May 202016
 

Jakarta – Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan bahwa pemerintah masih mempertimbangkan rencana pembelian pesawat Sukhoi dari Rusia. Menurutnya, Indonesia sudah memiliki sejumlah jet tempur Sukhoi.

“Kita kan sudah punya Sukhoi, berapa puluh itu. Ya tentu selanjutnya masih dalam pertimbangan,” kata Jusuf Kalla di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Jumat (20/05/2016).

Jusuf Kalla menjelaskan bahwa tidak ada pembicaraan khusus mengenai rencana pembelian pesawat Sukhoi dalam kunjungan Presiden Joko Widodo ke Rusia.

“Seperti apa yang disampaikan oleh Menlu tidak ada pembicaraan untuk itu. Ini Menlu ya. Saya tidak tahu sendiri apa realisasinya…tunggu saja nanti Presiden ditanyakan,” ujar Jusuf Kalla.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan bahwa tidak ada penandatanganan kontrak pembelian Sukhoi Su-35 dalam pertemuan antara Presiden Joko Widodo dan Presiden Putin. Menurut Retno, masih ada beberapa hal yang perlu diselesaikan.

Menlu menjelaskan, dalam pertemuan bilateral antara Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Rusia, kerja sama pertahanan memang menjadi salah satu isu yang dibahas. Kerja sama itu termasuk dalam pertukaran informasi serta pentingnya melakukan transfer teknologi dalam pembelian alutsista.

Sumber : Republika Online

Komentar Facebook :
Bagikan Artikel:

  208 Responses to “Wapres JK: Pemerintah Masih Pertimbangkan Pembelian Sukhoi”

  1. Menghela nafas..

  2. tepok jidat ****

  3. Sudah dpt pertamax

  4. Ahh, galau. gak usah diomongin deh.

  5. mbulet

  6. Ragu2 amat dr dulu.mau buat jaga kdaulatan saja rubet banget bertele tele.sdh batalin saja beli pesawat remot saja..atau bagi2 sj buat hura2 lu disingapur

    • Pesawat remot aj gk kebeli bung, kan kemaren ada yg waktu kampanye ngomongin drone terus v hk kebeli beli, hihihihihihi

  7. Selesai baca…
    Garuk garuk pantat…

  8. ayo goyang dumang biar hati senang galau jadi hilang langlangalang..di goreng goreng biar gk gosong di bolak balik

  9. What? Berapa puluh?
    Keceplosan kah?

    • Bukanya keceplosan… Dia memang gk tau berapa jumlah sukhoi TNI… Makanya dia ngomongnya jadi NGARANG.CO.ID…

  10. “kita sudah punya sukhoi beberapa puluh” mungkin 24 ato 36

  11. Anggarannya beliin ribuan mercy sm ferari saja..atau buat beli baso ..buat beli apartemen.buat kawin sama abg dan mahasiswi,buat beli sawah tanah ribuan hektar..negara diserang musuh biarin saja..pjbt tinggal kabur ke luar negri..

  12. Anti klimax

  13. ini ada kertas koran.. langsung gw sobek sobek.. sambil bilang dok dok

  14. Berapa puluh? Lg Ngimpi, Ngelindur, apa salah minum obat ya??

  15. Boooooo lagi berita goreng.

  16. Mungkin maksud mbah yg satu itu kita disuruh beli J16 atau J11 aja..
    Pasti langsung di “amin’in” sama mbah. Hhe”

  17. Condong ke barat

  18. Wa kak kak kak…uhug uhug uhug..
    Biasa saya ngelem 2 kaleng sehari
    Hbis baca artikel ini nambah 3 kaleng jadi 5 kaleng
    Jadi Mabok janda deh..hhhh

  19. Janji-janji palsu
    Untuk menyenangkan warjagers

  20. Beli rudal penangkis seri S atau rudal nuklir aja cukup bebetapa ribu atau ratus wkwkwwkkwkwkw

  21. celeh

  22. tanangkan hati dan jangan risau… ingat debat capres lalu pak jokowi bilang gini ” tidak selamax alutsista strategis di buka ke publik”…

  23. BERAPA PULUH PULA MILIK TETANGGA? INDONESIA BISA. MEREKA JUGA BISA.
    JANGAN MIKIR INDO AJA ADA. PARAH NI ORANG. MABUK MIRAS

  24. Selamat datang di era pejabat letoy, telmi, ngawur, linglung….
    yang sabar yaaaa….

  25. di banting lagi…
    wakakakaka…
    bener” nie berita SU-35 tarik ulur truz…
    sampe lupa nariknya kelamaan di ulur…
    hhhzzzzzzz

  26. Sochi -PT Pertamina (Persero) akan bekerja sama dengan raksasa migas Rusia, Rosneft, membangun kilang di Tuban, Jawa Timur. Pihak Rusia juga menawarkan Pertamina untuk menyedot minyak di negaranya.

    “Kita harapkan lokasinya bisa di timur Rusia supaya pengapalannya mudah. Mereka saat ini sedang detilkan, mudah-mudahan kita bisa menghasilkan 35.000 barel per hari dari sana,” kata Menurut Menteri BUMN, Rini Soemarno, usai usai pertemuan dengan Rosneft, Jumat (20/5/2016).

    Rosneft adalah raksasa migas Rusia yang saat ini punya 11 kilang minyak di negeri beruang merah. Rosneft juga punya kilang di Jerman, Belarus, hingga China.

    “Untuk pembangunan kilang di Indonesia, mereka akan secepatnya studi lapangan. Mereka akan cari tahu desain mana yang paling tepat,” kata Rini.

    Rusia memang menjadi salah satu negara produsen minyak terbesar di dunia.

  27. hahahaha,
    udah jadi Super ASIA ya dong… dulunya kok berancana 150 su35, kemudianya 18, seterusnya hanya 12 , terus mengecil delapan buah ..
    akhirnya kosong . hahahahaha
    beli aja J17 thunder ..

  28. APA SALAH NYA PEMIMPIN DARI SIPIL?
    SETAHU SAYA KALAU PEMIMPIN NYA DARI TENTARA SDH KE BACA ARAH PEMBELIAN NYA YAITU F-16 VIPER ATAU TYPHOON,KARENA YANG DR TENTARA KEBANYAKAN NGGAK BS JAUH2 DARI BARAT.
    SEJARAH DI INDONESIA TENTARA HANYA SEBAGAI PAHLAWAN KEAMANAN DAN KEDAULATAN NEGARA TIDAK LEBIH DARI ITU.

  29. pemerintah mencla mencle. bubar aza pemerintah. pejabat rakyat kayak gombal takut ama ASU barat. bela negara.. ah gk mau

  30. Bukan hal yang baru jika tahap pengkajian ini lama 🙂 Dengan adanya PENGKAJIAN maka para ‘DPR’ dapat mempertebal dompet mereka karena dengan mengataskan “KAMI SEDANG BEKERJA KERAS”. Sudah waktunya pak jokowi bertindak keras sekarang. Saya sangat suka dengan pak Jokowi yang sidak ke T.priok dan #boom permainan dweling time tercium oleh Jokowi. Semoga pak Jokowi dapat mencium aroma busuk ‘pengkajian’ ini. Salam

  31. Bentarr bentaarrr sukro..
    bentaarrr bentaarrr sukro..

    Sukro kok bentar bentarr..

    Ngemeng ngemeng kok puluhan?? Ahh gk mungkin kyknya klo salah ngucap.. klo salah ngucap bkn puluhan jmlh sukronya.. tapii.. ratusaann..

    Puluhaann..

    Puluhaaaann..

  32. Haha garut2 pantat jdinya, presiden kita sukanya php

  33. ngomong aja beli 12ngomng lg 10 omong lg 8 bener bener pejabat mencla mencle ngomong ini lah itulah di kaji udh lm lah dah diputusin lah hah gombal he he he

  34. bung diego maaf yaa.
    bisa ngak jangan naikin artikel tentang sukhoi dulu sampe ada kepastian dari pemerintah.
    udah diubun2 nih mangkelnya hati saya dipermainkan ama si sukro ini.please …..

  35. Katanya pesawat F-5 e tiger mau diganti??? Tapi kok lama banget???,F-5 e tiger udah tuaaaa nunggu pesawatnya jatih dan korbannya pilot kita,Nyawa orang dan harga diri bangsa lebih penting daripada sekedar TAWAR MENAWAR,dari dulu lelet NUNGGU PESAWAT F-5e nya JATUH!!!!

  36. Kita sudah punya 16 ( sepuluh lebih 6 ) shukoi pak…
    rincian’a 11 su30mkk – 2 su27 sk dan 3 su27skm

    Masa wapres ga tahu jumlah armada shukoi TNI-au…cape dech

  37. WOI DASAR OTAK SEMPAK! DASAR RAKYAT YANG SERING MENGELUH MENDING KELUAR AJA LU DARI NKRI MASYARAKAT INDONESIA NGAK BUTUH ORANG YANG NGELUH kyk LOE!! CUH!!
    DASAR PENDUKUNG ORDE BARU!!!
    GW DOA IN SMG PEMIMPIN ORDE BARU DI SIKSA DI NERAKA JAHANAM,HAHAHA KASIAN SOEHARTO.

    • Ngomong opo sampean dul….dul….ngempret sana dlu biar imron lu tenang….psti blm gituan mkx stress…negara jg gak btuh org yg maki2 kyk loe

  38. ada apa ini ya

  39. No.Coment.
    Nyimak aja.
    Ntar di kira Anak SD lg… 😀

  40. GW NGAK PEDULI TENTANG BERITA SUKHOI,DI BELI YAUDAH NGAK YA RAPOPO,YANG PALING PENTING KAPAN PEMERINTAH USUT PELANGGARAN HAM 98,SIAPA AJA DALANGNYA TERMASUK KOMANDAN KOPASSUS YANG KEMARIN NYAPRES,USUT PELANGGARAN HAM!!!USUT!!! USUT PELANGGARAN HAM!!! HUKUM PELANGGAR HAM 98!!!!

