Vietnam Berencana Beli Lockheed Martin Corp P-3

17
189

Kondisi yang “memanas” di sekitar Laut Cina Selatan dan Semenanjung Korea telah membuat negara di kawasan tersebut merasa perlu untuk meningkatkan alat utama sistem persenjataannya. Saat ini, Vietnam dan Korea Selatan sedang mempertimbangkan pembelian Lockheed Martin Corp P-3 Orion dan S-3 maritime surveillance yang diperbaharui. Pembelian pesawat mata-mata tersebut ditujukan guna menangkal perkembangan militer Tiongkok dan peluncuran rudal Korea Utara.

Senior Executive Divisi Aeronautika Lockheed, Clay Fearnow, mengatakan bahwa Vietnam akan meminta data harga resmi dan ketersediaan empat hingga enam unit pesawat P-3 Orion dalam beberapa bulan ke depan. Sejauh ini, belum ada kesepakatan yang dibuat antara pihak perusahaan dan pemerintah Vietnam karena harus dievaluasi terlebih dahulu oleh pemerintah Amerika Serikat.

“Kami masih belum yakin apa yang akan kami beli dari Amerika Serikat atau apa yang kami ingin beli sebenarnya,” kata Wakil Menteri Pertahanan Vietnam, Nguyen Chi Vinh, Senin (06/06).

Fearnow menjelaskan bahwa jika transaksi tersebut terealisasi, maka pesawat Navy P-3 Turboprop milik Amerika Serikat yang sudah pensiun akan kembali dioperasikan dengan sayap dan sistem misi baru serta peralatan anti kapal selam.

Sebelumnya, pembaharuan pesawat P-3 untuk Taiwan telah menelan biaya lebih dari 80 juta dolar AS per unit, atau sekitar Rp 1 triliun.

Lockheed telah memperbaharui lebih dari 90 unit pesawat P-3 untuk pesanan di seluruh dunia termasuk di Amerika Serikat, Norwegia, Taiwan, Chile, dan Jerman.

Brasil dan Korea Selatan juga berencana memesan sayap baru untuk kapal yang sudah ada.

Sumber: Kabar24

17 KOMENTAR

  1. yang penting sucad alutaista terjamin. printilan alutsista yg kurang di cukupi. markas Kodam. Lanal. Lanud TNI semakin berkembang dan naik statusnya . gaji prajurit TNI naik terus tiap tahun paijo….kalo berani ngomong tuh di depan tamtama TNI gimana kalau gaji mereka gak usah naik. uangnya di belikan alutsiata canggih saja…
    kalo gak di kepruk endasmu….semua itu inti MEF 2. … jangan asal jeplak mentang2 kovlak…belajar lagi sono..