Jun 082016
 

Vietnam akan memperbaiki dan mengupgrade sendiri pesawat tempur Su-27 dan Su-30 di pabrik pertahanan A32 di Danang.

Dengan pabrik baru tersebut, Vietnam akan memiliki kapasitas untuk pemeliharaan dan perbaikan basic Su-27 dan Su-30, dan tidak perlu lagi harus mengirimkannya keluar negeri.

Kemampuan untuk memperbaiki dan mengupgrade pesawat Sukhoi di dalam negeri akan secara signifikan meningkatkan kesiapan operasional pesawat tempur Sukhoi Vietnam.

Saat ini Angkatan Udara Vietnam diperkuat dengan 12 jet tempur Su-27 dan 36 Su-30MK2V.

Sebelumnya, pabrik pertahanan ini telah mengirimkan puluhan staff untuk menjalani pelatihan di luar negeri. Saat ini, pabrik telah berhasil sendiri memperbaiki kerusakan pesawat tempur modern. Setiap pengerjaan memperbaiki kerusakan teknis pesawat Sukhoi bisa terdiri dari 10.000 komponen yang berbeda yang membutuhkan kehati-hatian, ketepatan,dan ketelitian yang sangat ketat.

Soha

Bagikan Artikel :

  47 Responses to “Vietnam Mampu Memperbaiki dan mengupgrade Su-27 dan Su-30”

  1. Indonesia???

  2. wuiiiiiiih hebat

  3. Ku akui Vietnam lebih pintar memilih teman gak tanggu2 beli alutsistay tapi gk minta yg aneh2…pemerintah kita beli sedikit minta bonusan banyak yg punya barang ya mikir… terus sampek kapan mental2 para pemimpin kita bisa beruh kok yg di beli kebanyakan barang rongsokan.. masak penting murah dah banyak kualitas belakangan.lucuy negeriku….???????????

  4. indonesia semakin di BELAKANG…!!
    disalip di tikungan ama vietnam.. hadewh.

  5. Dengan pabrik baru tersebut, Vietnam akan memiliki kapasitas untuk pemeliharaan dan perbaikan BASIC Su-27 dan Su-30, dan tidak perlu lagi harus mengirimkannya keluar negeri…
    Pointnya pemeliharaan dan perbaikan BASIC, mungkin judulnya terlalu bombastis…

  6. Edannn, apakah vietnam bisa memperbaiki dan mengupgrade lontong laut si kilonya juga gak ya ?

  7. Kena salip lagi…

  8. Vietnam kn udh niatan sekutu Ama Rusia bung…jd kn wajarlah!justru Indonesia malah Untung,tinggal main mata sama Vietnam diam diam! blok barat gak “mecucu” sama Indonesia!
    imho !

    • harus maen mata segala kenapa ? ? apa yg ditakuti indonesia , semua harus memilih teman .. indonesia beli senjata dari rusia pun pihak barat tidak keberatan dan tetap melayani pembelian senjata ke indonesia …
      itu tinggal pemerintah dan menhan serius beli pasti barang datang .. mbulat mbulet ga karuan kek nawar brambang ya ga akan kejadian pembelian senjata ..
      adalagi qatar beli AH64E apache senilai 684 M$US dapat 24 unit , kita beli 780 M$US dapat 8 unit … spesifikasi sama .. kenapa beli ke usa kalo kemahalan , bisa beli ke rusia .

      • Hahahaha,anda betul!
        Mbulat Mbulet yg bijimane?
        Ingat,kita non blok!setiap pembelian Alutsista slu jd rebutan produsen dg segala cara apa pun untuk memenangkannya?Krn Dr segi ekonomis,segi politis dll akan mjd hal strategis sbg kunci hub ke depan nya !

        …..itu tinggal pemerintah dan menhan serius beli pasti barang datang .. mbulat mbulet ga karuan kek nawar brambang ya ga akan kejadian pembelian senjata ..

