Sep 242016
 

Pengguna internet China mengungkapkan lokasi situs pertahanan udara SPYDER Vietnam. Situs tersebut ditempatkan di sebelah barat Bandara Internasional Cam Ranh yang sebelumnya merupakan lokasi situs rudal pertahanan SA-3.

Sebelumnya pada bulan Juli 2016 Vietnam menerima sistem rudal pertahanan udara SPYDER dari Rafael Advanced Defense System Israel.

SPYDER (Surface-to-air PYthon and DERby) adalah sistem pertahanan udara reaksi cepat yang menggunakan kombinasi rudal anti pesawat jarak dekat dan jarak menengah. SPYDER mampu menyasar beragam sasaran udara seperti pesawat tempur, helikopter, rudal jelajah, drone dan amunisi berpandu. SPYDER mampu menembakkan rudal Phyton dan Derby, dua rudal tercanggih dalam arsenal persenjataan Israel.

vietnam-spyder-site-500x336

Ada dua varian dari sistem pertahanan SPYDER, yakni SPYDER-SR (jarak dekat) dan SPYDER-MR (jarak menengah). Kedua sistem mampu beroperasi di segala cuaca. SPYDER-SR menggunakan radar EL / M-2106 ATAR sedangkan SPYDER-MR menambahkan radar EL / M-2084 MMR, radar yang sama yang digunakan oleh sistem Iron Dome Israel.

Phyton 5 adalah salah satu rudal udara-ke-udara jarak dekat terbaik di dunia. Rudal memiliki kemampuan mengunci setelah diluncurkan (lock-on after launch-LOAL). Menggunakan sistem bimbingan electro-optical infrared homing canggih yang memungkinkan rudal mengunci dan mengejar targetnya yang bermanuver ke segala arah. Pada penggunaan di pesawat tempur, Phyton dapat ditembakkan meski target ada di belakang pesawat.

Sedangkan Derby adalah rudal udara-ke-udara menengah hingga jangkauan 50 km. Derby dapat mengunci sebelum diluncurkan (lock-on before launch-LOBL) ataupun mengunci setelah diluncurkan (lock-on after launch-LOAL).

Dengan sistem bimbingan radar aktif dan improved target accuracy radio frequency(RF), radar Derby juga mampu mengunci dan menembakkan rudal untuk menyerang sasaran yang terbang rendah menyusuri permukaan bumi. Berkemampuan fire and forget, rudal dilengkapi kemampuan electronic counter countermeasures (ECCM) untuk menghadapi target yang memiliki kemampuan jammer elektronik.

Selain Israel dan Vietnam, negara pengguna SPYDER lainnya adalah Singapura dan India.

Bagikan :

  22 Responses to “Vietnam Mulai Menyebarkan Sistem Pertahanan Udara SPYDER”

  1.  

    Lumayan juga nih spyder sepak terjangnya. bomber rusia di buat nyungsep. pilihan tepat juga buat vietnam yang lagi panas dengan china.

  2.  

    Ngeri nih negara ASEAN satu ini, semoga Indonesia segera melengkapi diri dg peralatan pertahanan yang mumpuni.

  3.  

    wow… sangar..

  4.  

    Jujur saya katakan, untuk pertahanan daerah (udara via rudal) negara kita memang kalah telak.
    Bayangkan saja jika negara tetangga kita di ASEAN pertahanan untuk wilayahnya via udara sudah berjarak 50 kilo meter, Indonesia belum lama ini baru saja membeli untuk pertahanan yang sama hanya dengan jarak 4 klilo meter (efektif 2 kilo meter)
    Sudah saatnya Indonesia membeli minimalnya rudal Patriot Series atau S300 atau S400 atau bila perlu S500 yang dapat mobile di darat dan laut.
    Tentu saja kesemua itu harus dalam keadaan lengkap & khusus S500 sudah dalam keadaan terinstal di kapal kelas KCR dan Sigma.

  5.  

    vietnam lebih kecil dri melon. tapi vietnam berani lawan cina. melon pondan kah kah kah

  6.  

    @The Malay Man : meskipun pertahanan udara kami masih berkisar di bawah 4 kilo meter, apakah mulai dari sekarang ada dari negara Malaysia yang pesawat tempurnya bebas masuk ke wilayah udara kami…?
    Jangan asal menulis untuk memprovokasi kami jika tidak ada nyali untuk membuktikannya…!
    Untuk apa menjelekan negara Indonesia jika negara Malaysia lebih jelek peringkatnya dari Indonesia…!!
    Ketahuilah wahai “The Malay Man” negara Malaysia ada, berdiri dan merdeka karena Inggris dan kebaikan dari pemimpin kami di masa lalu…!!!

  7.  

    Gakk.. Usah nungguin apa pun dari indon bikin sakit wasir aja..

  8.  

    the malay man tu orang indon…saja nak buat provoke

  9.  

    silahkn mau bilang borong klo ingin dibuli hakhakhakhak

  10.  

