Apr 022018
 

Formasi jet tempur siluman F-35A Angkatan Udara AS. © US Air Force via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Lockheed Martin harus mampu untuk mengurangi biaya operasi dan biaya perawatan jet tempur siluman generasi kelima F-35, menurut Kepala Staf Angkatan Udara AS pada tanggal 29 Maret 2018 seperti dilansir dari majalah National Defense.

“Apakah biaya keberlanjutan O&S menjadi perhatian utama saat ini? Tentu saja”, kata Jenderal David Goldfein saat pertemuan dengan para wartawan pertahanan di Washington, DC

Angkatan Udara AS (USAF) berharap untuk bisa mengurangi label harga pemeliharaan jet tempur F-35 agar sebanding dengan biaya pemeliharaan pesawat tempur generasi keempat seperti F-16 atau F-18, jelasnya.

Namun, Goldfein mendorong kembali saran untuk pengurangan biaya Operasional & Pemeliharaan, jika tidak dijinakkan, itu dapat menghasilkan pengurangan sepertiga dari rencana pembelian F-35, seperti yang baru-baru ini dilaporkan oleh Bloomberg.

“Memang terlalu dini untuk kita berbicara tentang pembatasan setiap pengadaan atau pembelian apa pun karena apa yang mungkin kita bicarakan benar-benar baik di masa depan. Hanya saja tidak benar bahwa pihak kita berniat untuk mencari pesawat lain di bawah program saat ini”, tambahnya.

Angkatan Udara telah menyatakan rencananya untuk membeli 1.763 jet tempur varian F-35A dengan kemampuan lepas landas dan mendarat secara konvensional.

Dalam sebuah pernyataan, pihak Lockheed Martin telah mengatakan pihaknya berbagi tujuan bersama USAF untuk menurunkan biaya pemeliharaan dan mereka yakin kalau itu bisa mereka kurangi ke tingkat yang akan sama dengan atau lebih rendah daripada biaya pemeliharaan jet tempur generasi keempat.

“Lockheed Martin berinvestasi dalam beberapa inisiatif untuk menurunkan komponen keberlanjutan F-35 dan terus bermitra dengan Kantor Program Bersama untuk mengurangi keseluruhan biaya operasional dan juga biaya pemeliharaan”, sebut pernyataan itu.

Lockheed Martin berharap untuk melihat tren pengurangan biaya serupa seperti yang telah terlihat dengan biaya produksi saat program pemeliharaan matang dan armada operasional tumbuh. Melalui skala ekonomi, perbaikan sistem dan proyek pengurangan biaya, Lockheed berharap dapat meningkatkan kesiapan dan menurunkan biaya secara signifikan.

Mengurangi label harga ke tingkat yang setara dengan pesawat warisan juga penting bagi Korps Marinir, Angkatan Laut dan mitra internasional yang semuanya berencana secara kolektif untuk membeli ratusan jet tempur siluan F-35, terang Goldfein.

Berbagi

  14 Responses to “USAF Ingin Biaya Perawatan F-35 Bisa Semurah F-16”

  1.  

    Gampang jgn pakai cat anti radar cukup pake cat duco yg dipakai otomotif,he3.

  2.  

    nyerah ?

  3.  

    terjebak tank tigernya nazi jerman

  4.  

    LM: sak enak udele wae

  5.  

    Lebih banyak kerja di kandang daripada di lapangan

  6.  

    jawaban pabrikan :

    “yaa entar dulu boss !!! … kalo biaya² investasi, desain, riset development, test dll. sdh bisa balik modal, boleh lah kita nego lagi harga spare part, maintenance & harga pswt nya …”

  7.  

    Lebih baik dibuang aja f35, tidak perlu tipu2 lagi dan bikin propaganda, masa tega amat teman sendiri mau dimakan?

    😎

  8.  

    Gampang… ganti saja F-16V namanya menjadi F-35V

  9.  

    Gitu aja kok pada repot sihhh…
    Pengen f35 pwrawatan seharga f16. Ya kalau ada onderdilnya yang rusak ganti aja pake onderdil f16. Tukang servis nya pake yg biasa servis f16. Dijamin dah.. harga perawatannya akan sama dengan f16. Betul kan?, sodara-sodara. Xixixi..

  10.  

    Betulll

 Leave a Reply