Mar 202017
 

Mata uang Rupiah dan Dolar AS (istimewa)

Jakarta – Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan mencatat posisi utang pemerintah hingga Februari 2017 mencapai Rp 3.589,12 triliun.

Keterangan pers tertulis Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko yang diterima di Jakarta, Senin, 20/3/2017 menyebutkan porsi utang itu terdiri atas Surat Berharga Negara (SBN) Rp2.848,80 triliun (79,5 persen) dan pinjaman Rp735 triliun (20,5 persen).

Dibandingkan bulan sebelumnya, utang Pemerintah Pusat pada Februari 2017 secara neto meningkat Rp 39,95 triliun (1,13 persen), berasal dari kenaikan SBN neto Rp33,09 triliun dan bertambahnya pinjaman Rp 6,86 triliun.

Penambahan utang neto pada 2017 sampai dengan Februari mencapai Rp 122,16 triliun yang berasal dari kenaikan SBN sebesar Rp 114,97 triliun dan bertambahnya pinjaman sebesar Rp 7,19 triliun.

Pembayaran kewajiban utang dalam Februari 2017 mencapai Rp 32,19 triliun, yang terdiri atas pembayaran pokok utang yang jatuh tempo senilai Rp 22,45 triliun dan pembayaran bunga utang sebesar Rp 9,74 triliun.

Indikator risiko utang pada Februari 2017 menunjukkan bahwa rasio utang dengan tingkat bunga mengambang (variable rate) tercatat sebesar 12 persen dari total utang.

Sedangkan dalam hal risiko tingkat nilai tukar, rasio utang dalam mata uang asing terhadap total utang mencapai kisaran 42 persen.

Sementara itu, Average Time to Maturity (ATM) obligasi Pemerintah mencapai rata-rata sembilan tahun, dengan utang jatuh tempo dalam lima tahun sebesar 69,5 persen dari total outstanding.

Antara

https://web.facebook.com/JakartaGreater

  92 Responses to “Utang Pemerintah RI Februari 2017 Rp 3.589 Triliun”

  1. itu mungkin utang jokowi semua!!yang bantah silahkan bagi data.

    • Saya yg mau bantah.
      Dasarnya apa anda bilang itu utang Jokowi semua.? Kalo mau data lengkap anda kunjungi aja situs http://www.bi.go.id. Mau yg dari tahun berapa pun ada. Jd gas sekedar bacot mas bro…hehehe.
      Jng mulai adu domba bung. Salam sehat pikiran

      • @bank Ruskye
        Apakah anda sudah masuk jamaah langlinglungiyah?
        he hee ampun bung…

        • Gak gitu bung. Dia minta data, ya kita kasih. Itupun apa dia bisa nemukannya. Jng spt si Ubed-xxx main boyong gugling aja tanpa ngerti isinya. Yg penting judulnya bisa buat dia bangga….xixixixi

        • sang pakar link blom muncul nih

          • Sya rasa gpp juga banyakin utang..la wong ada hasilnya..dari pada ngutang..tp goib hasilnya..tau2 dah dipenjara…hihi..

    • Ojo ngelamak, biasa aja toh sejak @akun abal abal lahir dah banyak utang santai aja kalee…
      Hahahaha… barisan sakit hati pada naik pintam rupanya…

    • Mendingan lu ke zimbabwe aja gih, disono bnyk lowongan pekerjaan untuk org2 koplak macam luuu

    • 15 negara dengaan utang Terbesar di dunia.
      Survei tersebut melihat tingkat utang pemerintah bruto sebagai persentase dari PDB yang dapat menunjukkan seberapa mampu suatu negara untuk membayar kembali utang tanpa menimbulkan utang lebih lanjut.

      1. Jepang (243,2 persen)
      2. Yunani (173,8 persen)
      3. Lebanon (139,7 persen)
      4. Jamaika (138,9 persen)
      5. Italia (132,5 persen)
      6. Portugal (128,8 persen)
      7. Irlandia 122,8 persen)
      8. Siprus (112.0 persen)
      9. Bhutan ( 110,7 persen)
      10. AS (104,5 persen)
      11. Singapura (103,8 persen)
      22. Belgia (99,8 persen)
      13. Cape Verde (95,0 persen)
      14. Spanyol (93,9 persen)
      15. Prancis (93,9 persen)

      Sumber: okezon

    • itu mungkin utang jokowi semua
      itu mungkin utang jokowi semua
      itu mungkin utang jokowi semua
      itu mungkin utang jokowi semua
      itu mungkin utang jokowi semua

      silahkan bagi data!jangan bacot saja

      ironi
      malah dia yg bacot
      di bawah ada yg ngejelasin bung

    • ah pakai id yg biasanya buat komen alutsista donk….giliran provoke pakai id baru..dasar banci thailand

    • Oh.. itu utang Jokowi semua ya bung akun Abal Abal. Bs sy liat datanya..???

