Jan 132018
 

Kapal pendarat amfibi USS Portland dengan nomor lambung 27. © US Navy

JakartaGreater.com – Kapal pendarat amfibi Angkatan Laut AS yang baru USS Portland (LPD-27) akan berfungsi sebagai platform untuk demonstrasi teknologi senjata laser yang dikembangkan oleh Office of Naval Research.

Hal ini diumumkan oleh manajer program LPD-17 dan LHA, Kapten Brian Metcalf pada simposium tahunan Asosiasi Kapal Permukaan Angkatan Laut, dan pertama kali dilaporkan oleh USNI News.

Masa depan USS Portland, yang dijadwalkan untuk dikukuhkan pada bulan April tahun ini, akan dilengkapi dengan apa yang disebut sebagai versi generasi berikutnya dari senjata laser yang sebelumnya diuji di atas kapal USS Ponce atau AFSB (I)-15 di Timur Tengah.

USS Ponce dilengkapi dengan Laser Weapon System (LaWS). © US Navy

“Ini akan sesuai dengan apa yang semula merupakan reservasi sistem peluncur vertikal di kapal. Jadi, mereka mendapatkan apa yang akan saya sebut modul daya yang mengendalikan laser yang hanya muat di tempat terbuka dan cadangan ini, lalu laser itu sendiri baru saja dipasang di geladak”, kata Metcalf.

Metcalf lebih lanjut mengatakan bahwa sistem akan dipasang di atas kapal Portland sebelum kapal diserahkan ke armada US Navy.

Selain itu, USS Portland terpilih sebagai kapal flagship pada RIMPAC 2018. Kapal LPD tersebut akan dikirim ke Portland, Oregon, pada bulan April, dan kemudian akan ambil bagian dalam RIMPAC sebelum berlayar ke pangkalannya di San Diego.

Berbagi

  14 Responses to “USS Portland, LPD US Navy Dilengkapi Senjata Laser”

  1.  

    laser pointer besar

  2.  

    laser pointer kecil

  3.  

    tehnologi star wars….neh…tapi masih kalah bila dibandingkan tehnologi GRIPEN ZERO….!!!

  4.  

    Masih blm teruji efektifitasnya dan butuh sumber daya yg besar. Tapi boleh jg RI mengembangkan senjata begini jg.

    •  

      Energi laser butuh sekitar 2-5 Mw. Jangkauan serangan sekitar 5-20 km, cocok buat melawan segala rudal dan UAV. Sasaran pertama adalah merusak seeker, lalu hulu ledak rudal musuh. Tahap paling gampang adalah merusak seeker musuh.

      Kalo sistem laser dioperasikan secara otonom dg AI jelas itu semakin memudahkan penjagaan dan penyerangan oleh senjata laser.

  5.  

    hebatnya kapal ini, usa memang joslah
    tp usa yg hebat bukan agato,klu agato hany sekedar pengampuh sj.

  6.  

    NGE-DOCK = NGENDOG

  7.  

    Buat presentasi di tengah laut… pointer besar dengan layar langit…

 Leave a Reply