Jun 242014
 
Wamenhan berbincang dengan pihak Rheinmetall Jerman (detik.com)

Wamenhan Sjafrie Sjamsoeddin berbincang dengan pihak Rheinmetall Jerman (detik.com)

Pemerintah telah memutuskan pengadaan 180 unit tank Leopard dan Marder buatan Rheinmetall Jerman untuk modernisasi alutsista Indonesia. Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) Sjafrie Sjamsoeddin menegaskan, kehadiran Leopard sangat penting untuk Indonesia, terutama untuk tugas operasi militer perang.

“Jadi, tank Leopard adalah bagian kekuatan TNI dalam rangka pertahanan militer untuk tugas melakukan operasi militer perang. Misi TNI itu ada dua, operasi militer perang dan operasi militer non perang. Alustista strategis seperti Leopard, kapal selam, dan pesawat tempur F16 digunakan untuk operasi militer perang dalam menghadapi operasi lawan, bukan digunakan untuk kebutuhan non militery operation,” tegas Sjafrie.

Penegasan Sjafrie ini disampaikan dalam jumpa pers seusai penyerahan simbolis Leopard dan Marder tahap pertama di pabrik Rheinmetall, Unterluss, Jerman, Senin (23/6/2014). Sjafrie yang didampingi Dubes RI untuk Jerman Fauzi Bowo dan para delegasi Indonesia menanggapi polemik mengenai Leopard yang kembali muncul di dalam negeri setelah tank berjenis main battle tank ini dibahas dalam debat Capres hari Minggu (22/6/2014).

Rombongan Wakil Menteri Pertahanan RI, tinjau tank Leopard di Jerman (detik.com)

Rombongan Wakil Menteri Pertahanan RI, tinjau tank Leopard di Jerman (detik.com)

Sebagaimana diketahui, dalam debat itu capres nomor urut 2 Joko Widodo (Jokowi) tidak setuju dengan pengadaan Leopard karena tank ini tidak sesuai kondisi jalan dan jembatan di Indonesia. Menurut Jokowi, bobot tank seberat 62 ton itu bisa merusak infrastruktur jalan di Indonesia.

Sjafrie menjelaskan banyak kelebihan yang diperoleh Indonesia setelah memiliki Leopard. “Kita bisa menunjukkan keunggulan operasional dalam menghadapi operasi militer perang dan menghadapi operasi non perang. Inilah fungsi alutsista strategis dalam operasi militer perang,” tegas Sjafrie.

Menurut dia, salah satu persyaratan negara kuat, harus mampu mempunyai peralatan operasi militer perang. “Sebagaimana kita ketahui, suatu negara memiliki kewajiban peralatan pertahanan yang kuat, bukan untuk ofensif, tapi merupakan suatu bagian daripada atribut bangsa dan negara untuk menjaga kedaulatan, keutuhan wilayah dan keselamatan bangsa, menghadapi lawan dalam operasi militer,” tegas jenderal purnawirawan bintang tiga ini.

Dengan demikian, kata Sjafrie, pesanan 180 unit Leopard dan Marder ini merupakan wujud modernisasi peralatan militer Indonesia dalam membangun kemampuan pertahanan untuk mendukung terjaganya kedaulatan RI. “Ini merupakan salah satu bagian kecil dari sejumlah modernisasi yang dilakukan, baik dari alutsista yang diproduksi dalam negeri maupun luar negeri untuk memperkuat kekuatan militer kira, sehingga kekuatan militer kita memenuhi kebutuhan bangsa dan negara untuk memangun suatu negara kuat. Inilah wujud dari dedikasi sistem pertahanan negara kepada bangsa dan negara,” ujar dia.

Karena itu, Sjafrie memastikan bahwa pengadaan Leopard akan terus dilakukan pemerintah Indonesia hingga tuntas. Proses pengadaan Leopard dan Marder ini akan selesai pada 2016. (detik.com).

  136 Responses to “Wamenhan: Tank Leopard Sangat Penting”

  1.  

    iseng-iseng ngeliat negara pengguna leo di wiki versi inggris, kok nemu peta indonesia cuma segini ya gan ??? http://en.wikipedia.org/wiki/File:Leopard_2_Operators.png

    •  

      Thanks for info….Kepulaan maluku dan papua tidak di highlight….. tanda-tanda ada skenario balkanisasi nusantara kah…. kep maluku dan papua at first phase…… Indonesian dimanakah anda …. jangan terlena debat capres aja…….

