Agu 142018
 

Kendaraan tempur lapis baja BMP-3 dalam sebuah parade di Moskow © Vovan via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Salah satu sumber militer AS telah mengungkapkan rincian proyek unik untuk mengkonversi tank tempur utama M60A3 Patton guna disimulasikan sebagai kendaraan tempur infanteri (IFV) BMP-3 Rusia, seperti dilansir dari Defence Blog.

Program konversi itu disebut sebagai BMP-Surrogate (BMP-S).

Pada tahun 2000, Rock Island Arsenal yang ada di Illinois telah mengubah 10 lambung tank tempur utama M60A3 Patton untuk mensimulasikan kendaraan tempur infanteri modern BMP-3 Rusia.

Sebuah menara seberat 15.000 pon telah dibuang dari lambung tank M60A3 (sejumlah sumber melaporkan bahwa itu adalah lambung M48) dan diganti kemudian dengan body pengganti yang mirip dengan Boyevaya Mashina Pekhoty (BMP) Rusia, sekarang lebih dikenal sebagai BMP-3.

AS konversi tank M60A3 menjadi BMP-3 © Kits & Coffee via Defence Blog

Kendaraan tempur pengganti BMP-3 sedang di cat © Kits & Coffee via Defence Blog

Kendaraan tempur pengganti BMP-3 yang sudah jadi © Kits & Coffee via Defence Blog

Setiap arsenal BMP-S yang sedang dibangun terdiri dari lambung M60 dan drive train dengan seperti BMP-3 yang ditempatkan di atasnya. Berbagai saluran pipa serta kabel sedang ditambahkan untuk menghasilkan pencitraan panas yang sama dengan BMP-3. Namun sayangnya semua senjata dan perangkat keras yang terpasang tersebut tidak akan beroperasi.

Kendaraan pengganti BMP yang didasarkan pada lambung M60A3 ini dirancang untuk mensimulasikan kemampuan tempur infanteri lapis baja musuh potensial dalam latihan. Ini dapat dioperasikan dengan atau tanpa awak, tergantung pada kebutuhan latihan.

Kendaraan tempur infanteri M113A3 dikonversi menjadi BMP-2 Rusia © Mark Cleghorn via Defence Blog

Proyek serupa di Angkatan Darat AS bukanlah rahasia. Sebelumnya dilaporkan tentang perbaikan 14 unit M113A3 menggunakan turret modifikasi dari kendaraan tempur M2A2 Bradley dan dengan modifikasi visual, yang membuatnya kendaraan mirip dengan BMP-2 Rusia.

Kendaraan imitasi itu digunakan untuk mensimulasikan kemampuan senjata, melalui keterlibatan dalam simulasi taktis mewakili sebagai pasukan lawan (disingkat OPFOR atau pasukan musuh), biasanya untuk tujuan latihan dalam skenario permainan perang.

Bagikan:

  2 Responses to “US Army Ungkap Rincian Konversi Tank M60 Jadi BMP-3”

  1.  

    Ini yang bodoh militernya apa yang modif ya? Mau dijadikan lawan dalam simulasi perang koq peralatan dan senjatanya gak bisa dipake sih? 😆 wkwkwkwk

    Apa mereka masih trauma karena babak belur dihajar Su-35 Rusia dalam simulasi sehingga senjata yang ada pada BMP-3 KW tersebut cuma buat fantasi aja, sehingga militer AS bisa menang telak gantian 😆 wkwkwkwk

  2.  

    mungkin hanya untuk mendapatkan “heat signature” nya, karakteristik desainnya. mungkin lho ya.hehehe

 Leave a Reply