Vietnam Lebih Memilih Gowind Daripada Sigma 9814

Vietnam mungkin lebih memilih korvet pemburu kapal selam Gowind class sebagai pengganti kapal Perusak Kawal Rudal Sigma 9814 yang terus tertunda pembeliannya karena harga yang terlalu mahal.

Gowind tersedia dalam tiga pilihan dan kemampuan berbeda: fregat, kapal rudal dan kapal patroli lepas pantai. Kapal memiliki panjang dari 85 sampai 105 m dengan bobot antara 1.000-2.500 ton, dilengkapi dengan sistem propulsi kombinasi diesel dan turbin gas untuk kecepatan maksimum 25 knot / jam, jangkauan operasional 6.900km pada kecepatan ekonomis 15 knot / jam .

Gowind memiliki desain hidrodinamik unik dengan kemampuan siluman, suprastruktur berbentuk piramida dengan ruang command dan control yang memiliki pandangan 360 derajat. Desain kapal yang sempurna untuk membelokkan gelombang radar namun dengan visibilitas yang sangat luas.

Gowind menggunakan menara piramida tunggal terintegrasi yang dilengkapi radar pengintai ultra modern SMART-S Mk2 3D dengan kemampuan menjejak 500 target sekaligus dengan jangkauan hingga 250 km. Secara khusus, radar ini bahkan dinyatakan mampu mendeteksi pesawat siluman B-2 atau F-22.

Gowind class memiliki sistem manajemen tempur SETIS dengan kemampuan otomatisasi canggih memungkinkan respon yang efektif dan cepat pada berbagai jenis target.

Untuk peran anti kapal selam, lambung Gowind dilengkapi dengan sistem sonar Kingklip, dan sistem sonar kedalaman Captass.

Gowind dilengkapi persenjataan rudal anti kapal dan rudal pertahanan udara, diantaranya rudal jelajah anti kapal Exocet MM40 Blok 3 yang memiliki jangkauan 180 km, Exocet memiliki sistem bimbingan navigasi inersia dan radar aktif, dengan hulu ledak seberat 165kg yang cukup kuat untuk menenggelamkan kapal dengan tonase hingga 5.000 ton.

Untuk pertahanan udara, Gowind dilengkapi dengan sistem peluncur rudal (Vertical Launch System-VLS) Sylver untuk 16 rudal MBDA VL-MICA yang berjangkauan 12km.

Dilengkapi hanggar dan dek pendaratan untuk helikopter medium seberat 10 ton. Gowind juga memiliki sistem pendukung untuk mengoperasikan helikopter tak berawak.

Kien Thuc