Aug 172014
 

Video serangan Sekutu ke Indonesia, pasca Indonesia mengumumkan kemerdekaannya tahun 1945. Video ini merupakan dokumentasi dari pihak Sekutu, yang  berhasil dibuat menjadi berwarna, karena kecanggihan dan perkembangan teknologi video saat ini.

Nasib Rakyat Indonesia ketika dikuasai negara lain (Belanda) - dok revolusi kemerdekaan RI

Pasca Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945, kebebasan tidak serta merta diraih Indonesia, melainkan ditempuh dengan peperangan dan diplomasi yang panjang. dok revolusi kemerdekaan RI

  83 Responses to “Video Perjuangan Kemerdekaan Indonesia”

  1. Merdeka…

  2. Merdeka.,.

  3. Merdeka….!!!

  4. Merdeka !!!! NKRI harga mati !!!!

  5. Merdeka!!!

  6. Merdeka…!!!!

  7. Jujur saja, rasa cinta tanah air saya semakin berkurang karena sebentar lagi tanah air kita di pimpin oleh org2 yg gk pantas pimpin negri ini. Gk ikhlas rasa nya.
    Maaf, bukan maksud profokasi, bukan karena saya pendukung kubu No. 1, tp bginilah knyataan nya.
    Kasihan pahlawan2 kita mengorbankan jiwa n raga demi negri ini, namun di rusak kmbli oleh ular2 yg cuma mmntingkan pribadi nya sndiri.

    Smoga Tuhan melindungi negri ini.

  8. absen dulu

  9. Dirgahayu NKRI untuk saudaraku dari Sabang sampai Merauke. Merdeka!!!

  10. DIRGAHAYU NKRI ke-69! semoga ditunjukkan jalan yg terang menuju Indonesia yg lebih baik..

  11. Pantas tidaknya presiden rakyat yg memilih.

  12. Merdeka atau matiii!!!

  13. Saya tidak tau harus menggunakan tanda baca ! Atau ? Saat meneriakkan merdeka

  14. Merdeka!
    Salam newbie

  15. JIKA ANDA CINTA PADA TANAH AIR.TULISAN DAN PERKATAAN ANDA YG BERBAU PROVOKASI ITU TIDAK AKAN MUNCUL DAN TIDAK AKAN KELUAR DARI MULUT ATAU TULISAN TANGAN ANADA.JIKA ANDA CINTA PADA TANAH AIR ANDA AKAN LEBIH BERHATI HATI BILA MENYAMPAIKAN PENDAPAT.KARNA JIKA PENDAPAT ANDA SALAH DAPAT MENJADIKAN BUMERANG BAGI BANGSA DAN NEGARA

  16. Salam hormat para pembaca JKGR,
    didalam menyongsong hari kemerdekaan NKRI yg didapat dari tetesan darah para pemuda pemuda pejuang negeri ini berikut ini akan saya ceritakan salah satu pelaku sejarah pejuang kemerdekaan NKRI yaitu kakek saya yg bernama Letda Seman bin Asiri ( sekang beliau masih hidup ,beliau lahir tahun 1921 tp saya tdk tahu cara memposting gabr beliau ) beliau bersaudara 9 orang yang kesemuanya adalah militer didikan jepang heiho,8 saudara beliau gugur di didalam merebut kemerdekaan kesemua saudaranya gugur sebagai pahlawan tak dikenal karena beliau tdk menemukan makam saudara saudaranya kecuali 1 yg beliau temukan makam kakaknya yang paling sulung di taman makam pahlawan jember yg lainya beliau lacak tdk ketemu.
    Didalam mempertahankan kemerdekaan ini beliau mati 2x tetapi hidup lagi dan terus berjuang utk merebut dan mempertahankan kemerdekaan ini, beliau ahli sabotase beberapa aset aset vital belanda pernah dia sabotase serta dia aktif di bagian inteljen keahlian beliau adalah pertempuran jarak dekat dan bela diri tangan kosong,semua mata mata belanda jaman itu beliau habisin di areal teritory beliau yaitu saerah jember dan sekitarnya sampai beliau pernah dengan pasukannya menginap si puncak gunung semeru utk menghindar kejaran musuh karena saking sengsaranya belaiu bersumpah dipuncak semeru bahwa anak anaknya tdk akan dia ijinkan utk menjadi militer.
    Berbagai palagan pertempuran pernah beliau ikutin di seluruh indonesia di dalam merebut & mempertahankan NKRI termasuk melacak keberadaan Westerling sampai ke tim tim kala itu belum menjadi bagian NKRI,pertempuran Surabaya yg heroik…motto beliau korban dalam sebuah pertempuran adalah wajar dan jangan pernah tergiur oleh harta di dalam sebuah perjuangan …jika kamu tergiur oleh harta apalagi menjarah emas ….nyawa adalah gantinya.
    Sekarang beliau masih sehat walaupun mata dan kupingnya kurang jelas,beliau menghabiskan sisa hidupnya di kota Singaraja Bali dgn sangat sederhana dan setiap ditanya beliau bilang kepingin meninggal di umur 100 th.
    Itulah sekilas perjalanan hidup seorang pejuang …pelaku sejarah didalam merebut & mempertahankan NKRI.

