Sep 082013
 
Presiden Vladimir Putin dan Barrack Obama di sela-sela Forum G20, st Petersburg Rusia (photo:theage.com.au)

Presiden Vladimir Putin dan Barack Obama di sela-sela Forum G20, st Petersburg Rusia (photo:theage.com.au)

Suasana tegang menyelimuti pertemuan  pemimpin dunia di forum G20, St Petersburg, Rusia.  Presiden Rusia, Vladimir Putin secara terbuka mengancam Presiden Amerika Serikat Barack Obama soal Suriah. Dilansir Russia Today, Jumat (06/09/2013), usai memastikan Obama membatalkan pertemuan empat mata, Presiden Putin mengatakan Rusia mungkin akan datang untuk membantu Suriah menyerang AS.

“Pesan kami adalah, jika Anda menyerang sekutu kami, maka kami mungkin akan datang,” tegas Putin.

Pernyataan terkeras Putin itu ditanggapi serius oleh Kepala Staf Gabungan Angkatan Bersenjata AS, Jenderal Martin Dempsey. Dilansir FoxNews, Pentagon telah memprediksi bahwa serangan militer AS ke Suriah bisa berubah menjadi perang asimetris antara AS dan Rusia.

“Kemungkinan terjadi baku tembak dengan tentara Rusia sangat terbuka, karena kita menyerang sekutu mereka,” jelas Dempsey.

Kongres AS  juga terkejut mendengar ancaman Putin. Anggota Kongres dari Partai Republik, George Holding, dalam pertemuannya dengan para jenderal Pentagon, mengatakan jika pilihan serangan militer ke Suriah dilakukan, harus dipikirkan apa yang akan dilakukan AS jika Rusia memutuskan untuk ikut menyerang.

“Sikap dan pernyataan Presiden Putin jelas menunjukkan Rusia sepertinya punya pilihan untuk menyerang kita di arena pertempuran sebagai balasan bagi AS karena kita  menghantam sekutu kuat mereka di Timur Tengah,” ujar Holding.

Menjawab kekhawatiran itu, Jenderal Dempsey menolak untuk memberikan jawaban, Ia hanya berharap hal itu tidak akan terjadi, meski peluang Rusia terlibat dalam perang cukup terbuka.

“Rusia memiliki kemampuan seperti perang asimetris, termasuk cyber dan akhirnya bisa berujung pada senjata nuklir strategis. Tapi saya tidak mau berspekulasi dulu soal itu,” pungkas Dempsey. (jurnal3.com).

  31 Responses to “Vladimir Putin Ancam Balik Barack Obama”

  1. lho rusia kog masih setengah” kalau mau bantu suriahh..
    Bilangnya kog ada mungkinnya…

    “Pesan kami adalah, jika Anda menyerang sekutu kami, maka kami mungkin akan datang,” tegas mbah Putin.

    Padahal kalau di lihat secara jalur sutra hanya tinggal suriah lah jalan trakhir jalan ekonomi bagi rusia..

    Hermanya juga kenapa U braninya kroyokan kalo cum nyerang suriah yg kecil gitu…
    Coba one by one..

  2. kipas2..panas2…

    putin langsung bereaksi keras setelah pak beye menyatakan dukungan opsi damai untuk suriah..

    padahal amrik ud koar2 dr kapan hari..

    kira2 kita bakal dapat apa dr paman bear y?

  3. amrik tetap menyerang dan rusia diam saja atau amrik mundur dan negara lain berperang melawan rusia

  4. sby harus bilang…ke arab saudi….indonesia minta pengelolaan haji dikelola bersama….karena arab saudi gak berhak menguasai kota madinah dan makkah…..itu kota umat muslim dunia bukan milik raja arab….reformasi….arab saudi…dazzal sesungguhnya pada pemimpin arab saudi……

    • dajal sudah ada tersendiri jangan dicampur adukan, takutnya malah kabur pengertiannya. ide pengelolaan haji independent (instansi khusus) adalah ide yang menarik dan perlu diperjuangkan.

