Jan 092016
 
China mendaratkan dua jet komersial di Kepulauan Spratly, Laut China Selatan

China mendaratkan dua jet komersial di Kepulauan Spratly, Laut China Selatan

Hanoi – Vietnam kembali memperingatkan China yang telah melakukan pelanggaran wilayah di gugusan kepulauan Spratly, Laut China Selatan. Peringatan ini merupakan protes diplomatik pertama yang dilayangkan Vietnam terhadap China.

Peringatan disampaikan akibat dua pesawat sipil China melakukan pendataran di salah satu gugusan kepulauan Spratly, yang menurut Vietnam menjadi bagian dari negara mereka.

Wilayah kepulauan Spratly saat ini menjadi salah satu sengketa wilayah antara kedua negara.

Sebelumnya, media Pemerintah China menyebutkan dua pesawat sipil mereka telah mendarat di Kepulauan Spratly (6/1/2016).

Vietnam mengecam tindakan China. Pendaratan dua pesawat sipil itu, dinyatakan telah mengancam perdamaian dan stabilitas di kawasan Laut China Selatan.

Pendaratan dua pesawat China di pulau buatan LCS

Pendaratan dua pesawat China di pulau buatan LCS

Vietnam melayangkan protes diplomatik pertama terhadap China. “Aksi itu merupakan pelanggaran serius terhadap kedaulatan Vietnam dan mengancam kedamaian dan stabilitas di kawasan,” ujar Menteri Luar Negeri Vietnam, Le Hai Binh, (8/1/2016).

Vietnam meminta China segera menghentikan uji coba penerbangan tersebut. “China harus segera menghentikan aksi tersebut, yang justru menambah dan memperumit sengketa”, ujar Binh.

Aksi China dengan melakukan klaim terhadap seluruh wilayah Laut China Selatan mengundang sengketa wilayah dengan dengan sejumlah negara, termasuk Filipina, Vietnam, Malaysia, Brunei Darusallam, dan Taiwan.

AFP

  14 Responses to “Vietnam Protes Pendaratan Pesawat China di Spratly”

  1. pertamax

  2. cuma saling gretak doang ni dua2nya.
    kelakuannya sama kaya orang sok kuat petantang petenteng tapi cumak lagaknya doang ujung2nya cuma adu mulut sama saling dorong doang.
    beda sama orang pendiam. tiba2 main gebuk aja gak banyak bicara. makanya 9 garis putusnya yg di claim cina kemaren di hapus. soalnya cina tau betul marahnya orang pendiam itu sadis!!!

    • yessss setuju bung

    • Prajurit malon takde nyali lawan cina
      berjaye balap makan pisang je tentara malon
      ckckckc

    • Memangnya yg pendiam baru nggebuk dimana kang? Boleh dong beritanya dibeber …. Menghadapi China, Malaysia juga pendiam, beda jika menghadapi tetangga selatan, agak centil dan kemaki karena jika tetangga selatan marah, langsung merangkul dg mengatas namakan saudara serumpun. Repotnya, tetangga selatan cenderung arif bjjaksana menghadapi kelakuan Malaysia.

      • Malon dan brunei bungkam dikarenakan mereka berada dilapis kedua klaim LCS, jika cina behasil menguasai malaysia berarti cina telah melumpuhkan vietnam, taiwan dan filipina

        Salut buat RI berada dilapis ketiga tapi lebih agresif daripada yang lapis kedua, seharusnya mereka bayar uang keamanan sama kita

  3. Saya juga pendiam lo mas………!!!!!

  4. Saat ini memang hanya China doang yg benar-benar aktif mengurus Spratly yg tentu dalam rangka mempertegas klaimnya atas perairan dan kepulauan Spratly serta paracel. Maklum, sebagai kekuatan baru dunia, baik kekuatan ekonomi maupun militer China merasa perlu menunjukan taringnya. Ibarat macan liar dihutan sana, macan akan mengaum sambil boker dan kencing disetiap sugdut tempat yg akan dijadikan wilayah kekuasaannya. Auman, bau boker dan kencing sbg tanda wilayah kekuasaanya. Harusnya Vietnam, Malaysia dan negara lain yg mengklaim Spratly dan Paracel juga melakukan hal yg sama dg China, mumpung PBB masih diam, tdk jelas apa yg akan dilakukan PBB dlm sengketa lcs. Jangan mengandalkan USA saja untuk menghadapi China mah, karena USA juga hanya mementingkan kepentingan perutnya sendiir.

  5. Kita doakan saja biar cepat selesai permasalahan nya.

  6. Tidak terbayang jika perang LCS terjadi.
    Skenarionya :
    China dan sekutu utamanya korut dibantu tokoh utama russia. Bisa juga iran, venezuela,kuba,yunani,eks sekutu soviet.
    Melawan USA dan sekutunya dan beberapa anggota asean.
    Jika di suriah terkesan malu2 kucing, di LCS lebih mengerikan karena banyaknya kepentingan di wilayah LCS. Bisa jd LCS menjadi awal PD ke 3 yg melibatkan banyak pihak.
    Masalah LCS sulit diselesaikan lewat diplomasi karena melibatkan banyak pihak dan terkesan lebih mementingkan kepentingannya dan klaim di wilayah tersebut.
    Jadi tinggal menunggu bom waktu siapa yg memulai maka perang tersebut lebih mengerikan dari PD 1 dan 2.
    Tinggal kita sebagai bangsa indonesia tetap pada pendirian kita yaitu Non Block, dan sebagai antispasinya percepat pengadaan barang MEF jilid 2.
    Dikhawatirkan Indonesia jd ajang medan pertempuran karena dilihat dari peta wilayah posisi indonesia sangat strategis untuk jd medan pertempuran jika kita melihat Ausie merupakan sekutu utama USA dan USA punya pangkalan di diego garcia dan chirsmast.
    Semoga pemimpin indonesia, intelejent,panglima TNI sudah memikirkan cara menangkalnya. Damailah Indonesiaku !!!

 Leave a Reply