Aug 082018
 

Jet tempur MiG-31K Angkatan Udara Rusia membawa rudal jelajah Kinzhal © Alexander Kazakov via Izvestia

JakartaGreater.com – Dihadapkan dengan musuh-musuh yang mengembangkan rudal hipersonik dan berpotensi melumpuhkan pertahanan Amerika Serikat, kini Pentagon sedang berpacu dengan waktu untuk mendapatkan teknologi guna melawan ancaman yang muncul, seperti dilansir dari National Defense.

Beberapa bulan terakhir, Presiden Rusia Vladimir Putin telah menggembar-gemborkan persenjataan hipersonik negaranya, mengklaim bahwa tidak ada kekuatan asing yang memiliki sarana untuk mengalahkannya. Sementara itu, China pun telah secara agresif menguji senjata ofensifnya sendiri, menurut pejabat AS.

“Beijing telah dekat dengan sistem pengiriman rudal hipersonik untuk serangan cepat konvensional yang dapat menjangkau ribuan kilometer dari pantai China dan menahan grup tempur kapal induk AS atau pasukan darat yang dikerahkan ke depan akan sangat beresiko”, menurut Wakil Menteri Pertahanan untuk Riset dan Teknik Michael Griffin baru-baru ini.

“Kita, saat ini, tidak memiliki pertahanan terhadap sistem itu”, katanya Michael Griffin. “Ini adalah salah satu prioritas tertinggi untuk menghapus kelemahan itu”.

Letnan Samuel Greaves, direktur Badan Pertahanan Rudal, juga telah membunyikan alarm atas masalah ini. “Berdasarkan apa yang telah kita lihat, negara-negara lain telah menunjukkan, tidak ada pertanyaan bahwa semua itu hanya masalah waktu sebelum senjata hipersonik dioperasionalkan”, katanya di Capitol Hill.

“Pertanyaannya adalah apa yang telah kita lakukan untuk mempersiapkan diri untuk mengurangi atau menghilangkan ancaman itu dalam lima, enam, atau tujuh tahun dari sekarang ketika muncul?”, tambahnya. “Kami harus memulai dari sekarang, bekerja dengan industri dan menyebarkan kemampuan untuk melawan serangan musuh”.

Senjata hipersonik dapat bergerak dengan kecepatan 5 Mach atau lebih tinggi, tetapi kemampuan manuvernya yang menjadi tantangan terbesar bagi sistem pertahanan, kata Tom Karako, direktur proyek pertahanan rudal di Pusat Studi Strategis.

“Ini tentang kemana dan bagaimana senjata hipersonik akan bergerak yang membuatnya sulit untuk menghentikan mereka”, katanya. “Senjata itu mungkin saja memulai penerbangan mereka pada lintasan balistik tetapi kemudian mengubah arahnya secara tak terduga”.

“Alih-alih beroperasi dengan terjun bebas, mereka dapat melakukan manuver dan kemudian kembali turun pada sudut yang tinggi dan kemudian meluncur melalui atmosfer”, tambahnya.

Dengan tetap berada di atmosfer daripada pergi ke angkasa luar, misil akan terbang di ketinggian yang lebih rendah daripada sistem pencegat AS dirancang untuk menembak jatuh. Selain itu, hipersonik dapat diarahkan seperti rudal jelajah selama penerbangan daripada mengikuti lintasan yang diprediksi seperti pada ciri khas rudal balistik, catat Karako. Mereka juga jauh lebih cepat daripada rudal jelajah standar.

“Itu berarti Anda tidak akan tahu apakah rudal akan datang dari arah ini atau dari arah itu. Dan masalah pertahanan Anda akan menjadi lebih rumit”, katanya.

Radar militer dan pencegat rudal jarak jauh AS, terutama ditujukan untuk melawan ancaman rudal yang datang dari utara. Tapi senjata hipersonik bisa terbang melintasi Pasifik, turun ke wilayah yang menjadi tanggung jawab Komando Selatan, dan lantas mengubah arah lagi serta menyerang Amerika Serikat dari arah selatan, katanya.

Untuk bisa menghadapi ancaman tersebut, maka sistem pertahanan perlu dikerahkan secara lebih terdistribusi, kata Karako. Pentagon juga membutuhkan lapisan sensor berbasis ruang angkasa yang lebih canggih untuk terus melacak hulu ledak musuh.