    • utangnya klo buat bangun LANUD trus kenapa?
      utangnya klo buat bangun DERMAGA/PELABUHAN trus kenapa?
      utangnya klo buat bangun Pos Lintas Batas Negara trus kenapa?
      utangnya klo buat bangun Jalan propinsi trus kenapa?

      trus kenapa ente ribut selama utang itu di pakai untuk membangun negara & propinsi..selama utang itu menjadi wujud nyata dirasakan masyarakat, so what gituloh

      dsr otak mangkrak

    • kebanyakan makan nasi bungkus kali tuh….kurang gizi.

    • Negaraku makin banyak utang…

  2. Saya nggak ngerti keuangan maka tidak akan menghakimi. Saya tunggu opini warjager yang paham perduitan dan miliki wawasan pembangunan nasional, silakan berbagi pengetahuan.

  3. pantesan anggaran pada di potong semua..

  4. Smoga kenaikan hutang ini dikarenakan pembangunan yang sedang meningkat.
    Membangun baru dan beberapa proyek warisan yang terbengkalai.
    Berhutang karena banyak korupsi….

  5. Tambah lagi utangnya sampe 10.000 triliun..Pilih lagi sampe 2 periode..

    • Gak usah gitu. Siapapun presidennya pasti akan ngutang judulnya. Ibarat pake sarung ditarik keatas yg bawah nampak, diturunkan kebawah yg atas nampak.

      Dulu pd pemerintahan sebelumnya blom bisa bangun infrastruktur secara besar2an, karena masih mensubsidi rakyatnya. Makanya diundang investor utk kebutuhan 5 ribu trilyun dan bangun infrastruktur. Tp yg minat sedikit karena yg diinvestasikan proyek infrastruktur bukan yg berkaitan dng SDA,

      Pemerintahan sekarang melakukan pencabutan subsidi yg 300 triliyun dan uangnya digunakan utk pembangunan infrastuktur. Namun tetap jg mencukupi krn yg dibutuhkan 5 rb triliyun. Maka resiko yg diambil adalah dng hutang utk bangun ifrastruktur. Memang terkesan tidak populis tp yg di untungkan adalah pemerintah selanjutnya. Krena infrastruktur sdh terbangun dan tinggal membayar hutangnya saja serta kelanjutan pembangunan.

      Jd masing2 pemerintah punya programnya sendiri2 gak bisa diperbandingkan.

      • Andai untuk beli pesawat su 35…1000 buah.
        Kapal induk 10 buah.
        Kapal selam 50 buah
        S 400 …20 buah.

        Aku ikhlas deh sisana di korup sm yg tukang korup.asalkan mau belikan itu….wkwkwkk

      • Udah banyak pelabuhan yg siap dan diresm ikan ,tapi sayang ga beroperasi ,karna apa ? Kita lihat 2tahun kedepan apa iya tuh tol laut sukses! , saya rasa jauh ,paling banter 10 tahun lagi,bangunan sekarang tuh bakal ga ada lagi paling tinggal batu , karna kebiasaan pejabat dibawah kmen down grade mutu bangunan

  6. Izin sekedar berbagi pencerahan/ ilmu mengenai perekonomian dan keuangan. Mengenai Utang ada terbagi berbagai macam walau terdata sebagai utang negara/ di sebut utang indonesia.Tetapi terbagi dua yg paling mudah bung yaitu Utang Swasta dan Utang Pemerintah jd itu di lihat dari segi hutang nya dulu walau di sebut hutang indonesia. Seperti yang di lansir di CNN indonesia Bisnis.Bahwa memang benar Hutang Indonesia meningkat tapi masuk segi Hutang swasta/hutang perusahaan di indonesia sementara hutang pemerintah cenderung mengalami penurunan. Dan sekedar info perekonomian di Indonesia cenderung mengalami segmen positif karena Ekspor di Indonesia mengalami peningkat 2 kali lipat dari tahun nya dan di ikuti dengan menurunnya angka Impor negara indonesia.Semoga Bermanfaat.Salam Damai

