Jun 222017
 

Sebelumnya dilaporkan bahwa pesawat tempur NATO berusaha mendekati pesawat Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu diatas perairan Baltik yang netral namun dikejar oleh Su-27, seperti dilansir dari laman Sputnik News.

Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu sedang dalam perjalanan ke kota paling barat Rusia di Kaliningrad ketika sebuah jet tempur F-16 NATO berusaha melakukan pendekatan.

Jet tempur multiperan Sukhoi Su-27 Rusia, adalah salah satu pesawat yang turut mengawal pesawat yang membawa Menteri Pertahanan Rusia tersebut, yang kemudian menunjukkan senjatanya mengusir F-16 NATO itu mundur.

Pada tanggal 6 Juni, Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan bahwa mereka mengirim jet tempur superioritas Su-27 di atas Laut Baltik untuk mencegat serta mengawal pesawat pembom strategis B-52 AS yang mendekati perbatasannya.

Sementara itu pada hari Senin, 19 Juni yang lalu, jet tempur Su-27 Rusia bersenjata lengkap juga telah mendekat dengan cepat pesawat pengintai RC-135 AS di atas Laut Baltik.

Jet tempur Su-27 tersebut dengan cepat mendekat dan menempel pesawat RC-135 AS dalam jarak kurang dari 2 meter. Saat pesawat terbang berdampingan, pilot Rusia mulai melakukan manuver ‘provokatif’ dengan terbang ‘tidak menentu’ kata seorang pejabat AS.

Bagikan: