Sep 052014
 

Tanpa banyak bisa basi, Vietnam terus membangun infrastruktur di wilayah-wilayah yang mereka klaim di Laut China Selatan. Jika Tiongkok bisa melakukannya, tentu Vietnam pun bisa melakukan hal serupa. Pergi dan kerjakan, itulah prinsip Vietnam.

Vietnam tidak bisa ditakut takuti dengan kapal perang Tiongkok ataupun diancam lewat kekuatan militer. Negara dengan militer terkuat sudah mereka hadapi. Kata-kata perang bukan sesuatu yang menakutkan.

image

image

image

image

image

image

Tentu, tindakan Vietnam bukan tanpa perhitungan. Garis pantai mereka telah dilengkapi rudal anti kapal 300 km, S-300 Bastion. Mereka juga memiliki tiga kapal selam Kilo Class, dan tiga lainnya dalam perakitan. Vietnam juga membeli frigate Gepard class dari Rusia dan Korvet Sigma Class dari Belanda.

Melihat tindakan Vietnam yang membangun infrastruktur di kawasan Laut China Selatan, Tiongkok hanya bisa menyampaikan kekhawatirannya. Vietnam menganggap sepi kekhawatiran Tiongkok itu dan tetap membangun, seperti halnya yang dilakukan Tiongkok di sisi lain Laut China Selatan. Pergi dan Lakukan.

  83 Responses to “Bangsa Petarung di Laut China Selatan (Vietnam)”

  1. one

  2. hebatt..

  3. Bensin

  4. โ€˜โ€™โ€žโ€˜โ€™?โ€˜โ€™โ€žโ€˜โ€™ โ€˜โ€™โ€žโ€˜โ€™?โ€˜โ€™โ€žโ€˜โ€™
    โ€˜โ€™โ€žโ€˜โ€™ ? โ€˜โ€™โ€žโ€˜โ€™
    โ€˜โ€™โ€žโ€˜โ€™??ยช??ยชaยชa??โ€˜โ€™โ€žโ€˜โ€™
    โ€˜โ€™โ€žโ€˜โ€™ ? โ€˜โ€™โ€žโ€˜โ€™
    โ€˜โ€™โ€žโ€˜โ€™?โ€˜โ€™โ€žโ€˜โ€™ โ€˜โ€™โ€žโ€˜โ€™?โ€˜โ€™โ€žโ€˜โ€™โ„ข cepetee. kalah maning pertamax

    • 3 jam bung diego keluarin 3 artikel..baru byk inspirasi rupanya..trimakasih bung diego..

      • Moga pemerintah bisa malu smpe Mentrinya bilang bgini,bicara jujur atas keinginan rakyat Irian.
        Moga aja akhir jabatan Pk.Joko 2019 tdk mempertahankan kontraknya dgn Freeport,
        Lagian daerah yg daerah tambangnya d exploitasi kn bukan cuma d Irian aja,bnyak bgt,cuma mereka kan mengeluhkan bhw daerah penyumbang pajak yg besar tpi pembangunan Infrastrukturnya d rasa kurang
        Trus gmn klw pulau2 yg lain milih pisah juga ? Akibat pemerintah kurang adil membagi keuntungan tambang

  5. Makin hot kyk ,,,,
    Kayak apa yah

  6. Petarung yg udah battle proven….

  7. Affirmative ๐Ÿ˜ˆ

  8. kendel

  9. bibir pantai nam panjang bgt ya..langsung ngadep LCS lagi..berapa biji Bastion tuh buat jaga beach head nya..

  10. Ane jadi inget kisah kisah Vietcong dari tabloid angkasa saat ngadepin AS.. luarrrr biasaa ..

    • Angkasa punya tabloid mas? Baru denger…

      • Oh maap salah, yang saya maksud majalah hehehe (ane bingung sebutannya tuh apa) hehehe maap maap :mrgreen:

      • Tabloid Angkasa adalah Majalah pertama d Indonesia lho bung,tpi skarang msih cetak gak ya bung ?
        Vietnam selatan sempat tempur sama Vietcong ya bung stelah Amerika kabur,,

        • Masih bung, tapi edisi umum .. kalo yang edisi koleksi jarang ane temui sekarang.. ane paling demen yang Monster lapis baja, KS: the silent warrior, sama yang perang vietnam hehehe

          Iya bung, kedengaranny aneh ya habis ngusir penjajah malah perang sndiri …

          • mgkin msh ktagihan perang bung… :mrgreen:
            atw msh kbwa doktrin politik msg2..wktu msh dbgi 2 wilayah…utara & slatan

          • Buset ketagihan perang ๐Ÿ˜†

            Bener bung, saat itu vietnam juga lagi konflik internal… entah masalah politik ato ideologi

          • Kalau gak salah Vietnam slatan itu yg bantu memerdekakan ya Amrik,lupa2 inget aq,klw gak salah ya kyak gitu
            Bertempur walau akhirnya kalah juga sama Vietnam utara,kasihan dulu Vietnam utara d gencet sono-sini.,salut deh

          • Yang lebih salut, saat rombongan B-52 datang bung.. Berbekal SA-2 plus artileri udara seadanya dengan rekrutan seluruh wrga .. ane baca d situ wanita juga berperan… Bisa meluluh lantakkan tuh rombongan…

            Bahkan Skuadron Mig-17 di umpetin gubuk dengan d tutupi semacam gambut… Untuk tentara vietnam sendiri strateginya mbuat lubang d tanah, semacem strategi ambush.. Lupa deh ane, salut deh pkoknya..

          • Wah itu sih ngayal banget bung ๐Ÿ˜†

            Sama aja main lakon gta tapi ngecheat pake daftar cheat setebel kamus :mrgreen: ๐Ÿ˜†

  11. sepertinya vietnam sedang memperluas daratan / melakukan reklamasi, dengan sendirinya mendorong maju ZZE.

    jadi yang kemarin pada bilang ‘jual pulau aja’ kelihatan banget cetek wwasannya…

  12. Nah ini dia kombinasi “Rakyat-pemerintah-nasionalisme-patriotisme” Pergi dan lakukan!
    Rakyat vietnam sanggup bakar pabrik asal cina dan mengusir rakyat cina keluar dr vietnam krn mrk berfikir bhw dlm perang semua cara adalah “halal” wlpn mereka jg sadar tindakan mrk bikin modal asing lari.Tapi rakyat vietnam yg difikir hny satu,loe usik gue..gue usik loe!

    • Bicara ttg Vietnam,saya teringat kembali Pemain Timnas Pssi Bima sakti patah kaki krn sengaja di tabrak oleh pemain gantian bek vietnam, jaraknya cm 10 meter di dpn saya saat menonton sepak bola piala Merdeka di Kuala lumpur 1997.pemain gantian vietnam ini balas dendam krn Bima sakti juga mematahkan kaki pemain vietnam yg lain.bahkan saya nmpak persis Bima sakti terkapar smbil menunjukkan isyarat kpd supporter Indonesia supaya bertindak masuk lapangan mengejar pemain Vietnam tsb.Semangat tanpa menyerah mrk persis semangat rakyat indonesia.

  13. Mantap…

  14. Bagaimana dengan kita?

  15. Jam 8 td msih direaktor batam..jam 9 dah sampai malysia nengok sukhoi malaysia..skrg dah nyampe vietnam..ntar lg dah di rusia..? Tiongkok..? Jerman..?

  16. hadoh sya ktinggaln brita

  17. pjuang pntang mnyerah & pasti sll siap brtarung

  18. jd igt prtnyaan ny om Satrio..ap bedany pjuang ma petarung

  19. Disaat negara kita menjual pulau-pulau kecil kepada WNA, disaat yg sama negara lain mereklamasi karang di tengah samudera untuk pengakuan eksistensi wilayah dan kedaulatan…. Ironis.

  20. 10 jempol buat vietnam, smart

  21. OOT warjagers, Sebenernya Reklamasi yang ada di Bali itu brmanfaat atau tidak ya? karena ada yang bilang ini itu dll.. jadi gak jelas kabur permasalahannya.. mungkin ada yang tau? mohon pencerahan hehee

    • dilihat aja bung motor penggeraknya, klo pengusaha kemungkinan besar motivasinya duit…

      • Tapi kalo misalnya benar untuk membuat lahan baru di tmpat yang katanya rusak.. kenapa beberapa orang bali ada yang mencak2? (Maaf untuk yg merasa orang bali disini, ane bukan nyindir tapi ane butuh pencerahan ๐Ÿ™‚ )

        • @bung AFN, motifnya bisnis bung, tdk ada untungnya bwt org bali malah ini akan membuat org bali semakin terpinggirkan oleh org luar. sampai skrg blm ada perlindungan nyata pd ekonomi org asli bali, yg ada banyakan org bali jd pekerja di tanahnya sendiri.

  22. Tidak jauh dgn kita kok bung, hanya saja TNI lbh senang dgn idiom “Silent but deadly”.. seperti Misteri sukro,siluman bawah air, KRI 201-204,SAM kita, dll.

    Vietnam berlaku seperti itu krn mrk pernah merasakan beradu fisik dg cina, AS,Perancis. Tapi tdk sebesar kekuatiran mrk terhadap saudara TUA Asean yakni Kita.

    # ayo bung diego keluarkan artikel yg udh dipegang.. biar para warjager’s muntah2 nie,mumpung ane OFF Duty

  23. “luar biasa”…..

  24. Semua pejuang adalah petarung,tp tidak semua petarung adalah pejuang

  25. Taukah Anda semua ??

    Bahwa saat ini, Vietnam menjiplak 100 % system GBHN dan Repelita era Presiden Suharto. Vietnam memoles gaya pembangunan terstruktur GBHN dan Repelita agar sesuai dengan tradisi dan system pemerintahan mereka. mereka juga mengawasinya dengan sangat ketat untuk menekan korupsi.

    Pelan dan pasti, Vietnam melaju kencang meninggalkan Indonesia.
    Lihat dan amati, pembangunan infrastruktur disegala bidang mereka yang identik dan sangat mirip kemajuan Indonesia di tahun 80-90’an.

    Investor asing yang dulu ( 80-90’an) menanam uang di indonesia sekarang mulai memindahkan basis produksinya ke Vietnam bahkan Group Ciputra pun sudah masuk dan menjadi investor properti disana.

    Situasi politik Indonesia yang tidak stabil, demontrasi buruh yang berbau politik, pungutan liar dimana-mana, Jalanan macet, pelabuhan lelet dll. sebentar lagi era MEA 2015 kawan..

  26. Kalau mau kayak vietnam jd komunis dulu bung bung sekalian…atau fasis sekalian…cm ada satu partai yg berkuasa sehingga keputusan cepat diambil dan orientasinya kedaulatan negara first…kemakmuran akan mengikuti….kata karl marx dan david ricardo sih waktu ane belajar ekonomi… :mrgreen:

    • Sebetulnya tak perlu jd komunis kok. Inti ny begini: Pemimpin itu harus bisa berfungsi sbg orangtua dan sahabat. Harus bisa & Mau mendengar,melihat,dan ulurkan tangan menolong. Beri contoh dari hal yg kecil sampai besar,memiliki kesabaran ekstra & militansi tinggi saat “Pihak asing/lokal” menyinggung kedaulatan negara/ keamanan-kesejahteraan rakyat”.

      #Bapak selalu hapal nama istri/anak anggota PPD nya & selalu tanya gmn kbr mrk.kira2 sprti itu contohnya.

      Semoga RI 1 & RI 2 memiliki jiwa Patriotisme & Pancasila sejati

  27. Semakin nyata, adik kecil sebentar lg melewati saudara tua-nya…! Dari segi ketahanan militer, alutsista, ekonomi dan sosial.

    Bedanya vietnam sama kita, vietnam tidak pernah melupakan sejarah bung. Mereka tahu siapa musuhnya dan siapa kawannya.

    Di saat damai vietnam memperkuat otot2 alutsistanya. Salut buat mereka.

    Vietnam = alutsista modern+militer petarung+rakyat pejuang. Musuh2nya mikir 1000x lipat tuh.

  28. Raja Ampat potensional terbesar Nusantara, harus ada perhatian khusus dari pusat, kalo sudah dikuasai inves asing repot

  29. Itulah sebabnya waktu pemilu pres kemarin uku pilih no 1. supaya saudara tuanya asean dapat mengaum kembali dari tidur panjangnya,supaya adik adik asean kita tidak pada berkelahi satu sama lain semuanya duduk rapi dan berbaris di belakang kakaknya yaitu indonesi.

  30. Repelita dan gbhn itu produk orde baru yg saya kira cukup baik menjadi dasar ekonomi berkelanjutan hanya saja orang sdh terlalu alergi jika mendengar orde baru padahal tdk semuanya jelek.

    • Tdk ada yg jelek dg Repelita & GBHN. Repelita itu adlh Grand design dan Tujuan Akhir dr sang Pemimpin, sdg GBHN adalah Rambu & Wasit dlm berdemokrasi. Apalagi dg Grand design Ekonomi kerakyatan berbasis Pancasila, jika itu di laksanakan & diawasi dg bijak & ketat insya Allah makin berkurang rakyat miskin di negeri ini.

    • Repelita n GBHN tu sebenarnya dr jaman pak karno, tp berhubung kondisi perpolitikan waktu itu msh carut marut jd y g jalan2.. baru jaman pak harto kebijakan mngenai Repelita n GBHN baru bisa dieksekusi..

      Mohon maaf kalo salah

  31. lebih malu lagi yg telanjur milih ๐Ÿ™

  32. eit.. bukan berarti yg no 1 lebih baik, ๐Ÿ™‚

  33. Andaikan Pulau Nipah dibangun dengan kelengkapan seperti itu ??

  34. Maaf oot.
    Soal tautan bung Bangjo tentang kami ingin berpisah dari Indonesia dngan baik-baik.
    Jika kita memang menganggap kemerdekaan adalah hak segala bangsa, keknya kita emang harus legowo dech.

  35. Pengalaman Perang Vietnam membuat mereka tidak takut kepada negara manapun bahkan yg lebih yg lebih kuat dari mereka asal rakyat dan pemerintahnya bersatu..US Army saja dibuat malu oleh para pejuang vietnam di perang vietnam

  36. INDONESIA = Bangsa yang penuh kekayaan budhaya, SDA, dan SDM …… hanya belum dimaksimalkan secara tepatguna dan bijaksana..

  37. Walah kok gak ingat ingat …
    Petarung : Bertarung untuk satu pertempuran (Laga)
    Pejuang : Bertarung selama hidupnya untuk memperjuangkan cita citanya ( bertarung disemua laga)

    Dicatat ya

  38. Indonesia = Bangsa PEJUANG

  39. satu hal yang perlu di pelajari dari komunis vietnam , mereka sangat mahir dalam bermain geo politik. saat perang kemerdekaan melawan prancis, mereka mendapat support militer dari china, saat perang melawan vietnam selatan dan amerika, kembali mereka mendapat support dari soviet dan china. saat mereka perang dengan china. posisinya menjadi terbalik, mereka di support soviet dan china di support amerika. sekarang kembali lagi komunis vietnam mendapat support dari amerika untuk membendung pengaruh china. buat indonesia sebaiknya wait and see, untuk ukuran asia tenggara mereka ini paling tangguh dan agresif. jangan sampai kita bentrok dengan mereka.

 Leave a Reply