Jun 242014
 
Wamenhan berbincang dengan pihak Rheinmetall Jerman (detik.com)

Wamenhan Sjafrie Sjamsoeddin berbincang dengan pihak Rheinmetall Jerman (detik.com)

Pemerintah telah memutuskan pengadaan 180 unit tank Leopard dan Marder buatan Rheinmetall Jerman untuk modernisasi alutsista Indonesia. Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) Sjafrie Sjamsoeddin menegaskan, kehadiran Leopard sangat penting untuk Indonesia, terutama untuk tugas operasi militer perang.

“Jadi, tank Leopard adalah bagian kekuatan TNI dalam rangka pertahanan militer untuk tugas melakukan operasi militer perang. Misi TNI itu ada dua, operasi militer perang dan operasi militer non perang. Alustista strategis seperti Leopard, kapal selam, dan pesawat tempur F16 digunakan untuk operasi militer perang dalam menghadapi operasi lawan, bukan digunakan untuk kebutuhan non militery operation,” tegas Sjafrie.

Penegasan Sjafrie ini disampaikan dalam jumpa pers seusai penyerahan simbolis Leopard dan Marder tahap pertama di pabrik Rheinmetall, Unterluss, Jerman, Senin (23/6/2014). Sjafrie yang didampingi Dubes RI untuk Jerman Fauzi Bowo dan para delegasi Indonesia menanggapi polemik mengenai Leopard yang kembali muncul di dalam negeri setelah tank berjenis main battle tank ini dibahas dalam debat Capres hari Minggu (22/6/2014).

Rombongan Wakil Menteri Pertahanan RI, tinjau tank Leopard di Jerman (detik.com)

Rombongan Wakil Menteri Pertahanan RI, tinjau tank Leopard di Jerman (detik.com)

Sebagaimana diketahui, dalam debat itu capres nomor urut 2 Joko Widodo (Jokowi) tidak setuju dengan pengadaan Leopard karena tank ini tidak sesuai kondisi jalan dan jembatan di Indonesia. Menurut Jokowi, bobot tank seberat 62 ton itu bisa merusak infrastruktur jalan di Indonesia.

Sjafrie menjelaskan banyak kelebihan yang diperoleh Indonesia setelah memiliki Leopard. “Kita bisa menunjukkan keunggulan operasional dalam menghadapi operasi militer perang dan menghadapi operasi non perang. Inilah fungsi alutsista strategis dalam operasi militer perang,” tegas Sjafrie.

Menurut dia, salah satu persyaratan negara kuat, harus mampu mempunyai peralatan operasi militer perang. “Sebagaimana kita ketahui, suatu negara memiliki kewajiban peralatan pertahanan yang kuat, bukan untuk ofensif, tapi merupakan suatu bagian daripada atribut bangsa dan negara untuk menjaga kedaulatan, keutuhan wilayah dan keselamatan bangsa, menghadapi lawan dalam operasi militer,” tegas jenderal purnawirawan bintang tiga ini.

Dengan demikian, kata Sjafrie, pesanan 180 unit Leopard dan Marder ini merupakan wujud modernisasi peralatan militer Indonesia dalam membangun kemampuan pertahanan untuk mendukung terjaganya kedaulatan RI. “Ini merupakan salah satu bagian kecil dari sejumlah modernisasi yang dilakukan, baik dari alutsista yang diproduksi dalam negeri maupun luar negeri untuk memperkuat kekuatan militer kira, sehingga kekuatan militer kita memenuhi kebutuhan bangsa dan negara untuk memangun suatu negara kuat. Inilah wujud dari dedikasi sistem pertahanan negara kepada bangsa dan negara,” ujar dia.

Karena itu, Sjafrie memastikan bahwa pengadaan Leopard akan terus dilakukan pemerintah Indonesia hingga tuntas. Proses pengadaan Leopard dan Marder ini akan selesai pada 2016. (detik.com).

  140 Responses to “Wamenhan: Tank Leopard Sangat Penting”

  1. test

    • jadi inget debat capres kemaren πŸ˜€

      • πŸ˜€ jadi kudu ketawa klau ingat debat capres…klu misalnya benar leopard merusak infrastruktur jalan dan jembatan di indonesia…terus kenapa?….Emang tuh leopard mau tiap hari dia ajak jalan jalan?

        lagian disaat perang jalanan dan jembatan rusak bukan cm diakibatkan oleh beban dari MBT…

        Ngono kok repot…..

        • YG PALING PENTING TU TOT, TAR klo dapet TOT qta buat MBT yg paling cocok dg kondisi Jembetan di Indonesia, Biar klo agustusan bisa ikut pawai keliling INDONESIA

      • mengutip coment bung lain Fair sajalah, capres nomor 1 lebih paham dan berpengalaman mengenai teknis militer serta pertahanan keamanan, sedangkan capres nomor 2 lebih paham dan berpengalaman mengenai masalah teknis perekonomian dan birokrasi. Jd jelaslah siapa yg sebenarnya lbh cocok mencalonkan diri jd menteri pertahanan dan siapa yg sebenarnya yg lebih cocok mencalonkan diri jd presiden πŸ™‚

        • Kalau yg yg ngerti perekonomian dan birokrasi itu nanti jadi presiden,
          kita nggak bakalan kekurangan uang, bukan begitu bung. Uang kritis tinggal jual pulau.
          Dijual 1000 pulau juga masih sisa 16.000 pulau. Hehehe….Dia nya orapopo, akune oraiso nrimo…

          • S wowo akan membawa kita kembali k jaman jahiliyah,sama seperti mertuanya..
            Piye enak jaman ku toooo…
            Ane jgn d culik ya wo..