  7. Bingung gw, padahal bbm udah ga di subsidi, listrik udah naik, bahan pokok jg naik, utang tetep aja banyak.

  8. Memang hutang era pak jokowi meningkat. Tapi lihat hasil dari hutang banyak infastruktur yg terbangun. Drpd pemerintahan masa lalu hutang tp buat korupsi. Buktinya banyak proyek mangkrak

  9. Dan yang pasti itu hutang mulai jaman soeharto sampai jokowi. Klou dilihat Dr segi hutang indonesia mash kecil Dr negara maju bila di bandingkan dengan jepang dan amirika…. Nilai rasio hutang pun turun…. Klou tanya kemana dana subsidi bbm.itu di buat pembangunan Indonesia sentris…. Klou g percaya liat berita pembangunan pemerintah….jd jgn menghakimi pemerintah… Harus cerdas liat berita…..

    • Nice comment Bung.. Saya suka lihat comment anda.. Ternyata masih banyak yg matanya terbuka melihat pembangunan yg ada..

  10. diatas ada yg bilang ini hutang swasta alias pengusaha dan bukan hutang pemerintah. pengusaha kita kalo untung uangnya ditaruh di bank asing tp kalo bnyak utang kok dibilangin hutang negara. gmn nih penjelasannya wahai perkumpulan para pengusaha dan pelaku industri nasional? siapa nih jubirnya. yg jelas hutang itu dilarang agama, matipun susah masuk surga. berdagang itu wajib untung sedangkan riba, bunga rentenir itu haram karena merugikan yg berhutang alias wong cilik.

  11. .
    Emg itu Hutang zaman Jokowi kq massa zaman SBY otak lu kemana Tong ,
    SbY gx berkuasa lagi sejak 2014 dan Hutang IMF dll udh lunas bahkan IMF minta bantuan indonesia buat membantu negara lain Yg kesusahn ,
    Kemaren aja ada data hutang RI tembus Empat ribuan Terliun + bunga hutang 200 an terliun tiap tahun ,
    Lho mikir bangun ini bangun itu gx pake duit gt ? Di tanya Pak Prabowo Uang dari mana ? Eh gx tau nya dari Ngutang …
    Wkwkwkk , Bangun boleh tapi lihat Realita aja APBN cuma 2000 an terliun Hutang 3 ribuan terliun bahkan tembus 4 ribu an terliun gilaa gx masuk di akal ,
    Nanti Kayac Yunani lagi Jadi Negara Gagal bayar hutang “

  12. setuju dengan bung Informasi A1 abal abal , memang pembangunan itu ada pengorbannya ya Hutang itu pengorbannyya, tp nanti setelah semua infrastruktur yang dibangun dengan pinjaman atau hutang sdh beroperasi, maka Insya Allah semua hutang2 itu akan terbayar dan malah menjadi Surplus…….

  13. Utang itu bukan hanya utang pemerintah tapi swasta juga , utang pemerintah $161,2 miliar , sedangkan swasta $151,sekian miliar. Info dari kabar pasar tvOne

  14. cuma ikut mantengin pasukan nyinyir mania lewat konon katanya sakitnya karena di guna-guna media

  15. Amerika, rusia, china, india dan jepang, inilah 5 negara yg sangat maju dan kaya raya, tetapi msih jg punya utang, apalagi indonesia yg baru berkembang, jd sangat amat wajar berhutang….pertanyaannya :adakah didunia ini negara yg nyaris tanpa hutang??? Bolehkah indonesia berhutang??? Apa kegunaan dr berhutang???

    • hutang boleh tp yg realistis jumlahnya dan ada jadwal pembayaran yg jelas. masalahnya penggunaan dana utang pada pemerintahan sebelumnya amburadul. nominalnya nambah terus. sekarang ini kita hidup dijaman kapitalisme global kalo gak pinter makek uang atau memainkannya jangan hutang ke bank, jatuh tempo gak dibyar bunga utang bisa beranak pinak. siapa yg nanggung? wong cilik.

