkiu yaa

  2.  

    Untuk berikutnya jet tempur su30 MK2 Indonesia bisa di apgret pakek mesin turbo fan AL-41F-1S pasti tambah moncer. Mudah-mudahan badjet sudah terprogram

  3.  

    di mesin itu fungsinya apa sajaa ya,, kok banyak banget pipa pipanya itu pipa semua apa kabel di bungkus pipa yaa, itu pipa oli apa pipa gas yaa sepertinya ada pipa yang di bungkus isolasi seperti pipa untuk AC apa itu pendinginnya juga pake freon yaa

 Leave a Reply