          • Penilaian subyektif yg tdk berdasar bung nyunyan, siapa yg akan menculik anda? Jika anda menterminologikan yg terjadi pd tragedi 98, itu adalah penangkapan bukan penculikan da n dasarnya adalah UU subversi yg berlaku saat itu dan sudah ada yg dihukum. Lebih baik kita mengkritisi visi misi nya dr pada mendeskritkan personalnya….damai itu indah

          • Oke lah penangkapan.. Skrng mereka d mana d tahan, klo sudah meningal d mana kuburannya…saya tunggu jwbannya bung rafly

      • Assalamualaikum wr.wb
        wahahaha iya
        sampai” kedutaan di suruh jd toko kelontong :v
        kedutaan besar Indonesia jd toko kelontong gk kebayang deh :v la yg ngurusi WNI di luar negeri siapa?
        apakah stafnya non limit? kedutaan di suruh melakukan proses pemasaran sampai dengan transaksi :v itu kedutaan apa toko kelontong :v la yang ngelobi” siapa?
        masalah perbatasan paling pol mau di bawa ke Mahkamah Internasional, memang benar jk secara teori tp kl di aplikasi bakalan nyungsep lg :v modyar bisa” ilang lg wilayah kita :v
        pertahanan sekarang lebih komplek bukan hanya perkuatan alutsista melainkan penguatan perekonomian, yg garis depan sebagai peperangan terbuka TNI, tp sebagai penangkal bs jd masyarakat misalnya pembangunan suar beberapa waktu lalu itu masyarakat yg lebih dulu tau sehingga perekonomian di perbatasan jg harus di perkuat :v bukan hanya di perbatasan melainkan di seluruh wilayah Indonesia karena serangan bs jg dr dalam misalnya radikalisme.
        Dan seharusnya kekayaan negara untuk hidup orang banyak harus di kuasai negara bukan di privatisasi ya contohnya satelit :v bisa” air dan listrik ni jg d privatisasi :v
        stop kebocoran, kalau gk bocor bakalan makmur negara kita πŸ™‚
        maaf kalau oot πŸ˜€

      • Sayang ya. Pembisik2 nya. Beliau berlagak paham akan alutsista. TNI diam2 sbg negara Asia yg lebih dulu menggunakan. Bkn masalah baru bahkan saat ini sdh ada squad di perbatasan dan terus di moderenkan dan buatan lokal jg di tkt kan terus. MBT serahkan usernya, krn sdh dipelajari dan diteliti relatif lama . Sy yakin ilmu militer sdh maju. Jd maaf, komandan2 lama sdh tertinggal ilmunya. MBT RI bisa renang. Jalan2 hutan Kalimantan ratusan ton kapasitasnya . Sy tdk pro siapa2. Sy salut no 1. Gentleman , menghargai idea no 2 yg benar, sdh kan mitranya disayangkan terkesan sebaliknya. Misalnya sdh di jawab malah di ulang lg . Ayo dong kesra prajurit dan alutsista di tkt terus. Maju terus, was.

      • sudah sudah bung…saya lebih percaya omongan pak Wamenhan dr pada omongan tukang mebel….hehehehe… πŸ˜€ Salam Amblesiyah….

    • Jadi enggak kebayang betapa ngerinya kelangsungan perjalanan bangsa ini andai pemimpin negeri yg akan datang kurang memahami arti penting alutsista berikut nilai strategisnya dalam menjaga kedaulatan dan martabat bangsa ini..
      Bagaimana mungkin bisa negeri ini bisa bikin RAME kalo tanpa didukung dg alutsista yg mumpuni berikut usernya.

      Maaf, cuma pendapat awam.. πŸ™‚

      • bung Jhon Alay jangan khawatir, kedua capres pada ngerti kok bagaimana menjaga kedaulatan, buktinya ada pemikiran dari salah satu capres yang bolak balek ngomongin drone yang berfungsi untuk menangkap maling yang ada di laut πŸ˜€

        maaf gak ada maksud apa2, cuma geli aja kalo inget debat kemaren πŸ˜€

        • Iyah bung @Piscok, cuma rasanya miris aja kalau yg sdh mulai dibangun pemerintah saat ini kedepannya akan mandek dan cenderung mundur spt jaman Orba krn pemerintahan yg akan datang kurang menganggap penting peran alutsista dg asumsi negeri ini cinta damai dan tidak akan ada perang di Indonesia beberapa tahun/periode kedepan..

          • Mungkin itu atensi dari Bang TBH, konon beliaulah yang ngotot kalau si Leo g cocok untuk RI. Wah bisa gawat nih kalau sempat besok jadi penasehat president. jangan sampe deh!…..

        • Drone berfungsi untuk menangkap maling yang ada dilaut? Wah jadi yang nangkap drone nya atau personil nya?

