Agu 182017
 

Rudal Brahmos dalam sebuah uji coba (photo : News24. online)

Pemerintah Vietnam mengkonfirmasi telah menerima pengiriman rudal jelajah supersonik Brahmos dari India. Juru bicara Kementerian Luar Negeri Le Thi Thu Hang mengatakan Vietnam sedang mengembangkan kerjasama pertahanan dengan India.

“Pembelian senjata ini sesuai dengan kebijakan pertahanan nasional Vietnam yang damai dan bertujuan melindungi negara ini,” kata Hang.

Le Thi Thu Hang mengatakan kemitraan komprehensif strategis antara Vietnam dan India berkembang di berbagai bidang dan berkontribusi terhadap perdamaian, stabilitas dan pembangunan di kawasan dan dunia.

Rudal BrahMos dikembangkan oleh NPO Mashinostroeyenia Rusia dan Defense Research and Development Organization (DRDO) India.

Bramos adalah rudal jelajah anti kapal tercepat di dunia yang memiliki kecepatan 3.400-3.700 kilometer per jam. Rudal berbobot tiga ton ini bisa diluncurkan dari kapal selam, kapal perang, pesawat terbang atau dari kendaraan darat.

Sebelumnya India telah memasok kapal patroli ke Vietnam dan telah memberikan pelatihan militer, namun rudal tersebut merupakan kesepakatan perdagangan senjata pertama antara kedua negara.

Rincian nilai kesepakatan pembelian rudal Brahmos belum terungkap.

Vietnam membangun militernya di tengah ketegangan di Laut Timur yang disengketakan, yang dikenal secara internasional sebagai Laut Cina Selatan. Vietnam juga telah memesan enam kapal selam diesel elektrik Improved Kilo dari Rusia dalam kesepakatan senilai US$ 2 miliar.

Asiandefencenews

Bagikan:
 Posted by on Agustus 18, 2017