    wassalam

    • smoga bpk samat Di beri ke ihklasan atas trkorbannya sodara2 beliu saya atas nama warga jember brterima ksih kpada para pejuang trutama bpk semat yg telah memperjuangkan kota jember

      m. . . e. . .r. . .d. . .e . . .k . . .a

    • ucapan terima kasih saya untuk beliau..

      • Terima kasih bung Banzai nanti saya saya ucapkan salamnya …beliau terakhir di perbantukan ke bali utk ikut mendirikan kodam Udayana dimana kata beliau pertama kali dulu lambang kodam udayana adalah banteng buta tanpa mata …skrg lambang kodam Udayana burung garuda

    • Lha iya bung. Saya juga heran jangan ngambil harta kalo berjuang. Lah sda kita di jualin murah meriah, untuk apa coba. Kalo belum mampu untuk mengolah ya tunggu dulu jangan di uangkan. Anak cucu masih hidup di negri ini kecuali kalo negri ini bakalan tenggelam 100thn lagi ya kita jual timbang mubazir. Lucunya pertamina kok dapet blok di luar negri tapi kok di dalam negri cuman operator apa ngga keliru. Semua di jual untuk kepentingan pribadi dan golongan. Kalo orang yang bung ceritakan ngga boleh masuk militer saking susahnya hidup ya bener. Tuh tanya bung sempak, kalo orang yang lurus pasti mentok di kapten. Ngga bakalan jadi jendral. Dan hanya sedikit dari para punggawa kita yang lurus mereka udah kelas tinggi. Ibaratnya yang mentok di kapten samurai jepang yang kaku kalo yang kelas tinggi yang lentur. Hampir semua sekarang bisa di lobi. Pernah ada sodara masuk dpr dia kerja sungguh2, dia dahulukan kerjaan timbang keluarganya karena jabatan yang dia pegang adalah amanat dari rakyat. Eh laporan udah selesai ngga di tindak lanjuti malah lobi dan lobi, jerih payahnya ngga di hargai sama sekali oleh atasannya. Akhirnya dia ngga mau lagi di calonkan walau partainya nyuruh. Ia kapok bukan sekali dua kali tapi selama menjabat ya seperti itu. Percuma dia berjuang kalo semua bisa di kondisikan. Malah nyuruh anaknya jadi PNS aja biar ngga banyak mikir 😀
      Maap curhat juga.

      • salam hangat bung freaxout,iya benar bung ….sebenarnya kakek saya yaitu letda seman bin asiri pangkat terakhirnya mayor …mungkin lebih tinggi lagi …cuma waktu kata dia atasannya yg mempromosikan kakek saya minta duit …sama kakek saya di gampar kata beliau waktu itu keatasannya yg digampar bilang urusan saya bertempur …urusan kamu promosi.

      • susah ya bung freax, jkalau pengen lurus..godaan dan hambatannya ada ajah, idealisme akhirnya hanya jadi slogan saja,terbentur dengan budaya najis yg disebut korupsi..