    • Semua negara di dunia punya hutang Luar Negeri. bakhan tiap perusahaan di setiap negara sekali pun punya hutang usaha. Hutang adalah bagian dari Neraca(keseimbangan) Dalam Neraca ada Harta, modal & Kewajiban(hutang) dan semuanya tersusun menjadi suatu yg stabil Artinya tiap negara tidak mungkin bisa menghindari akan timbulnya hutang. Hutang luar negeri diperlukan untuk menstabilkan kondisi perekonomian masing” negara tapi hutang bukan lah satu-satunya jalan menstabilkan neraca perekonomian suatu negara. Jika hutang dianggap satu-satunya jalan memperbaiki perekonomian maka hasilnya adalah negara itu hanya akan dililit hutang yg lambat-laun akan menghancurkan negara itu sendiri. Namun, jika proporsinya tepat, maka kesejahteraan yg diinginkan pasti tercapai. Pajak pun bukanlah satu-satunya sumber pendapatan negara untuk belanja negara. karena jika semua dipungut dari sektor pajak, maka masyarakat pun akan susah. pengusaha & investor asing pun engan invest di indonesia jika pajak di negara itu terlalu tinggi. Jujur aja saya lebih memilih pemerintah merevaluasi hutang luar negerinya daripada menaikan pajak dalam negeri untuk alasan kesejahteraan. contoh, saat ini jakarta hendak membangun MRT(kereta api cepat) karena masalah kepadatan transportasi d jakarta & perlu dana sangat besar. kalo nunggu dari pengumpulan pajak bisa” harus nunggu 10-15 tahun lagi. padahal masalah ini sdh urgent. kalau harus menaikan pajak supaya bisa cukup – pasti akan menimbulkan gejolak baru di masyarakat bukan stabilitas.
      Jadi daripada naik in pajak lebih baik cari pinjaman lunak.

  16. BENAR atau TIDAK ketika seorang anak balita lahir di propinsi indonesia sudah menanggung HUTANG NEGARA Rp.5.000.000/ Kepala.

    Jika memilih BENAR anda seorang Jenius
    Jika memilih SALAH anda seorang Pengamat Jenius
    Jika memilih DIAM anda seorang Super Jenius

    • percaya sama tukang mabuk, apa termasuk JENIUS?

    • SAYA MEMILIH : INDONESOA DARURAT KAPAL TYPE DESTROYER ! ! ! ! !

    • Benar bahwa bayi lahir langsung memiliki utang..
      tapi tak ada negara yg membebankan utangnya pada bayi…
      itu cuma perbandingan jumlah utang dibagi jumlah semua warganegara yg hidup,, dan diperbincangkan di warung kopi,, itu hanya analogi logika dan sangat jauh dari pemikiran intelektual dan akademik. Jenius kan!!!

      Salah bahwa 5jt/kepala.. laporan BPS untuk tahun, selalu merupakan hasil kerja ditahun sebelumnya… sama seperti LAKIP… laporan adalah hasil dari 1 tahun kerja pemerintah..
      salah jika angkanya tepat 5jt/kepala jika dibuat perbandingan jml hutang dengan jumlah warganegara Indonesia… Pengamat jenius kan!!!

      benar atau salah dengan benar atau tidak,, mempunyai perbedaan,,
      Diam dalam artian sebenarnya selalu adalah mati.. diam dalam hal ini saya tak berucap apa apa… hanya mengetik dengan riang gembira, mengetahui dari dalil pertanyaan tersebut , bahwasanya saya seorang yg tidak sekedar Super Jenius,, tetapi Super jenius sekali wkwkkwkwwk

  17. seharusnya ada penerapan tes ujian masuk dunia maya

  18. Jgn asal omong. Bung china salut krn bisa menasionalisasi perusahaan asing di cina krn waalu utang besar ato investasi besar pun berani
    ……. Ngaca lah indonesia utang besar? Investasi besar?
    Akirnya cuma kanker gak sembuh2 g aberani nasionalisasi
    CONTOH== FREEPORT

    • Tinggal dikawal apa yg sdh pak Jonan lakukan, agar hsilnya maksimal..

    • Mba eriana.. Cina yg saya maksud adalah org keturunan di Indonesia..

      Tinggal di lihat saja siapa yg berhasil menggunakan utang itu dengan benar.. Akan menjadi besar..