      •  

        Setahu saya, Amerika mensyaratkan heli apache gak boleh dipakai di Papua ( dg alasan ditakutkan dipakai tuk melanggar HAM ). Kalau negara-negara Eropa mungkin alasannya sama. CMIW

    •  

      wah baru liat saya…ada sekenario apa ya???

      •  

        Ada skenario pemecahan wilayah NKRI oleh “kapitalisme modern” ……. yang pertama “diambil” kalo nggak aceh ya papua….. indikasinya dropping US marinir (pada akhirnya) sebanyak 2500 di darwin – australia……. dengan isu HAM papua jika memuncak maka Armada ketujuh US di guam dan marinir AS di darwin akan mendarat di papua …….. mereka nunggu right time n right moment…… Jadi Indonesia harus waspada …. yang kedua ada info bocoran: ada yang mo ngobok-obok Indonesia waktu pilpres dengan teknik lama devida et impera

    •  

      apa mungkin mereka cuma menganggap indonesia seluas di peta bung? kalo situasinya seperti itu apa indonesia bisa membawa wiki ke ranah hukum karena dengan sengaja menghilangkan/mengaburkan peta wilayah NKRI ? maaf sblumnya OOT

  2.  

    Masalah leopard udah final…toh barang sudah di beli…!!!. Yang inget tgl 9 juli, datang ke TPS..pilih sesuai dengan hati nurani…bukan karna ..”Si leopard” !!

  3.  

    Malon gk punya leopard om,,malon cuma punya pendekar twardeeeh..

  4.  

    pilih presiden penjaga alutsista
    jgn buat arisan

  5.  

    Selamat malam semuanya!
    Pada sehat kan, yg penting berpikir jernih dan menggunakan hak pilih kita nnti tgl 9 juli jangan lupa gunakan hak pilih anda baik2

    Saya og jadi gatel ingin ikut komen tentang pembelian MBT leo ini, menurut saya pembelian tersebut sudah sangat sesuai dg kondisi kemandirian alutsista TNI saat ini, pindad sendiri akan mendaptkan ToT sbgai batu lonctan untuk bangsa ini khusus PT. DI dengan ToT tersebut maka bangsa ini akan semakin mengurangi impor alutsita dri luar negeri maka menghemat devisa ekonomi pemerintah, kemandirian industri stategis alutsista buatan anak bangsa sendiri adalah cita-cita bangsa ini sejak lepas dari penjajahan belanda.

    Masih ingat tidak dg pidato bpk Soekano!

    Merdeka atau mati !!!……….

  6.  

    Sudah2 jangan pada ribut..siapapun terpilih..itu kehendak rakyat banyak..jd kita bangsa yg besar harus juga berbesar hati meskipun pilihan kita kalah..yg penting kita tetap jaga persatuan dan kesatuan bangsa..agar menjadi bangsa terus bertambah besar, juga jgn lupa kita harus mempunyai andil dalam membesarkanya..

  7.  

    siapapun presidennya,modernisasi alutsista dan penguatan tni harus tetap berjalan..tni tidak mungkin bs didikte oleh pemerintahan sipil,apalagi panglima tni nya sekelas moeldoko..
    Tanya:Selain leopard,mbt apa yg pantas/cocok utk digunakan tni..saya pernah baca jika israel jago dlm meretrofit f16,apa iya?
    Mengapa kita tdk menjalin kerjasama militer dgn israel?

  8.  

    Itu waktu masih truk rental ya bung alugoro, sekarang sdh ada iveco transpoter yg khusus buat gendong macan lebih gahar tampilannya dan maching warnanya… ajiib

  9.  

    Sebenernya Jkw mencoba mengangkat produk2 hasil karya anak bangsa. spt anoa pasti akan didukung. nah klo dia tau ada yg kayak gini, pasti dia dukung…. permasalahannya, hasil karya anak bangsa atas jembatan, menurut jkw belom support untuk mbt. nah mana yg mesti didahulukan…. pengembangan jembatannya atau mbtnya? …. kayaknya mbtnya dulu lebih asik…

    •  

      Benar sekali, kalau jembatannya gak kuat harus minum jamu diperkuat. Lumayan, kalau jembatan kuat, tambah aman bagi pengguna.

