Bangsa Petarung di Laut China Selatan (Vietnam)

83
129

Tanpa banyak bisa basi, Vietnam terus membangun infrastruktur di wilayah-wilayah yang mereka klaim di Laut China Selatan. Jika Tiongkok bisa melakukannya, tentu Vietnam pun bisa melakukan hal serupa. Pergi dan kerjakan, itulah prinsip Vietnam.

Vietnam tidak bisa ditakut takuti dengan kapal perang Tiongkok ataupun diancam lewat kekuatan militer. Negara dengan militer terkuat sudah mereka hadapi. Kata-kata perang bukan sesuatu yang menakutkan.

image

image

image

image

image

image

Tentu, tindakan Vietnam bukan tanpa perhitungan. Garis pantai mereka telah dilengkapi rudal anti kapal 300 km, S-300 Bastion. Mereka juga memiliki tiga kapal selam Kilo Class, dan tiga lainnya dalam perakitan. Vietnam juga membeli frigate Gepard class dari Rusia dan Korvet Sigma Class dari Belanda.

Melihat tindakan Vietnam yang membangun infrastruktur di kawasan Laut China Selatan, Tiongkok hanya bisa menyampaikan kekhawatirannya. Vietnam menganggap sepi kekhawatiran Tiongkok itu dan tetap membangun, seperti halnya yang dilakukan Tiongkok di sisi lain Laut China Selatan. Pergi dan Lakukan.

83 KOMENTAR

  1. β€˜β€™β€žβ€˜β€™?β€˜β€™β€žβ€˜β€™ β€˜β€™β€žβ€˜β€™?β€˜β€™β€žβ€˜β€™
    β€˜β€™β€žβ€˜β€™ ? β€˜β€™β€žβ€˜β€™
    β€˜β€™β€žβ€˜β€™??Βͺ??ΒͺaΒͺa??β€˜β€™β€žβ€˜β€™
    β€˜β€™β€žβ€˜β€™ ? β€˜β€™β€žβ€˜β€™
    β€˜β€™β€žβ€˜β€™?β€˜β€™β€žβ€˜β€™ β€˜β€™β€žβ€˜β€™?β€˜β€™β€žβ€˜β€™β„’ cepetee. kalah maning pertamax

  2. Nah ini dia kombinasi “Rakyat-pemerintah-nasionalisme-patriotisme” Pergi dan lakukan!
    Rakyat vietnam sanggup bakar pabrik asal cina dan mengusir rakyat cina keluar dr vietnam krn mrk berfikir bhw dlm perang semua cara adalah “halal” wlpn mereka jg sadar tindakan mrk bikin modal asing lari.Tapi rakyat vietnam yg difikir hny satu,loe usik gue..gue usik loe!

    • Bicara ttg Vietnam,saya teringat kembali Pemain Timnas Pssi Bima sakti patah kaki krn sengaja di tabrak oleh pemain gantian bek vietnam, jaraknya cm 10 meter di dpn saya saat menonton sepak bola piala Merdeka di Kuala lumpur 1997.pemain gantian vietnam ini balas dendam krn Bima sakti juga mematahkan kaki pemain vietnam yg lain.bahkan saya nmpak persis Bima sakti terkapar smbil menunjukkan isyarat kpd supporter Indonesia supaya bertindak masuk lapangan mengejar pemain Vietnam tsb.Semangat tanpa menyerah mrk persis semangat rakyat indonesia.

  3. Tidak jauh dgn kita kok bung, hanya saja TNI lbh senang dgn idiom “Silent but deadly”.. seperti Misteri sukro,siluman bawah air, KRI 201-204,SAM kita, dll.

    Vietnam berlaku seperti itu krn mrk pernah merasakan beradu fisik dg cina, AS,Perancis. Tapi tdk sebesar kekuatiran mrk terhadap saudara TUA Asean yakni Kita.