        ,tp kenyataan kita ga bs beli f22,f15 segampang beli Brambang?ato beli s300 sebanyak banyaknya?knp kok tenyata ga gampang?apa pemerintah dan menhan krng serius ya?saya nanya lho ya…

      • @majapahit, kalo negara loe bagian penting aliansi USA dan USA punya pangkalan armada timur tengah di negara loe, ya iyalah negara loe dikasi diskon besar klo beli apache. Jangan nyalahin pemerintah skrg dong. Masalahnya sampe skrg peralatan paling bisa digeber itu buatan USA bung, udah dipake perang terus jdi pengalaman teknisnya bnyk lah. Klo engga ngapain vietnam mo beli F16 bekas USA klo gtu

  9. nyam nyam mantap vietnam belajar gerilya dari jendral nasution jendral besar indonesia kalo memang benar bisa perbaiki dan upgrade kita.perlu belajar dari vietnam sesama klan petarung he he

  10. Tentu saja indonesia ke salip vietnam negara yg merdeka kemarin, kan negara kita abis mati suri di nina bobokan di era orba 30 thn sob, mungkin perlu lari kencang di era revormasi untuk mengimbangi negara tetangga, tpi ya cukup bagus 16 thn sudah banyak perubahan, sip..

  11. Vietnam itu negara komunis. kekuasaan bergantung pada satu kelompok. makanya gampang ngaturnya. rakyat harus mengikuti kemauan negara. gak usah mikir mau internetan. punya jalan bagus. punya usaha maju. jalan2 ke luar negeri. bisa demo..pokoknya terima aja yg diberikan negara. yang penting banyak beras. perut kenyang. mulutnya mingkem aj. gak usah ngomong banyak2. Mau pada hidup kayak gitu? …kalau mau berarti gak ada bedanya dgn di jajah. mental burung dalam sangkar. Jadi yang memuja2 Vietnam silahkan tinggal setahun disana. pasti 1 bulan dah balik lg ke Indonesia. dikira enak tinggal disana? kalau masih gak percaya ya silahkan kalau mau jadi WN Vietnam. ..nanti kasih kabar punya 4 skuad Sukhoi plus bengkel itu ada pengaruhnya gak utk hidup lo?

    • its nothing have to do with komunis atau bukan, bung, tapi kebijakan pertahanan dan kewibawaan negara, apakah Pemerintah dan DPR kita menganggap serius dan penting kedaulatan, pertanahan dan kewibawaan Negara RI. Jika penting, maka semuanya akan lancar, dan saudara keliru jika mengganggap para “komentator” memuja vietnam, itu hanya pembanding.

    • Ups @kalex sok tau kamu. Bsnya menghina negara sendiri.. payah..

  12. Ngapain kita belajar ke vietnam.? Belajar sekalian ke pembuatnya donk. Ini judulnya aja yg dibuat heboh. Isinya biasa aja. Coba dibaca ulang dng teliti. Itu kan sama aja dng bengkel petawatan sukhoi Indonesia. Bahkan di Indonesia sudah lama bisa melakukan bongkar pasang mesin sukhoi. Kalo perawatan berat spt Sukhoi batch pertama baru dikirim ke pabriknya sono.
    Coba baca artikel lawas di JKGR pasti ketemu berita bengkel perawatan sukhoi. Yg jelas kita lebih dulu mampu dr vietnam. Baca berita ditelaah dulu jng langsung telan aja.
    Salam damai.

    • Betul sekali bung ruskey. Terlihat sekali yg lebay yaaa judulnya.
      Sayang disini tidak bisa comment picture, yang mana sukhoi indonesia mengalami perawatan total tertinggal foto mesin dan body yang sudah terpisah.
      oh iyaaa, yg lebih alay n lebay yang pada komen “gampang kaget n heran lihat bangsa lain, ujung-ujungnya rendahin bangsa sendiri” , mending tahu dan bener komennya.

