Mar 232019
 

Siluet sebuah jet tempur multiperan Sukhoi Su-27 Rusia © Marina Lystseva via TASS

JakartaGreater.com – Jet tempur multiperan Sukhoi Su-27 Rusia tidak mengusir pembom B-52 AS di atas Laut Baltik dari perbatasan Rusia dan pesawat itu berhasil menyelesaikan misinya, kata juru bicara Angkatan Udara AS (USAF) di Eropa dan Afrika Renae Pittman seperti dilansir dari laman TASS pada hari Kamis.

Sebelumnya, Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan 2 pejuang Sukhoi Su-27 pada 20 Maret 2019 membuat pembom B-52 berbalik dari perbatasan Rusia di atas Laut Baltik. Pembom itu terlihat jauh di atas perairan internasional dan diawasi.

Pittman mengatakan, bahwa pembom B-52 AS tersebut melakukan operasi rutin diwilayah udara internasional dengan melakukan “kebebasan navigasi dan penerbangan berlebihan”.

“Pada 20 Maret, pembom B-52 melakukan interaksi rutin dengan Su-27 Rusia saat melakukan operasinya diatas Laut Baltik. Pilot menggunakan transponder dan beroperasi sesuai dengan aturan hukum internasional”, katanya.

Pesawat Rusia tidak mengusir B-52, dan pembom mampu menyelesaikan misinya. Operasi dan keterlibatan dengan sekutu dan mitra kami menunjukkan dan memperkuat komitmen bersama kami untuk menjaga keamanan dan stabilitas global, lanjutnya.

Sebelumnya, Amerika Serikat telah memindahkan enam pembom strategis B-52 ke Eropa. Juru bicara kepresidenan Rusia Dmitry Peskov mengatakan tindakan itu meningkatkan ketegangan.

  2 Responses to “USAF: Su-27 Tak Mengusir B-52 di Atas Laut Baltik”

  1.  

    Ngapain di cegat
    Terdeteksi radar saja sudah kabur kok
    Xixixixi

  2.  

    intinya semua pesawat yg mau coba2 mendekati batas wilayah suatu negara baik besar maupun kecil pasti di di intersep orang pihak yg benar kenapa mesti takut,ibarat mememergoki maling,maling nekat nembak ya d bales dan dibela seluruh negara krna benar