  19. kalo masih kere jangan berlagak hidup gaya orang kaya, berfoya-foya, shoping-shoping. belajarlah berpuasa, bekerja lbh, kalopun kaya tetap hidup sederhana. kayak presidenmu ituloh perlu ditiru, kaya tp sederhana. jangan meniru gaya hidup DPR bnyak cakap minim kerja, hasil untuk rakyat NOL besar.

  20. Saya memang tidak kompeten di bidang keuangan tapi yang jelas saat ini pemerintah sedang banyak usaha untuk memintarkan rakyatnya, buktinya banyak dana beasiswa yang dibuka oleh pemerintah sebagai imbalan negara yang mencabut subsidi bbm.
    http://www.lpdp.kemenkeu.go.id/
    http://beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id/
    http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/

    Karena di pundak generasi mudalah nasib bangsa ini ke depannya mau seperti apa, itu baru salah satu aspek kecil saja dari pendidikan yang selama ini jarang di ekspos dan terlihat.
    sementara yang kelihatan pembangunan infrastruktur secara massive saat ini. Salam….

  21. Luar biasa, bunga hutang sampai 9.74 trilyun…!!

    Tidak takut sama yg namanya RIBA.

  22. Masih mending daripada si jiran yg dah bangkrap

  23. Rame nih..lagi dangdutan y..

  24. bersyukur saya negara ini tidak di pimpin oleh Najib Rajak, utang negara di korup, konon katanya 1MDB bakal di sita asetnya heheheh

  25. Ini bisa diibaratkan main MONOPOLI. Kamu main normal dan saya main boleh ngutang di bank. Setiap tanah yang saya injak dan saya punya pasti saya bangun hotel.

    Kira kira nanti siapa yang bakalan banyak hutang?
    Monggo dipikirkan.

    Hutang untuk pembangunan itu positif. Itu pendapat saya

    • Ni orang yg paham ekonomi..yg paling simpel gambarannya.. Mainan monopoli melatih insting bisnis bagi yg ngerti sih.. Kalo yg bisanya cuma nyinyir ya maaf nih ya, anda masih di bawah saya..wkwkwkwkw

      • Nda usah gitu. Itu pongah namanya. Kalo mau kasi info silahkan tp jng mencela org. Blom tentu anda lebih pintar dr org yg anda cela. Mereka hanya komen sebatas pengetahuan mereka. Bukan berarti klo mereka tdk tau langsung anda cela.

    • pembangunan tanpa hutang lbh positif menurut saya. lantas gimana caranya dapat uang untuk pembangunan???? masa kalah dg negara padang pasir?? dikembalikan saja ke fitroh kita sbg manusia. jangan rakuslah. kebutuhan kita urutannya ya sandang, pangan, papan, kendaraan, perhiasan, pendidikan dan terakhir jabatan. minimal 3 yg pertama dipenuhi. kebetulan ketiganya sudah disediakan Tuhan, gratis tis tinggal negara bisa ngatur apa tdk. sabang sampai merauke bnyak pulau kosong tak bertuan tak bernama, salah siapa hidup dikolong jembatan kota kumuh padat merayap tiap hari minum air comberan.

      • Susah bung kalo dikit dikit udah bawa Tuhan.. Jgn canpur adukkan kehidupan duniawi dengan surga

      • ..minimal 3 kebutuhan kita dipenuhi, kebetulan ketiganya (sandang, pangan, papan) sudah disediakan Tuhan, gratis tis tinggal negara bisa ngatur apa tdk..

        gratis gimana bung? apa kapas bisa tumbuh sendiri di sembarang tempat terus otomatis berubah jadi benang dan akhirnya otomatis jadi kain? apakah tanah liat bisa terbentuk sendiri jadi bata dan genteng?

    • indikator dan tolok ukur paling mudah untuk dipahami anak TK ketika membedakan orang kaya dan orang miskin mudah yaitu apakah punya utang apa tdk. jangan ambil contoh AMERIKA dll yg ngakunya kaya maju tp utangnya seabrek. mereka itu negara tak beradap versi orang timur, punya utang tp bukan mnjd beban, mereka pemain dan pembuat aturan global, tidak mengenal halal haram, surga neraka yg penting duit bnyak mskipun caranya busuk, merampok, menjajah, memonopoli pasar, riba, judi, perang dan seterusnya. kita beda keyakinan beda tujuan hdup, maklum mayoritas Tuhannya beda. kalo gak takut Tuhan gak takut halal haram yg pnting duit dan kepuasan dunia tanpa aturan gampang supermudah, langgar saja aturan yg haram dari agama, tp endingnya koclok semua moral bangsamu.