“Sektor radar berbasis darat tidak dapat berada semua tempat dan Anda dapat pergi di sekitar mereka dalam jangkauan mereka, akan tetapi secara fundamental dibatasi oleh kelengkungan Bumi”, katanya.

Arsitektur sensor radar yang ada bisa meninggalkan celah besar dalam jangkauan yang akan membuatnya sulit untuk melacak senjata hipersonik, tambahnya.

“Jika Anda mengandalkan radar berbasis darat yang Anda racik”, katanya. “Maka Anda mengikutinya dan di suatu tempat Anda kehilangannya, hipersonik akan bermanuver dan Anda tidak tahu di mana sekarang. Dan satu-satunya cara untuk mendapatkan ini kembali adalah dari sensor berbasis ruang angkasa”.

Greaves mengatakan Badan Pertahanan Rudal perlu memiliki kemampuan pelacakan mulai dari “lahir sampai mati” untuk dapat mengalahkan rudal hipersonik.

“Tidak seperti ancaman balistik, kita tidak dapat menerima celah, dan ruang angkasa menawarkan titik yang menguntungkan untuk tetap dapat mempertahankan hak asuh itu sejak lahir untuk mencegatnya” katanya. “Itu akan menjadi sangat penting.”

“Itu semua dimulai dengan sistem infra merah Angkatan Udara AS berbasis ruang angkasa, memberikan tanda lonceng bahwa sesuatu sedang terjadi, ada tanda tangan panas dari ancaman yang akan datang ke arah kita”, katanya. “Kemudian tergantung pada jenis ancaman apa, sistem pertama yang kita lihat nanti adalah semacam sistem pelacak pertahanan rudal yang melihat Bumi, fitur hangat Bumi untuk melakukan pelacakan kelahiran-ke-kematian dan memprediksi jalur penerbangan untuk hal-hal seperti ancaman hipersonik atau ancaman manuver”.

Satelit akan menyampaikan informasi sensor itu ke sistem manajemen pertempuran komando dan kontrol, yang akan meminta pencegat untuk mengejar target, jelasnya.

Pentagon bekerja dengan industri melalui Space Enterprise Consortium pada konsep untuk arsitektur sensor baru. “Kami punya kertas putih untuk sembilan atau 10 entitas yang tertarik untuk mengejar kemampuan itu”, kata Greaves.

Badan Pertahanan Rudal AS (MDA) juga mengawasi program Blackjack milik Badan Penelitian Pengembangan (Balitbang) Pertahanan, yang melihat bagaimana militer AS dapat memanfaatkan satelit komersial di orbit rendah Bumi. Konsep yang mana telah digunakan oleh industri termasuk penggelaran sensor di orbit geosynchronous, orbit pertengahan, atau orbit rendah Bumi, kata Greaves.

Departemen Pertahanan berencana untuk membuat keputusan akhir tahun ini tentang seperti apa arsitektur baru itu nantinya, katanya. “Kami sedang dalam proses memilih desain terbaik, bekerja dengan Dr. Griffin dan kantornya yang merupakan pendekatan terbaik”.

Teknologi ini harus dibuktikan efektif sebelum Departemen Pertahanan meluncurkan program besar, kata Greaves, mengutip proyek luar angkasa yang mengalami kesulitan. “Kita semua tahu apa yang terjadi ketika kita berjanji berlebihan dan kita tidak mampu mengirimkan”, katanya.

Teknologi penginderaan harus terintegrasi ke dalam sistem manajemen pertempuran komando dan kontrol yang kuat. Rudal pencegat yang lebih cepat juga mungkin akan diperlukan untuk menghadapi ancaman hipersonik tersebut, katanya.

Karako mengatakan bahwa kemampuan pencegat yang lebih canggih mungkin tidak harus dirancang dari awal, mungkin ada beberapa tambahan atau blok modifikasi di beberapa keluarga pencegat saat ini yang dapat lebih efektif setelah ini. Dengan kata lain, itu tidak selalu melibatkan hal-hal baru, tetapi mungkin memerlukan beberapa modifikasi terhadap apa yang telah kita dapatkan di luar sana saat ini.