  41. susah presidenya dagelan ya smuanya dibikin dagelan…presiden pro cina jd alutsista gk akn mungkin diupgrade klo bisa beli dr cina mcm jf 17 sulfur

  42. Berapa puluh ???
    Enam belas wkwkwkwkwkw

    Sambil nangis

  43. Pespur malaikat…
    Gk bs dilihat, gk bs di baca.
    Pas wktny di butuhkan baru turun gunung.
    Edisi asal coment.

  44. Gimana klo temen2 jakartagreater kumpol koin di seluruh pelosok tanah air tuk beli su 35 ..

  45. Nooooo comment…

    Mumet….

  46. yaaaa..ya…….setrategi atau apa..sih….apa supaya kawasan tdk ..galau…..positif tingking aja..lah….dari pd galau..

  47. ya elah..

  48. GMGP ( GERAKAN MENOLAK GELAR PAHLAWAN UNTUK PEMIMPIN ORDE BARU!!!!!!!!!
    USUT 98!!!!

  49. Beli elbot bekas lagi aja, tapi yang masih oprasional dan jangan yang digurun.
    Kemaren kan 24 biji seharga $ 750.000.000 kan lumayan
    50 biji seharga $2.000.000.000 disertai rudal dll. Kan makin mantep

  50. AYo KASAU JATUHIN 2 EKOR F5 DI LAUT, BUAR CEPET DI TEKEN TUH SU35…..

  51. Gak bisa dipegang mulutnya, pegang ekornya..gak bisa..juga…mental penipu…

  52. Ini yang salah pejabatnya salah statmen atau penulis yg gk jelas!!!!dari rancna 24 trun 18 trun 12 trun 10 dan trun 8 terakhir gak dpat apa2

  53. Sukhoi 30 mungkin maksudnya bukan sukhoi 30 unit dan sukhoi 27. Meleset……….

  54. berapa puluh atau berapa belas pak?? wong kita punya 16 kok

  55. sudahlah.. banggalah dengan apa yang ada
    super tucano bagus lho…

  56. Aduuuh php oh hp….

  57. pada setressss…cuman gara” sukhoi
    ada yg nyumpahin ,ada yg kebakaran jenggot ,ada yg senang dll
    lucu kwak…kwak..kwakkkk…
    padahal ga ada yg rugi yah warjager

  58. Anda2 saja bisa berkomentar bahwa indonesia layak dan sudah sepatutnya membeli sukhoi su 35. Apa lagi pejabat2 kita terutama yang tugas nya menjadi penjaga negri ini. Untuk keseimbangan kawasan rasa nya politik sembunyi alutsista adalah hal yang memang layak dilakukan.

  59. Waktu nie katanya Menhan,jadi beli SU-35 dan tanda tangannya barengan Presiden Jokowi ke Rusia bulan Mei. Sekarang, Menlu bilang enggak dibahas secara spesifik pembelian SU-35.
    Pertanyaannya:
    1. Yang mana yang benar???
    2. Kalo untuk menjaga kestabilan kawasan,mengapa diumumkan akan diganti & bukannya sudah ditentukan penggantiannya yaa???
    3. Kalo ada perbedaan stamtement antar menteri gini,apakah justru negara kita tidak ditertawakan yaa oleh kawasan karena tidak sinkron statementnya antar pejabat pemerintah???
    Cuma pertanyaannya rakyat awam
    Peace

    • maaf bung@PW coba jawab tpi agak ngaco biasa saya jga newbie…
      1.pemblian alutsista ad dikemhan.
      2.mungkin itu strategi buat bingung calon musuh kita bung…lha kita aja diwarung sini udh dibkin pusing bung ampe mau muntah2…hahaha
      3.biarkan bung tetangga pada ketawa itu berarti langkah kita satu depan dri mereka.
      silahkan klu ad yg mau benerin analisa saya yg ngaco nie….salam kenal bung@PW…hehehe

  60. Jangan takut..
    Jangan kewatir..
    Ini kentut..
    Bukan petir..
    Preeet lah Preeet… Ore sokro sukroan… Yg penting ada tukino semua masing dibawah kendali…

  61. ya betul itu puluhan sukhoi..yg belasan campuran gado gado su 27 dan su 30. yg lain sukhoi superjet 100 versi sipil hehehehehehehe kaboooorrrrr

  62. Ampun biyuuuuuung
    Jan susah banget
    Lara ati

  63. Apa lagi yang mau dibahas. Lah tinggal tanda tangan aja. Bahas membahas itu urusan pak rr dan panglima atas rekomendasi ka. Staf au. Kalau pak presiden turut serta membahas dan melobi juga secara teknis apa tugas mentri dan user nya kalau gitu.