    • saya takut anda termasuk salah satu dari kartel perusakan timur tengah, ( soalnya mesir sudah mulai angus dan suriah lebih parah lagi gosong) nah sekarang anda mau mengutak atik Arab saudi… sudahlah… ) tapi mudah2an hal ini tidak benar … semoga dan untuk pengelolaan haji saya rasa negara kita pun harus banyak berbenah alias gak sempurna masih banyak wani pironya….mau bukti? cari aja sendiri dikampung kampung banyak bukti gak perlu jadi detektif untuk bisa cari bukti

  5. Tidak usah turun langsung lah. kirim lodong & kipas besi aja ke fsa

  6. jika benar,,bersiaplah utk pemanasan awal PD jilid 3..kenapa ? krn inilah fase perang dingin akan berakhir. mungkin slama ini rusia selalu dianggap remeh oleh amerika, yg slalu merasa paling kuat. terlebih masih membekasnya musibah sukhoi jet 100 dmn ada indikasi unsur sabotase yg apabila pesawat trsebut sukses di asia maka akan menggeser rivalnya boing dan airbus. tentu saja akan berimbas pada perekonomian amerika.

    lalu bgaimana dgn indonesia ? indonesia nantinya sdh tidak lg jd gadis yg dipuja melainkan gadis yg akan bimbang akan ikut siapa. non blok hny tinggal kenangan, pd3 gag ikut blok siapa,,akan hncur dgn sendirinya..

  7. setuju mas bro,,nanti di pd3 wlw indonesia gag ada nuklirnya,,tetep akan musnah brsama dgn negara lainnya efek dr zat asam nuklir itu sendiri. nuklir yg dikirimkan amerika dr pangkalan yg ada di australia bertubrukan dgn nuklir yg berasal dr rusia/cina..pecahannya jth di atas indonesia..tinggallah kita rakyat indonesia yg gag kebagian masker cm bisa melihat dan merasakan efeknya… #maaf kl salah komentar

    • inilah yang paling dikhawatirkan oleh ‘pelanduk’ jika perang rudal nuklir antar ‘gajah’… anti balistic missile (abm) akan berusaha mencegat rudal balistik sejauh mungkin dari negara peluncur abm. jika ada rudal balistik yang melintas dari rusia ke australia atau sebaliknya… siap2 saja kita kembali kr jaman batu karena kejatuhan hulu ledak nuklir

    • Jika AS dan RUSIA sampai adu nuklir, kita tidak usah risau terhadap misil2 nuklir itu. Yang perlu kita risaukan hanyalah debu2 nuklir ataupun sampah radioaktif yang melayang2 di langit atau di permukaan laut..

      Kenapa.??? Karena RUSIA dan AS telah membawa sebagian besar arsenal nuklirnya ke orbit dengan menggunakan satelit.

      Bisa jadi wahana nuklir Rusia ataupun AS sudah berada di atas atmosfer masing2 negara lawan, dan hanya dibutuhkan 5-10 menit untuk mencapai sasarannya dari orbitnya di atmosfer. Dan tentu saja kedua belah pihak pasti amat sangat menahan diri, karena kedua belah pihak tau kekuatan wahana arsenal nuklir tsb.

      Yang kita kuatirkan adalah Operasi False-Flag Israhell, yang menyulut terjadinya perang nuklir. Jika itu terjadi, kita harus sudah siap….

  8. Jika bener om putin mau tolong suriah, dijamin amerika ga berani serang, kemungkinan opsi serangan hanya dengan pemboman jarak jauh dengan rudal balistik., tapi bisa juga berubah jika om putin di iming2 sesuatu oleh amerika..let see….. pada saat ini posisi militer jika eropa one by one dgn rusia, tetap menang rusia, jika di balik amerika one by one dgn rusia, 50-50, yang pasti jika terjadi perang frontal, rusia akan menyerang eropa yg nota bene sekutu amerika, knp demikian, karena eropa pintu masuk langsung ke rusia, jadi lebih baik di hantam duluan dgn nuklir atau bom besar,sisanya rusia dan cina korut akan berjaga jaga di pasifik,prediksi doank,,maaf jika salah

  9. setuju masbro…

  10. AS and the gang vs paman Rusky di suriah tinggal masalah waktu saudara-saudara. pakde Putin udah secara tegas menyatakan sikapnya akan membantu Suriah jika terjadi agresi militer/Suriah under attck. Sekarang yang jadi pertanyaan besarnya”bagaimanakah sikap Obama terhadap Suriah?” Bila tetap melakukan agresi militer tentu saudara-saudara telah tau apa yang akan terjadi nanti.

  11. kalau US ma RUS jd konflik di suriah dan mungkin merembet ke wilayah masing2 trus mereka baku abis, ya sudah pasti yg tertawa terakhir ialah CINA.