Varian baru dari sistem Terminal High Altitude Area Defense (THAAD), Patriot PAC-3 atau Standard Missile-6 secara teori dapat digunakan untuk menembak hipersonik musuh, katanya.

Strategi pertahanan nasional 2018 menekankan bahwa militer AS telah memasuki era baru persaingan kekuatan yang besar. Sebagian besar perusahaan akuisisi Pentagon sekarang berfokus pada teknologi yang mampu untuk melawan China dan Rusia.

“Semua orang tahu bahwa sinyal permintaan ini ada di luar sana,” kata Karako. “Setiap orang yang telah memiliki widget yang memiliki potensi penerapan ke misi pertahanan hipersonik mungkin berpikir melalui cara menggunakan widget itu dengan cara yang paling efektif”.

Kathy Warden, presiden dan chief operating officer untuk Northrop Grumman, melihat peluang bisnis baru di depan. Banyak perhatian telah diberikan pada Pentagon untuk mengembangkan senjata hipersonik ofensifnya sendiri.

Sementara itu, Lockheed Martin dan Raytheon, dua pemain industri terbesar di pasar pertahanan rudal, menolak berkomentar mengenai kabar tersebut. Greaves mencatat bahwa waktu pengembangan dan penempatan untuk kapabilitas baru akan bergantung pada pendanaan.

  34 Responses to “Waktu Hampir Habis Bagi AS Untuk Hadapi Rudal Hipersonik”

  1.  

    Mungkin bisa sewa the Flash dulu sebelum bisa bikin anti rudal hipersonik kale

  2.  

    Hiper diadu dgn hiper…kekuatan nuklir Rusia+China+Iran+Turkey(tanpa nuklir)….lebih dri cukup untuk meratakan benua amerika.kalo Eropa nggak usah dihitung(anak bawang).

  3.  

    Hmm… Menarik senjata untuk mengcounter kecepatan Misile hypersonic… Berarti harus di counter dng speed yg luar biasa juga dan senjata yg punya Kecepatan cahaya Laser jawabannya haha… Apakah senjata Laser bakal jadi trend baru selanjutnya??

    •  

      Ya, USA sudah mengembangkannya baik yg berbasis darat, kapal permukaan (Zumwalt, Ford dan Arleigh Burke) serta udara.

      Sehebat apapun manuver rudal hypersonik, mereka tetap punya kelemahan yaitu gesekan panas yg dihasilkan memudahkan untuk dideteksi. Tinggal apakah bisa dideteksi secara real time diseluruh area permukaan bumi atau tidak. Sebetulnya sistem radar yg dikembangkan oleh Prof Yosaphat bisa dikembangkan untuk mendeteksi gerakan cepat dari rudal hypersonik selain pesawat siluman.

      •  

        Udah tahu bung masalahnya masih banyak kendala dng Kalau saat ini sih kebanyakan senjata Laser kemampuannya hanya di gunakan sekedar melumpuhkan drone, smallboat atau small vehicle… dulu malah asu punya rencana besar yaitu Project Excalibur Laser X ray tenaga nuklir luar angkasa buat antidote ICBM sebagai alternatif ABM tetapi tahun 1992 projectnya di hentikan.

        •  

          Dihentikan karena START. Ane yakin bentar lagi juga diidupin lagi tapi dg disamarkan. USA dah bisa buat satelit berbahan bakar nuklir kayak Voyager. Jadi gak akan masalah, dan lagi gak akan ada gangguan cuaca karena awan, asap, dsb. Bahkan bisa buat ngancurin instalasi musuh dari luar angkasa.

      •  

        lalu mencegatnya dengan apa???

        •  

          Udah ane jawab dibawah, dikomennya bung Lingkar.