  26. pengusaha yg gak punya utang itu rasanya seperti hambar gak ada gregetnya cuma berangkat pagi pulang sore gitu gitu terus sampe pensiun.

  27. Gpp utang aja yg banyak abis itu kemplang aja gak usah bayar

  28. Wah banyak ya utangnya. Padahal klo beli su 35 sebiji yg katanya 85jt USD sama dengan 1.1T aja coba utang yg 110T di pake buat beli su 35 bisa dapat 100biji. Negara tetangga pada keder semua deh.

    • Kok 85jt USD sama dengan 1.1T ndan? cara kurs nya gimana tuh?
      Beli SU35 jangan banyak, paling tahun 2020 bakal ada pesawat generasi baru yg murah dan hemat bahan bakar nya ndan

  29. Koq malah nambah terus ya…
    Saya heran,apa gk di cicilin itu hutang???
    Yang bisa jelaskan mohon koment

    • Bisa dilunasikan ga si tu hutang, banyak sekalee, yah untuk yg positif thinking banyak infrastruktur dibangun, berdoalah semoga kualitas bangunannya sesuai dan awet, untuk yg negatif berdoa saja uangnya ga dikorup…

    • ada utang (lama) yang udah lunas, tapi kan ada utang baru yang harus dilunasi. jadi ada estafet utang, tapi ya gak masalah samasekali asal digunakan secara tepat, lihat penjelasan bung firman syah alam di bawah..

  30. utang sih wajar siapapun presidennya pasti utang yg jadi masalah ngomongnya ini wktu debat dana ada tinggal kitanya mau kerja kerja kerja apa nggak lah taunya ada boleh ngutang…… knapa gk bilang aja dana kita gk punya nanti kita ngutang aja y…….kan lebih enak……..tax amnesti targetnya 1000 trilyun lah cuma dapet 140trlyun malah pajak buat rakyat miskin d naikin…….katanya tax amnesty bakal mengguncang singapura dengan d mengalirnya duit orang indonesia yg d simpan d singapura ke indonesia ini malah mengguncang kilometer dan sambel rakyat indonesia……ah sudahlah ayo kita berbahgia
    .

  31. utang sih wajar siapapun presidennya pasti utang yg jadi masalah ngomongnya ini wktu debat dana ada tinggal kitanya mau kerja kerja kerja apa nggak lah taunya ada boleh ngutang…… knapa gk bilang aja dana kita gk punya nanti kita ngutang aja y…….kan lebih enak……..tax amnesti targetnya 1000 trilyun lah cuma dapet 140trlyun malah pajak buat rakyat miskin d naikin…….katanya tax amnesty bakal mengguncang singapura dengan d mengalirnya duit orang indonesia yg d simpan d singapura ke indonesia ini malah mengguncang kilometer dan sambel rakyat indonesia……ah sudahlah ayo kita berbahgia
    .

    • Kalo dibilang dananya ada itu memang benar, diperoleh dr pencabutan subsidi bbm yg 300 T. Hanya saja dng program pak jokowi yg menyangkut tol laut dan pembangunan infrastruktur diwilayah timur agar utk mestabilkan harga2 disana perlu dana yg besar. Yg jelas dng pembangunan infrastruktur besar2an menciptakan lapangan kerja. Di timur jg ingin merasakan ada kereta api dan jalan tol, tdk hanya jawa saja yg dijejali tol. Mereka jg ingin menjual hasil buminya secara cepat. Maka dng infrastruktur dibangun, geluat ekonomi tumbuh.
      Tax amnesty bukan gagal. Tetap berhasil, hanya saja Singapura jg punya jurus penangkalnya yaitu pajak rendah dan hak kewarganegaraan bagi yg menyimpan dananya di negara mereka.
      Yg bakal menggembosi Singapura adalah FIR. Itupun kalo si Upil tdk ngeluarkan jurus barunya utk mengulur FIR. Pak Jokowi sdh siapkan perangkatnya utk bertekat merebut FIR kembali dr Singapura.