  64. Selamat, Anda semua tertipu…..NATO….

  65. katanya sukrony tinggal di tanda tangan,masak dr dlu dipertimbangken saja….udahlah pak klo ga mampu beli mh,bli odong2 saja…. dngr berita ttg sukro mlh bikin stress berat..lm2 d minum juga nih B*yg*n!!!!

  66. Jangankan statement yang berganti2 dari pejabat negri ini. Tanda koma, titik, seru bahkan tanya, dalam dunia militer pemahaman nya perlu secara komprehensif untuk mengetahui maksud dan tujuan nya. Jadi harap jadi pembaca setia saja, jangan banyak berkomentar tapi asbun

  67. pemerintahan tongkosong berbunyi nyaring

  68. Dagelan yang gak lucu…
    Beliin drone aja bisa buat ngintip…

  69. Nyimak aja…

  70. Hahahaha…
    Su35 sudah tamat, sudah berapa HP remuk dilempar?
    Nah, ini lagi gan topik baru: JasGripen! Beli HP baru rame-rame yuk gan..
    hahahahah..

  71. Sudah terbiasa dengan pesawat hibah…
    Sudah terbiasa dengan pesawat bekas…
    Kenyataan nya seperti itu… ? ? ?

  72. mau cepat beli su 35s undang f18 utk bermanuver lagi di bawean biar cpt belinya kaya pertama beli su 27 dan su 30

  73. akhirnya F16 viper sebagai juaranya kah kah kah kah

  74. Republik mimpi nih….

  75. saya sering berkunjung di forum analisis militer disana sering di bahas dan diskusi tentang SU35, F 16V, gripen,typhoon dan ternyata mengerucut jadi F16 V dan gripen yg terbaik, ternyata analisa mereka hebat hebat

  76. berhasil sudah negara barat gembosi indonesia…!!! kaya ban truk aje ye…

  77. selamat saya ucapkan kepada calon pilot F16v yg sekarang sedang belajar disana, semoga pulang nanti bisa menjadi suatu kebanggaan untuk bangsa Indonesia.

  78. dari tadi orang ngomong dagelan mulu, salah saya apa??
    btw sokhoi nya jauh, sejauh harapanku… 🙁

  79. 16 biji pak nga brapa puluh aduh su 35 bakalan hanya di omongin doank realisasi ngak kecewwa

  80. sukoi dah bikin pabrik dsiniz, kyak case kasel korea dia lisensi 12 cuma bikin 9, kita genapi jadi 12, dokdo rencana 3 baru bikin 1, jadilah LHD

    cina lisensi sukoi 200, tapi cuma bikin 100, rusia gondok, ……..

  81. Ha berapa puluh?? Berita apaan nih? Makin gak jelas aja

  82. TNI di PHP lagi wleh wleg

  83. Su-35 pasti akan diberitakan tarik ulur terus sampai 2018 dan di tahun 2019 akan keluar rilisnya sudah 1 skuadron.

    Padahal 2015 Pak RR ke Rusia trus 2016 ke Rusia lagi.

    2017 dan 2018 pasti ke Rusia lagi.

    Menhan rezim sebelumnya juga rajin ke Rusia.

    Jadi ?

    Hitung saja misal :
    2013 beli 6 unit (nggak dipublish) arrival 2016
    2014 beli 10 unit (nggal dipublish) arrival 2017
    2015 beli 12 unit (nggak dipublish) arrival 2018
    2016 beli 8 unit (nggak dipublish) arrival 2019
    2017 beli 10 unit (publish) arrival 2020
    2018 beli 8 unit (publish) arrival 2021

    Total = 6 + 10 + 12 +8 + 10 + 8 = 54 unit

    2019 diumumkan sudah beli 18 unit
    2020 F5E Tiger pensiun.

    Berita :
    Awal 2015 Tantowi : 16 unit (tidak ada rilis dari dispenau)
    Sekitar november 2015 : 12 unit (tidak ada rilis dari dispenau)
    April – Mei 2016 : 8 unit tarik ulur.
    Mei 2017 bakal ada berita lagi
    Mei 2018 bakal ada berita lagi
    2019 diumumkan 18 unit resmi (plus tidak diumumkan 18 unit x 2 = 36 unit).

    Itu cuma kira-kira saja.

    Untuk kejar target 2034 500 unit pespur tidak mungkin hanya andalkan IFX.

    Line produksi IFX per tahun mungkin cuma 6 unit per tahun.

    Jika prototipe IFX jadi di tahun 2021 maka sesudah diuji terbang minimum 2 tahun baru bisa produksi tahun 2023.

    2034-2023 = 11 tahun.

    11 x 6 = 66 unit IFX saja yang dapat dicapai sampai 2034.