          •  

            Jawabanya absurb… seolah – olah itu rudal tidak memiliki kualitas… seperti drone seharga ratusan ribu yang mudah untuk di blok jaringanya… ini rudal Hypersonic, dengan kecepatan seperti itu bahkan untuk mendeteksi saja adalah urusan yang rumit… contohlah kasus MH-370, bahkan satelit tidak banyak membantu untuk meacak pesawat dengan kecepatan subsonic… padahal untuk bisa memblok jaringan/guidance perlu tahu dimana posisi rudal itu, untuk menembak dengan laser lebih rumit lagi… apalagi melakukan intersep…
            Menghadang rudal dengan kecepatan supersonic kisaran mach 3 saja sudah sulit…

        •  

          mencegatnya dengan kendaraan tempur berkecepatan hipersonik…dan senjata plasma magnetik atau senjata tesla yang terpasang di pesawat pengejar itu.

          cara lain adalah menghack rudal hipesonik itu seperti yang dilakukan iran terhadap UAV sentinel RQ170 usa.

          atau menggunakan senjata punya rusia penghancur hardware dan software yang ada di rudal hipersonik yang ditembakkan dengan senjata gelombang microwave macam krasuka dari jarak jauh.

          •  

            Krashuka efektif untuk membuat blank area dengan mode peperangan elektronik… ini juga pernah dilakukan Russia ketika melakukan operasi membebaskan co-pilot pesawat Su-24 yang ditembak Turki… sambil melakukan operasi militer cepat, mereka juga membuat blok elektronik sehingga rencana operasi tidak terdeteksi dan cukup sukses, kemudian berlanjut untuk merontokan dan mendaratkan drone yang menyerang pangkalan udara…
            Masalahnya adalah ketika yang akan di serang adalah rudal dengan kecepatan Hypersonic, jelas itu adalah sangat sulit dan rumit… mendeteksi saja sulit apalagi mau merontokan…

          •  

            Kalo alat deteksinya di darat jelas susah. Beda kalo diluar angkasa.

          •  

            Alat deteksi di luar angkasa jelas sama susahnya… bahkan untuk melacak pesawat dengan kecepatan subsonic saja ngga mampu… kasus MH-370… apalagi rudal dengan kecepatan Hypersonic yang jelas saja ukuranya lebih kecil dari pesawat boeing 777….

  4.  

    Dan sang burisrawa pun ketakutan akan kesaktian panah Ardadadali yg dianugerahkan oleh dewa Bhatara Kuwera kpd arjuna.
    Fans boy burisrawa pd merinding menggigil ketakutan…..wkkkkkkkkk

  5.  

    ya ngerudal dulu lhagh,,,,sebelum dirudal.
    attack is the best defence.

    •  

      Masalahnya kan udh di blg di artikel. Sulit utk mendeteksi rudal hyper dgn tekhnologi radar darat saat ini. Yg namanya perang kan ga ada pake aba2 cem preman mabuk yg megang pisau trus ngomong ku tikam kau ya. Contoh nya jepang saat nyerang pearl harbour. Pejabatnya aja msh ke US sesaat sblm nyerang.

  6.  

    kayaknya pergeseran kekuatan akan terjadi … lihat saja senjata2 , pesawat2 buatan blok kanan gak bisa menandingi ..Mungkin karena otaknya ditaruh di dengkul saja pada hingga lupa persaingan global .

    •  

      karena mereka ….sudah terlalu mengabaikan kekuatan mayoritas rakyat banyak di negerinya masing2. terlalu mengandalkan korporasi elite, demi keuntungan segenlintir manusia elite. yang disebut manusia pilihan tuhan.

  7.  

    jangan gentar !
    bila pecah perang dunia kita masih punya banyak pendekar !
    buat penangkal rudal secanggih apapun kita bisa pinjem KAPAK MAUT NAGA GENI 212 nya si WIRO SABLENG

  8.  

    Biarpun kecepatan 5 Mach to itu selama travel time menuju sasaran, selanjutnya ketika mendekati sasaran toh dia balik masuk ke atmosfer. so realistis aja buat ngembangin anti missile pas dia dateng.

    •  

      Namun, beda dengan rudal hipersonik yang dirancang Rusia, coba simak penjelasan berikut ini:

      “Dengan tetap berada di atmosfer daripada pergi ke angkasa luar, misil akan terbang di ketinggian yang lebih rendah daripada sistem pencegat AS dirancang untuk menembak jatuh. Selain itu, hipersonik dapat diarahkan seperti rudal jelajah selama penerbangan daripada mengikuti lintasan yang diprediksi seperti pada ciri khas rudal balistik, catat Karako. Mereka juga jauh lebih cepat daripada rudal jelajah standar”.

