USAF Ingin Warnai F-16 Agressor Bercorak Su-57

9
39
Jet tempur siluman F-35 (atas) dan jet tempur F-16C (bawah) dengan corak warna seperti Su-57 Rusia © 57th Wing Commander via Facebook

JakartaGreater.com – Angkatan Udara AS telah mengumpulkan koleksi mengesankan dari pesawat “Agressor” yang dicat agar tampak mirip dengan pesawat Rusia, Iran hingga China selama beberapa dekade, menampung mereka di pangkalan yang membentang dari Alaska hingga ke Florida, seperti dilansir dari laman Sputnik pada hari Kamis.

Skuadron Agressor F-16C ke-64 Angkatan Udara AS yang berbasis di Pangkalan Angkatan Udara Nellis di Nevada akan dihiasi dengan corak cat kamuflase “pixel digital” gaya Su-57, menurut konfirmasi Komandan Brigade Wing 57, Jenderal Robert Novotny.

Dalam sebuah posting yang diterbitkan di halaman Facebook-nya disertai dengan beberapa rendering pesawat, Novotny berjanji akan segera menerbitkan pesawat yang sedang dilukis, dan bahwa jet baru itu sendiri akan “segera” diluncurkan.

Nellis AFB melakukan pengumpulan skema warna untuk jet tempur F-16C akhir tahun lalu, memungkinkan pengguna internet untuk mengajukan proposal mereka, sekaligus memberi penilaian terhadap desain lainnya.

Jet tempur generasi kelima Sukhoi Su-57 buatan Rusia © TV Zvezda

Menurut Novotny, pengerjaan corak Su-57 harus selesai pada saat musim panas tiba, dengan pesawat diharapkan untuk membuat debut publiknya dalam pameran Dirgantara Nasional pada November mendatang.

Mengomentari kompetisi desain warna ini, kontributor The Drive, Tyler Rogoway mencatat bahwa pekerjaan cat ‘agresor’ yang baru dipilih bukan hanya karena mereka “terlihat keren” tetapi karena mereka dapat mencerminkan realitas geopolitik saat itu dan bisa memberikan beberapa indikasi ancaman udara apa yang dianggap Pentagon mendesak.

Secara khusus, jet ‘agresor’ dirancang untuk “mensimulasikan secara realistis” pertempuran udara terhadap calon ‘musuh yang mungkin’, dengan perincian lainnya termasuk juga taktik, prosedur, tembakan SAM musuh, dll. Semua direplikasi dalam latihan dan berdasarkan data intelijen AS.

Namun, tetap dipertanyakan pula bagaimana mungkin jet tempur generasi ke-4 AS itu bisa mensimulasikan kemampuan tempur Su-57, pesawat tempur generasi kelima terbaru Rusia, khususnya mengingat fakta bahwa Su-57 dihiasi dengan lapisan khusus untuk menghindari deteksi radar, yang komposisinya secara alami, masih belum terungkap.

Angkatan Udara AS (USAF) memiliki sejarah panjang melukis pesawat agar terlihat seperti calon musuh mereka seperti Rusia, Cina, Iran dan calon musuh lainnya. Sejak masa Perang Dingin, USAF juga telah mengumpulkan koleksi MiG-21 Rusia yang sebenarnya dan sejak runtuhnya Soviet, mereka juga membeli MiG-29 dan Su-27, menempatkannya di pangkalan-pangkalan yang tersebar di Alaska, Nevada, Virginia dan Florida.

9 KOMENTAR