Jan 102016
 

kopaska
Jakarta – Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Ade Supandi telah berbicara dengan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo,terkait rencana perekrutan putra daerah, terutama bagi putera asal daerah terluar Indonesia, untuk menjadi prajurit TNI AL. Langkah ini diharapkan bisa menjadi solusi karena minimnya jumlah personel yang berada di wilayah tersebut.

Terkait dengan proyeksi poros maritim yang didorong pemerintah, TNI akan mengevaluasi gelar kekuatan dan kemampuan di wilayah terluar Indonesia, khususnya di Maluku dan Nusa Tenggara Timur (NTT). Evluasi lantaran minimnya jumlah personel dan belum maksimalnya kemampuan TNI di wilayah terluar tersebut.

Wilayah-wilayah itu, antara lain : Pulau Lirang, Pulau Wetar, Pulau Kisar, dan Pulau Leti. Semuanya berada di Laut Timor, masuk dalam administrasi Kabupaten Maluku Barat Daya, Provinsi Maluku.

Saat ini, setidaknya hanya ada dua prajurit TNI AL dan dua orang Bintara Pembina Desa (Babinsa) yang bertugas di wilayah tersebut.

“Kami usahakan merekrut putra daerah. Misalnya, di Pulau Wetar, kami akan pilih pemuda di sana untuk jadi prajurit TNI.
Kemudian, kami akan tugaskan di sana”, ujar KSAL Laksamana Ade Supandi di Jakarta, (8/1/2016).

Sumber : Republika.co.id

  19 Responses to “Usulan Pola Baru Rekrutmen Prajurit TNI di Pulau Terluar”

  1. Rekrut jutaan pasukan dipulau2 trluar..

  2. Premium

  3. Kamarana yeuh!!

  4. Tempatkan tank boat ditiap pulau terluar..

  5. peran aktif masyarakat dalam pertahanan NKRI, TNI sudah memulai tinggal pemerintah memeratakan pembangunan didaerah pedalaman dan perbatasan, bangun infrastrkutur jamin sejahterakan, pendidikan dan kesehatan mereka, maka akan menjadi kekuatan pembela bangsa yang luar biasa. ini yang disebut dwi tunggal TNI dan Rakyat saling bahu membahu mempertahankan NKRI.
    Jayalah Indonesia, sejahteralah bangsaku.

  6. ide yg cemerlang

  7. yg pnting listrik dan ‘hotel’ yg nyaman utk tmpat tnggal

  8. Seleksi tamtama TNI-AL skrg sdh sampai kesegaran jasmani…di pulau sabang aceh para calon tamtama besok mlaksanakan tes pesikologi…di mariiii…

  9. Setuju jgn dari jawa & sumatera saja kasih kesempatam seluasnya utk putra daerah khususnya Papua & Indonesia Timur

  10. wiww…. ide yg super sekali…

  11. nah gitu,seharusnya pola itu di jalankan dari dulu…..ini sama halnya dengan kasus tenaga “guru,dokter” yg sangat minim di daerah2 terpencil.baiknya program ini juga bisa di jalankan untuk rekruitmen tenaga guru dan dokter.beri mereka (putra-putri daerah terpencil)bea siswa,sekolahkan mereka agar mereka nantinya bisa kembali ke daerah asal mereka dan bisa berbakti di sana.
    salam NKRI

  12. Good idea jendral

  13. Setuju 100% !!

  14. tambahan, semakin baik jika mau TNI turun langsung ke daerah terluar, perbatasan NKRI untuk mengadakan seleksi atau rekruitmen calon Prajurit TNI di daerah-daerah.
    mungkin berat dan menambah biaya bagi teman-teman, sodara kita yang tinggal jauh dari Kodam / Lanal untuk mengikuti seleksi Prajurit TNI

    • Setuju sekali…. salam supper…

      • Betul bung…kalau di aceh sini malah program itu sdh dari dua tahun yg silam sdh berjalan bung,rekrutan dari dari pulau terluar seperti pulau simeulu/sinabang tiap tahun sdh di rekrut,bahkan ada jatah alokasi khusus dari situ tsb dgn jumlh yg sdh di tentukan,pertama x di mulai dsana masih kurang minat pnduduk sana utk masuk TNI,tp skrg alhamdulillah smgt mereka sdh luat biasa bung,bahkan sdh mlebihi yg kita harapkn…tiap tahun minat pemuda sn msuk TNI smkin ngantri bung,bahkan skrg sdh ada kodim baru dsana…semangat 45

  15. wajib militer untuk warga pulau terluar

  16. Seandainy ada pmikiran seperti itu dari dlu…mka indonesia tak akan mungkin mudah terpengaruh negara lain yang mengaku msih serumpun dg indonesia….tpi yakin lah…indonesia ditakuti dunia bukan karna jumlah pendudukny….bukan pula jumlah tentarany….apalgi alutsistanya….tapi yg membuat negara lain tkut dgn indonesia karna indonesia itu ada didlam setiap hati rakyat indonesia….yg selalu siap dibela oleh rakyatnya…siapapun dan apapun status..agama…ras….dan sukunya….demi indonesia smuanya siap membela dan berkata……kita pertahankan sampai titik penghabisan…..

 Leave a Reply