Wapres JK: Pemerintah Masih Pertimbangkan Pembelian Sukhoi

170
131

Jakarta – Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan bahwa pemerintah masih mempertimbangkan rencana pembelian pesawat Sukhoi dari Rusia. Menurutnya, Indonesia sudah memiliki sejumlah jet tempur Sukhoi.

“Kita kan sudah punya Sukhoi, berapa puluh itu. Ya tentu selanjutnya masih dalam pertimbangan,” kata Jusuf Kalla di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Jumat (20/05/2016).

Jusuf Kalla menjelaskan bahwa tidak ada pembicaraan khusus mengenai rencana pembelian pesawat Sukhoi dalam kunjungan Presiden Joko Widodo ke Rusia.

“Seperti apa yang disampaikan oleh Menlu tidak ada pembicaraan untuk itu. Ini Menlu ya. Saya tidak tahu sendiri apa realisasinya…tunggu saja nanti Presiden ditanyakan,” ujar Jusuf Kalla.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan bahwa tidak ada penandatanganan kontrak pembelian Sukhoi Su-35 dalam pertemuan antara Presiden Joko Widodo dan Presiden Putin. Menurut Retno, masih ada beberapa hal yang perlu diselesaikan.

Menlu menjelaskan, dalam pertemuan bilateral antara Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Rusia, kerja sama pertahanan memang menjadi salah satu isu yang dibahas. Kerja sama itu termasuk dalam pertukaran informasi serta pentingnya melakukan transfer teknologi dalam pembelian alutsista.

Sumber : Republika Online

170 COMMENTS

  1. Sochi -PT Pertamina (Persero) akan bekerja sama dengan raksasa migas Rusia, Rosneft, membangun kilang di Tuban, Jawa Timur. Pihak Rusia juga menawarkan Pertamina untuk menyedot minyak di negaranya.

    “Kita harapkan lokasinya bisa di timur Rusia supaya pengapalannya mudah. Mereka saat ini sedang detilkan, mudah-mudahan kita bisa menghasilkan 35.000 barel per hari dari sana,” kata Menurut Menteri BUMN, Rini Soemarno, usai usai pertemuan dengan Rosneft, Jumat (20/5/2016).

    Rosneft adalah raksasa migas Rusia yang saat ini punya 11 kilang minyak di negeri beruang merah. Rosneft juga punya kilang di Jerman, Belarus, hingga China.

    “Untuk pembangunan kilang di Indonesia, mereka akan secepatnya studi lapangan. Mereka akan cari tahu desain mana yang paling tepat,” kata Rini.

    Rusia memang menjadi salah satu negara produsen minyak terbesar di dunia.

  2. hahahaha,
    udah jadi Super ASIA ya dong… dulunya kok berancana 150 su35, kemudianya 18, seterusnya hanya 12 , terus mengecil delapan buah ..
    akhirnya kosong . hahahahaha
    beli aja J17 thunder ..

  3. APA SALAH NYA PEMIMPIN DARI SIPIL?
    SETAHU SAYA KALAU PEMIMPIN NYA DARI TENTARA SDH KE BACA ARAH PEMBELIAN NYA YAITU F-16 VIPER ATAU TYPHOON,KARENA YANG DR TENTARA KEBANYAKAN NGGAK BS JAUH2 DARI BARAT.
    SEJARAH DI INDONESIA TENTARA HANYA SEBAGAI PAHLAWAN KEAMANAN DAN KEDAULATAN NEGARA TIDAK LEBIH DARI ITU.

  4. Bukan hal yang baru jika tahap pengkajian ini lama 🙂 Dengan adanya PENGKAJIAN maka para ‘DPR’ dapat mempertebal dompet mereka karena dengan mengataskan “KAMI SEDANG BEKERJA KERAS”. Sudah waktunya pak jokowi bertindak keras sekarang. Saya sangat suka dengan pak Jokowi yang sidak ke T.priok dan #boom permainan dweling time tercium oleh Jokowi. Semoga pak Jokowi dapat mencium aroma busuk ‘pengkajian’ ini. Salam

  5. Bentarr bentaarrr sukro..
    bentaarrr bentaarrr sukro..

    Sukro kok bentar bentarr..

    Ngemeng ngemeng kok puluhan?? Ahh gk mungkin kyknya klo salah ngucap.. klo salah ngucap bkn puluhan jmlh sukronya.. tapii.. ratusaann..