        • Ada yang lebih parah bung banzai. UUD 1945 kan di amandement kalo presiden menjabat hanya 2 periode lha yang ngaman demen berapa periode hayo. Dari saat ane pertama nyoblos sampe sekarang permadi dari pdi tetep jaya (sori loh contohnya cuman itu). Mulai jaman mbah kung sampe jaman babeh tetep merdeka. Makanya saya komen kalo kpk mau benerin negara di mulai dari yang buat undang2. Dulu waktu pertama masih di pegang antasari azhar semua korupsi pejabat di tindak lha sekarang kalo gratifikasinya ngga 1M di biarin dan hanya duit dan barang kalo daging mentah ngga di hukum akhirnya…
          Masak harus ngulang lagi kalo nulis.
          Capek deh

          • kalo soal 2 periode saya lebih setuju amandemen bung, selain mencegah kekuasaan absolut yg cenderung dekat dengan korup. juga memaksa regenerasi pimpinan bangsa, dan kpk nggak mungkin kan menangani korupsi kecil2 dengan aparat yg sangat terbatas saat ini.bayangkan korupsi dibawah 1 M,yg melibatkan pegawai negara berapa? yg gede dan kakap aja numpuk. kpk salah satu wewenangnya kan juga ikut membenahi sistem, dan saya estuju dan seneng banget dua capres kemaren berkomitmen menguatkan kpk dan menambah personilnya, apalgi kalo keduanya mau memisahkan dan membesarkan badan pajak,sekuat dan semenakutkan IRS di amerika sana. bayangkan berapa uang yg bisa diselamatkan dan dihimpun.

          • Waduh
            Kok mis de poin kayak gini
            😆

          • hehe betul, salah point,,yap intinya saya setuju sama anda bung freax,kalo perlu semua jabatan dan kedudukan dua periode.biar mereka gak sempet bikin komplotan dan kolaborator, dan beranak pinak disana. termasuk mereka yg berganti2 partai biar tetep masuk.

    • artikel bisa di emailkan ke alamat bung diego beserta photo. Alamat email ada di contact
      Sekalian klo ada tanda jasa/veteran dst bisa diphoto.
      Insyaallah, klo layak, sm bung diego akan dinaikkan jd artikel.
      Salam

    • salam dan terima kasih untuk pak Seman atas perjuangannya di wilayah jember n sekitarnya..oleh karenanya saya akan mempertahankan mati-matian hasil perjuangan beliau bagi oknum2 perusak lingkungan demi mengais rupiah (taman nasional meru betiri, gunung watangan, pasir kencong dan lain-lain)..MERDEKA bung!!!

      • 3 tahun yang lalu q sempat bertemu dengan seorang pejuang juga di tn meru betiri, tepatnya di bande alit, beliau umurnya malah sudah 100 lebih, dia adalah salah satu juga yang ikut berjuang dengan pak serudji, pahlawan jember. Gak tau sekarang masih hidup apa gak? Kasihan beliau perjuangannya seakan tidak dihargai,, kehidupannya sungguh membuat hati kita menjadi miris.

        Salut dengan bung tirap atas jerih payahnya. Kerusakan lingkungan di jember memang menguatirkan, apalgi predikat daerah seribu gumuk pun juga akan hilang jika upaya pengerukan2 gumuk2 tidak dihentikan. Padahal menurut penelitian yang saya tahu karena adanya gumuk2 itulah curah hujan dijember bisa terjaga tidak banyak tidak juga sedikit, sehingga daun tembakau yang dihasilkan berkualitas tinggi.

        • betul bung saya sedih kerusakan lingkungan di taman nasional meru betiri parah..banyak lahan jadi alih fungsi. Semoga pemerintah n masyarakat Jember menghargai jasa pak seman dan pahlawan lainnya yang rela mengorbankan nyawa demi kemerdekaan malah sekarang lingkungan dirusak..kasihan anak cucu kita nanti tidak bisa menikmatinya. Terima kasih

      • salam hangat bung tiarap,
        semoga semangat pejuang pejuang kemerdekaan bisa memberi semangat di dalam perjuangan bung tiarap.
        salam

    • Salam merdeka untuk beliau bung seman semoga pemerintah dapat memberi penghargaan yang layak untuk beliau.