    Indonesia masih beranggapan ancaman dari luar belum sinigfikan jadi ga jor2 seperti negara tetangga
    Hebat juga singapura punya spyder wilayah singapura tercover
    Indonesia lebih butuh rudal anti kapal dari pada anti pesawat karena geografis kita kepulauan

  11.  

    indonesia siap menebar paku payung di jalan tol wkwkwkwkwk

  12.  

    @piwcula : rudal anti kapal seprti apa maksudnya?
    Jika memakai rudal seperti S300 dan S400 untuk di tempatkan di pagar halaman depan belakang dan kanan kiri kita serta di tempatkan di kota-kota serta objek vital kepemerintahan dan militer, kita bebas terancam dari hal yang paling kecil seperti drone asing, pesawat asing hingga rudal balistik yang sulit di jaming.
    Jika kita ingin lebih aman lagi kita dapat membeli S500 yang dapat di tempatkan secara mobile di darat (kendaraan) atau di kapal laut kelas KCR atau Sigma milik TNI AL.
    Semoga dengan setelah di luncurkannya satelit miiter Indonesia, TNI dapat lebih maju dalam mempertahankan keamanan wilayah negara dan pertempuran modern yang mungkin akan terjadi
    Sungguh ironi dengan negara yang teramat luas, Indonesia hanya di payungi seukuran panjang jembatan jalan raya atau run way pesawat di bandara.
    Sejujurnya perkembangan armada militer kita sudah lebih maju, hanya saja selalu terlambat di iringi dengan amunisinya.
    Ingat, menjaga kedaulatan negara bukan saja harus memergoki dengan menerbangkan pesawat ataupun kapal laut.
    Kita mungkin dapat mencontoh kejadian drone USA yang sengaja masuk ke halaman negara Iran dan juga kejadian drone Rusia yang tidak terditeksi oleh pihak Israel.
    Pertanyaanya bagaimanakah jika ada pesawat asing meskipun itu drone yang membawa rudal dan menembakkannya ke arah obyek vital du negara kita ini?
    Apakah pesawat kita mencegat pesawat militer asing ataupun drone, atau rudal yang ditembakkannya kearah obyek vital negara kita?
    Kira-kira apakah kita sudah pantas untuk memiliki Rudal Patriot Series / S300 / S400 atau jika di mungkinkan memesan S500?
    Apakah harga diri kita berikut kekayaan alam kita serta obyrk vital kita dan keamanan warga negara kita tidak ingin lebih terjaga?
    Menurut saya pribadi bukan soal kita mempunyai musuh atau tidak, akan tetapi rasa amanlah yang kita kedepankan.
    Juga bayangkan dengan Rudal Patriot Series atau S300 atau S400 ataupun S500 berapakah kita dapat minimalisir jumlah korban dari TNI atupun alat militer kita seperti pesawat, kapal dan sebagainya.

    Peace…

  13.  

    @ wangsa kencana
    Komen Anda betul dan mantap bung
    Salam… Peace

  14.  

    gak usah deh kita udah ngembangin kok S-400ID bareng omPutin

  15.  

    Saya memahami keinginan formiler untuk terwujudnya Hanudnas yg modern, terkini, , canggih, dan mengenyahkan material buluk, jadul dan lawas dari arsenal TNI.
    Namun mungkin ada yg kurang dalam keinginan tersebut yakni ;
    – Apa renstrat TNI di bidang Hanudnas berkaitan dg bentuk ancaman jangka pendek, menengah & jangka panjang?
    – Apa renbut TNI di bidang material Hanudnas seiring dg renstratnya?
    – Apa & bgm dukungan anggaran untuk merealisasikan renstrat & renbut tsb?
    Memakai APBN, Devisa, Kredit Eksport atau State Credit.?
    Apa untung dan ruginya apabila kita menggunakan beberapa anggaran tsb?
    Ini sebenarnya yg harus di selesaikan atau di diskusikan pada thread.
    Jadi, jgn mengesankan pada khalayak siapapun yg membaca thread ini, se-olah2 para formiler lebih banyak menguasai aspek pertahanan pada umumnya dan aspek pertahanan udara nasional pada khususnya, maaf.
    Saya sangat menghargai dan menghormati hak masing-masihg formiler disini, namun paling tidak kita juga dapat mengawali dengan latar belakang lebih dahulu, dengan harapan thread yg sudah susah payah dibuat ini enak di ikuti / disimak untuk pendalaman maksud dan tujuan penulis.

  16.  

    @sukhoi mania : Trims bro…
    Maaf jika saya ada kesalahan kata atau kalimat…
    Mohon pencerahannya dari WARJAG karena saya masih newbe di forum ini serta di dunia militer…

    Selamat malam…

  17.  

    Indonesia ga kalah jago, S60 dipadu Pantsyir, terus dibumbui S300 dan HQ16

  18.  

    Bagaimana? TNI mau beli? Bagus Dan menarik sih….praktis dan mematikan…
    Tapi bisa controversial ….tidak kuat sama kritikan nya…
    Coba kita ini..TNI …punya keputusan yang pasti soal pembelian missile SAM yang baru ….

  19.  

    Indonesia

 Leave a Reply