    Puluhaann..

    Puluhaaaann..

  6. bung diego maaf yaa.
    bisa ngak jangan naikin artikel tentang sukhoi dulu sampe ada kepastian dari pemerintah.
    udah diubun2 nih mangkelnya hati saya dipermainkan ama si sukro ini.please …..

  7. Katanya pesawat F-5 e tiger mau diganti??? Tapi kok lama banget???,F-5 e tiger udah tuaaaa nunggu pesawatnya jatih dan korbannya pilot kita,Nyawa orang dan harga diri bangsa lebih penting daripada sekedar TAWAR MENAWAR,dari dulu lelet NUNGGU PESAWAT F-5e nya JATUH!!!!

  8. WOI DASAR OTAK SEMPAK! DASAR RAKYAT YANG SERING MENGELUH MENDING KELUAR AJA LU DARI NKRI MASYARAKAT INDONESIA NGAK BUTUH ORANG YANG NGELUH kyk LOE!! CUH!!
    DASAR PENDUKUNG ORDE BARU!!!
    GW DOA IN SMG PEMIMPIN ORDE BARU DI SIKSA DI NERAKA JAHANAM,HAHAHA KASIAN SOEHARTO.

  9. GW NGAK PEDULI TENTANG BERITA SUKHOI,DI BELI YAUDAH NGAK YA RAPOPO,YANG PALING PENTING KAPAN PEMERINTAH USUT PELANGGARAN HAM 98,SIAPA AJA DALANGNYA TERMASUK KOMANDAN KOPASSUS YANG KEMARIN NYAPRES,USUT PELANGGARAN HAM!!!USUT!!! USUT PELANGGARAN HAM!!! HUKUM PELANGGAR HAM 98!!!!

  10. Beli elbot bekas lagi aja, tapi yang masih oprasional dan jangan yang digurun.
    Kemaren kan 24 biji seharga $ 750.000.000 kan lumayan
    50 biji seharga $2.000.000.000 disertai rudal dll. Kan makin mantep

  11. Anda2 saja bisa berkomentar bahwa indonesia layak dan sudah sepatutnya membeli sukhoi su 35. Apa lagi pejabat2 kita terutama yang tugas nya menjadi penjaga negri ini. Untuk keseimbangan kawasan rasa nya politik sembunyi alutsista adalah hal yang memang layak dilakukan.

  12. Waktu nie katanya Menhan,jadi beli SU-35 dan tanda tangannya barengan Presiden Jokowi ke Rusia bulan Mei. Sekarang, Menlu bilang enggak dibahas secara spesifik pembelian SU-35.
    Pertanyaannya:
    1. Yang mana yang benar???
    2. Kalo untuk menjaga kestabilan kawasan,mengapa diumumkan akan diganti & bukannya sudah ditentukan penggantiannya yaa???
    3. Kalo ada perbedaan stamtement antar menteri gini,apakah justru negara kita tidak ditertawakan yaa oleh kawasan karena tidak sinkron statementnya antar pejabat pemerintah???
    Cuma pertanyaannya rakyat awam
    Peace

    • maaf bung@PW coba jawab tpi agak ngaco biasa saya jga newbie…
      1.pemblian alutsista ad dikemhan.
      2.mungkin itu strategi buat bingung calon musuh kita bung…lha kita aja diwarung sini udh dibkin pusing bung ampe mau muntah2…hahaha
      3.biarkan bung tetangga pada ketawa itu berarti langkah kita satu depan dri mereka.
      silahkan klu ad yg mau benerin analisa saya yg ngaco nie….salam kenal bung@PW…hehehe

  13. Jangankan statement yang berganti2 dari pejabat negri ini. Tanda koma, titik, seru bahkan tanya, dalam dunia militer pemahaman nya perlu secara komprehensif untuk mengetahui maksud dan tujuan nya. Jadi harap jadi pembaca setia saja, jangan banyak berkomentar tapi asbun

  14. sukoi dah bikin pabrik dsiniz, kyak case kasel korea dia lisensi 12 cuma bikin 9, kita genapi jadi 12, dokdo rencana 3 baru bikin 1, jadilah LHD

    cina lisensi sukoi 200, tapi cuma bikin 100, rusia gondok, ……..