    • salam persatuan dan kesatuan ……

      perbedaan pendapat dalam demokrasi adalah biasa, sepanjang dilakukan dengan cara baik, benar, dan bermartabat……

      hindari cara cara seperti tokoh antagonis pewayangan ” SENGKUNI ” ….. dia ( sengkuni ) tau kalau dia tidak memungkinkan untuk jadi pemimpin utama, maka dia menebar kebencian dengan cara cara yang tidak bermartabat …… ( mencaci, mengolok olok, mencari cari kelemahan,….. atau bahasa kerennya black campanye ) ….

      beliau pasangan PRABOWO HATTA dan pasangan JOKOWI JK …. adalah 2 pasang tokoh dari putra putra terbaik NKRI …… disinilah tokoh tokoh peran para sengkuni masuk di kedua kubu untuk memperkeruh suasana ………

      wis pokok e … jaga persatuan, kesatuan, rukun, damai, dalam BER BHINNEKA TUNGGAL IKA ….. maaf para sepuh warjager and anggota member warjager kalau koment agak menyimpang dari topik bahasan tank leopard ………..

  2. no 1 jgn no 2 πŸ˜€

  3. oii

  4. moga indonesia makin terdepan dalam alutsista

  5. Banjir postingan nih jktgr

  6. Sepuluh besar

    Mohon ijin sesepuh..ikut nyimak

  7. Lama2 kok pera ng artikel nih
    1. Tentang bumis
    2. Tentang leo
    Kok jd ajang kampanye
    Warga jkrg kan oilihanya no 3 persatuan dan kesatua nasionalis dan bhinekatugal eka
    Lama2 bisa tawuran beneran nih klo terus terusan debat yg gi ian.
    Mga warga jkrg bisa menelaah dan memahami tanpa memecah nasionalisme kita danpersatuan dan kesatuan bangsa
    Tiarap aj ah….

    • Setuju bung amhar dusu. Artikel2nya JKGR sebaiknya tidk dipilih yg berpotensi menyebabkan perbincangan mengenai debat capres atau mengarah ke opini pemilih. Jadi kurang nyaman.
      Supaya fokus ke penguatan alutsista dan strategi pertahanan RI.

    • kita tetap no 3 bung “Persatuan Indonesia” πŸ™‚
      semoga pengadaan Leopard akan terus dilakukan pemerintah Indonesia hingga tuntas…

    • salam persatuan dan kesatuan ……

      perbedaan pendapat dalam demokrasi adalah biasa, sepanjang dilakukan dengan cara baik, benar, dan bermartabat……

      hindari cara cara seperti tokoh antagonis pewayangan ” SENGKUNI ” ….. dia ( sengkuni ) tau kalau dia tidak memungkinkan untuk jadi pemimpin utama, maka dia menebar kebencian dengan cara cara yang tidak bermartabat …… ( mencaci, mengolok olok, mencari cari kelemahan,….. atau bahasa kerennya black campanye ) ….

      beliau pasangan PRABOWO HATTA dan pasangan JOKOWI JK …. adalah 2 pasang tokoh dari putra putra terbaik NKRI …… disinilah tokoh tokoh peran para sengkuni masuk di kedua kubu untuk memperkeruh suasana ………

      wis pokok e … jaga persatuan, kesatuan, rukun, damai, dalam BER BHINNEKA TUNGGAL IKA ….. maaf para sepuh warjager and anggota member warjager kalau koment agak menyimpang dari topik bahasan tank leopard ………..

  8. nomer pithu…

  9. Apakah ini berarti pengadaan alutsista tidak dapat diinterupsi oleh siapapun presidennya?

  10. halah lepas rek…

    Siapapun presidennya… camkan ini: Indonesia itu ribuan pulau banyaknya. Berbeda dengan Benua yang luas dimana beberapa tank berat bisa bergerak kemana-mana…

    Jadi karena terpisah laut, MBT itu sangat tidak cocok…. jumlahnya..he…he…setidaknya di tiap pulau besar harus ada 1 divisi MBT!

    • Mantap….

    • komennya keren, kirain gak cocok belinya ternyata gak cocok jumlahnya … haha
      iya bung, 100an rasanya masih kurang ya buat negara sebesar kita ….

      • AFIK total MBT kita lebih dari 200 nantinya…

        macam2 type… leo 2, T 90, dan lecrec..
        khusus T 90, merupakna jatah tentara laut kita.
        khan doktrin mereka buatan timur the best..

        satu lagi mengernai transport.. sudah di pikir dan dibuat kog, baik by land, water, dan air.
        cuma yg air transport sedikit aga lama.. prioritas ke darat dan laut..

    • Setuju seandainya tiap pulau bisa memiliki minimal 1 divisi MBT. Namun geografis kepulauan bukan sebuah alasan ketidak cocokan MBT di Indonesia. Mobilitas kelautan MBT adalah dgn pengadaan LST-LST. Sehingga, beribu pulau pun, TNI bisa mendeploi kekuatan MBT di mana pun.

    • Pulau2 kecil tank amfibi marinir. Perbatasan pulau2 besar Kalimantan, Sumatra . Papua mbt TNI AD.

  11. Pada 2014 Jerman mencatat rekord penjualan terbesarnya dalam 10 Tahun karena penjualan Tank dan Kapal Selam nya ke Algeria, Qataar, ArabSaudi dan termasuk Indonesia. Kenapa? Karena Krisis Ekonomi di Eropa.
    So.. apakah Leopard sebagai syarat untuk beli KS?
    Ataukah karena banyaknya bantuan dari Jerman ke Indonesia.
    Yang pasti bukan karena kecocokan wilayah.