  32. Bukanx tutup buku pemerintahan SBY utang Indonesia tinggal 700an triliun?

    • Gak lah. Lebih dr itu. Bisa dicek di situs BI. Yg pasti Hutang itu warisan dr jaman dulu boss. Blom ada pemerintahan di Indonesia dr dulu sampai saat ini yg bisa membuat pemerintah tdk punya hutang. Amerika aja hutangnya segambreng.
      Jd tdk arif membanding bandingkan hutang pemerintahan yg lalu2 dngbyg srkarang. Sampai kapan kita terjebak dlm dikotomi yg lalu dan sekarang.?

    • kasihan si ruskye gak tahu grafiknya,

      http://www.bi.go.id/en/iru/PublishingImages/External%20Debt%202015.jpg

      akhir pemerintahan SBY, utang justru menanjak hingga $ 292M, utang pemerintah $ 130++ M

      • bisa dilihat juga bahwa utang menanjak tajam antara 2004 – 2014, tolong dicek itu pemerintahan siapa.

        grafik hanya menampilkan hingga tahun 1996 (menjelang akhir pemerintahan orba) tapi utang ada sejak jaman orla, misal untuk belanja alutsista besar2an dari rusia…

  33. @Musashi aja 85jt x 13000 bro. Bisa pake kalkulator biar tidak salah.

  34. Utang saja yang banyak nda apa2 kan nanti yang bayar anak cucu kita, entah mereka mampu atau tidak, itu urusan mereka kelak yang penting utang dulu..
    dulu HUTAN WARISAN NENEK MOYANG skarang UTANG WARISAN NENEK MOYANG….

    • Dari semua komen cuma komen bangkuta yg berbobot,,, mantap,,,, bagi yg blg utang buat pembangunan infrastrukur,,, cb anda teliti apakah tol laut itu sukses atw gagal,, brp pelabuhan yg tak berjalan sesuai yg di harapkan,,, tlg jelaskan jgn anda anti kritik jgn buta dengan pencitraan,, apakah populasi org kaya yg 1% itu wajar melebihi yg mayoritas bahkan melebihi jumlah stgh dari apbn kita ??????

  35. Pemerintah bisanya utang… Masa jabatan 5 taun kalo mw utang boleh.. asal wktu turun udah lunas…

    • utang kok nominalnya sampai Rp3.589 trilyun. seandainya buat membeli su35 dpt berapa ya? hutang segitu kok rekam jejaknya gak ada baik utangnya ke siapa dan penggunaannya buat apa aja gak jelas wujudnya, mblawur mode stealth kayak raptor? DPR sbg pengawas dan penasehat pemerintah jadi lembaga gagal total dan layak dibubarkan. tdk ada gunanya justru terbukti sarangnya koruptor, suka hura-hura, pro kpentingan asing dan penghambat program pemerintah yg dinilai bgus.

  36. Prok prok prok, ……….. Hebat,……… Hebaat, ………. Hebaaat, …….. !!!

  37. bung anu melangkahkan kaki mo beli rokok ke warung…
    opsi 1.. tak ada kejadian apa apa selama perjalanan.
    opsi 2.. di jalan dikejar anjing…

    pertinyiinyi,,, opsi mana yg lebih cepat..
    itulah utang,, beresiko,, tapi memaksa kita berlari (melangkah lebih cepat)

  38. Hutang klo produktif itu bagus, karena kelak hasil dari hutang adalah pembangunan dan ekonomi yg produtif juga, dan sy liat banyak infrastruktur yg sdg dikerjakan mulai dari daerah tertinggal diluar pulau jawa, menurut sy itu bagus utk pemerataan ekonomi dan harga, klo ada yg bilang blom sukses itu wajar, klo melihat hanya dgn waktu yg singkat dan unsur tdk suka dgn pemerintahan skrg ini, kenapa? Klo anda membangun rumah, yg lama adalah finishingnya, setelah finishing kita isi dgn perabotnya, setelah kita isi perabotnya, kita kudu beradaptasi dgn lingkungan baru kita, so,….butuh waktu lama bukan?….jokowi bukan tukan sulap yg bisa sim salabim langsung jadi,….semua butuh proses, tinggal kita, selagi menunggu proses jadi, mari kita buat suasana indonesia damai dan nyaman dgn bekerja utk indonesia lebih baik…….( ngupi lagi ah….)

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)