  15. Su-35 pasti akan diberitakan tarik ulur terus sampai 2018 dan di tahun 2019 akan keluar rilisnya sudah 1 skuadron.

    Padahal 2015 Pak RR ke Rusia trus 2016 ke Rusia lagi.

    2017 dan 2018 pasti ke Rusia lagi.

    Menhan rezim sebelumnya juga rajin ke Rusia.

    Jadi ?

    Hitung saja misal :
    2013 beli 6 unit (nggak dipublish) arrival 2016
    2014 beli 10 unit (nggal dipublish) arrival 2017
    2015 beli 12 unit (nggak dipublish) arrival 2018
    2016 beli 8 unit (nggak dipublish) arrival 2019
    2017 beli 10 unit (publish) arrival 2020
    2018 beli 8 unit (publish) arrival 2021

    Total = 6 + 10 + 12 +8 + 10 + 8 = 54 unit

    2019 diumumkan sudah beli 18 unit
    2020 F5E Tiger pensiun.

    Berita :
    Awal 2015 Tantowi : 16 unit (tidak ada rilis dari dispenau)
    Sekitar november 2015 : 12 unit (tidak ada rilis dari dispenau)
    April – Mei 2016 : 8 unit tarik ulur.
    Mei 2017 bakal ada berita lagi
    Mei 2018 bakal ada berita lagi
    2019 diumumkan 18 unit resmi (plus tidak diumumkan 18 unit x 2 = 36 unit).

    Itu cuma kira-kira saja.

    Untuk kejar target 2034 500 unit pespur tidak mungkin hanya andalkan IFX.

    Line produksi IFX per tahun mungkin cuma 6 unit per tahun.

    Jika prototipe IFX jadi di tahun 2021 maka sesudah diuji terbang minimum 2 tahun baru bisa produksi tahun 2023.

    2034-2023 = 11 tahun.

    11 x 6 = 66 unit IFX saja yang dapat dicapai sampai 2034.

    Maka perlu banyak supplier pespur supaya target kuantitas 500 pesawat dapat dipenuhi.

  16. maaf abang rusky yg ganteng….hahahaha
    saya pernah denger dri kabar burung ktany yg dicangkok to data link hasil kerja sama dengan swedia bung tpi saya sendiri kurang yakin y namany jga kabar burung bung…..peace y abang….hahaha

  17. Menurut gw ni bung. Sukhoi tetap di beli tp kaga di publish. Ini lah skenario Ri untuk menyikapi malon yg lagi pilah pilih pespur nya. Malon pun sama tarik ulur ga jelas apa yg mau di pilih. Buahahahaha..

    • @ceunk njink gih lay…

      anda tampaknya sakitnya lebih PARaH..
      “memimpin” diri sendiri koq g becus..
      apalagi memimpin 1RT
      apalagi memimpin 1RW

      (sakit parah koq bilang orang lain sakit..)
      PARAH LUU TONG…

      wkwkwkwkekeekee..

  18. inilah uniknya indonesia,mungkin untuk pelajaran,terlepas apakah sudah ada kontrak pada 2015,atau memang dibatalkan spertinya itu masih misteri,dan kita semua harus sabar.semoga saja jalan fikiran pemerintah sekarang sama dengan kita semua di forum ini,yang ingin melihat tni khususnya tni au kuat,dan dilengkapi dengan alutsista yang modern.kembali lagi semua nya berpulang kepada itikat baik pemerintah.mungkin kedepan,lebih baik untuk pengadaan alutsista tidak usah di publikasikan,kalau bisa pengadaannya seperti pada saat kita membeli A4 Skyhawk,biar tidak ada pihak merasa dipinggirkan

  19. Ane mah yakin Su35 dh dimari
    Yg shocking gripen jg Tanda Tanda nya dh dimari jg…kalo melihat data link yg akan digunakan…
    Ama typhoon…krn ada statement menhan mau beli a400…(melihat Malaysia beli a400 krn pengen typhoon)
    Beli f16viper krn indonesia butuh beli c130 versi j
    Kalo gosip rafale…paketan beli merlin kayanya…hihihi…
    Cakepppp…..