    • Salam hormat saya untuk kakek anda juga almarhum kakek2 anda.titip ucapan terimakasih..salam hangat bung 🙂

    • Salam semoga beliau sehat selalu bung Seman, saya jg teringat akan cerita perjuangan adik kandung nenek saya beliau adalah pejuang tentara pelajar, gugur pada waktu agresi militer belanda pada tahun 1947.

  17. smoga bpk seman Di beri ke ihklasan atas trkorbannya sodara2 beliu saya atas nama warga jember dan warga Indonesia brterima ksih kpada para pejuang trutama bpk seman yg telah memperjuangkan kota jember

    m. . . e. . .r. . .d. . .e . . .k . . .a

  18. mbah prihatin…..
    yakin sudah merdeka ? secara ekonomi ?

    80 % ekonomi negeri ini dikuasai oleh siapa ?
    90 % Sumber daya alam kita di kontrakan pada siapa ?

    Yang namanya merdeka sepenuhnya ya seperti malaysia, singapura dan australia. Makmur rakyatnya, adil dan sejahtera.

    Vietnam, filiphina dan myanmar masih belum bisa dikatakan makmur.

    Trus siapa yang salah jika Indonesia yang sebesar ini rakyatnya masih belum makmur ?

    Monggo mbah di kasi pencerahan ?

    sekali merdeka tetap merdeka

    merdeka
    merdeka
    merdeka

    ALLAH HU AKBAR
    ALLAH HU AKBAR
    ALLAH HU AKBAR

    • Hehehe insap juga nih orang

    • yakin mbah.negara kita sudah merdeka.kalo masalah sumber daya alam yg di kuras oleh perusahaan asing,insya allah lambat laun kita akan merebutnya.ingat mbah,negara kita bukan berawal dari negara penjajah,tp terjajah,jadi harap maklum jika SDA kita sebagian masih di kuasai negara asing.seandainya indonesia adl negara pemenang perang dunia 2,ya pastinya gak bakal begini.mari sama2 berjuang membangun bangsa mbah,.saya yakin anda juga ingin indonesia menjadi negara besar dlm arti sebenarnya.

    • “Tiada satu musibahpun yang menimpa dibumi dan (tidak pula) pada dirimu sendiri melainkan telah tertulis dalam kitab (LAUH MAHFUZH) sebelum kami menciptakannya,sesungguhnya yang demikian itu adalah MUDAH BAGI ALLAH,(kamii jelaskan yg demikian itu) SUPAYA KAMU JANGAN BERDUKA CITA Terhadap apa yg luput dari kamu,dan supaya kamu jangan terlalu gembira terhadap apa yg diberikan kepadamu dan allah tidak menyukai setiap orang yg sombong lagi membanggakan diri”,( Al-Hadid.22.23)

    • Mbaaah bowoooo… waah komennya mancing warjager ni yaa mbah mengenai apa arti merdeka itu sendiri? Apalagi pakek pembandingan negara2 pemakmuran. Kali ini q ngerti apa yang kamu mau mbaaah. Salut dengan cara mbah nunjukin jiwa nasionalismenya. Hehehehe

      Tapi mbah dulu gak ikut perang sama sekutu ta mbah? Kok bisa mbah gak ikut kebedel sama londo mbah? Hehehe

      #mbah2 yang gaul bisa internetan

      Wkwkwkwkwk

    • Mbah wo….. Aku kangen padamu,lama tak muncul., masih sibu nge pam kah?

    • mbah, kali ini sapa yang mbayar mbah,FPDA?
      tapi ada benernya simbah kali ini, kemerdekaan menuju kesejahteraan dan kedaulatan masih harus diperjuangkan bangsa ini…

    • Tapi saya ndak setuju ostrali itu merdeka. Orang aborigin itu pemilik aseli benua ostrali malah termarjinalkan.