    • Dalam perang nuklir tak ada istilah ‘surgical strike’ dengan amunisi presisi tinggi seperti perang konvensional, ‘combatant’ dan utamanya ‘ciivilian’ akan tewas dalam jumlah besar, karena luasnya efek ledakan nuklir.
      Jika terjadi perang habis2an antara AS dan Rusia (artinya menggunakan nuklir) tidak ada lagi yang bisa tertawa, mereka yang tidak langsung terbunuh oleh ledakan dan radiasi nuklir akan mati kelaparan akibat nuclear winter yang berlangsung belasan tahun, akibat asap dan debu ledakan menutup sinar matahari dan mematikan segala jenis tanaman, utamanya tanaman pangan.
      Segelintir yang survive mungkin akan seperti film Mad Max, saling bunuh memperebutkan sisa2 persediaan makanan yang ada…

      A nuclear war between the United States and Russia today could produce nuclear winter, with temperatures plunging below freezing in the summer in major agricultural regions, threatening the food supply for most of the planet. The climatic effects of the smoke from burning cities and industrial areas would last for several years, much longer than previously thought. New climate model simulations, which are said to have the capability of including the entire atmosphere and oceans, show that the smoke would be lofted by solar heating to the upper stratosphere, where it would remain for years.

      Compared to climate change for the past millennium, even the smallest exchange modeled would plunge the planet into temperatures colder than the Little Ice Age (the period of history between
      approximately A.D. 1600 and A.D. 1850). This would take effect instantly, and agriculture would be severely threatened. Larger amounts of smoke would produce larger climate changes, and for the 150 Teragrams (Tg) case produce a true nuclear winter (1 Tg is 1012 grams), making agriculture impossible for years. In both cases, new climate model simulations show that the effects would last for more than a decade (Wikipedia).

      • Catatan; 1 Tg = 10 pangkat 12 gram (di atas bilangan pangkat tidak tampil, karena masalah format), yang diukur adalah berat total material yang terlontar ke angkasa akibat ledakan nuklir. Ini mirip efek benturan asteroid di semenanjung Yucatan, Mexico yang membuat punah dinosaurus.

  12. Ini semua masalah mencari makan, disisilain ada yg serakah ada juga yg narimo dan yg tdk dpt bagian akan marah utk mendptkan bagian kalau bisa adu fisik aja. Sekarang akan dibuktikan krn yg belum mendpt bagian malahan tersiksa, sekarang menuntut utuk mendpt bagian sdg yg rakus masih pingin enak. Perang adalah hrpn dr yg tdk bagian dan dg tenang tenang suara gemerisik sdh tdk terdengar hanya terdengar spt ada suara dilorong………….glegerrrrr…………suiiiiiitttttt……..glegerrrr…….mulai PD III…..

  13. Mungkin belum pernah terjadi seorang pemimpin Rusia mengirim pesan kepada rakyat AS melalui koran, Putin melakukannya lewat artikel di New York Times;

    A Plea for Caution From Russia

    By VLADIMIR V. PUTIN
    Published: September 11, 2013

    We stood against each other during the cold war. But we were also allies once, and defeated the Nazis together. The universal international organization — the United Nations — was then established to
    prevent such devastation from ever happening again.
    (Keren, ancaman terselubung: AS bertindak tanpa mandat UN, we will stand against each other, such devastation will happen again…)

    The potential strike by the United States against Syria, despite strong opposition from many countries and major political and religious leaders, including the pope, will result in more innocent victims and
    escalation, potentially spreading the conflict far beyond Syria’s borders.
    (Lagi2 ancaman, strike by the United States against Syria will spread the conflict far beyond Syria’s borders, misalnya hingga wilayah AS)

    The law is still the law, and we must follow it whether we like it or not. Under current international law, force is permitted only in self-defense or by the decision of the Security Council.
    (Wejangan Putin soal kepatuhan pada hukum internasional)

    It is alarming that military intervention in internal conflicts in foreign countries has become commonplace for the United States. Millions around the world increasingly see America not as a model of democracy but as relying solely on brute force, cobbling coalitions together under the slogan “you’re either with us or against us.”
    (Tudingan tanpa basa-basi tentang perilaku ‘preman’)

    But force has proved ineffective and pointless. Afghanistan is reeling, and no one can say what will happen after international forces withdraw. In Iraq the civil war continues, with dozens killed each day.
    (Mengingatkan dan menyalahkan bahwa serbuan AS menciptakan malapetaka di Afghanistan dan Iraq -walau Rusia sendiripun pernah menyerbu Afghanistan hehe)

    We must stop using the language of force and return to the path of civilized diplomatic and political settlement.
    (Tudingan bahwa AS cenderung ‘uncivilized’ – gak beradab)

    I carefully studied his (Obama’s) address to the nation on Tuesday. And I would rather disagree with a case he made on American exceptionalism, stating that the United States’ policy is “what makes America different. It’s what makes us exceptional.” It is extremely dangerous to encourage people to see themselves as exceptional, whatever the motivation. There are big countries and small countries, rich and poor, those with long democratic traditions and those still finding their way to democracy. Their policies differ, too.
    (Putin mengingatan pesan Suharto kepada Obama; ‘ojo dumeh!’)