  12. Fair sajalah, capres nomor 1 lebih paham dan berpengalaman mengenai teknis militer serta pertahanan keamanan, sedangkan capres nomor 2 lebih paham dan berpengalaman mengenai masalah teknis perekonomian dan birokrasi. Jd jelaslah siapa yg sebenarnya lbh cocok mencalonkan diri jd menteri pertahanan dan siapa yg sebenarnya yg lebih cocok mencalonkan diri jd presiden πŸ™‚

    • Saya berusaha fair. Justru pemimpin harus memikirkan hal-hal strategis. Sementara masalah teknis bisa diselesaikan bawahannya (menteri dan gubernur). Jadi jelaslah siapa yang lebih cocok mencalonkan diri menjadi gubernur dan siapa yang sebenarnya lebih cocok mencalonkan diri menjadi presiden. Peace, bro!

      • Randu juga

      • Setuju bung XTRADE

      • Ini baru kata-kata yang tepat..

        Kalau tidak salah asal mula penolakan tank mbt 60ton dari Pak Habibie karena terlalu berat bisa merusak jalan jembatan..
        Sepertinya Pak Habibie pukul rata medan dan menginginkan mbt yang agak ringan tapi fleksibilitas mudah dipindah-pindah dan bisa di segala medan.. Saya yakin TNI sudah mengkaji dalam-dalam penggunaan mbt ini, mungkin akan milah-milah medan tempur dan tingkat ancaman, jelas karena sudah ada light dan medium tank.. mungkin kalau diibaratkan motong bawang cukup pake pisau kecil tapi kalau potong kelapa ya pake golok..

  13. Setuju banget seh..sebenernya saya setuju waktu pak jokowi bilang kalo ada negara lain yang macem2 sama kita dan itu terkait dengan kedaulatan nkri ya digebuk saja….tapi pak jokowi lupa…nggebuknya pake apa? pake anoa? Pake amx13? Pake scorpy?…ya sebelum kita nggebuk ya keburu digebuk duluan…Mangkanya sebelum pindad mampu Mandiri buat sendiri stop gap pake leo2 sdh pas…pak jokowi gak salah2 amat sih…yang blunder ya tim pembisiknya itu

    • Mirip analisanya dengan kasus indosat yang dijelaskan jokowi bahwa kondisinya saat itu mengharuskan kebijakan itu diambil….kasus Leo 2 pun sama,analisanya, normalnya ya kita berussaha pake industri lokal, namun dengan kondisi tetangga2 yang usil, kasus LCS yang memanas dan ada indikasi NDL (nine dash line) Cina motong garis batas ZEE kita, maka kebijakan beli LEO 2 itu sdh pas….toh proyek Medium tank dengan FNSS turki dan TOT marder tetep jalan kan,,,,,optimis saja Medium tank dan MBT lokal pasti akan terwujud seperti cita2 pak jokowi, jaminan lain pak JK yang inisisai Anoa pun masuk dalam tim JKW-JK, so pasti komitmen kemandirian alutsista pasti akan terwujud

    • Lho yo pake Dron to bung..
      Begitu dron mengidentifikasi ada pelanggaran perbatasan langsung deh ntu dron di tubrukin, lalu bikin lagi dronnya gampang kan??? lebih efesien.. hehehehe..

  14. Yg saya pahami, MBT tank leopard itu solusi praktis utk sementara memenuhi kekurangan kuantitas alutsista sedangkan solusi jangka panjangnya dlm bentuk MBT tank ringan yg rencananya bakal di produksi pt.pindad bersama dns turki

  15. Kok jumlahnya makin banyak. kabar awal 164 biji ternyata 180 biji

  16. Orang Kalo Coment Tank Leopard Tidak Cocok Dengan Kondisi Alam Indonesia Berarti Dia Tidak Tahu…Jangan – jangan ada yg Nyuruh dari belakang supaya berbicara didepan Publik , seperti debat Capres JOKOWI….Bahwa Tank Leopard tidak cocok……Tank leopard itu adala Tank Terbaik dan Tercanggih saat ini ….Indonesia Dengan Menhadirkan Tank Leopard , maka wibawa TNI akan meningkat …Makanya Bener Juga kata Capres Bpk. Prabowo , bahwa Pengadaan Tank Leoprad sudah melalui penelitian dan Riset dari pihak TNI sebagai pengguna ……Kami Sebagai Warga negara NKRI mendukung penuh apapun keputusan TNI untuk membeli Alutsista yg Canggih dan Modern ….Kami Merasa terhina dan menangis dalam hati apabila TNI selalu diremehkan oleh negara tetangga….Dengan Kehadiran Tank Leopard dan Alutsista Yg Canggih di Indonesia …Kami sebagai rakyat biasa pecinta NKRI merasa bahagia yg tak terkira karena Indonesia akhirnya bisa membeli Alutsista yg Modern khususnya Tank Leopard.

  17. MBT Leopard itu adalah “the widow maker”

  18. Lah malaysia singapore gak punya sawit, karet and tembakau.

    Yang Eropa serang kan Produk Agrikulture Indonesia. So.. ngapain kita nolong mereka. Begitu maksud comment di atas bung..