    Maka perlu banyak supplier pespur supaya target kuantitas 500 pesawat dapat dipenuhi.

  84. paling ujung2 nya f16 busuk… xixixi

  85. SU-35 sudah positif diakuisisi pemerintah, hanya permasalahannya TNI minta SU-35 dicangkokkan data link versi barat. Ini yg membuat proses agak tertunda. Keinginan TNI sangat wajar karena akan mewujudkan Battle Management System, agar alutsista 3 marta dpt berkomunikasi. Ini artinya jika Rusia berkenan mencangkokan produk barat pd pespur mereka, maka yg menjadi masalah produk dr negara mana yg bersedia.? Lalu tugas PT. LEN sampai dmn.

    Selama ini yg menjadi kendala, Sukhoi kita tdk bisa berkomunikasi dng satuan radar produk barat. Itu sebabnya membutuhkan waktu lama pada saat memburu pesawat baling2 yg masuk wilayah RI tanpa ijin….(edisi ngibul_doank.com)

    • maaf abang rusky yg ganteng….hahahaha
      saya pernah denger dri kabar burung ktany yg dicangkok to data link hasil kerja sama dengan swedia bung tpi saya sendiri kurang yakin y namany jga kabar burung bung…..peace y abang….hahaha

    • Belajar dgn Malaysia..
      Sukoi dgn avionik france.
      Pasti sukses

  86. Sepertinya 1 skadron jas 39 griphen e/f atau 1skadron f-16 viper (plus 2 skadron f-16 52id batch 2 “hibah” berbayar) akan kembali menjadi opsi pilihan.

  87. Itu namanya nun mati di antara idgham bilaghunah..ada tapi tak terlihat..heheheh..

  88. pak Presiden beli su-35, ks kilo, destroyer, s 300/400/500, jangan takut utang Indonesia Kaya yg penting demi kejayaan Indonesia…!

  89. Ora sah d bahas….

    Mumeet…

  90. Kalo ga terima bikin petisi ajah.. >>> chance.org

  91. Oke jg nih kalo kita kumpulin koin utk su 35 bilaperlu 1 skadron + s400 dan improved kilo, coba tolong hitung brp dana yg kita hrs byr per orang?

    • Edodol@gimana mau ngumpulin koin bung, lah bbm naik gopek aja udah demo besar2an kwakakakakakakkak

  92. Wkwk,, kapookkk baca berita sukoi.. Ujung ujungnya kena php …. Hhhh

  93. Mungkin kya beli pespur dr israel dulu, setelah sekian tahun baru diungkap tentang su35 wkwkwkwkwk

  94. Menurut gw ni bung. Sukhoi tetap di beli tp kaga di publish. Ini lah skenario Ri untuk menyikapi malon yg lagi pilah pilih pespur nya. Malon pun sama tarik ulur ga jelas apa yg mau di pilih. Buahahahaha..

  95. Pantes nggak negara seluas Eropa cuma punya 7 atau 8 skadron tempur ?????? Malu dengan Vietnam…..

  96. Kalah sama vietnam dalam urusan beli alutsista ga banyak mancla-mencle langsung borong publis ke rakyatnya..mantap bikin rasa nasionalisme rakyatnya berkobar dan bersatu dengan pemerintahnya.

  97. Apakah republik tercinta ini sedang dipimpin oleh orang2 ” sakit “, …………… ???
    kemarin seorang menlu, ……… lha sekarang malah seorang wapres malah lebih parah ???

    • @ceunk njink gih lay…

      anda tampaknya sakitnya lebih PARaH..
      “memimpin” diri sendiri koq g becus..
      apalagi memimpin 1RT
      apalagi memimpin 1RW

      (sakit parah koq bilang orang lain sakit..)
      PARAH LUU TONG…

      wkwkwkwkekeekee..

      • Ah loe kan “tukang bohong”, ……. loe paling parah njink, cepat makan obat anjing gila nya !!!

  98. inilah uniknya indonesia,mungkin untuk pelajaran,terlepas apakah sudah ada kontrak pada 2015,atau memang dibatalkan spertinya itu masih misteri,dan kita semua harus sabar.semoga saja jalan fikiran pemerintah sekarang sama dengan kita semua di forum ini,yang ingin melihat tni khususnya tni au kuat,dan dilengkapi dengan alutsista yang modern.kembali lagi semua nya berpulang kepada itikat baik pemerintah.mungkin kedepan,lebih baik untuk pengadaan alutsista tidak usah di publikasikan,kalau bisa pengadaannya seperti pada saat kita membeli A4 Skyhawk,biar tidak ada pihak merasa dipinggirkan

  99. percayakan yang terbaik akan menjadi pilihan pemerintah..

