Jan 222019
 

Liaoning, kapal induk pertama Angkatan Laut PLA © Baycrest via Wikimedia Commons

Kapal induk pertama Cina, Liaoning, mungkin akan memulai uji coba laut pada hari Senin, setelah lebih dari setengah tahun pemeliharaan dan modifikasi. Para ahli militer mengatakan bahwa kapal perang itu tidak hanya kembali, tetapi juga diperkuat.

Kapal induk Liaoning (Hull 16) tampaknya telah berangkat dari Galangan Kapal Dalian di Provinsi Liaoning Cina Timur Laut dengan bantuan kapal tunda pada Senin pagi, menurut foto yang diposting di Sina Weibo pada Senin.

Gerakan kapal yang diduga bertepatan dengan pemberitahuan latihan militer yang dirilis oleh Administrasi Keselamatan Maritim Cina pada hari Kamis. Latihan dijadwalkan dari Senin hingga 28 Januari di Laut Huanghai Utara dekat Dalian, dan kapal-kapal lain dilarang memasuki area yang ditentukan.

Pemberitahuan itu tidak menyebutkan kapal mana yang mungkin terlibat dalam latihan tersebut.

Wang Yunfei, seorang pakar angkatan laut dan pensiunan perwira Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat (PLA), mengatakan kepada Global Times pada hari Senin bahwa Liaoning bisa dinilai di laut untuk menguji semua peningkatan yang telah dilakukan setelah lebih dari setengah tahun pemeliharaan dan modifikasi.

“Setelah uji coba laut ini, akan ada pemeriksaan penerimaan akhir. Biasanya, pembawa akan diserahkan untuk operasi lagi dalam dua bulan,” kata Wang. Kapal perang itu diperkirakan akan berpartisipasi dalam parade angkatan laut dalam perayaan peringatan 70 tahun pendirian Angkatan Laut PLA pada bulan April.

Liaoning memulai pemeliharaannya di Galangan Kapal Dalian pada Juli 2018 setelah sekitar enam tahun mengabdi di Angkatan Laut PLA, surat kabar Science and Technology Daily yang berbasis di Beijing melaporkan.

Operasi yang intensif dan lingkungan laut pasti akan mengakibatkan degradasi dan korosi kapal, dan Wang mengatakan perlu bagi kapal induk untuk menjalani perawatan rutin setelah beberapa tahun beroperasi, termasuk mengganti bagian dan komponen dengan yang baru untuk memastikan fungsi kapal dengan benar.

Selain mempertahankan kemampuan Liaoning, foto-foto menunjukkan modifikasi dilakukan pada superstruktur kapal.

Wang menjelaskan bahwa Cina telah mengembangkan teknologi baru dan maju sejak Liaoning beroperasi, yang telah dipasang pada operator kedua Cina, Tipe 001A. Ia mencatat bahwa menggunakan teknologi ini, terutama yang melibatkan sistem kontrol lalu lintas udara dan sistem manajemen komando, akan meningkatkan kemampuan tempur Liaoning.

Sumber: Global Times

  One Response to “Usai Pemeliharaan, Kapal Induk Liaoning Jalani Uji Coba Laut”

  1.  

    adik angkat nya, kuznetzov