    • Siiip dech atas pencerahannya dari Bang Barisanharimau liar…..Inilah Kelebihan dan kekurangan Negara menuju demokrasi…Mendidik warganegara jadi dewasa dalam berpikir dan tidak boleh marah apalagi tersinggung kalo di Kritik atau di Coment …inilah kelebihan negara Demokrasi…..Kekurangan Negara Demokrasi adalah…Kayanya gak ada Tentremnya / tenangnya…Apa – apa Di Kritik atau di Coment…..he..he..he….Jayalah NKRI….

  19. Pakar alutsista tni-ad tentu bukan sembarangan meng approve pembelian mbt leopard, buat pihak2 penjilat belanda ( pihak2 yg tdk mau tni-ad mempunya leo ) pelototin tuh jejak si leo amblas kagak !

  20. Hehehe lapak debat,penggiringan opini dan kampanye halusnya dah pindah dmari toh….mau bilang apa aja tu mbt pasti datang ko.kalau dah datang masa cuman dkasih aquarium..pasti di pake ma tni kita…poin intinya kan itu…kita sekarang punya mbt leo ! Saling gebuk jga kalau masalah ni leo hasilnya cuman satu : kita punya mbt leopard ! Cocok sukur,ga cocok masa ga dipake ? Kalau dibilang buat pelajaran ke dpanya,lha emang iya kita bkal punya pengalaman punya mbt 62 ton…mbt lokal kita ntar pasti metik juga pelajaran dari pemakaian ni leo.kalau bgus pasti dkembangkan,kalau ga bgus ya pasti di sesuaikan…

    • Jujur sebagai rakyat sy sangat bangga kt memiliki MBT Leo, seperti mendapat setetes air setelah sekian lama menahan haus dan dahaga. User dengan lantang sudah menangkis dan menjabarkan dari pesimistis pihak yg bertolak belakang, tidak ada yg perlu di perdebatan lagi jika hanya utk mencari simpati jangka pendek….selamat datang sang Leopard

    • Iya nih bung guns, Tipi OON buka cabang d mari….

  21. Wah kyaknya topik nya si leo masih berlajut…monggo para wargajer dibuat diskusi tpi jangan sampai meleceng pembahasannya..klo masalah pro dan kontra dah biasa dlm diskusi yg penting dalam penyampaiannya tetap santun….salam NKRI

  22. Menurut dia, salah satu persyaratan negara kuat, harus mampu mempunyai peralatan operasi militer perang. β€œSebagaimana kita ketahui, suatu negara memiliki kewajiban peralatan pertahanan yang kuat, bukan untuk ofensif, tapi merupakan suatu bagian daripada atribut bangsa dan negara untuk menjaga kedaulatan, keutuhan wilayah dan keselamatan bangsa, menghadapi lawan dalam operasi militer,” tegas jenderal purnawirawan bintang tiga ini.

    bisa aja neyh Pak Wamenhan

  23. Setelah gue Tanya sama mbah Google; MBT masih relevant dipakai Di masa sekarang dan masa depan. So si jokowi salah… Meskipun MBT dapat dihancurkan tanpa MBT asal FULUS nya banyak. Contoh MBT Iraq hancur lebur oleh F111, Hornet; F16; A10; F15,B 2, B29 DLL

  24. yang pasti ada komisi atas pembelian besi tua dari jerman, padahal dijerman aja marder nya pada dipotong 2 untuk didaur ulang..

  25. sementara SR “ndisit”…nunggu bang “leo” lewat bae…
    Siapapun presidennya MEF harus tetep berjalan…

  26. jokowi sok tahu, itulah akibat kebanyakan nyontek

  27. Onderdil Leopard made in Indonesia :mrgreen:

  28. Haduh-duuuuuuuh , ko jadi kampaye.

  29. Makanya pilih presiden yang konsisten dan tidak diperngaruhi tim suksesnya, dari debat kemarin udah keliatan yang mana..hehehehe, maaf cuma komen awam

  30. begitulah klo politik,apapun bs dijadikan konsumsi..
    Org miskin aja di uber2 biar jd bahan politisasi,segala org ngga makan sehari langsung di blow up seolah2 itu kegagalan pemerintah dan mereka dtg menjadi pahlawan..mcm2 kelakuan,ada segala naek bajaj,ontel,minum jamu gendong cm sekedar menarik simpati masyarakat bawah,biar rakyat kalangan bwh menilai “ini dia calon pemimpin merakyat”..mudah2an aja dugaan saya salah,puji Tuhan klo mereka benar2 jd pemimpin yg merakyat

  31. MBT Leopard+SU35+T50+KS Kilo Class+Skyshield+S-400/S-500+Kapur+KapalInduk+ApacheH64 (bungkus), Klewang 2,3 dst, Medium Tank, Anoa, Landing Ship (LS), Drone Militer, Satelit Militer, Pabrik Biofuel Militer (masak sendiri),jalannya adalah Tingkatkan Kesejahteraan Rakyat Insha Allah bersama kita bisa Diplomasi Politik+Diplomasi Militer demi Kedaulatan Ketahanan Pertahanan Keamanan Nasional menghadapi Ancaman Tantangan Halangan Gangguan Rintangan dengan mengedepankan prinsip 1000 teman terlalu sedikit 1 Musuh terlalu banyak benar sekali