    • Gimana mau percaya bung,, dari awal aja udah salah bilang tank leo bakal amblesh.. trus dran dron,, ampe skrng aja ga kebeli tuh drone.. yg ada su 35 diganti drone kayanya..xixixxi

  100. Menhan,menlu,wapres..berebut ngurusin sukhoi,biasa tipikal orng indonesia,kalo bahasa russianya “tukang pakang” masing2 berharap dapat fee dri transaksi sukhoi,mkanya beda omongannya…yes,,yes,,yes,,87

  101. Ane mah yakin Su35 dh dimari
    Yg shocking gripen jg Tanda Tanda nya dh dimari jg…kalo melihat data link yg akan digunakan…
    Ama typhoon…krn ada statement menhan mau beli a400…(melihat Malaysia beli a400 krn pengen typhoon)
    Beli f16viper krn indonesia butuh beli c130 versi j
    Kalo gosip rafale…paketan beli merlin kayanya…hihihi…
    Cakepppp…..

  102. wah ini mah namanya dibanting.

  103. Republik sentilan sentilun kabarnya sudah memesan su35 8 skuadron,,ghoib,, 😀

  104. “Mempertimbangkan” alias no money,no money no sukhoi…

  105. mknya pr warjag jgn berharap ma manusia krn pd dsrnya kita smua manusia klo janji sering meleset, mn ada kita manusia klo janji sll tepat tnp pernh meleset, ga mungkin toh, klo berharap ma manusia suatu saat pasti kuciwa, berharap tu ya sm yg DI ATAS sno alias TUHAN, klo aq bc lucu2 komennya, wakakakakak, kcian3 klo berharap ma manusia, klo aq sering d kecewain ma janji manusia, akhirnya jd kpok tuk berharap ma janji orang, lbh baik anggep aj janji manusia sbg pepesan kosong

  106. Abis lebaran ane mo ke Rusia ketemu mang Utin … beli 1 ska full … byr nya 5 thn pake 5 lembar cheque mundur & cair per thn … gampang khan ?

  107. udah lah.. ga usah di fikiriin, sedih qlo di fikiriin mah..

  108. Pusing yaa…???
    Wes Mumet ndas mu..???
    Rahasia Negara kok di pikir dalam dalam…, Yang Jelas Rahasia Negara yang Ghoib atau tidak…, NKRI Tidak akan Ketinggalan Teknologi Militer dan Alutsista nya dibanding negara negara lain.
    Gitu aja kok Repot….

  109. Pembelian SU35 jika sukses pasti dpt mengimbangi kekuatan MKM malay.
    Namun jika malay turut membeli typhoon maka kekuatan udara Indonesia kekal dibawah malay.
    Note: Su30MKM/MKI setanding Su35s.
    Sperti kata2 India “Su35 kelaut aja dan India hanya inginkan PakFa.”

    Kata2 kununnya Su35 akan jadikan Indonesia topgun dikawasan hanya hayalan sebelah pehak.

    Mudah2an Indonesia cepat ngurusin pembelian Su35 . Karna ianya pasti akan dituruti pembelian typhoon oleh malay.

    • Kenapa nak sangat beli jet.Indon bkn berhadapan ancaman pun..Malaysia mahukan Typhoon/Rafale kerana kepulauan Spratly dn utk menyaingi Singapura yg bakal Membeli F 35.. Malaysia xpernah kisah pun dgn Su 35 Indon…kenapa nk bimbang dgn Bangsa Serumpun sedangkn ada Cina-Israel ditgh Nusantara…

  110. Pemerintah NATO … No action Talk Only…dulu mau beli drone yg canggih…ngak ada kabarnya…frigate sigma program pemerintah dl, changobo kapal selam program pemerintah dulu, kcr 60 dan 40 program pemerintah dulu, sukhoi dan f16 refurbished dan tank leopard program pemerintah dulu. Tukano dan mlrs dr brazil program pemerintah dulu. Pemerintah sekarang malah nurunin anggaran pertahanan sebesar 10 trillion….capek deh…agak nyesel jg milih pemerintahan skrng

  111. dr komen rekan warjags pada ketahuan cara berpikir bin mental bin kepolosan bin pengetahuan…..
    KEBANYAKAN AAAALAYYYYY OVER DOSIS…

    alautsista strategis apa mungkin dibuka “fair” untuk kepuasaan mental alay?????

    mental alay apaan sih??
    mental alay adalah: sotoy keliwat-liwat, biasa menyalahkan orang tanpa dasar pemikiran yg jelas, hobinya komen untuk ngebully n nge-abuse sesuatu yg sebenarnya mereka tidak tau apa2.. (bodoh tp merasa pintar)

    merasa paling tau, paling pintar, paling bener kalau udah bisa ngebully sesuatu..
    g pernah mau belajar thdp “makna” kejadian “berita”..

    gampang diadu domba(proxy)..
    tereak kenceng2(yg paling kenceng jd paling bener)
    padahal dongo..

    ahh sudahlah.. sekali alay tetap alay..

    wkwkwkwkekekeke..