  13. sistem kenegaraan punya kelebihan dan kekurangan masing2sob, berdasarkan kebiasaan yg dah berjalan di negara masing2 tentu gk bakal betah lama lama di negara lain,

  14. pokoknya yang bisa memberi keuntungan terbanyak itu baru produknya kita beli.apalagi kita lagi merintis tehnologi alutsista mutakhir,jadi jangan didengar yaa pendapat pendapat terong sama cabe karna tau beli doang.siapa yang bisa bantu baru kita teman oke.mereka harus melihat lebih teliti tentang bagai mana hubungan antara indonesia korea dan japan sebagai contoh,karna indonesia mampu memberi keuntungan juga mampu pula memberi kerugiaan.

  15. Pointnya PERAWATAN BASIC itupun diTEBUS dengan PEMBELIAN 48 pesawat Sukhoi..jadi sebatas PENELIHARAAN..bahkan ada Warjag bilang kapan kita bisa MANDIRI..apa dia lupa kita sedang ada KERJASAMA PEMBUATAN pesawat KFX/IFX..dimana hasil pengambangan bersama dari batch PERTAMA akan DIPRODUKSI dipabrik masing2 dan dikembangkan dipabrik masing2..poinnya mana yg lebih MANDIRI antara PEMELIHARAAN dengan PRODUKSI sendiri..:)

  16. Indonesia sudah biasa bongkar pasang mesin sukhoi, kalo ganti platina sm bersihin karbu, indonesia udah biasa. Mungkin ganti jeroan dalam yg belum bisa, karena pekerjaan tersebut butuh tingkat ketelitian yg tinggi…
    Mungkin next generation putra putri indonesia bisa mewujudkan hal tersebut. Semoga….
    Aamiinnnn yra..

  17. Gw mau tanya ama bung rudal dan bung SR.
    kalimat dan berita dimana yg nunjukin indonesia pemerintah yg bilang bacotnya minta ampun dan koar koar seperti yg anda maksud?

    • Maksud mereka, beli eceran tapi minta ToT dan spek khusus. Contoh, katanya kita mau pesen SU 35 gak nyampe 1 skuadron tapi minta ToT dan Avionik NATO.

    • Bung SP… kadang klo saya baca komen2 seperti yg ditulis bung rudal dan bung SR dsb nya.. terkadang yah senyum2 geli dan terkadang juga ya senyum pengin muntahi gitu hehehe…

      ya akhirnya saya cuma bisa sabar sambil mikir, kemana yah yg namanya jiwa nasionalis di tiap warganya..

    • Bung Incu
      Yg dibacotin saat ini jauh lebih bernilai dan sulit dibandingkan pusat service basic su27/30. Yg diomongin kali ini su35 yg bisa pacaran ama thales n ifx. Dan kemungkinan pesa menjadi aesa.
      Dan yg ngebet juga bukan hanya kita, tetapi rusia sangat sangat sangat ingin transaksi ini.
      Coba perhatikan komentar pejabat RI selalu dibumbui “Akan”, sedangkan pihak rusia malahan selalu dibumbui “sudah”.
      Beberapa artikel di formil sempat mengunggah tentang service total su27/30 kita 2-3 tahun lalu. Beberapa test dan modifikasi dengan Bom produksi dalam negeri.
      Jadi klo negara lain memperoleh kemajuan, kenapa harus dikaitkan dengan memBacotbacotkan bangsa sendiri?
      Ibarat Kata lihat istri tetangga cantik, pulang ke rumah istri sendiri di maki maki, salah apa dia?

  18. Bung diego, kok lama2 byak bnr ya komen2 alay,merendahkn bangsa sendiri,provokatif,sara,dll di forum ini. Mohon utk para pembaca jgn komen yg gk enak gtu lah. Dan artikel jg jgn berlebihan pya judul lgsg di muat . di filter dl bung diego. Spy gk mnimbulkn kegaduhan. JKGR hrs bsa berbenah, kita diskusi yg baik dan berwawasan. Spy lbh mencerahkan pengunjung baru. Trims admin

    • Kemaren-kemaren kan sempet kolom komentar pake Disqus, yang lebih tertib, diliatnya juga rapi… Cuman kenapa banyak yang gak betah?