      Lagi pula Pindad butuh teknologinya Rheinmetall untuk pengembangan tank medium juga. Dapat TOT amunisi tank juga, yg mana sampai saat ini blom mampu bikin.

  10.  

    kan sekarang jakarta surabaya udah dobel track rel…. so jangan cuma digelindingin…

    •  

      tinggal dicheck saja bung daya dukung jembatan kereta barangnya apakah bisa dibebani deretan leo sepanjang jembatannya atau tidak. solusi terbaik memang menggunakan kereta untuk rapid deploy nya.

    •  

      Nah ini yang belum pernah saya dengar pembahasannya…. pergeseran mbt menggunakan kereta api…

      Bagaimana kesiapan dan kemampuan infrastruktur kita (jalan dan jembatan KA) untuk mendukung pergeseran MBT?

  11.  

    dah lama bgt ga liat bung NYD…kangen artikel nya…kreatif bgt..

  12.  

    q takutnya gini temen2..singapura agresi pake leopard 2..TNI nyegat pake anoa??
    Sebagai user atau ane pasti belok kanan pak.hahahaha

  13.  

    Santai bung,,, saya yakin pinteran capres kemana mana dari pada anda.

  14.  

    absen dulu aah..
    cuape abis baca “Negri antah-brantah”
    pokonya leo, su, kilo/armur, mi, aku sukaa..

  15.  

    Peta Kekuatan MBT di asia tenggara

    Singapura menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang memiliki MBT sejak 1975 berupa tank bekas Centurion Mk3 dan Centurion Mk7 yang dibeli dari India dan dari Israel pada 1993-1994 dengan total sekitar 100 unit. Pada akhir 2006, Singapura menambah kekuatan MBT dengan membeli tank Leopard 2A4 bekas dari stok AB Jerman sebanyak 96 unit.( Singapore yang hanya seluas Jakarta)

    Malaysia mengimbangi langkah Singapura melengkapi armada MBT dengan tank kelas berat pada tahun 2007 dengan membuat order kepada Bumar Labedy Polandia senilai 370 juta Dollar. Terdiri atas 48 unit PT-91M dan 15 unit kendaraan pendukung. Pengiriman batch terakhir tank PT-91M selesai pada 2009.

    Thailand telah memutuskan meng-upgrade armada MBT tua pada September 2011 yang terdiri atas lebih dari 280 unit tank lawas M60A3 dan M48A5 Patton.
    Pemerintah Thailand menandatangani kontrak dengan Ukrspecekport senilai 240 juta Dollar untuk pembelian 49 unit tank T-84 Oplot-M atau BM Oplot Ukraina. Tank tersebut merupakan pengembangan dari MBT generasi T-80

    Laporan dari sejumlah media mengungkap pembelian unit MBT Myanmar yang tidak diungkap ke publik pada 2002. Dilaporkan ada kesepakatan antara Myanmar dengan Ukrspecekport untuk pengadaan lebih dari 50 unit tank T-72S.
    Armada Main Battle Tank Myanmar, Vietnam, Kamboja, dan Laos didominasi tank kelas menengah asal Rusia atau Ukraina T-54/55/62 dan tank serupa produksi RRC seperty Type-59/69/79/88.

    Vietnam memiliki armada MBT kelas menengah terbesar dengan jumlah lebih dari seribu unit yang diretrofit. Tank tua T-55 merupakan tank kelas menengah produksi eks-Uni Soviet yang paling banyak diproduksi dari dekade 1950-an hingaa 1980-an.
    Australia pada 2006 mengganti armada MBT lamanya Leopard AS1 dengan 59 unit tank M1A1.

