Jun 272016
 

Setelah pada artikel sebelumnya, Angkatan Laut Vietnam lebih memilih fregat Gowind class dibandingkan fregat SIGMA 9814, media Vietnam kali ini membandingkan pilihan lain selain Gowind, yakni SIGMA 10514 atau sekelas dengan fregat pilihan Angkatan Laut Indonesia.

SIGMA 10514 memiliki panjang 105 m dan lebar 14 m, serta berbobot sekitar 2.500 ton, sedikit lebih panjang daripada SIGMA 9814.

Konfigurasi persenjataan SIGMA 10514 tidak jauh berbeda dari SIGMA 9814 yang ditawarkan kepada Angkatan Laut Vietnam (HQVN), tapi dengan ukuran lebih besar memungkinkan penggunaan persenjataan dan cadangan logistik SIGMA 10514 lebih unggul. Hal ini sangat diperlukan karena Angkatan Laut Vietnam menginginkan persenjataan rudal yang cukup besar dengan kemampuan dan jangkauan operasi yang lebih jauh.

Kapal perang Vietnam saat ini belum memiliki pertahanan udara jarak menengah yang mampu melindungi dari serangan udara jarak jauh. SIGMA 10514 dengan konfigurasi ruang dan kemampuan angkut persenjataan yang lebih sempurna, lebih mampu melindungi kepentingan Vietnam di perbatasan perairannya yang rawan gesekan dengan tetangganya bila dibandingkan SIGMA 9814.

Dilengkapi dengan rudal pertahanan udara Aster-30, SIGMA 10514 dapat membangun pertahanan udara hingga radius 120 km, dan siap untuk menghancurkan setiap ancaman dari udara di kawasan yang dilindungnya, dengan demikian dapat meningkatkan keamanan armada kapal perang lainnya dari serangan pesawat tempur musuh.

Di sisi lain Sigma 10514 juga dapat menjadi kapal komando dan tandem bagi kapal cepat rudal Molynia class yang sudah lama memperkuat Vietnam.

Jika memesan SIGMA 10514 Vietnam mungkin menginginkan konfigurasi yang paling modern, termasuk 8 rudal jelajah anti kapal Ecoxet blok III, meriam utama Oto Melara 76 mm, torpedo 324 mm, dan 2 canon Rapidfire 20mm. Sistem rudal pertahanan udara menggunakan tabung VLS akan menggunakan rudal Aster-15 (30 km) bukan rudal MICA, atau bahkan Aster 30 yang dapat menghancurkan target udara sampai jarak 120 km.

Mengingat mendesaknya kebutuhan untuk segera menambahkan kapal sekelas fregat yang mampu melindungi seluruh armada kapal perang dari ancaman serangan udara, fregat seperti SIGMA 10514 adalah pilihan yang cukup sempurna, setidaknya sampai Angkatan Laut Vietnam memiliki kapal perang yang lebih besar seperti kapal perusak ringan atau Destroyer.

Berbagi

  40 Responses to “Vietnam Lebih Memilih Sigma 10514 daripada Sigma 9814”

  1.  

    beli di PT PAL INDONESIA saja
    kwalitas sudah terbukti hebat

  2.  

    sama dng indonesia donk

  3.  

    Kayanya beli di Londo (kalau jadi)..soalnya PT. PAL baru dapat lisensi untuk pembuatan 12 kapal Sigma untuk kebutuhan dalam negeri..

    •  

      Nanti batch ketiga untuk sigma Indonesia di belakang superstruktur atau disamping hanggar heli bisa dipasang vls nya yakhont mirip mirip van speik, 2 kiri 2 kanan, sensor dan radar yakhont dibantu satelit BRI atau punya lapan, pasang yakhont aja bisa apalagi cuma ubah mica ke aster ….

      Terus diatas hanggar tambah ciws nya jadi 2 depan belakang ….

      Buritan dibawah dek heli dipasang crane untuk kingklip ….

      Pasti REM class batch 3 naik kelas dari korvet jadi fregat selevel destroyer green navy …. (bisa blue ga yah ?)

      Mudah mudahan …. Amin ….

      Jalesveva Jayamahe

  4.  

    Atas ane berdua petamax mlulu..

  5.  

    “Dilengkapi dengan rudal pertahanan udara Aster-30, SIGMA 10514 dapat membangun pertahanan udara hingga radius 120 km ”

    Berarti vls nya Kri REM Aster-30 ?