  20. mknya pr warjag jgn berharap ma manusia krn pd dsrnya kita smua manusia klo janji sering meleset, mn ada kita manusia klo janji sll tepat tnp pernh meleset, ga mungkin toh, klo berharap ma manusia suatu saat pasti kuciwa, berharap tu ya sm yg DI ATAS sno alias TUHAN, klo aq bc lucu2 komennya, wakakakakak, kcian3 klo berharap ma manusia, klo aq sering d kecewain ma janji manusia, akhirnya jd kpok tuk berharap ma janji orang, lbh baik anggep aj janji manusia sbg pepesan kosong

  21. Pusing yaa…???
    Wes Mumet ndas mu..???
    Rahasia Negara kok di pikir dalam dalam…, Yang Jelas Rahasia Negara yang Ghoib atau tidak…, NKRI Tidak akan Ketinggalan Teknologi Militer dan Alutsista nya dibanding negara negara lain.
    Gitu aja kok Repot….

  22. Kenapa nak sangat beli jet.Indon bkn berhadapan ancaman pun..Malaysia mahukan Typhoon/Rafale kerana kepulauan Spratly dn utk menyaingi Singapura yg bakal Membeli F 35.. Malaysia xpernah kisah pun dgn Su 35 Indon…kenapa nk bimbang dgn Bangsa Serumpun sedangkn ada Cina-Israel ditgh Nusantara…

  23. Pemerintah NATO … No action Talk Only…dulu mau beli drone yg canggih…ngak ada kabarnya…frigate sigma program pemerintah dl, changobo kapal selam program pemerintah dulu, kcr 60 dan 40 program pemerintah dulu, sukhoi dan f16 refurbished dan tank leopard program pemerintah dulu. Tukano dan mlrs dr brazil program pemerintah dulu. Pemerintah sekarang malah nurunin anggaran pertahanan sebesar 10 trillion….capek deh…agak nyesel jg milih pemerintahan skrng

  24. Beli alutsista strategis mana mungkin dipublikasikan, kecuali seperti Vietnam yang sedang rebutan di LCS. Makanya pembelian alutsistanya dibabar habis supaya China mikir2.
    Indonesia mungkin belinya banyak, tapi yang dipublikasikan hanya beberapa, supaya tetangga tidak protes sj
    dan soal kenapa proses pembelian pespur su-35 terkesan tarik-ulur, itu mungkin karena masih berlangsungnya Ktt Asean-
    Russia. Semoga, sekembalinya presiden Jokowi dari Russia membawa oleh-oleh yang banyak…

  25. Kasian ni pada ngidam sukhoi padahal dari statement jelas pak JK gak hapal jumlah sukhoi asal bilang puluhan langsung diinterpretasikan senjata goib haha mabuk sukhoi, simpel aja klu emang beli gak mungkin ditutupi itu uang APBN trilyunan buat bayar orang pada nanya ilang kemana tong klu diem2 belinya emang gak buat laporan pake duit negara

  26. di sini banyak orang yg pengetahuan’a ga seberapa tapi sotoy….cma baru tau klo roti itu terbuat dari tepung aja tingkah’a dah ky profesional,,,padahal dy sendiri ga tau klo bahan” lain selain tepung juga dapat mempengaruhi tekstur dan kualitas roti

  27. Kenapa hrs buru2 keluarkan dana utk beli SU-35 (waiting list panjang), memang kita sgr ngadepin perang sama negara2 AS/Aus/Sing/Malay ? Ancaman yg paling potensial justru datang dari konflik Natuna/LCS. Petinggi2 militer kita sejak Pak Moel juga sdh menyadari itu. Mungkin sj saat ini mrk lbh prioritaskan jenis2 alutsistsa yg bs jd antidot nya, (mis. F16V CFT (Full Specs) / Gripen NG, Rudal Medium Range & Kasel ?)

  28. Saya juga males baca berita ga jelas alias PHP(ikutan alay ahhh),, edisi ghoib sukro & migxagrib udah berkembang biak di suatu negara tropis,, jmlnya brp yaa buanyak,, Rafa sama Tilpon piye?? Hanya Tuhan & Pilot serta yg berkepentingan yg tau,, yg penting saya mempercayakan keamanan NKRI kpd TNI & Pemerintah biar ga spt di Timteng sana,, Supri sama si Janes lg puyeng juga nih,, wkwkwkk.. Salam Persatuan,, NKRI Jaya..

LEAVE A REPLY