    Dari era Orde Lama hingga Orde baru tank AB Indonesia berupa tank kelas ringan dari generasi PT-76 Rusia hingga AMX-13 Perancis dan FV-101 Scorpion Inggris.
    Sedangkan yang terbaru FV-101 Scorpion-90 dibeli pada 1995 sebanyak 35 unit dan pada 1997 sebanyak 45 unit. Tank ringan ini berbobot tempur 8,7 ton, diawaki 3 personel, senjata utama meriam Cockerill Mk III kaliber 90 mm.
    Pemilihan MBT Leopard 2 untuk memperkuat satuan kavaleri TNI AD sangatlah tepat. Betapa tidak, di dalamnya sarat akan asupan teknologi terkini.
    Sebelum menjatuhkan pilihan kepada tank Leopard 2, sebenarnya TNI AD telah menjajal beberapa MBT. Yakni Tank Abrams M1A2 buatan Amerika, Tank Leclerc bikinan Prancis, Tank T 90 punya Rusia, MBT 2000 made in China dan Tank Oplot dari Ukraina.
    Dari hasil kajian Pussenkav dengan mempertimbangkan bobot dan fasilitas pendukung, akhirnya terpilih Leopard 2 buatan Jerman.
    Main Battle Tank Leopard 2 resmi dibeli pada pertengahan bulan Desember 2012. Kontrak pembeliannya ditandatangani oleh Kementerian Pertahanan RI dan Rheinmetall Landsystem selaku produsen dari Jerman. Tahun 2014 kendaraan tempur tersebut sebagian sudah datang ke Indonesia untuk memperkuat jajaran Satuan Kavaleri TNI AD.
    Pembelian pun disertai transfer teknologi dan pengetahuan karena Undang-Undang mensyaratkannya. Jadi Indonesia melalui PT. Pindad memiliki kewenangan untuk merawat dan meng-upgrade MBT Leopard 2. Ini adalah tonggak kebangkitan industri pertahanan nasional. Harapannya, Indonesia akan mandiri dalam membuat alutsista. Bahkan menjadi produsen senjata terkemuka di dunia.
    (dari berbagai sumber)

  16.  

    leo, su, mi, armur/kilo buatan jerman, hihi.. semua aku sukaa
    bapak cawapres, lalu dengan alutsista apa doong untuk pertahanan kuat dan tidak merusak..
    sepertinya leo pernah melintasi pantura dan terbukti tidak ada yg rusak tuu.
    saya setuju pakek bangt untuk Indonesia kuat dan hebat..

  17.  

    Ada gak dokumentasi videonya, misalnya pas lewat jembatan gitu, biar lebih meyakinkan.

  18.  

    Wamenhan: Tank Leopard Sangat Penting…ngerusakin Jalan dan Jembatan koq penting ya?

    •  

      apa?tank lewat aspal.bung ini pinter nglawak ya.

    •  

      Sepertinya asumsi “ngerusakin” berasal dari perhitungan teori ( AH TEORII..!! ) yang keliru http://youtu.be/_Oqt98yGQ6k Leopard sangat penting tuk menjaga kedaulatan negara.

      Ada transfer teknologi juga, kita diajari cara bikin komponen tank dan amunisi tank ( saat ini blom mampu ).

      Transfer teknologi penting agar kedepan kita bisa bikin tank sendiri, termasuk tank medium yg lebih ringan.

    •  

      Leopard pernah digeser ( diangkut truk ) dari Jakarta ke Jawa Timur. Sudah pasti lewat puluhan jembatan, tapi sampai saat ini blom pernah dengar berita jalanan hancur dan jembatan rubuh saat dilewati truk yg mengangkut tank Leopard. 1 truk + 1 Leopard = nggak ada yg rusak tuh

      TNI AD juga pernah menguji Leopard 2A6 melintasi jembatan di Jawa Timur, sejauh ini tidak masalah.

    •  

      …maksud sy tu klo yg “sotoy” macam debat capres kemarin dengar statement pak Sjafrie,pasti yg ada dikepalanya “ngerusakin Jalan dan Jembatan koq penting”??? xi xi xi bingung lagi

  19.  

    Siapapun Capresnya, Menteri Pertahanan 2014 – 2019 tetap Pak Sjafrie Sjamsoeddin. Kuncinya kebangkitan Industri Pertahanan Indonesia.
    Semoga berhasil pak Sjafrie..!

  20.  

    sebagai bahan wacana, sekaligus meningkatkan sikap awas, tidak ada salahnya membaca kultweet ini

    http://chirpstory.com/li/215921

 Leave a Reply