    •  

      Sayangnya tetap mica.

      •  

        mungkin…lebih mengandalkan senjata soft kill (jammer) saja untuk menghadapi serangan missle jarak jauh.
        atau juga mungkin orientasinya utk menghadapi musuh dari pengguna teknologi barat. Jadi nggak terlalu mendesak utk pertahanan udara jarak jauh.
        Beda dg vietnam….musuhnya kan cina (PLA)…. missle anti kapalnya ngeri2 teknologi dari rusia.

        harusnya indonesia (TNI AL) mulai memikirkan utk orientasi menghadapi PLA (cina(.

    •  

      Rudal pertahanan udara jarak jauh kapal perang sudah di tinggalkan . Kini tend nya beralih dengan rudal jarak pendek seperti Rolling Air frame Missile(RAM) yang lebih menguntungkan .Karena kecil maka kapal bisa bawa banyak sekaligus dan bisa menghancurkan target lebih banyak dari pada bawa rudal sam jarak jauh tapi hanya bisa bawa dikit . Toh yang penting tingkat perkenaannya yang perlu bukan jarak capainya .

  6.  

    Kok spek nya lbh bagus punya vietnam sih?

    •  

      Aku juga gak tau bung, memang aneh..cuma strategi atau masalah selera….?? Asal Jangan bilang selera RI dibawah vietkong ya…

  7.  

    Bagaimanapun uang yg bicara.. dengan buget kmrn TOT plus persenjataan kita mentoknya cm pake MICA. Tapi dengan sifat modularitas dari SIGMA, sy optimis kedepan batch berikutnya kita bisa ganti vls A35 dgn seri A43 yg mampu mengakomodir mica dlm format quad pac maupun Aster 15 utk medium to long SAM.

  8.  

    Comment:indonesia cuma bisa buat kapalnya sajah….tapi sistem persenjataanya belum menguasai…..

    cuma buat kapal..jdi..
    senjatanya eksport huh payah…

  9.  

    Ga cukup klo aster 30 vlsnya. Sigma class cuma bawa vls tipe sylver a 35 yg cuma cukup mica sm aster 15.

    •  

      ga cukup gan. klo dipaksain nanti vlsnya bakalan muncul keatas. lgipula barak 8 gbisa pake sylver vls buatan mbda. soalnya india buat barak 8 di destronya gapke sylver vls. ya brharap aja aja camm sea captor udh selesai pengembangannya jdi bisa dipasang di sigma class krna sea captor bisa quadpack sma kyk essm. lumayan kn 12 vls sigma X 4 dpt 48 sam jarak menengah.

  10.  

    Kok spek nya bagus punya vietnam ya?

  11.  

    oh ya klo saya liat di gambar sigma ada 2 meriam 20 mm di blakang anjungan..ada yang tau apa itu benar?

  12.  

    Ya kan vietnam sudah bisa melihat Sigma 105 milik TNI-AL meski belum resmi bertugas tapi dilihat dari Sosok yg sudah sea trail mungkin AL vietnam menjadi tertarik apalagi produsen sigma menawarkan customize sesuai yg dinginkan Angkatan negara yg bersangkutan

    •  

      betul bung padahal di berita sebelumnya mereka tertarik gowind class. perihal abm sam mungkin tni al akan memasangnya di kelas real frigate/heavy frigate. dugaan bukan dipasang di kelas sigma 10514. sigma 10514 cukuplah pakai mica saja.

  13.  

    ada yang salah paham ya ? sigma vietnam rencana bakal gunakan vls aster 15 nah loh,
    ya artinya masih bagusan mica dari sigmanya indonesia.
    vietnam bukan gunakan aster 30, gak tau deh nanti…. liat ajah

  14.  

    ce…ce..cepetan beli di PT.PAL le..lebaran …ke..keburu habis

  15.  

    Itulah kehebatan tni apa yang dibeli kawasan selalu pada tertarik untuk memiliki

  16.  

    @seno tumitin cina

    Enggak dong…damen sdh lama kerjasama dg galangan didalam negri, contohnya dg dumas shipyard tapi memang damen lebih dulu membuka galangan di vietnam

  17.  

    hemm, gitu ya?
    #gak mudheng aku#

  18.  