    # ayo bung diego keluarkan artikel yg udh dipegang.. biar para warjager’s muntah2 nie,mumpung ane OFF Duty

  4. Taukah Anda semua ??

    Bahwa saat ini, Vietnam menjiplak 100 % system GBHN dan Repelita era Presiden Suharto. Vietnam memoles gaya pembangunan terstruktur GBHN dan Repelita agar sesuai dengan tradisi dan system pemerintahan mereka. mereka juga mengawasinya dengan sangat ketat untuk menekan korupsi.

    Pelan dan pasti, Vietnam melaju kencang meninggalkan Indonesia.
    Lihat dan amati, pembangunan infrastruktur disegala bidang mereka yang identik dan sangat mirip kemajuan Indonesia di tahun 80-90’an.

    Investor asing yang dulu ( 80-90’an) menanam uang di indonesia sekarang mulai memindahkan basis produksinya ke Vietnam bahkan Group Ciputra pun sudah masuk dan menjadi investor properti disana.

    Situasi politik Indonesia yang tidak stabil, demontrasi buruh yang berbau politik, pungutan liar dimana-mana, Jalanan macet, pelabuhan lelet dll. sebentar lagi era MEA 2015 kawan..

  5. Kalau mau kayak vietnam jd komunis dulu bung bung sekalian…atau fasis sekalian…cm ada satu partai yg berkuasa sehingga keputusan cepat diambil dan orientasinya kedaulatan negara first…kemakmuran akan mengikuti….kata karl marx dan david ricardo sih waktu ane belajar ekonomi… :mrgreen:

    • Sebetulnya tak perlu jd komunis kok. Inti ny begini: Pemimpin itu harus bisa berfungsi sbg orangtua dan sahabat. Harus bisa & Mau mendengar,melihat,dan ulurkan tangan menolong. Beri contoh dari hal yg kecil sampai besar,memiliki kesabaran ekstra & militansi tinggi saat “Pihak asing/lokal” menyinggung kedaulatan negara/ keamanan-kesejahteraan rakyat”.

      #Bapak selalu hapal nama istri/anak anggota PPD nya & selalu tanya gmn kbr mrk.kira2 sprti itu contohnya.

      Semoga RI 1 & RI 2 memiliki jiwa Patriotisme & Pancasila sejati

  6. Semakin nyata, adik kecil sebentar lg melewati saudara tua-nya…! Dari segi ketahanan militer, alutsista, ekonomi dan sosial.

    Bedanya vietnam sama kita, vietnam tidak pernah melupakan sejarah bung. Mereka tahu siapa musuhnya dan siapa kawannya.

    Di saat damai vietnam memperkuat otot2 alutsistanya. Salut buat mereka.

    Vietnam = alutsista modern+militer petarung+rakyat pejuang. Musuh2nya mikir 1000x lipat tuh.

  7. Itulah sebabnya waktu pemilu pres kemarin uku pilih no 1. supaya saudara tuanya asean dapat mengaum kembali dari tidur panjangnya,supaya adik adik asean kita tidak pada berkelahi satu sama lain semuanya duduk rapi dan berbaris di belakang kakaknya yaitu indonesi.

    • Tdk ada yg jelek dg Repelita & GBHN. Repelita itu adlh Grand design dan Tujuan Akhir dr sang Pemimpin, sdg GBHN adalah Rambu & Wasit dlm berdemokrasi. Apalagi dg Grand design Ekonomi kerakyatan berbasis Pancasila, jika itu di laksanakan & diawasi dg bijak & ketat insya Allah makin berkurang rakyat miskin di negeri ini.

  8. satu hal yang perlu di pelajari dari komunis vietnam , mereka sangat mahir dalam bermain geo politik. saat perang kemerdekaan melawan prancis, mereka mendapat support militer dari china, saat perang melawan vietnam selatan dan amerika, kembali mereka mendapat support dari soviet dan china. saat mereka perang dengan china. posisinya menjadi terbalik, mereka di support soviet dan china di support amerika. sekarang kembali lagi komunis vietnam mendapat support dari amerika untuk membendung pengaruh china. buat indonesia sebaiknya wait and see, untuk ukuran asia tenggara mereka ini paling tangguh dan agresif. jangan sampai kita bentrok dengan mereka.