  19. bagaimana perasaan mereka jika negara mereka di jajah,dan rumah2 mereka di bakar seperti yg terjadi dengan kakek dan nenek kita di masa kemerdekaan?kebetulan saya sering mendengar kebiadaban belanda dari buyut saya yang seorang pejuang kemerdekaan yg pernah merasakan bagaimana tersiksanya beliau ketika berada di dalam gerbong kereta api yg membawanya dari stasiun bondowoso ke surabaya.apa yg pejuang2 kita terdahulu,sungguh benar2 tulus,mari kita lanjutkan dengan membangun bangsa ini.jangan terpecah karena adanya pilpres yg telah usai.siapapun yg memimpin negeri ini,kita harus mendukung dan mengawasi kebijakan2 yg di keluarkan agar selalu sesuai dengan ke inginan rakyat dan UUD 1945.selamat hari kemerdekaan untuk semua warga jakarta greater.saya yakin darah kalian semerah rasa patriot yg tersimpan di dalam dada kalian.merdeka.sekali merdeka tetap merdeka.NKRI HARGA MATI

    • klo pemimpinnya ternyata tidak bener gmn bung? apa tetep didukung? apa diturunkan? klo diturunkan akan terjadi seperti mesir…… klo tdk siapa yg bisa meluruskan? monggo di tunggu pencerahanipun…

      • gak akan seperti mesir kok bung,he he…..,.soal pemimpin yg gak bener,kita liat aja dlu,wong masih belum memimpin kok.tar baru ketauan bener apa gaknya setelah memimpin.di butuhkan kepercayaan utk saat ini bung arrsy,pemimpin yg terpilih skg adl pilihan terbesar rakyat,kita berdoa saja supaya dapat memikul amanat yg berat ini.soal siapa yg bisa meluruskan,nanti akan muncul para pemimpin2 lain yg bisa meluruskan.itupun jika memang tidak lurus seperti yg bung maksudkan.

  20. Simbah BOWO tuh udah pikun bentar diberi pencerahan bentar gelap lagi…PIKUN DIA…

  21. Affirmative 😈

  22. @Bung Jalo , @Bung Gue , @Bung PS , @Bung Diego , @Bung Nar … Ditunggu Video / Gambar Manuver Alutsista Yang Hadir Memeriahkan HUT RI KE 69 ..

  23. Assalamualaikum wr.wb
    ow ternyata memang bener ya, mbah rakyat malaysia cuma namanya saja yang pakai logat Indonesia.
    karena sebelumnya selalu memposting tentang China, dan selama ini yang takut akan serangan naga dari utara malaysia, pernah dulu kapal TLDM mengejar kapal china sampai mau tenggelam kapal malaysianya.
    dan selama ini Indonesia adem ayem saja sama China, yang kepanasan bukankah malaysia karena alutsistanya tidak mendukung serta terlibat konflik langsung dengan China, Malaysia tidak bisa bergantung pada FPDA, karena FPDA tidak mempunyai kepentingan untuk melindungi rakyat Malaysia, FPDA hanya mempunyai kepentingan strategis wilayah.

    saya punya saran untuk rakyat Malaysia, yaitu jangan jadi negara yang pengecut setahu saya bangsa di Nusantara ini mempunyai keberanian yang tinggi-tinggi untuk kemerdekaannya serta untuk mempertahankan kedaulatan negaranya, entah rakyat Malaysia ini termasuk bangsa Nusantara atau hanya bangsa pendatang yang memiliki sifat pengecut.

    • cerdas

    • Sebenarnya indonesia dan malaysia itu sama aja orangnya bung.sebenarnya yang neko neko dan sok jago selama ini hanyalah segelintir orang atau pejabat elitnya siapa lagi kalau bukan si botak najib dan saddam hussein versi malon (melayu berbulu pirang).Barangkali malaysia akan mengalami cara pandang yang berbeda terhadap indonesia jika PM adalah datok anwar ibrahim.

  24. Merdeka…….merdeka……merdeka…..mari bersatu membangun negeri ini jenuju Indonesia Jaya…..Selamat HUT RI ke 69, JAYA NKRI…..mohon maaf lahir bathin.

  25. Gw rasa mbah bowo ada benarnya. Mungkn karena kita lbh menitik berat kan arti perjuangan bersenjatanya, sehingga mengesampingkan kesejahteraan rakyat. Indonesia lbh awal merdeka, tp 20 tahun lebih masuk dlm kemelut konflik bersenjata… Sdngkn bnyk negara lain langsung tancap gas stlh merdeka.

  26. Yang naro video kok g ngasih link sumber sih??? Pelanggaran tuh…

 Leave a Reply