    (Last but not least):

    We are all different, but when we ask for the Lord’s blessings, we must not forget that God created us equal.

    (Putin bukannya komunis/ateis?)

  14. saya menjawab bung wie

    Pertama dan utama terima kasih atas koment sobat2 JG baik saran dan kritik dsb.
    Pada paragraf pertama saya setuju atas penyataan sodara Assad bersalah dan Assad tdk bisa meredakan gejolak yg terjadi didlm tanah Suriah.Kesalahan Assad yg paling utama ialah menggunakan status dia sbg presiden mengerahkan kekuatan tentara untuk meredakan gejoalk politik,artinya tentara ditugaskan sbg kepentingan indiviu(politik) bukan untuk pertahanan negara. kesalahan ini tetep mnjadi pelajaran buat kedepan bagi seluruh pemimpin dunia bhwa militer itu milik rakyat bukan milik suatu kelompok.Namun ada baik nya anda membaca referensi saya pada buku prahara suriah seperti yg saya sebutkan pada koment sebelumnya. Ada fakta2 menarik kenapa assad melakukan hal ini.Kita tdk bisa menyalahkan assad saja lalu membenarkan semua tindak tanduk oposisi.Oposisi ini bukan murni penjelmaan dari rakyat tetapi dari karya2 intelijen cia mossad untuk mempropagandakan kebebasan demokrasi ditanah suriah. Bakalan Capek neh jari untuk mengulas semua nya.Dan hal ini juga 11 12 ksus di indonesia,knpa indonesia lebih sedikit baik demonstran nya,krn ABRI yg dipimpin Pak Wiranto saat itu bersikap netral,artinya menyerahkan sepenuhnya kpda rakyat walau pun ada gesekan yg sedikit keras namun tdk berbuntut sprti suriah dan mesir atw libya.Saya yakin jika wiranto mw menggunakan kekuatan nya sbg panglima dia bisa berkuasa di indonesia namun hal ini syukur tdk terjadi.

    Paragraf k2, New World Order itu bukan main2 dan candaan, film itu hanya alat propaganda,settingnya udah ditentuin kok. Saya yakin dgn project ini,dan mereka hnya ingin mencari tumbal nya,negara siapa kita tdk tau yg jelas pada kasus ini hub Rusia dan USA berada pada titik paling rendah stelah era perang dingin.
    hoaaaaam ngantuk, sekian dulu jawaban saya.

  15. apa sebaiknya negara kyk indonesia yg tdk punya nuklir membuat bunker bawah tanah? yg cukup menampung warga ketika perang itu berlangsung. kalaupun tidak jadi perang nuklir, bisa dipakai pada saat perang konvensional. sy sendiri yg belum berkeluarga rencana sangat ingin membuat rumah yang didalamnya terdapat ruang bawah tanah, kebetulan sy berlatar belakang teknik sipil yg hobby militer. sy takut kalau2 nanti terjadi perang, kita tidak tahu mesti melarikan diri kemana, ketika (mungkin saja) kota tempat tinggal akan dbombardir oleh musuh. bangunan atas tanah sangat rentan terhadap kmungkinan ini. mudah2an pihak TNI sudah memikirkan hal ini untuk penyelamatan org2 penting buat kelangsungan negeri ini pasca perang usai. dan itu tidak diumbar ke media. itu lebih baik

  16. Seberapa jauhpun jarak antara,rusia dan indonesia kita tetap kluarga.rusia untuk indonesia dan indonesia untuk rusia….arham

  17. mbah lutfi ; amirika itu negara paling jahat,sombong takabur . licik pengecut . pekerjaanya selalu bikin kerusakan dan kekacoan di bumi ini . beraninya hanya terhadap negara yg ndak berani dan tidak mampu menandinginya . hai obama buka mata mu baca komentar ku
    kenapa ndak brani sama rusia iran . tutup mulut mu jangan jadi profokator perang dunia 3

  18. ..paman sam dan pmn bruang kn sama2 propesi empu pmbuat senjata ,, jadi dgangan mereka akan laris pesat klu bnyk kekacauan..klu jualan senjata di tmpt damai gk mngkin laku…karna senjata sbgus apapun gk kn mnjdi berarti klu gk da perang

  19. yah..kalau mau perang yah sudh, PERANG ajh…
    knpa hrus pke ancam gertak… namanya perang nga ada yg slah..menang berkuasa (di bumi saja) yg kalah ulang dari NOL (0)…..

 Leave a Reply