JakartaGreater.com - Forum Militer
Nov 192016
 

spratly-new

Vietnam merespons konstruksi fasilitas militer China di Kepulauan Spratly dengan memperluas kemampuan mereka di wilayah yang disengketakan. Citra baru satelit menunjukkan bahwa Hanoi secara signifikan meningkatkan landasan pesawat terbang di Laut Cina Selatan-di Kepulauan Spratly-dan membangun hanggar baru di fasilitas itu. Ini adalah pola umum untuk Hanoi. Bahkan di tengah ketegangan diplomatik yang berkurang, Vietnam terus memodernisasi militernya dan mencari hubungan keamanan lebih dekat dengan Jepang, Amerika Serikat, dan India dalam persiapan untuk berhadapan dengan Cina di masa depan di perairan yang disengketakan. Reuters baru-baru ini melaporkan bahwa Vietnam telah mengerahkan peluncur roket artileri ke Spratly. Hanoi belum mengkonfirmasi laporan tersebut, tetapi langkah ini seharusnya tidak mengejutkan mengingat kekuatan udara China yang signifikan akan segera diproyeksikan di Spratly.

spratly-new-1

Vietnam telah memperpanjang landasan pacu di Kepulauan Spratly dari kurang 2.500 kaki menjadi sekitar 3.300 kaki. Reklamasi dan konstruksi yang terus dilakukan kemungkinan akan memperpanjang landasan untuk lebih dari 4.000 kaki. Vietnam juga membangun dua hanggar besar. Fasilitas baru ini dapat dengan mudah mengakomodasi pesawat pengintai maritim angkatan udara Vietnam PZL M28B dan pesawat transport CASA C-295. Armada Vietnam juga memiliki pesawat angkut Antonov An-26 dan Hanoi telah menyatakan minatnya untuk mengakuisisi pesawat pengintai P-3, namun landasan di Kepulauan Spratly tidak akan cukup panjang untuk pesawat itu. Setiap pesawat tempur Vietnam akan bisa memanfaatkan landasan pacu baru tersebut, meskipun pulau itu memiliki penggunaan ruang yang terbatas untuk jet tempur. Sebaliknya, tiga pulau buatan terbesar yang dibangun Cina sekarang memiliki ruang hanggar cukup untuk menampung masing-masing 24 jet tempur.

spartly

Vietnam kini telah menambahkan sekitar 57 are tanah di Kepulauan Spratly, satu dari 10 fitur yang telah diperluas dalam beberapa tahun terakhir, meskipun reklamasi masih sederhana dibandingkan standar Cina. Setelah selesai, Vietnam kemungkinan akan memanfaatkan peningkatan landasan pacu dan hanggar di Kepulauan Spratly untuk meningkatkan kemampuannya dalam melakukan patroli di Spratly. Perbedaan dalam kemampuan militer antara Cina dan Vietnam adalah adanya tiga pangkalan udara Beijing yang telah dibangun menjadi operasional. Namun Hanoi tampaknya bertekad untuk lebih maju lagi dan, jika laporan penyebaran peluncur roket benar adanya, maka Vietnam telah siap membela klaim mereka.

Sumber : Amti.csis.org

Bagikan:

  34 Responses to “Vietnam Hadapi Proyeksi Kekuatan Udara China di Spratly”

  1.  

    bagus

  2.  

    baru bnr

    •  

      INDONESIA DARURAT TECHNOLOGY RUDAL KLO MAU BERSAING DALAM KONFLIK YG AKAN DATANG. HANYA DENGAN MENGUASAI TECHNOLOGY RUDAL MAKA INDONESIA AKAN DIPERHITUNGKAN DALAM KONFLIK LCS DI MASA YG AKAN DATANG

  3.  

    Indonesia bakal dicaplok sama negara Tiongkok dan usa cs..tapi Indonesia alutsistanya msh lemah..rudal aja belum punya..jadi 200 juta rakyat siap dikorbankan..rakyat NKRi siap lawan musuh pake bambu runcing dan ketepel..

  4.  

    ini baru bisa dibilang jaguh ….
    ndak kaya sebelah tuh ….

  5.  

    Ngiming ape koe tong

  6.  

    vietnam yg sama sama berideologi komunis saja bersih tegang!!! ini bukan soal ideologi tp soal kedaulatan dan di kedaulatan itu untuk mempertahaankan sumber daya alam di teritorialnya masing masing

  7.  

    Luar biasa.. Mental petarung sejati.

  8.  

    Indonesia juga gencar bangun Natuna.bwt jaga2 klou konflik pecah.vietnam selalu siap.hadapi tantangan.jdi teringat perang Vietnam lawan PLA.akankah terulang lagi

  9.  

    Perusahaan developer laris manisss.. Pdhl developernya mungkin asal cina jg..

  10.  

    sahabat,,, tolong ya, kritik dan sarannya untuk design animasi super frigat berikut ini :

    https://www.youtube.com/watch?v=GFmoj5LinPE

    Super Frigat ” JOYOBOYO ” ( design Animasi )

    •  

      keterangan detail, spesifikasi, persenjataan, dll ada dibaris bawah youtube….