  32. Kalo jalan dan jembatan ngaa kuat ya di tingkatkan kekuatannya dong, liat tu jalan dan jembatan di seluruh indonesia mayoritas ngaa ada kulitasnya, dan sempit lagi jalanya, heran aja sih tikus” yg ada di kementrian PU kok ngaa kenyang” makan aspal jalan

    • Mbak..setahu saya PU buat insfrastruktur itu klau bisa sebagus dan sebaik mungkin tp! setiap anggaran yg sudah direncanakan sedetail mungkin gak bisa tercover..misalnya buat jalan sepanjang 10 km anggaran yang harus disiapkan misalnya 10 M, tapi setelah pembahasan di DPR cuma dikasih 5 M tapi harus mampu dapat panjang jalan 10 Km jd karena anggaran terbatas, PU putar otak utk mencover semua..didapatlah kuantitas bukan kualitas. Dan bukan rahasia umum lagi di DPR inilah semua di tentukan..tahukan yg menentukan sudah pasti xxxxx

  33. ternyata kekuatan politik sungguh mengerikan karena sangat dahsyat memecah belah persatuan.

    saran saya bila ada artikel seperti ini,lebih baik fokus diskusi ke teknis jgn ke personal yg mengeluarkan statementnya,saya yakin artikel ini dinaikan semata mata karena menyangkut ke pertahanan.
    ingat musuh nkri adalah memecah belah nkri dan menurunkan nasionalime bangsa indonesia.
    dan celah dr politik adalah senjata para agresor.

    maka siapun yg jd mari kita dukung dan jaga persatuan,mari para warjager kita buktikan pada dunia bhw politik adu domba sudah tdk berlaku dibumi pertiwi kita.

    cuma pendapat
    maaf cucu lancang

  34. bicara capres pun suatu saat kita mati,tidak bicara capres pun suatu saat kita mati.

    kita hanya bisa sumbangsih persatuan dan kesatuan demi nkri

    maaf cucu lancang

  35. aq yo no.1…..ae,,,,,spo,ngrti iso jd mnjer loperkoran,,,,,

  36. <:D
    ?) siap !!!
    _||_ Komandan !!! LEO adalah pilihan cerdas untuk menjaga wibawa negara. Cukup d parkir d dekat perbatasan tetangga sudah mengkeret…. puretttt…

    • Hihihi…

      <:D
      ?) siap !!!
      _||_ Komandan !!!

      Ane suka gaya ente bang Wafi..hehehe…btw tuh leo jgn cuman diparkir..ajak jalan2 dikit bang..itung2 sambil ngawasin patok negara..jd klo ade nyang geser tinggal pencet tombol dah..dhuuuaarrr!!! :mrgreen:

      • Huahaha… btul bung akung…. kn sudah beli mahal-mahal…-??β€’??β€’?β€’>:/β€’Β° β€’??β€’?-?
        Trima kasih bung… Tetap Semangat!

  37. bagaimana pesanan leo selanjutnya???
    masih di jerman atau spanyol???

    bagaimana pengembangan leo dgn canon 145 mm atau mungkin PzH 2000 ???

  38. udahlah warga sipil kayak kita mending ngurus makan anak istri aja, kalo masalah teknis pertahanan serahin aja ama ahlinya yaitu TNI, warga sipil hanya mengawasi proses MEF saja, maaf komentar tukang parkir πŸ˜€

  39. Maaf OOT,
    Di Running Text TVOne beritakan Rusia siap kerjasama dengan RI untuk pengembangan pesawat nirawak.
    Bung2 sepuh, ada pandangan gk untk berita ini?

  40. iseng-iseng ngeliat negara pengguna leo di wiki versi inggris, kok nemu peta indonesia cuma segini ya gan ??? http://en.wikipedia.org/wiki/File:Leopard_2_Operators.png

    • Thanks for info….Kepulaan maluku dan papua tidak di highlight….. tanda-tanda ada skenario balkanisasi nusantara kah…. kep maluku dan papua at first phase…… Indonesian dimanakah anda …. jangan terlena debat capres aja…….

      • Setahu saya, Amerika mensyaratkan heli apache gak boleh dipakai di Papua ( dg alasan ditakutkan dipakai tuk melanggar HAM ). Kalau negara-negara Eropa mungkin alasannya sama. CMIW

    • wah baru liat saya…ada sekenario apa ya???

      • Ada skenario pemecahan wilayah NKRI oleh “kapitalisme modern” ……. yang pertama “diambil” kalo nggak aceh ya papua….. indikasinya dropping US marinir (pada akhirnya) sebanyak 2500 di darwin – australia……. dengan isu HAM papua jika memuncak maka Armada ketujuh US di guam dan marinir AS di darwin akan mendarat di papua …….. mereka nunggu right time n right moment…… Jadi Indonesia harus waspada …. yang kedua ada info bocoran: ada yang mo ngobok-obok Indonesia waktu pilpres dengan teknik lama devida et impera

    • apa mungkin mereka cuma menganggap indonesia seluas di peta bung? kalo situasinya seperti itu apa indonesia bisa membawa wiki ke ranah hukum karena dengan sengaja menghilangkan/mengaburkan peta wilayah NKRI ? maaf sblumnya OOT

  41. Masalah leopard udah final…toh barang sudah di beli…!!!. Yang inget tgl 9 juli, datang ke TPS..pilih sesuai dengan hati nurani…bukan karna ..”Si leopard” !!

