Mei 262016
 

Dengan pencabutan embargo senjata AS kepada Vietnam, sumber di industri pertahanan AS mengungkapkan Hanoi berusaha untuk meningkatkan pertahanan udara dan kemampuan keamanan maritimnya dengan pengadaan pesawat tempur F-16 dari program Excess Defense Articles ( EDA) Pentagon dan pesawat patroli maritim P-3C Orion refurbished yang dipersenjatai dengan torpedo.

Sumber itu juga mengatakan Vietnam juga bisa mengakuisisi UAV buatan AS untuk misi intelijen maritim, pengawasan dan pengintaian.

Torpedo yang dilarang di bawah embargo, tapi sekarang Vietnam ingin mendapatkan pesawat intai maritim P-3 seperti yang dijual kepada Taiwan, kata sumber itu.

Terkait F-16 refurbished pada program EDA, Vietnam juga ingin kesepakatan yang sama seperti yang diberikan pemerintahan Obama kepada Indonesia.

Seperti diketahui Indonesia mendapatkan 24 pesawat tempur F-16 refurbished dari AS, dan kini Vietnam juga menginginkan hal yang sama (walau mungkin dengan jumlah yang berbeda).

DefenceNews

  69 Responses to “Vietnam Ingin Membeli F-16 Refurbished Seperti Indonesia”

  1.  

    beli dehh.. yg byk buat lwn china

  2.  

    Tes

  3.  

    Ping

  4.  

    Mantap dach belanja Alutsistanya Vietnam ini..borong trus..

  5.  

    sama dong ntar……
    F16 refurbished…. Sukro-nya NEW’s…..hehehee

  6.  

    Ada apa dengan Vietkong…
    Lobi As nampaknya berjalan lancar… Menjual semua rongsokan nya untuk diganti yg lebih moncerrrrrr… Itung2 cuci gudang…

  7.  

    Lha katanya mau borong hornet tu vietnam lha kok ngikut beli bekas……

  8.  

    sukronya buang aja kelaut…….:))

  9.  

    Kan emang Indonesia guru buat Vietnam, gak salah dong vietnam selalu ikut indonesia.
    1. Perang gerilya melawan anerika, mereka belajar dr buku pak Jendral Nasition
    2. Indo beli sukhoi, mereka beli lebih banyak
    3. Indo beli sigma, mereka beli juga
    4. Indo beli f-16 refurb mereka minta juga

    Gak salah dong murid selau ikut gurunya.
    Artinya strategi tni sangat layak ditiru oleh Vietnam

  10.  

    yg betol nyungsep bang bukan nyusruk…
    tp jgn nyungsep k bini org lho ntar kna kebiri g bsa acha acha nehi nehi…..
    waikikikiki…..

  11.  

    Hadeehh
    mereka nggak belajar
    dari pengalaman kita

  12.  

    padahal kemarin Vietnam sudah mau di sembah2. sama fans boy amriki di Indonesia..karena ” BARU MAU ” beli C 295..trus ” ADA MINAT ” beli f 18 SH..gak taunya di banting sendiri sama Viet dgn F 16 rongsok…xixi…

  13.  

    taktik asu untuk mendapat uang hasil jualan besi tua…kalo diloakin mgkn cm laku 0,25% dr hrga tu jet.mkny asu cabut tu embargo buat jual f16 bekas dg hrga sprti baru..

  14.  

    dasar usa sampah dunia

  15.  

    haha, kena dehhh.. vietn

  16.  

    Siapa yg ngak mau pesawat semurah itu??

  17.  

    yang rongsok…yang rongsok…silahkan dipilih….

  18.  

    pertamax…

  19.  

    Kira² elbot yg didapat sama vietnam seperti apa ya ?
    1. Lebih murah, lebih bagus speknya
    2. Lebih murah, lebih jelek speknya
    3. Sama seperti yang kita beli
    4. Lebih mahal, lebih bagus speknya

    Yang nomer berapa kira² menurut anda ?

  20.  

    MALON punya uang gak ya buat beli F16 refurbished ???

  21.  

    Tampak Hati2 Vietnam menyiasati Kartu embargo yg ditarik oleh Obama tampak Vietnam tidak Ingin gara2 hal tsb mengakibatkan Pengaruh Rusia malah berbalik merugikan Negaranya yg notabene Vietnam adalah Konsumen utama Alutsista Rusia di kawasan Asean, dengan iming2 Pencabutan embargo oleh Obama sangat bijak bila melihat manuver Vietnam dengan tidak langsung membeli Alutsista kelas utama dari Amerika mungkin akan lebih Vietnam mendapatkan F-16 Bekas dari amerika daripada Taiwan ato Filipina yg sebenarnya pengen menambah armada F-16nya

    •  

      bukan gitu om. walaupun embargo dicabut bukan berarti vietnam brbas beli senjata terbaik us. us ga akan lah ngasih sembarangan senjata k vietnam krna vietnam dket sma rusia. us tkut teknologi senjatanya di share k rusia. sbnernya beli f16 refurb udh tepat bgt. krna emang berat maksa sukhoi buat cap. mending f 16 buat patroli. f 16 refurb jugaudh bisa bawa harpoon, saama aim familiy. jadi bkan krna vietnam ga pngn beli alutsista wahid us. tp mungkin emang yg dtawarin cuma f 16 sma orion. us tkut teknologi advanceny dshare k rusia.

