Wah, Kematian Kuda Poni “Monty” Karena Jet Tempur F-15 AS?

21
11
Jet tempur F-15 Angkatan Udara AS sedang lepas landas. © Pixabay

Sebuah keluarga di Cornwall, Inggris, mengatakan bahwa gelegar suara dari kedua pesawat tempur Angkatan Udara AS yang terbang rendah saat diluncurkan dari pangkalan udara yang ada disana, membuat kuda poni yang bernama Monty menjadi sangat ketakutan akhirnya mati, seperti dilansir dari Daily Mail.

“Kuda-kuda [poni] berlari kencang sekitar pukul 12.30, sekitar pukul 15.30 kedua pesawat terlihat terbang rendah di daerah tersebut dan sekitar pukul 16.30, kami menemukan kuda poni dalam kondisi yang sangat buruk”, menurut pemilik Monty, Naomi Brown kepada The Daily Mail.

Naomi Brown memanggil dokter hewan, tapi Monty, kuda poni yang malang telah meninggal sebelum dokter hewan tersebut tiba. Naomi Brown mengatakan akibat insiden tersebut, anak mereka yang masih berumur 3 (tiga) tahun menjadi trauma.

“Dia pernah memiliki hewan peliharaan yang telah meninggal sebelumnya, oleh karena itu dia mengerti tentang kehidupan dan kematian, tapi kali ini sangat berat baginya”, menurut Naomi Brown.

Besoknya kami beritahukan padanya tentang kejadian itu dan dia mengatakan berulang kali betapa dia menginginkannya [Monty] kembali. Kami telah membuat papan kenangan Monty dan meletakkannya tepat di samping tempat tidur anak kami sehingga dia dapat melihatnya saat dia bangun dan tidur.

Penduduk lainnya yang tinggal di Cornwall melaporkan bahwa jet tempur tersebut juga telah menyebabkan kematian kuda mereka. Mereka panik, melompat-lompat dan menjadi terlalu berbahaya bagi dokter hewan untuk mendekatinya.

Claire Sexton yang berasal dari Cornwall, mengklaim bahwa setidaknya ada tiga ekor kuda yang harus ditembak untuk klien di berbagai alamat di Cornwall. “Dua jet tempur berwarna abu-abu terbang sangat rendah di atas Cornwall pada hari Rabu, 12 April 2017 pada sore itu, setidaknya tiga ekor kuda harus ditembak akibatnya”, kata Sexton.

Laura Pope dari Truro, Cornwall, mengatakan bahwa “kedua pesawat terbang tepat di atas halaman dengan sangat rendah, seluruh lumbung ikut bergetar dan kuda pun terkejut. Suara mesin pesawat itu mengerikan, bising dan memekakkan telinga. Ini menakutkan, berbahaya dan tidak bertanggung jawab”.

Sepasang pesawat F-15 Eagles, diluncurkan dari pangkalan angkatan udara Lakenheath, Inggris yang telah menjadi tuan rumah Angkatan Udara AS sejak tahun 1940-an. Angkatan Udara AS mengakui bahwa pesawat tempur tersebut terbang rendah, namun tidak cukup rendah untuk mengejutkan hewan apapun.

“Pesawat tersebut terbang sesuai peraturan dan batasan Sistem Terbang Rendah Inggris dan yang mengatur minimal 500 kaki (152 meter) di atas permukaan tanah”, menurut juru bicara Angkatan Udara AS dalam sebuah pernyataan.

Mereka juga mengatakan bahwa apabila Kementerian Pertahanan Inggris memutuskan untuk melakukan penyelidikan atas insiden tersebut, maka mereka akan bekerja sama.

21 COMMENTS

  1. Baru kali ini mendengar berita F15 menyebabkan kematian kuda-kuda poni, selama ini media masa lebih sering memberitakan tentang F15 yg menyebabkan kematian manusia di Irak, Afganistan, Libya. Belum lagi kehancuran infrakstruktur dan bangunan sipil yg tdk terkait perang.

    Secara faktual kuda jelas bukan sasaran perang yg perlu dimusnahkan apalagi dalam perang modern saat ini yg tdk menggunakan hewan tangguh itu dipakai sbg alat pengangkut atau kuda tunggangan tentara kavaleri, namun mengapa pilot F15 sampai hati mengganggu kuda? Sepertinya para pilot F15 di Inggris pusing ngebet ingin perang sungguhan, namun blm menemukan musuh yg sepadan, jadilah kuda sbg sasaran pelampiasan ….

LEAVE A REPLY