    Kagak ada sam mica ataupun aster.. sigma kita cm modal sam Mistral dgn peluncur tetral yg manual alias ditembakan sesuai arah yg diberikan dari cms, kok kesannya jadul banget. lah yg bagian juru tembak Mistral berarti mengandalkan radar moto, kalau2 saja data dari cms telat atw kagak kedengaran melalui headpone atw semisalnya di jamming. eh tiba2 nyelonong rudal sea skimming sprt c802 atw 705 yaudah wassalam.. kalau ane mending nyebur ke laut aja deh.. drpd mati katak.
    Gak cocok dinamain Perusak kawal rudal. wong rudal cm ngandalkan Mistral rudal sam jarak pendek, itupun blm jelas, sanggup gak memblok rudal sea skimming? ini mah bukan ditujukan utk mengawal kapal2 teman, atw setidakanya merusakan kaprang atw pespur musuh, tp ini, utk mempertahankan diri sendiri pun sulit. boro2 mengawal. sayang banget.. kaprang mahal yg sebenarnya bisa dijejelin persenjataan yg gahar dan canggih, jd tdk seseram namanya. duh.. kasihan melihat prajurit dilapangan kalau perancang alutsista kita sprt model begini.

    edisi nyesek..

    •  

      Bentar…

      Situ lagi ngomongin Sigma Korvet atau Fregat nih?

    •  

      @pedro baretta..kan masih ada soft kill (jammer(. juga mungkin malah ada manpad juga…bila diperlukan.

      Jangan meremehkan kemampuan dasar manusia loh…dg letihan yag cukup serta kualitas SDMnya yg tinggi manusia dg manpads saya yakin mampu loh merontokkan missile yg datang meskipun dg kemampuan sea skimming.
      tapi kalau yg datang itu salvo…dg minimal 5 missile yg datang. wah…yah susah, alamat nyawa diujung tanduk.

  19.  

    Fregat PKR 10514 yang di buat di PT. PAL itu pakai rudal MICA bukan rudal Mistral, klo yang pakai rudal Mistral itu yang type 9814 yang di buat di damen. .

    klo soal rudal TNI maupun pemerintah juga ingin kale pasang rudal yg lebih canggih sekelas Aster 15 atau 30 atau bahkan rudal S300 atau bahkan S400 untuk melindungi kapal kita dari rudal musuh, tapi kita juga harus realistis bro, anggaran kita masih minim, coba bayangkan klo semua PKR 10598 di pasangin rudal aster 15/30 dan di proyeksikan akan di bangun 20 atau sampai 24 kapal PKR 10598 yg sejenis, pasti anggaran akan terkuras habis hanya untuk di rudal saja, belum lagi nanti Rudal2 untuk Proyeksi kapal perang yg lebih besar lagi sekelas Heavy Fregat atau Destroyer, kita masih di kelas Light Fregat jadi bersabar saja. .

    TNI dan pemerintah pasti lebih tau dari kita2 ini yg hanya hanya bermodal bicara saja tanpa tau di lapangannya seperti apa, kita harusnya bersyukur PKR 10594 di kasih rudal Mica ketimbang Mistral. .

  20.  

    itulah alasan TNI membeli sigma, karena persenjataan sigma bisa di ganti-ganti sampai batas maksimal yang ditentukan, beda dengan jenis kapal perang negara lain, kalo mau ganti senjata harus di kalibrasi ulang daya apung dan keseimbangan nya… jadi TNI sudah berhitung dengan anggaran sekarang dan kondisi sekitar…maka baru dalam 3 tahun mendatang, pemenuhan rudal Aster 15 atau Aster 30 baru tercukupi…. semoga kalo kita beli rudal, dapat juga TOT perakitan bahkan TOT pembuatan alat pembimbing rudal …aminnn

  21.  

    Kalau tidak salah Ada dua sistem pertahanan berbasis rudal di PKR Sigma kita, satu sistem pertahanan anti rudal/pesawat jarak dekat diemban oleh mistral, kedua sistem anti rudal/pesawat jarak menengah (lebih jauh dikit dari mistral) oleh mica, tambah satu sistem rudal serang anti kapal oleh exoce blok 3.
    Namun saya setuju kapal kita kurang CIWS yg katanya AKAN diisi Oerlikon milenium utk memblok salvo rudal

 Leave a Reply