Mar 162018
 

Pesawat serang ringan, Beechcraft AT-6 Wolverine © Airwolfhound via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Sekretaris Angkatan Udara Amerika Serikat Heather Wilson dapat meminta Kongres AS untuk mengalokasikan dana bagi program pesawat serang ringan tahun ini, sebuah langkah untuk mempercepat pembelian pesawat tersebut pada tahun 2019.

Seperti dilansir dari laman Flight Global, dana untuk pengadaan pesawat tempur ringan saat ini dijadwalkan dimulai pada tahun fiskal 2020 dengan alokasi sebesar $ 2,5 miliar yang dianggarkan selama lima tahun ke depan, menurut Angkatan Udara AS (USAF).

Dua pesawat sebagai finalis untuk pesawat tempur ringan atau program OA-X, yakni Beechcraft AT-6 Wolverine buatan Textron dan A-29 Super Tucano buatan Embraer / Sierra Nevada.

Pesawat serang ringan, A-29A Super Tucano © Rob Schleiffert via Wikimedia Commons

USAF tertarik untuk membeli pesawat berbaling-baling untuk pengawasan serta tugas ringan sebagai alternatif yang lebih murah dibanding menggunakan pesawat terbang seperti Lockheed Martin F-35, Boeing F-15 atau Fairchild Republic A-10.

Setelah dibebaskan dari tugas serangan ringan mereka, pesawat yang lebih maju dan juga lebih mahal untuk dioperasikan akan dipindahkan untuk melawan ancaman dari musuh yang lebih sepadan. Misalnya, negara-negara kekuatan besar seperti Rusia dan China.

Pesawat serang ringan dipandang berguna dalam misi kontra pemberontakan dan anti-terorisme di negara-negara seperti Afghanistan dan Irak dimana kontrol AS atas langit tidak diperebutkan oleh pesawat musuh atau rudal darat-ke-udara.

USAF telah membeli 26 unit A-29 Super Tucano sebagai bagian dari program terpisah untuk melengkapi Angkatan Udara Afghanistan.

Bagikan Artikel :

  14 Responses to “USAF Pertimbangkan Beli Pesawat Serang Ringan Tahun 2019”

  1.  

    Embraer EMB 314 Super Tucano A-29 the Turboprop Light Attack Aircraft

  2.  

    Sayang Sekali Malay Nggak Ada Duit Beli Tucano

  3.  

    Mana agato san ga ada ucapan duka rip atas tewasnya pilot f 18 sama jatuhnya heli di irak 9 tentara usa inalilahi tuch

  4.  

    Bukan berita baru sebenarnya, bahkan pernah dibahas mengapa USA justru membeli pespur ringan yang tentu saja lebih mudah di tembak apalagi setelah kejadian penembakan Su-25 dengan MANPADS… tetapi menurut pihak militer USA itu hanya difungsikan sesuai dengan misi tertentu, sehingga akan jauh lebih murah daripada menggunakan pespur sejenis F-16/F-15/F-18 dll… dan karena sudah tertentu misinya kemungkinan adanya ancaman serangan akan bisa diminimalisasikan dan sudah diperhitungkan…
    Sepertinya memang untuk efisiensi biaya…

  5.  

    Wkk.., mrk jual yg kelas berat trus beli yg kelas ringan.. Biar ngirit biaya operasional..

  6.  

    Kalo Ane Pilih Wing Long biar ngirit ongkos dan Aman

  7.  

    Beechcraft AT-6 Wolverine – Light Attack and Armed Reconnaissance

  8.  

    TUKINO SETRROOOONG…!!!!

  9.  

    kenapa tidak sekalian bangkitkan dari kubur A-1 skyraider atau A-2 skyshark
    sambil menikmati serunya nostalgia penempur kincir

 Leave a Reply