  112. forum nich dah mulai kotor lagi….kapan nich admin brrsih” lagi??

  113. Beli alutsista strategis mana mungkin dipublikasikan, kecuali seperti Vietnam yang sedang rebutan di LCS. Makanya pembelian alutsistanya dibabar habis supaya China mikir2.
    Indonesia mungkin belinya banyak, tapi yang dipublikasikan hanya beberapa, supaya tetangga tidak protes sj
    dan soal kenapa proses pembelian pespur su-35 terkesan tarik-ulur, itu mungkin karena masih berlangsungnya Ktt Asean-
    Russia. Semoga, sekembalinya presiden Jokowi dari Russia membawa oleh-oleh yang banyak…

  114. akh dan lagi2 konspirasi. ujung2nya pasti beli viper butut jadinya. memang ya, pemerintah sekarang ini banyak yg gk sejalan ama rakyatnya.

  115. babu dari indon@ ente asli indonesia kan????ayo ngaku…kalau bohong ntar ga bisa boker lo…wkwkwkwk

  116. Kasian ni pada ngidam sukhoi padahal dari statement jelas pak JK gak hapal jumlah sukhoi asal bilang puluhan langsung diinterpretasikan senjata goib haha mabuk sukhoi, simpel aja klu emang beli gak mungkin ditutupi itu uang APBN trilyunan buat bayar orang pada nanya ilang kemana tong klu diem2 belinya emang gak buat laporan pake duit negara

  117. sukhoi cm mimpi tp super tucino i love u full

  118. Terlalu Mateng Berpikirnya,,,,,!!!! Akhirnya BUSUK,,,,,!!! GA JADI BELI,,,,,,,!!!!

  119. Indonesia selamanya akan tertinggal dri negara2 asean,indonesia negara terkorup di dunia mau beli sukhoi,mimpi..,indonesia jdi budaknya amerika saja,..ngemis f16 hibah bekas pakai..hahahaha..

  120. Saya sempat kecewa terkait dengan rencana pembelian sukhoi 35 yang nasibnya tidak jelas,tapi saya percaya TNI dan pemerintah mempunyai rencana yang lebih baik untuk NKRI

  121. MEGA KARTI mah santai saja dengan berita seperti ini mungkin pemerintahan sekarang mau bikin kejutan … positive aja …

    anggaran belanja pertahanan 2015 – 2019 bakal LEBIH BESAR daripada anggaran belanja pertahanan 2010 – 2014

    # Perbandingan annual defense budget :

    2010 = Rp. 42,9 Trilyun (USD 4,25 Billion)
    2011 = Rp. (45,1 + 2,4) = Rp. 47,5 Trilyun (USD 4,40 Billion)
    2012 = Rp. (61,54 + 8,86 + 2,5) = Rp. 72,9 Trilyun (USD 6,34 Billion)
    2013 = Rp. (77,7 + 4,1 + 2,67) = Rp. 84,5 Trilyun (USD 6,93 Billion)
    2014 = Rp. (83,4 + 2,6) = Rp. 86,0 Trilyun (USD 7,14 Billion)

    Total annual defense budget 2010 – 2014 = Rp. 333,7 Trilyun (USD 29,07 Billion) (kurs dinamis)

    ———-

    Perkiraan :

    2015 = Rp. (96,9 + 4,73) = Rp. 101,63 Trilyun (USD 7,58 Billion)
    2016 = Rp. (99,5 + 37,0) = Rp. 136,5 Trilyun (USD 10,18 Billion)
    2017 = Rp. 159,7 Trilyun (USD 11,91 Billion)
    2018 = Rp. 186,8 Trilyun (USD 13,94 Billion)
    2019 = Rp. 218,6 Trilyun (USD 16,31 Billion)

    Total annual defense budget 2015 – 2019 = Rp. 803,3 Trilyun (USD 59,9 Billion) (kurs statis 13400)

    perbandingan dengan negara lain :

    2010 = (INDONESIA = USD 4,25 Billion / MALAYSIA = USD 4,18 Billion / SINGAPURA = USD 9,25 Billion)
    2011 = (INDONESIA = USD 4,40 Billion / MALAYSIA = USD 4,80 Billion / SINGAPURA = USD 9,21 Billion)
    2012 = (INDONESIA = USD 6,34 Billion / MALAYSIA = USD 4,66 Billion / SINGAPURA = USD 9,25 Billion)
    2013 = (INDONESIA = USD 6,93 Billion / MALAYSIA = USD 4, 68 Billion / SINGAPURA = USD 9,83 Billion)
    2014 = (INDONESIA = USD 7,14 Billion / MALAYSIA = USD 5,07 Billion / SINGAPURA = USD 9,70 Billion)
    2015 = (INDONESIA = USD 7,58 Billion / MALAYSIA = USD 4,72 Billion / SINGAPURA = USD 9,65 Billion)
    2016 = (INDONESIA = USD 10,18 Billion / MALAYSIA = USD 4,3 Billion / SINGAPURA = USD 10,20 Billion)
    2017 = (INDONESIA = USD 11,91 Billion / MALAYSIA = RM 19,0 Billion / SINGAPURA = SGD 14,87 Billion)
    2018 = (INDONESIA = USD 13,94 Billion / MALAYSIA = RM 20,9 Billion / SINGAPURA = SGD 15,82 Billion)
    2019 = (INDONESIA = USD 16,31 Billion / MALAYSIA = RM 23,0 Billion / SINGAPURA = SGD 16,84 Billion)

