Wagub AAL Tinjau Latihan Karkata Yudha Taruna Korps Marinir

Wagub AAL Brigadir Jenderal TNI (Mar) Suhono meninjau latihan Karkata Yudha Taruna AAL Tingkat III Korps Marinir Angkatan ke-64 pada Kamis 23 November 2017 dini hari di pantai Manyar Sukolilo, Madura., Jawa Timur.

Madura, Jakartagreater.com – Wakil Gubernur Akademi Angkatan Laut (Wagub AAL) Brigadir Jenderal TNI (Mar) Suhono meninjau latihan dan praktik (Lattek) Karkata Yudha Taruna AAL Tingkat III Korps Marinir Angkatan ke-64 pada Kamis 23 November 2017 dini hari di pantai Manyar Sukolilo, Madura, Jawa Timur.

Pada peninjauan kali ini Wagub AAL melihat dari dekat pelaksanaan pendaratan khusus yang dilakukan para Taruna AAL Korps Marinir. Pendaratan diawali oleh dua Taruna perenang rintis untuk memastikan kondisi pantai pendaratan telah aman, kemudian dilanjutkan dengan pendaratan oleh 22 Taruna dengan menggunakan 4 perahu karet secara cepat dan senyap.

Wagub AAL Brigadir Jenderal TNI (Mar) Suhono meninjau latihan Karkata Yudha Taruna AAL Tingkat III Korps Marinir Angkatan ke-64 pada Kamis 23 November 2017 dini hari di pantai Manyar Sukolilo, Madura, Jawa Timur.

Sesampainya di darat, para calon pasukan tempur ini melaksanakan konsolidasi untuk melanjutkan merebut daerah sasaran yang berada diatas bukit kapur yang dikuasai musuh. Dalam perebutan daerah sasaran ini terjadi kontak senjata dan pertempuran sengit antara kedua pihak. Banyak terjadi ledakkan di daerah pertempuran.

Akhirnya daerah sasaran dapat direbut dan dikuasai oleh pasukan dari Taruna AAL Tingkat III Korps Marinir. Pihak musuh yang diperankan para pelatih dapat dipukul mundur dan lari ke gelapnya hutan.

Latihan dan praktik Karkata Yudha yang dilaksanakan sejak tanggal 16 s.d 25 November 2017 ini merupakan latihan bagi Taruna AAL Korps Marinir yang bertujuan membekali para Taruna dengan kemampuan dan keterampilan kepemimpinan lapangan dalam melaksanakan taktik pendaratan Operasi Amfibi dan Raid Amfibi.

Wagub AAL Brigadir Jenderal TNI (Mar) Suhono meninjau latihan Karkata Yudha Taruna AAL Tingkat III Korps Marinir Angkatan ke-64 pada Kamis 23 November 2017 dini hari di pantai Manyar Sukolilo, Madura., Jawa Timur.

Dengan latihan ini para Taruna belajar dan mempraktikkan berbagai taktik dan teknik operasi dan serbuan amfibi setelah belajar secara teori di Akademi Angkatan Laut Bumimoro.

Turut mendampingi Wagub AAL dalam peninjauan antara lain :

  1. Komandan Resimen AAL Kolonel Laut (P) Edwin.
  2. Kepala Departemen Marinir Kolonel Marinir Guslin, S.H.
  3. Para perwira pelatih Taruna.

(Pen AAL)

Tinggalkan komentar