      •  

        Dapat diarahkan berarti kalo gelombang pemandunya bisa diacak ya bakal jatuh juga tuh Rudal. Selanjutnya bisa pake rudal AAW dg hulu ledak fragmentasi atau gabungan dg EMP buat melumpuhkan tuh rudal. Sisanya bisa pake laser/photo berdaya kuat buat membutakan atau membakar warhead rudal hipersonik musuh termasuk Avangrad. Hhhhhhhhhh

        •  

          Nah… itulah masalahnya. rudal itu adalah rudal hipersonik…dengan kecepatan mach 8 tetapi pada mode cruise missile. Andaikata rudal ini berkecepatan subsonic (kurang dari mach 1) seperti rudal2 buatan barat lainya., mungkin masih bisa diperlakukan seperti itu. Seperti yang pernah terjadi pada tomahawk pada serangan thdp suriah.

          lagipula sepengetahuanku belum pernah ada ceritanya blok barat sukses menghack atau meng acak rudal subsonic cruise missile punya rusia atau negara lain…karena memang belum pernah ada kejadian penyerangan seperti yang terjadi di suriah oleh blok timur.

          Apalagi ini crusise missile dengan kecepatan hipesonik.

          •  

            Justru Rudal blok timur khususnya buatan Rusia punya kelemahan tersendiri, yaitu masih membutuhkan guidance. Tak banyak alutsista yg mampu melakukan guidance jarak jauh kecuali satelit dan AWACS mereka, Su-35 dan Su-57 mungkin bisa karena punya jangkauan radar yg jauh. Tapi jumlahnya pun gak banyak. Sedangkan USA punya banyak AWACS dg jangkauan radar lebih jauh dari A-50 punya Rusia, itu juga bisa ditempatkan di kapal induk. Makanya masih cukup sulit bagi Rusia untuk membuktikannya.

          •  

            Coba di telisik dari yang sudah ada buktinya dulu saja… Tomahawk vs Kalibr… perasaan Tomahawk lumayan berantakan… lalu apa parameternya kalau rudal Russia lebih lemah??? kalau hanya berdasarkan perkiraan jelas saja Russia memiliki cara dan pemikiran sendiri seperti halnya USA memiliki cara dan sistem sendiri…
            Misalnya saja sistem pertahanan dimana Russia dan USA memiliki cara yang berbeda…
            Apakah lantas Rudal Russia demikian mudah untuk di bikin eror dan buta??? Contohlah, Russia membuktikan bagaimana bisa melakukan hack drone buatan barat… sedangkan sebaliknya hampir tidak pernah ada beritanya…

        •  

          Kalo bisa semudah itu tentunya pentagon g akan pusing memimikrkan penangkalnya…. tp faktanya pentagon kebingungan jg tuh… masak warjager jauh lbh pintar dr orang2 yg ada d pentagon…? xixixixi

      •  

        @lingkar… system rusia ini tergolong revolusioner lhoh menurutku.

        selama ini kan kalau mau menempuh kecepetan hipersonik ya harus ke exo atpmospher ….metode barat selama ini.

  9.  

    Amerika mending nangis ajalah, itu lebih aman

    😎

  10.  

    Udah2 tenang semua. Yg lbh faham itu ya peneliti dan praktisi militer Amerika. Yg patut kita ambil dr artikel ini ya hikmahnya. 1. Walaupun semua yg dikatakan Rusia terkait kemampuan rudal hypersonicnya blm terbukti kebenarannya ( karena blm pernah digunakan utk menyerang barat cs yg kemampuan radarnya di anggap maju dan semoga ga pernah terjadi selama kita msh hidup ) tetapi US ttp ingin mencari solusi nya, bukan karena takut atau pun berarti lbh lmh tp ini wujud nyata implementasi pribahasa sedia payung sebelum hujan yg patut kita contoh. 2. US ga terpaku hanya berdasarkan sejarah superioritas mereka yg tak terbendung pasca runtuhnya Uni Soviet. Hendaknya kita pun seperti itu sehingga kita bs lbh maju. 3. Bersiap sedia itu penting, yg ga penting itu paranoid tnp berbuat utk mencari solusi.

    Salam Damai Untuk Kita Semua Seluruh Rakyat Indonesia.

 Leave a Reply