Vietnam Akan Terima Frigate Gepard September 2017

Upacara peluncuran frigate kelas Gepard 3.9 untuk Angkatan Laut Vietnam di galangan kapal Zelenodolsk, Rusia. © Sputnik News

MOSKOW – Angkatan Laut Vietnam akan menerima dua unit frigate kelas Gepard (Proyek 1166.1) dari Rusia pada akhir tahun ini, demikian menurut pengumuman produsen kapal yaitu Zelenodolsk Shipyard, Rusia seperti dilansir dari Sputnik News pada hari Senin (03/04/2017).

“Kapal pertama akan dikirimkan pada bulan September, ia telah menyelesaikan pengujian. Kapal yang satu lagi baru memulai pengujian, kami akan menyerahkannya kepada klien pada bulan November atau Desember tahun ini”, kata Direktur Zelenodolsk Shipyard, Jenderal Renat Mistakhov.

Kedua frigat Proyek 1166.1 kelas Gepard saat ini sedang menjalani uji coba menembak di pusat pelatihan Angkatan Laut Rusia yang ada di Laut Hitam.

Dua unit frigate kelas Gepard sudah ada dalam pelayanan bersama Angkatan Laut Vietnam. Vietnam memesan frigate kelas Gepard pada tahun 2012 dan keduanya diletakkan pada tahun berikutnya dan pembangunan diproses sesuai jadwal meskipun adanya penolakan dari Ukraina untuk memasok beberapa komponen pada tahun 2016.

Zelenodolsk Shipyard telah memamerkan frigate Gepard 3.9 dalam pameran maritim dan dirgantara internasional LIMA 2017 yang diselenggarakan di Malaysia awal tahun ini. Produsen juga sepakat untuk memasok frigate Gepard tersebut ke Sri Lanka dalam pameran tersebut.

Frigate ringan Gepard 3.9, adalah versi ekspor dari frigate Proyek 1166.1, yang dilengkapi persenjataan anti pesawat, anti kapal dan anti kapal selam, serta melakukan misi pengawalan, patroli dan dukungan pendaratan serta misi peletakan ranjau laut.