  42. pilih presiden penjaga alutsista
    jgn buat arisan

  43. Selamat malam semuanya!
    Pada sehat kan, yg penting berpikir jernih dan menggunakan hak pilih kita nnti tgl 9 juli jangan lupa gunakan hak pilih anda baik2

    Saya og jadi gatel ingin ikut komen tentang pembelian MBT leo ini, menurut saya pembelian tersebut sudah sangat sesuai dg kondisi kemandirian alutsista TNI saat ini, pindad sendiri akan mendaptkan ToT sbgai batu lonctan untuk bangsa ini khusus PT. DI dengan ToT tersebut maka bangsa ini akan semakin mengurangi impor alutsita dri luar negeri maka menghemat devisa ekonomi pemerintah, kemandirian industri stategis alutsista buatan anak bangsa sendiri adalah cita-cita bangsa ini sejak lepas dari penjajahan belanda.

    Masih ingat tidak dg pidato bpk Soekano!

    Merdeka atau mati !!!……….

  44. Sudah2 jangan pada ribut..siapapun terpilih..itu kehendak rakyat banyak..jd kita bangsa yg besar harus juga berbesar hati meskipun pilihan kita kalah..yg penting kita tetap jaga persatuan dan kesatuan bangsa..agar menjadi bangsa terus bertambah besar, juga jgn lupa kita harus mempunyai andil dalam membesarkanya..

  45. siapapun presidennya,modernisasi alutsista dan penguatan tni harus tetap berjalan..tni tidak mungkin bs didikte oleh pemerintahan sipil,apalagi panglima tni nya sekelas moeldoko..
    Tanya:Selain leopard,mbt apa yg pantas/cocok utk digunakan tni..saya pernah baca jika israel jago dlm meretrofit f16,apa iya?
    Mengapa kita tdk menjalin kerjasama militer dgn israel?

  46. Itu waktu masih truk rental ya bung alugoro, sekarang sdh ada iveco transpoter yg khusus buat gendong macan lebih gahar tampilannya dan maching warnanya… ajiib

  47. Sebenernya Jkw mencoba mengangkat produk2 hasil karya anak bangsa. spt anoa pasti akan didukung. nah klo dia tau ada yg kayak gini, pasti dia dukung…. permasalahannya, hasil karya anak bangsa atas jembatan, menurut jkw belom support untuk mbt. nah mana yg mesti didahulukan…. pengembangan jembatannya atau mbtnya? …. kayaknya mbtnya dulu lebih asik…

    • Benar sekali, kalau jembatannya gak kuat harus minum jamu diperkuat. Lumayan, kalau jembatan kuat, tambah aman bagi pengguna.

      Lagi pula Pindad butuh teknologinya Rheinmetall untuk pengembangan tank medium juga. Dapat TOT amunisi tank juga, yg mana sampai saat ini blom mampu bikin.

  48. kan sekarang jakarta surabaya udah dobel track rel…. so jangan cuma digelindingin…

    • tinggal dicheck saja bung daya dukung jembatan kereta barangnya apakah bisa dibebani deretan leo sepanjang jembatannya atau tidak. solusi terbaik memang menggunakan kereta untuk rapid deploy nya.

    • Nah ini yang belum pernah saya dengar pembahasannya…. pergeseran mbt menggunakan kereta api…

      Bagaimana kesiapan dan kemampuan infrastruktur kita (jalan dan jembatan KA) untuk mendukung pergeseran MBT?

  49. dah lama bgt ga liat bung NYD…kangen artikel nya…kreatif bgt..

  50. q takutnya gini temen2..singapura agresi pake leopard 2..TNI nyegat pake anoa??
    Sebagai user atau ane pasti belok kanan pak.hahahaha

  51. Santai bung,,, saya yakin pinteran capres kemana mana dari pada anda.

  52. absen dulu aah..
    cuape abis baca “Negri antah-brantah”
    pokonya leo, su, kilo/armur, mi, aku sukaa..

  53. Peta Kekuatan MBT di asia tenggara

    Singapura menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang memiliki MBT sejak 1975 berupa tank bekas Centurion Mk3 dan Centurion Mk7 yang dibeli dari India dan dari Israel pada 1993-1994 dengan total sekitar 100 unit. Pada akhir 2006, Singapura menambah kekuatan MBT dengan membeli tank Leopard 2A4 bekas dari stok AB Jerman sebanyak 96 unit.( Singapore yang hanya seluas Jakarta)

    Malaysia mengimbangi langkah Singapura melengkapi armada MBT dengan tank kelas berat pada tahun 2007 dengan membuat order kepada Bumar Labedy Polandia senilai 370 juta Dollar. Terdiri atas 48 unit PT-91M dan 15 unit kendaraan pendukung. Pengiriman batch terakhir tank PT-91M selesai pada 2009.

    Thailand telah memutuskan meng-upgrade armada MBT tua pada September 2011 yang terdiri atas lebih dari 280 unit tank lawas M60A3 dan M48A5 Patton.
    Pemerintah Thailand menandatangani kontrak dengan Ukrspecekport senilai 240 juta Dollar untuk pembelian 49 unit tank T-84 Oplot-M atau BM Oplot Ukraina. Tank tersebut merupakan pengembangan dari MBT generasi T-80

    Laporan dari sejumlah media mengungkap pembelian unit MBT Myanmar yang tidak diungkap ke publik pada 2002. Dilaporkan ada kesepakatan antara Myanmar dengan Ukrspecekport untuk pengadaan lebih dari 50 unit tank T-72S.
    Armada Main Battle Tank Myanmar, Vietnam, Kamboja, dan Laos didominasi tank kelas menengah asal Rusia atau Ukraina T-54/55/62 dan tank serupa produksi RRC seperty Type-59/69/79/88.