    tebak-tebak buah manggah … kalau MEGA KARTI salah tebak … situ jangan marah … kikikikikih …

    cuma sotoy mode on … kikikikikikih …

    • Bu menlu ini sekalian tolong di luruskan juga ya bu…kasian ni org udah stadium akhir kalau ga di selamayin ntar bisa ko’it…kwkwkwkwkwwk

  122. megakarti sotoy….Rapbn 3017 aja lom ketauan ente udah maen jeplak aja….lagian Tni juga dikenal dengan off budget’a apa itu ga masuk itungan ente

  123. di sini banyak orang yg pengetahuan’a ga seberapa tapi sotoy….cma baru tau klo roti itu terbuat dari tepung aja tingkah’a dah ky profesional,,,padahal dy sendiri ga tau klo bahan” lain selain tepung juga dapat mempengaruhi tekstur dan kualitas roti

  124. Percumah anggaran gede juga kl gak dibelanjain..malah hbs dikorupsi rame2

  125. Patungan yuk buat beli sukhoi

  126. Gr2 tarik ulur sukhoi lama2 w bs gila..sungguh menggelikan nasibmu nkri. Pemimpinnya pelawak,yg milihnya jg plawak w nya yg ketawa ..hahaha

  127. balaslah angka dengan angka …

    berapa angka anda untuk 2017, 2018 dan 2019 ?

    kalau dana OFF BUDGET yang meliputi :

    – dana supplement rutin dari DPR paruh akhir tahun fiskal
    – transfer anggaran belanja presiden –
    – transfer biaya kontijensi –
    – transfer anggaran belanja sekretariat negara untuk operasi spesial
    – transfer anggaran belanja pejabat daerah untuk pengamanan konflik

    hanya diketahui oleh PEJABAT TINGGI, tidak bisa dihitung oleh rakyat biasa … kikikikikih …

    MENKOPOLHUKAM Luhut Binsar Panjaitan (APR 2016) :

    “anggaran pertahanan akan ditingkatkan terus, kita naikkan dari 0,85% ke 1% hingga nanti bisa mencapai di atas 1%. Kita harap di 2019 bisa MENDEKATI Rp. 250 Trilyun untuk anggaran pertahanannya”

    cuma sotoy mode on … kikikikikih …

  128. Ngimpi saja punya 500 pespur..beli 8 sukhoi saja ngemengnya sjk dahulu kala..

  129. Kenapa hrs buru2 keluarkan dana utk beli SU-35 (waiting list panjang), memang kita sgr ngadepin perang sama negara2 AS/Aus/Sing/Malay ? Ancaman yg paling potensial justru datang dari konflik Natuna/LCS. Petinggi2 militer kita sejak Pak Moel juga sdh menyadari itu. Mungkin sj saat ini mrk lbh prioritaskan jenis2 alutsistsa yg bs jd antidot nya, (mis. F16V CFT (Full Specs) / Gripen NG, Rudal Medium Range & Kasel ?)

  130. Squadron Super Tucano di Jawa
    Squadron f16c dan d blok 25 Di Sumatera
    Squadron Su 27 dan Su 30 Di Sulawesi
    Squadron Su 35 Di Mimpi Indonesia ??

  131. Hahahahahwh…..
    Kasihan menhan dan TNI
    Nafsu gede modal tak ada

  132. Rakyat pemimpi yg tidak bisa melihat kenyataan.

  133. Kagak moncer nih pemerintah, uang rakyat buat rapat doank bertahun2, ujung2nya kagak jadi huiiihhh

  134. Saya juga males baca berita ga jelas alias PHP(ikutan alay ahhh),, edisi ghoib sukro & migxagrib udah berkembang biak di suatu negara tropis,, jmlnya brp yaa buanyak,, Rafa sama Tilpon piye?? Hanya Tuhan & Pilot serta yg berkepentingan yg tau,, yg penting saya mempercayakan keamanan NKRI kpd TNI & Pemerintah biar ga spt di Timteng sana,, Supri sama si Janes lg puyeng juga nih,, wkwkwkk.. Salam Persatuan,, NKRI Jaya..

  135. Puluhan sukhoi?, Baca dulu pak baru berbicara di khalayak ramai

  136. Ada benernya pak jk bilang puluh sukhoi ,16 kan masuk bilangan puluhan hehheheheh

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)