Mar 052018
 

Simulasi senjata laser dari kapal induk Angkatan Laut AS. © Courtesy Youtube

JakartaGreater.com – U.S. Navy atau Angkatan Laut AS telah memberi kontrak tahap awal sebesar $ 150 juta pada Lockheed Martin guna mengembangkan senjata laser kapal untuk “menyilaukan” kawanan drone dan menghancurkan perahu musuh.

Ini adalah “titik balik” dalam upaya puluhan tahun Angkatan Laut AS mengembangkan senjata laser untuk kapal permukaan, tutur Ian McKennie, pemimpin pengembangan bisnis Lockheed untuk sistem laser. Ia pun menambahkan bahwa kontrak senilai $ 150 juta tersebut bisa mencapai $ 942,8 juta dengan beberapa pilihan.

Lockheed berencana untuk mengirimkan dua sistem tersebut ke Angkatan Laut AS di tahun fiskal 2020. Satu akan dipasangkan ke kapal perusak kelas Arleigh Burke untuk pengujian dan satu lagi akan digunakan untuk pengujian darat di White Sands Missile Range di New Mexico.

“Program HELIOS adalah yang pertama dari jenisnya”, kata Michele Evans, wakil presiden dan general manager di Lockheed.

Evans menjelaskan bahwa HELIOS tersebut mengintegrasikan senjata laser, [ISR] jarak jauh dan kemampuan kontra UAS, dan secara dramatis akan meningkatkan kesadaran situasional serta pilihan pertahanan berlapis yang tersedia untuk Angkatan Laut AS.

“Target utamanya adalah perahu (kapal kecil) dan, yang lebih penting lagi, pesawat tak berawak berukuran kecil”, kata McKennie dalam sebuah konferensi telepon.

Dia enggan untuk mengungkap spesifikasi khusus dari efek “mempesona” dari HELIOS, namun mengatakan bahwa sistem dirancang untuk membingungkan atau membatasi kemampuan drone yang menargetkan kapal Angkatan Laut AS.

Tulisan lengkap dari artikel dapat dilihat pada situs Military.com.

Bagikan:

  31 Responses to “US Navy Beli “HELIOS” demi Tangkal Drone dan Perahu”

  1.  

    Senjata kok aneh aneh,.. yg aneh aneh aja ga pake senjata canggih

  2.  

    senjata laser sangat mematikan dg kecepatan cahaya sulit untuk mengelak bahkan jangkauanya bisa sampai luar angkasa, tapi tidak bisa menggantikan peran rudal yang bisa mengikuti target meskipun target berada dibalik gunung

    •  

      Itu hanya masalah diinstal dimana tuu laser…kalo artikel dah jelas untuk drone kapal…!!!
      Kalo mau maen dibalik gunung gunungan yaa harus diinstal pada yang bisa terbang…mungkin drone yang dipasang laser…lihat keadaan situasi dan kondisinya…baru menerapkan strategi dan pengunaan sista yang tepat…!!!

    •  

      tapi tetap saja yang namanya sinar nggak bisa belok belok, kalau targetnya terbang zig-zag dengan kecepatan tinggi? rudal lebih ampuh dalam hal ini

      •  

        Laa ngapain dia belok bung….situ angap aja laser kayak senter…terus sorot dia belok ikutin…selama daya(daya)kuat jarak bukan masalah…apalagi kecepatanya…kalo rudal kecepatan mach…kalo laser kecepatan cahaya…dan itu kecepatan tercepat yang diketahui manusia…!!!

  3.  

    Teknologinya bagus, tapi saat ini masih membutuhkan daya yang sangat besar…

    •  

      Kapal induk USN Udah pake tenaga nuklir semua, gak masalah kalo buat suplai Helios.

      •  

        Sayangnya HELIOS yg dipesan bukan utk induk kapal bung, karena dipasang di Arleigh Burke dan uji coba darat.

        •  

          Padahal Di Situ Sudah Tertulis Lho. Lockheed berencana untuk mengirimkan dua sistem tersebut ke Angkatan Laut AS di tahun fiskal 2020. “Satu akan dipasangkan ke kapal perusak kelas Arleigh Burke untuk pengujian dan satu lagi akan digunakan untuk pengujian darat di White Sands Missile Range di New Mexico.”

          •  

            “Target utamanya adalah perahu (kapal kecil) dan, yang lebih penting lagi, pesawat tak berawak berukuran kecil”, kata McKennie dalam sebuah konferensi telepon.

            Biasanya sangat pede bakal bisa menembak jatuh rudal hypersonic sekalipun…

    •  

      Laaaa….rusia aja bisa buat reaktor mini buat dronnnneeee…napa malon engak bisa …..!!!!
      Kan tingal beli sama rusiah tuu droneee yang pake nuk….terus instal laser…jadi…beres urusanya…!!!!yang pentingkan…$$$…..

  4.  

    kalau tidak bisa aneh aneh seperti di link di bawah ini pastinya kenapa ya
    ada yang bisa bantu

    >>>https://jakartagreater.com/india-butuh-apache-demi-lindungi-perbatasan/

  5.  

    bentar lg jg ada yg bikin anti dot nya neh …
    kalo dlm dongeng filem kartun ditangkal pake cermin ajaib !!!
    tinggal cari empu jagoan bikin cermin sakti …

  6.  

    Test

  7.  

    Paslah saat malam tahun baruan bs dipake nih laser jd perta laser berbarengan pesta kembang api.he3

  8.  

    “Lockheed berencana untuk mengirimkan dua sistem tersebut ke Angkatan Laut AS di tahun fiskal 2020. Satu akan dipasangkan ke kapal perusak kelas Arleigh Burke untuk pengujian dan satu lagi akan digunakan untuk pengujian darat di White Sands Missile Range di New Mexico.”

    Jadi tahun 2020 pun mungkin belum dipasang pada kapal induk…

    “Target utamanya adalah perahu (kapal kecil) dan, yang lebih penting lagi, pesawat tak berawak berukuran kecil”, kata McKennie dalam sebuah konferensi telepon.

    Tidak ada informasi dalam artikel diatas rudal, jet tempur dan kapal permukaan besar sudah termasuk dalam target…

  9.  

    Yg lain sdh pakai laser, kita pake senter aja cukuplah. Yg penting sama2 nyorotnya….

    Wkwkwkwkwkwkwk

 Leave a Reply