    Vietnam memiliki armada MBT kelas menengah terbesar dengan jumlah lebih dari seribu unit yang diretrofit. Tank tua T-55 merupakan tank kelas menengah produksi eks-Uni Soviet yang paling banyak diproduksi dari dekade 1950-an hingaa 1980-an.
    Australia pada 2006 mengganti armada MBT lamanya Leopard AS1 dengan 59 unit tank M1A1.

    Dari era Orde Lama hingga Orde baru tank AB Indonesia berupa tank kelas ringan dari generasi PT-76 Rusia hingga AMX-13 Perancis dan FV-101 Scorpion Inggris.
    Sedangkan yang terbaru FV-101 Scorpion-90 dibeli pada 1995 sebanyak 35 unit dan pada 1997 sebanyak 45 unit. Tank ringan ini berbobot tempur 8,7 ton, diawaki 3 personel, senjata utama meriam Cockerill Mk III kaliber 90 mm.
    Pemilihan MBT Leopard 2 untuk memperkuat satuan kavaleri TNI AD sangatlah tepat. Betapa tidak, di dalamnya sarat akan asupan teknologi terkini.
    Sebelum menjatuhkan pilihan kepada tank Leopard 2, sebenarnya TNI AD telah menjajal beberapa MBT. Yakni Tank Abrams M1A2 buatan Amerika, Tank Leclerc bikinan Prancis, Tank T 90 punya Rusia, MBT 2000 made in China dan Tank Oplot dari Ukraina.
    Dari hasil kajian Pussenkav dengan mempertimbangkan bobot dan fasilitas pendukung, akhirnya terpilih Leopard 2 buatan Jerman.
    Main Battle Tank Leopard 2 resmi dibeli pada pertengahan bulan Desember 2012. Kontrak pembeliannya ditandatangani oleh Kementerian Pertahanan RI dan Rheinmetall Landsystem selaku produsen dari Jerman. Tahun 2014 kendaraan tempur tersebut sebagian sudah datang ke Indonesia untuk memperkuat jajaran Satuan Kavaleri TNI AD.
    Pembelian pun disertai transfer teknologi dan pengetahuan karena Undang-Undang mensyaratkannya. Jadi Indonesia melalui PT. Pindad memiliki kewenangan untuk merawat dan meng-upgrade MBT Leopard 2. Ini adalah tonggak kebangkitan industri pertahanan nasional. Harapannya, Indonesia akan mandiri dalam membuat alutsista. Bahkan menjadi produsen senjata terkemuka di dunia.
    (dari berbagai sumber)

  54. leo, su, mi, armur/kilo buatan jerman, hihi.. semua aku sukaa
    bapak cawapres, lalu dengan alutsista apa doong untuk pertahanan kuat dan tidak merusak..
    sepertinya leo pernah melintasi pantura dan terbukti tidak ada yg rusak tuu.
    saya setuju pakek bangt untuk Indonesia kuat dan hebat..

  55. Ada gak dokumentasi videonya, misalnya pas lewat jembatan gitu, biar lebih meyakinkan.

  56. Wamenhan: Tank Leopard Sangat Penting…ngerusakin Jalan dan Jembatan koq penting ya?

    • apa?tank lewat aspal.bung ini pinter nglawak ya.

    • Sepertinya asumsi “ngerusakin” berasal dari perhitungan teori ( AH TEORII..!! ) yang keliru http://youtu.be/_Oqt98yGQ6k Leopard sangat penting tuk menjaga kedaulatan negara.

      Ada transfer teknologi juga, kita diajari cara bikin komponen tank dan amunisi tank ( saat ini blom mampu ).

      Transfer teknologi penting agar kedepan kita bisa bikin tank sendiri, termasuk tank medium yg lebih ringan.

    • Leopard pernah digeser ( diangkut truk ) dari Jakarta ke Jawa Timur. Sudah pasti lewat puluhan jembatan, tapi sampai saat ini blom pernah dengar berita jalanan hancur dan jembatan rubuh saat dilewati truk yg mengangkut tank Leopard. 1 truk + 1 Leopard = nggak ada yg rusak tuh

      TNI AD juga pernah menguji Leopard 2A6 melintasi jembatan di Jawa Timur, sejauh ini tidak masalah.

    • …maksud sy tu klo yg “sotoy” macam debat capres kemarin dengar statement pak Sjafrie,pasti yg ada dikepalanya “ngerusakin Jalan dan Jembatan koq penting”??? xi xi xi bingung lagi

  57. Siapapun Capresnya, Menteri Pertahanan 2014 – 2019 tetap Pak Sjafrie Sjamsoeddin. Kuncinya kebangkitan Industri Pertahanan Indonesia.
    Semoga berhasil pak Sjafrie..!

  58. sebagai bahan wacana, sekaligus meningkatkan sikap awas, tidak ada salahnya membaca kultweet ini

    http://chirpstory.com/li/215921

 Leave a Reply