  19. alay..bergentanyangan….hihihihihi……

  20. untuk bung diego, sip situs bung udah semakin banyak pengunjungnya, semoga kedepan lebih baik lagi , meski yg komen entah dari kalangan apapun yg jelas kita semua patut bangga masyarakat indonesia udah melek demi kemajuan bangsa dan kedaulatan NKRI,, lanjutkan bung admin.. tunjukan yg terbaik untuk indonesia.

  21. hmm militer yang paling siap perang di kawasan ……

  22. Halah indonesia itu bisa apa saja tergantung good will dan kecerdasan pemerintah….yg berkuasa…lompatan massive dan besar kedepan ndi gak ada kongkritnya ??

  23. NGAKUNYA MACAN ASIA, PALING HEBAT MILITERNYA DI ASEAN, KATANYA MILITERNYA MASUK PERINGKAT 10 BESAR DUNIA (WOOOWW sambil salto), NYATANYA SAMA VIETNAM SAJA MASIH KALAH JAUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUHHHHHHHHHH…. KAGAK MALU SUKA NGAKU NGAKU MILITERNYA PALING HEBAT, MACAN ASIA, GARUDA DIDADAKU, PREEEEEEEEEEEEEEEETTTTTTTTTT…..!!!

  24. pasti para pejuang dulu sedih banget melihat pemuda pemuda jaman sekarang bukannya berkreasi demi kemajuan bangsa tapi malah mencaci dan memaki negara sendiri

  25. Indonesia bisa dapat tot itu, nanti kalo tongkat komando panglimanya di pegang sama AU selama 30th kedepan…….

  26. Karena anggaran alusista (dhi. pembelian shukoi) yang kecil, makanya offset dari Rusia juga “off”, beda dengan vietnam, lihat aja pengadaannya bukan hanya sukhoi tapi juga 6 kapal selam kilo dan 6 frigate gephard, 74 kapal tempur kecil dan rudal, negara kita? mau beli shukoi sku-35 aja ga jelas itu pun cuma 8 biji, setengah hati, habis itu mintanya buuuuaaanyak, sapa yang mau, berat sekali, berat kali bagi Rusia

  27. Perawatan biasa aja judulnya heboh banget..

  28. @ Boliev

    #bahwa ancaman RI paling nyata di depan adalah dr 2 negara superpower sekaligus yaitu China dan USA. Semoga pertemuan Jokowi dan Putin baru-baru ini di Rusia bisa sbg penyeimbang dan arah pertahanan kita sudah jelas ke depan.#

    MAAF ANDA SALAH…!!
    CHINA,RUSIA,EROPA,AMERICA ..dll… ADALAH SAHABAT KITA SEMUA
    BILA MEREKA MAU HANCURKAN INDONESIA…ITU SUDAH DARI DULU TERJADI….!
    ANCAMAN INDONESIA KE DEPAN ADALAH… SDM,RADIKALISME,PENGANGGURAN,….!!
    ha ha ha

  29. analisa yg sgt mantap,, kykny serius di intrnasional politik,, saya jg berpandangan sama,, ribut2 LCS ada dugaan d sponsori oleh negara2 industri militer ,, liat ja yg pling untung,, ya negara itu2 ja,, gk da yg laen… sampe produk bekas USA ja laris manis,,, Cina jg perlu konsumen industri senjata klo pengin industri militernya survive… mungkin ni emang ulah2 anggota VETO PBB,, demi sepriuk nasi dan sebongkah berlian

  30. Orang sipil yang gk tau apa2 tpi bacotnya minta ampun ini itu hadeeeh…
    Pemerintah pasti lebih tau apa yang terbaik untuk negaranya,, mana yang prioritas dan mana yang bukan mereka tentu lebih paham dari pada kita yang cuma rakyat biasa,, Tolonglah lebih bijak dalam berfikir.

  31. saya turut prihatin….

 Leave a Reply