    •  

      Kalau boleh kasih saran ,desain hull kapal harus dibuat sedemikian rupa sehingga hambatan dikurangi semaksimal mungkin ,. Hal itu bertujuan dengan bahan bakar efisien tapi kapal tetap bisa melaju dengan baik . Itu sebabnya desain runcing seperti menusuk air banyak di pakai dalam membuat haluan kapal . Semakin sedikit permukaan yang terpapar air maka semakin sedikit hambatan.

  11.  

    Ingat perang pasifik..jepang sembunyi di pulau pulau yg banyak pasifik dan juga menjadikan pulau tersebut jadi markas militer dg berbagai senjata dan pesawat.

    Dan lihatlah akhirnya jadi gosong juga…

    Jika spratly dijadikan benteng dan juga batas wilayah..maka tunggu saja pulau buatan itu diambil amerika jika amerika menang perang..jika amerika kalah maka asean dicaplok..kayak BUTO CAKIL makan…

    Dijamin Nggragas..

  12.  

    Untuk natuna semoga jauh lebih baik ketimbang punya vietnam. Alutsista buatan barat semestinya diperbanyak dan sedikit saja alutsista buatan rusia utk pertahanan natuna. Sedang selatan jawa atau indonesia timur lebih baik diperbanyak alutsista pertahanan buatan rusia dan sedikit buatan barat. Jadinya pas deh!
    Kalo cina bikin resek maka alutsista buatan cina/rusia dihadapi dg alutsista buatan barat dan sedikit rusia,begitu juga kalo diselatan indonesia bikin resek maka alutsista buatan barat dihadapi dg alutsista buatan rusia/cina dan sedikit buatan barat. Dengan begitu lawan akan sulit membaca plus minus kemampuan alutsista TNI. Minusnya ya logistic nighmare buat RI,tp positifnya resiko embargo sepihak tak akan melumpuhkan sepenuhnya kekuatan tni serta harga diri dan kedaulatan NKRI jauh lebih baik dan terjaga. Cuma sayangnya RI lebih didominasi alutsista buatan nato dan produk dari lawannya kelewat sedikit biarpun ditunjang alutsista buatan dalam negeri yg sdg merangkak menuju kemandirian.

  13.  

    Semisal ada konflik di natuna maka alutsista cina macam pespr j series atau rudal2 jelajah bisa dilawan dg F16,hawk,nassam,rbs 70,rbs 15,atau kalo perlu dibeli saab 39 gripen/thypon/rafale,patriot,plus sedkit s400,pantsyr s1,buk m3,bastion,sukhoi.
    Sdg diselatan indonesia bisa dilawan dg su 35,s400,yakhont,kalbr,c705,c802,plus dikit f16,hawk,t50,exocet,nassam,dll buat ngadepin alutsista macam f18,f35,taurus,harpoon,dll.
    Hanya sekedar analisis pribadi….xixixixi

  14.  

    Natuna bagaimana kang Wangsa atau kang Patih?
    apa dah siap2 utk nangkal pespur/rudal cina?

  15.  

    tank nya ambles di lumpur hahahaha

  16.  

    Kl ingin tetap eksis dan menjadi negara yang bermartabat, mk Vietnam harus berani. Kalah menang urusan nanti yang penting terus melawan.

    Salut buat Vietnam!

    •  

      ngomong ape luh tong, veitnam itu lebih nekat dari china. army mereka itu kecil bila di banding china, tetapi yang terkuat di asia tenggara. klaim mereka juga tumpang tindih dengan malaysia dan philipina. dan penguasaan pulau di lcs, mereka itu yang terbanyak. jangan karena hasutan pihak barat agar negara asteng ribut dengan china membuat kita lupa bahwa Vietnam adalah musuh potensial berikutnya! soal agresif itu sudah dibuktikan dari paling banyaknya kapal nelayan vietnam yang ditangkap karena melanggar wilayah nkri

  17.  

    hajar china bersama anak cucunya…

  18.  

    china dan vietnam sama sama nguruk karang jadi pulau buatan dan dijadikan pangkalan militer, kalau indonesia ? pulau dikeruk sampai lenyap, pasirnya di jual ke singapura. memang kalau soal duit orang indonesia paling kreatif ga ada yang ngalahin.

  19.  

    dagelan apa gimana tuh vietkong,cina koq dilawan, bisa kelaparan lu klo distribusi air dr sungai mekong ditutup, mikiiir xixixix komen sotoy

  20.  

    China vs vietnam??? Ya aq pilih vietnam lah yg menang…yakin 100%…

  21.  

    jika perang cina dan vietnam yang menang adalah Rusia dan AS karena jualan senjatanya laris manis, sayang kita blm punya barang dagangan yang bagus buat dijual dalam konflik

  22.  

    Indonesia harus fokus terhadap penguatan pertahanan 3 matra di sekitar kep. Natuna dll , kalo tidak mau di caplok oleh si cinak serakah, pa lagi sudah banyak WNI di dalam negeri yang pro thd cinak …………… cinak bahaya laten !!!

 Leave a Reply