  22.  

    pesawat yg gahar bukan jaminan bs menang dalam perang yg pnting taktik strategi dan mental prajurit yg utama’ hamas (palestine) gak punya kapal canggih,gak punya pesawat tempur canggih gak punya MBT tp dngn mental militan para pejuangnya dan dngn do’a brhsll menggebug israel yg memiliki peralatan tempur super canggih

  23.  

    Beli” banyak duit ini g ada yang melarang,mau baru atau bekas

  24.  

    Vietnam publish ke media mo beli F16 ex gurun …
    padahal ntar yg dateng viper brand new …
    ikut gurunya … ghoib & takut balance kawasan sekitar

  25.  

    Saya setuju dgn bung @strategy analysis. Inti nya vietname bakal kluarin f16 refubish ny utk menghadapi china. Dgn HARAPAN klo f16 vietname d tembak jatun pespur china amerika makin panas yg berujung asu dan china bentrok di lcs sementara vietname jaga kandang. Sambil ngitungin benjol ny china asu

  26.  

    Ora…. Mulane nganggo boso Indonesia!!!!

  27.  

    @ strategy analysis

    lohh kok kamu mengambil jabatan saya di indonesia…??…:((

  28.  

    .managemen konflik lcs sangat pas di mainkan oleh vietnam, kadangkala sesuatu yang ada di media belum tentu realitanya

  29.  

    Pasti ini karena prioritas Vietnam saat ini yang mengutamakan kuantitas terlebih dahulu mengingat ancaman yang sudah ada di depan rumah mereka.

  30.  

    Klo gitu f16 refurbish indonesua jual aja ma vietnam,…

  31.  

    elbot jelek tong sampah mudah terbakar buang aja kelaut biar uss ronald reagan yg fighter di udara kmaren aja pas hut ri kalah jauh ma su 30 ibarat catur 3 langkah metoñg

  32.  

    Mending jual aja f16 punya Indonesia ke vietnam, buat nambah beli s400

  33.  

    Vietnam membeli F-16 refurbish hanya untuk melakukan aksi ” kamikaze “, ………. !!!

  34.  

    Vietnam…memakai strategi alutsista west meet east…
    Belajar memahami keunggulan produk west….dng melakukan latihan Di dlm negri nya sendiri….siap siap berhadapan dengan pasukan AS…Di LCS….Vietnam ini jd spt miniatur indonesia Lama Lama nieh….hehehe

  35.  

    memang F 16 yang ini..memang laen..hehehheeh

  36.  

    Ku kira si @ carin itu pro su 35 loh, tp knp tiba2 pengen jet tempur selain su 35? Jgn2 bung @ carin di suap ni yee???

  37.  

    elbot bekas ASU specnya lebih baik drpd f16 bekas negara lain. tp ya tetep aja ni pespur bedebah..

  38.  

    amerika sekarang bisa buat robot manusia canggih, kulitnya manusia tapi otaknya robot alias isi otaknya cuma kabel dan komponen elektronik, dua duanya ada disini yaitu si @CARIN dan @strategy analysis, biarin aja entar kalo baterainya habis pasti diam sendiri mereka

  39.  

    vietnam ayo perkuat negaramu buat lawan china, yang aku salut sama vn dalam hal pembelian alutsista birokrasi mereka cepat sekali, gak kyk indo urusan berbelit-belit krna terlalu byk yg pengen komisi

  40.  

    Amrik negara biang kerok,,

  41.  

    Amerika cerdas jualan F16 bekas pada negara non sekutu di kirimnya 5 biji per 5 thn jadi kalau beli 30 biji bisa 30 thn…hehehe…

  42.  

    vietnam memang pinter
    F16 refurbishpun buat ngadepin sukhoi kw china dulu,..
    setelah ancur ancuran, baru su-30 dikeluarin buat hajar chino

  43.  

    Spertix vietnam msih ragu2 bli snjta dr usa mengingat ad kdekatan history dgn russia.
    F16 hax bgian dr upaya untuk jga2 di lcs
    F16 vietnam vs sukhoi kw china
    J11,j10,j20 dan lain2.

  44.  

    memang bagus. soalnya vietnam paling protes sama cina walaupun sama sama ideologinya komunis terkait laut china tersebut makanya embargonya langsung dicabut sama amerika serikat